Percik Hati

Berbuat Cuek kepada Orang Tua

credit here

Betapa banyak diantara kita yang memiliki posisi sebagai anak dalam kehidupan.  Menjadi anak atau menjadi orang tua akan tetap memiliki posisi sebagai anak. Dan betapa banyak juga diantara kita, yang lebih patuh terhadap handphone atau gadget tetapi cuek terhadap orang tua. Memang ada saat dimana kita boleh berbuat cuek kepada orang tua, namun kisah dahulu telah menunjukkan betapa berbuat baik kepada keduanya merupakan perintah yang langsung turun dari Tuhan.

“Dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah menyayangi aku di waktu kecil’.” (QS. Al-Isra : 23-24)

Maksud dari dua ayat diatas adalah (yang pertama)  tidak akan mungkin disebutkan ketaatan kepada allah jika seseorang  tidak taat pada orang tuanya. Yang kedua adalah bahwa seorang anak tidak boleh cuek terhadap orang tua, baik itu lewat perbuatan atau sikap cuek atau lewat  omongan yang cuek.

Justru posisi anak mengharuskan kita untuk merendah di hadapan orang tua. Jika berkata kepada mereka, rendahkanlah volume suara. Jika mereka memang salah dalam ucapan atau perkataan, sanggahlah dengan cara yang baik dan santun atau diam saja. Biarkan mereka merasa menang, karena membahagiakan keduanya akan memperoleh ganjaran pahala.

Sebuah kisah dahulu telah memberikan contoh nyata betapa ia ingin membalas seluruh kebaikan orang tuanya dengan mengangkat ibu yang sudah tua dan ringkih. Saat itu, ibu nya sedang melakukan umroh. Kemudian ia bertanya kepada Rasulullah, “Ya rasul, saya sudah mengangkat ibu dan membantu beliau untuk melakukan umroh. Apakah perbuatan tersebut sudah membalas seluruh kebaikan ibu?”. Dengan tegas Rasul menjawab, “Tidak, itu tidak akan membalas kebaikan yang telah dilakukan ibumu”

Berbalik dengan kisah diatas, tersebut kisah Alqomah. Alqomah adalah pemuda yang sangat rajin beribadah dari ibadah wajib hingga ibadah sunah. Namun, Alqomah memiliki kekurangan, ia sangat cuek terhadap ibunya. Dan ibunya tidak terima diperlakukan seperti itu. Ibunya suka sedih.  Suatu hari, tiba saat Al Qomah dijemput maut. Dalam kondisi sakaratul maut, Alqomah sangat susah untuk dicabut ajalnya, hingga Rasulullah menyarankan agar Alqomah dibakar saja. Mendengar hal tersebut, ibu Alqomah langsung menjawab, “aku memaafkannya”. Setelah kata-kata tersebut, Alqomah dapat dengan mudah dicabut ajalnya.

Rasululullah juga menempatkan posisi berbakti kepada orang tua lebih tinggi dibandingkan posisi berjihad. Dalam suatu peristiwa, ada seorang pemuda, dan meminta izin untuk ikut berjihad. Rasul bertanya “Apakah engkau memiliki orang tua?”. Si pemuda menjawab, “Ya”. Rasul pun berpesan, “Pulanglah, berbaktilah kepada orang tuamu”.

Dan, ketika kita sedang ingin melaksanakan sholat sunat, pada waktu yang bersamaan orang tua memanggil kita. Kita lebih wajib menjawab mereka lebih dulu, baru melaksanakan sholat sunah.

Terus, apa kita boleh bersikap cuek kepada orang tua? Jawabannya , boleh. Boleh dengan satu alasan. Kita boleh cuek kepada orang tua jika bertentangan dengan aturan atau perintah Allah saja. Jika kedua orang tua mengajak untuk sebuah keburukan atau kemaksiatan, sangat wajib bagi kita untuk menolak ajakan buruk tersebut.

Idealnya semakin tinggi akhlak anak, maka ia akan semakin baik kepada orang tuanya. Betapa sudah banyak kisah nyata yang kita dapat jadikan contoh agar tidak berbuat cuek kepada orang tua, menghargai mereka dengan cara yang paling baik, dan berusaha untuk membahagiakan keduanya.

 

#IslamituIndah episode 5 November 2014

3 thoughts on “Berbuat Cuek kepada Orang Tua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *