Sinergi arti sederhananya adalah saling mengenal kemudian saling terhubung, saling membantu dan saling mewujudkan tujuan. Dengan sinergi kita dapat berbuat lebih banyak dan lebih masif. Sinergi akan terwujud dengan baik jika setiap orang memiliki kerelaan dan kesadaran untuk saling membuka diri, mau dibantu dan membantu, dan terus bersemangat mencapai pilihan tujuan.

Tuhan telah memberikan contoh sederhana untuk kita belajar tentang sinergi. Coba cari sejenak kumpulan semut. Dan lihat sejenak kumpulan semut tersebut bekerja bersama-sama mengangkut potongan binatang, butiran gula, remahan roti menuju sarangnya. Semua memikul beban masing-masing, bersatu padu untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit makanan tersebut untuk dikumpulkan di sarang. Betapa semut sangat tau arti dari sebuah sinergi untuk menjadikan diri individu menjadi lebih bermanfaat. Hidup komunal dan bermanfaat menjadi pembelajaran dari semut.

Dalam menjalankan fungsi sinerginya, semut memiliki peran masing-masing. Misalnya: Semut ratu bertugas dalam hal memperbanyak koloni semut. Semut jantan setelah selesai proses pembuahan akan mati. Ada juga semut pekerja yang bertugas untuk menyediakan makan bagi bayi-bayi semut. (Hmm… bayi-bayi semut sekecil apa ya? he.. ). Selain itu semut pekerja juga bertugas untuk menyediakan makanan bagi sesama semut lainnya agar dapat hidup dengan kenyang dan aman. Selain semut pekerja, ada juga semut satria, (ini bahasa saya saja). Semut satria ini bertugas sesuai dengan namanya, semut ini bertugas membangun koloni dan melindungi koloni semut dari gangguan hewan luar. Semut juga ada yang bertugas untuk membangun jalan bersama-sama ketika. Amazing lainnya adalah ada semut yang bertugas untuk menentukan waktu tertentu untuk bertemu dan bertukar makanan. Semua memiliki tanggungjawab masing-masing untuk keselamatan dan kesejahteraan koloni.  Ahh.. sebagai manusia yang dilengkapi akal, mari berkaca dan belajar dari sinergi yang ditunjukkan  semut.

Belajar dari sinergi semut

Pekerjaan sebesar apapun akan terlaksana dengan baik jika semua anggota dapat menjalankan fungsi sinergi dengan baik pula. Sinergi berjalan dengan baik jika masing-masing anggota menjalankan perannya dengan baik. Sama halnya dengan cerita semut diatas. Semua menjalankan tugas sesuai perannya. Dalam sebuah proyek sedahsyat apapun, sinergi merupakan kunci utama agar tujuan dari proyek tersebut dapat tercapai dengan baik dan maksimal.

Sudah siap mencontoh sinergi dari semut kawan?