pakde cholik

Pakde Cholik

 

Beliau memiliki nama Abdul Cholik, ia lebih sering dipanggil dengan sebutan Pakde di dunia blogosphere. Seluruh blogger yang aktif  di dunia maya, (blogger yang udah lumutan juga), pasti sangat mengenal sosok ini. Beliau sudah berkecimpung di dunia blog sejak tahun 2006. Sepak terjangnya di dunia maya ini sudah sangat  mumpuni.

Lahir 23 Agustus 1950 di Jombang,  64 tahun yang lalu, tak menjadikan ia ‘ongkang-ongkang’ di kursi goyang dan menunggu makanan datang di pensiunnya. Beliau tetap menyibukkan diri di meja tuanya, sederetan perlengkapan menulis, laptop, kamera, dan tak lupa dilengkapi dengan cemilan sederhana yang menemani waktu menulisnya. Beliau mendisiplinkan diri untuk bekerja di jam kerja yang ketat, mulai dari pukul 04.30 WIB hingga 21.00 WIB. Dengan waktu yang sangat  fleksibel dari segi waktu dan tempat sebagai blogger, ia justru memberikan lebih banyak nilai, lebih bermutu di hari tuanya. Beliau bertekad untuk bisa menghasilkan buku sebanyak 2-3 buku setiap tahunnya.  Hmm, sebagai anak muda saya salut banget buat Pakde.

Tahun 2013 menjadi tahun pembuka mata dunia tentang sosok kehadiran pensiunan Jendral Purnawirawan ini di dunia blog. Di tahun ini, beliau melahirkan buku pertamanya dengan judul ” Rahasia Menjadi Manusia Kaya Arti”.  Buku solo lainnya berentetan hadir yang menunjukkan tingkat keprofesionalan yang dimiliki beliau dan kepiawaiannya dalam menulis. “Dahsyatnya Ibadah Haji” yang baru-baru saja rilis di tahun 2014 ini, melengkapi beberapa buku solo lainnya seperti : “Menulis Gaya Pakde”, “Blogger Flamboyan”, “Es Blogger”, “Rujak Bloger”,  “Blog Mini Penghasilan Maksimal”, “Puisi Enam Tiga”, “Dari 63 Menuju 1”, “Indonesia Dari Balik Jendelaku” dan “63 cermin”. Selain itu, beliau juga aktif menulis buku antologi seperti : “Seni Merangkai Keberhasilan”, “Buka-bukaan ala Blogger Kondangan”,  “Harmoni, Antologi Puisi Warung Blogger”, dan  “Blogger Bicara Parenting”.  Berikut beberapa maha karya Pakde Cholik yang sudah dibukukan.

 

Blogger profesional ini juga  mengomandani lima blog aktif. Sebut saja abdulcholik.com, tipspilar.com, cakcholik.blogdetik.com, mascholik.wordpress.com, dan usaharumahandahsyat.com. Lima website personal sodara sodara. Hadeuuuhh, saya gak kebayang gimana cara ngisi blog sebanyak itu. Hormat komandan saya Pakde. Selain itu, beliau juga aktif sebagai kontributor di  blogekstra.com. Tambah gak kebayang saya De.

Menurut kacamata saya, beliau menjadi motivator sekaligus inspirator untuk para blogger. Beliau sering banget mengompori  blogger untuk terus aktif nge-blog-nya. Di dunia yang  nafsi nafsi saat ini , beliau hadir sebagai angin segar dan setia bagi para blogger agar  terus berkarya dengan hati, agar menulis untuk menyebarkan manfaat kepada orang lain.

Saat ini, beliau membentuk sebuah grup “Nulis Buku Bareng Pakde” . Grup yang masih muda ini, kini sudah beranggotakan 299 orang. Grup ini sangat aktif, kalo katanya Pakde, “Grup ini adalah grup kerja, kerja, kerja”, jadi kalo berani masuk grup ini harus siap aktif menulis kawan. Grup yang melahirkan buku antologi dengan tanggung jawab Project Leader di bawah pengawasan Pakde sendiri. Peraturan yang ketat untuk anggotanya juga diberlakukan. Jika anggota tidak memberi kontribusi aktif menulis selama 3 kali berturut-turut, maka keanggotaannya akan hilang. Hebat bukan?. Paksaan halus ini mau tidak mau memaksa anggotanya untuk selalu aktif menulis. Dan banyak pengakuan yang disampaikan oleh para blogger yang sudah tidak aktif bertahun-tahun,  menjadi lebih aktif menulis selama bergabung dengan grup kerja ini.

Buat saya, beliau adalah sosok pahlawan di dunia blogoshpere. Sosok yang menginspirasi, memotivasi, dan  mendidik. Semoga Pakde selalu sehat, dan terus sehat, terus menginspirasi, dan  terus memotivasi.  Semoga pakde juga selalu sabar mendidik blogger-blogger muda (seperti saya) yang terkadang lebih banyak shy-shy cat -nya dalam menulis. Hehe. Terimakasih Pakde 🙂

Tulisan ini diikutsertakan untuk Event Online 10 Hari Blogger Untuk Hari Pahlawan

 

 

 

sumber referensi :
http://abdulcholik.com/about/
http://abdulcholik.com/2014/11/06/alhamdulillah-saya-mengerti-cara-mendapatkan-pekerjaan/
https://www.facebook.com/pakdecholik