Jika ditanya, suka masak apa di rumah? Sebenernya rada bingung, lebih suka makan masakan ibu daripada masakan sendiri. Hihi. Dimana-mana memang lebih enak ngabisin makanan yang tinggal ‘hap’ ke mulut. Nikmat banget kan?.. apalagi kalo makan  makanan gratisan. Sensasinya pasti berbeda kan? hehe. Semoga judul diatas gak terlalu kedengeran berat ya, biar agak alay saja. hehe (bingung nyari judul sebenernya) 😉

Urusan memasak bukan urusan yang sederhana,  perlu menguasai ilmu bahan makanan, manajemen waktu, dan ukuran taste yang pas untuk setiap jenis masakan. Semua harus menyatu dengan sempurna baik sebelum dan sesudah di ‘eksekusi’ diatas nyala api kompor. Komposisi yang pas untuk masing-masing skill akan menghasilkan masakan yang ‘pecah’ di mulut. Namun jika kelebihan atau kekurangan salah satu skill, hasil masakannya juga seadanya. Rasa seadanya dan tampilan seadanya, hehe. (ngebayangin masakanku yang seadanya, hadeuuhh maafkeun).

Meski belom pede masak rendang ala Bundo Padang, ada beberapa masakan yang dipercayakan keluarga untuk saya yang meng’ekskusi’ masakannya dari awal sampai akhir :). Masakan simpel aja.

Bubur Kacang Ijo

Masakan satu ini biasanya dimasak saat  weekend, hari Sabtu atau Minggu. Makan bubur kacang ijo (burjo) ini selalu ngangenin. Tiap pagi memang selalu ada si abang-abang  keliling jual ‘burjo’ yang suka lewat depan rumah. Pernah satu kali beli ‘burjo’ si abang, pengen nyoba rasanya gimana. Hmm, ternyata saya lebih sreg dan suka ‘burjo’ buatan saya sendiri, lebih berasa rasa alaminya. Hehe, namanya juga selera, suka atau gak suka itu kan relatif.  Sampai sekarang, si abang ‘burjo’ masih suka lewat, karena beberapa tetangga masih suka beli.  Kalo keluarga lebih suka ‘burjo’ yang lebih kental santannya dengan rasa manis yang pas. Naahh, itu komposisi burjo sempurna di rumah. Kalo kamu, suka yang gimana?

Jamur crispy

Makanan yang kedua adalah jamur crispy. Kalo makanan ini, saya suka masaknya kalo hari sudah sore. Asyiknya memang buat ngemil cantik sambil ngetik depan TV.   Asoooyyy.. Asal jangan jadi belepotan aja, hati-hati laptop tercinta berminyak-minyak ria, hehe. Yang bikin hati rada gak sabaran buat saya adalah waktu melumuri jamur bolak balik ke tepung bumbu dan tepung berasnya. Hmm, berasa pengen di-skip aja deh itu part. Proses ini proses paling lama jika dibandingkan ngunyah beberapa buah jamur yang sudah selesai di goreng. Baru selesai digoreng aja, terkadang sudah langsung hilang di piring saji. Hehe, tapii nikmatnya jadi chef ala rumahan itu, kalo apapun yang dimasak, dihabiskan ludes sama keluarga.

Kue bolu

Makanan berat  yang satu ini suka saya masak buat keluarga kalo lagi pulang kampung. Emak sama bapake (terutama) suka banget sama makanan yang lembut-lembut. Faktor U (usia) dan faktor kekuatan gigi memang mempengaruhi kesukaan.  Kalo lagi masak kue bolu, biasanya siang hari setelah menunaikan tugas jadi ART di rumah, hihi.  Alhamdulillah kue bolunya gak pernah bantat alias kurang matang. Jadi tinggal taburin ceres atau chocochips diatasnya, kue bolunya siap disantap.

Chocolate Cornflake Cakes

Makanan yang terakhir ini, dibuatnya sekali setahun saja, pas momen lebaran. Resep makanan ini saya peroleh dari guru SMA saya dulu. Saat berkunjung lebaran ke rumah beliau, ia kebetulan sedang sibuk buat kue juga. Ahhh, seneng banget waktu itu, bisa diizinin masak bareng. Dan kue lebaran yang sangat gampang prosesnya ini, jadi andalan keluarga beliau, yang akhirnya juga jadi andalan kue lebaran keluarga juga. Selain proses memasaknya simpel banget, waktu masak yang cepat, biaya yang dikeluarkan juga tidak mahal untuk dibuat dalam kondisi melimpah. At least, stock kue lebaran bisa nambah kalo ada kue yang satu ini. Adik-adik juga seneng banget kalo ada jenis kue lebaran ini di rumah. Hmm, gimana gak enak, masakinnya pake cinta. hahaha.

Kalo saya cuma bisa diandalkan kalo masak2 cemilan sederhana diatas, makan tersebut sudah diakui jadi signature dish saya, halah. Untuk masakan berat saya percayakan sama emak saja atau si kakak ipar cantik  nan baik hati di rumah. hehe.  Untuk resep rahasia ala saya, semoga ada waktu di-share buat temen-temen (pede banget bakal ada yang mau minta). Kalo kamu, suka diminta masakin apa di rumah? 🙂

Tulisan ini diikutsertakan untuk event online 10 Hari dari Blogger Untuk Hari Pahlawan