Dunia Menulis

Karakter Blogger

monetizing blogs

Saat ini, berbondong-bondong penikmat internet, tidak hanya blogger, menggali ilmu untuk memaksimalkan blog yang dimilikinya untuk bisa mendatangkan aliran rupiah.  Sabtu, 28 Maret yang lalu saya dan teman-teman blogger Bogor menghadiri acara yang diadakan oleh @kelasbogor. Tema kali ini adalah  “Monetizing Blogs”, tema yang sangat membuat antusias para blogger untuk ‘mencuri ilmu’ dari sang pembicara.

Dian Ardiyansah, seorang yang sudah lama (lupa nanyak, udah brp taun :D)  berkecimpung dalam dunia monetizing blogs, menjadi pembicara hari itu. Beliau sudah meraup banyak rupiah dari website-website yang dikelolanya, dimana  salah satunya adalah cpnsindonesia.com.

Namun, berhubung karena ada kegiatan yang harus saya ikuti sebelumnya, saya hanya bisa menikmati slide di akhir-akhir sesi. Tapi, no worry masih bisa curi ilmunya beliau kok J.  Topik yang sedang dibicarakan adalah jenis  karakter-karakter diri  blogger yang dapat dikenali dan dioptimalkan dalam dunia blog. Karakternya macem-macem, namun intinya menurut saya, semua tukang jualan, yaitu jualan tulisan, hehe J. Mulai dari yg pertama ni,

 

  1. Trader

Seorang blogger disebut berkarakter trader, jika ia seseorang yang suka melakukan shopping, suka berburu promo, suka bercerita promosi kepada orang lain, suka pada bisnis dengan alur yang simpel. Jika Sobat langit termasuk dalam kategori ini, sobat bisa fokus dalam dunia online shop dan affiliate marketing. Tujuan blogger dengan karakter trader ini adalah profit, profit, dan profit.

 

  1. Teacher

Pasti dekat dong dengan karakter seorang guru. Kalo sobat langit, seseorang yang suka baca buku, suka mempelajari sesuatu yang baru, suka mengajar, suka melayani, dan seseorang yang sabar dan telaten. Sobat langit  termasuk kategori seorang blogger teacher. Tujuan seorang blogger teacher adalah membagikan ilmu dan keahlian yang dimilikinya karena ingin bermanfaat bagi orang lain.

Model bisnis yang bisa dilakukan adalah dalam dunia informasi bisnis, service provider,dan  affiliate marketing. Nah, kalo sobat langit yg berkarakter begini serta rajin dan punya waktu, membuat blog mengenai cara penyelesaian soal-soal sekolah bisa menjadi jalan rezeki.

 

  1. Reporter

Kalo yang jiwa reporter, gimana lagi ini ceritanya? Ya, gak jauh-jauh kayak reporter yang ada dihadapan mata. Yang suka baca, riset, kepo, mengumpulkan informasi, dan suka sharing. Mungkin Sobat langit adalah karakter yang satu ini. Tujuan seorang blogger reporter adalah memiliki audiens dan ia sangat cocok untuk fokus di dunia informasi bisnis, advertising, dan affiliate marketing.

 

  1. Creator

Seperti sebutan namanya, blogger creator adalah ia yang aktif, imajinatif dan memiliki banyak ide. Ia juga seseorang yang agak kurang suka berinteraksi dengan orang lain dan tidak suka basa basi. Tujuannya berkecimpung dalam dunia blogger adalah membuat sebuah karya untuk bisa digunakan oleh banyak orang.

 

  1. Machine

Naah, blogger yang satu ini lebih suka dunia teknisi. Introvert dan suka  menyendiri menjadi kepribadiannya.  Terlebih ia tidak suka menjadi perhatian orang lain. Model bisnis yang sesuai dengan karakter blogger ini adalah fokus di dunia mobile applications, tool system, advertising dan affiliate marketing.

 

Namun, bukan berarti sobat terpatok pada satu karakter ya, bisa jadi kamu merupakan  gabungan antara beberapa karakter blogger. Namun, apapun itu karakter yang sobat langit miliki, hal penting yang harus dilakukan adalah ACTION. Mulailah bertindak dan bekerja saat ini. Jangan menundanya. Fokuslah pada salah satu jenis model bisnis, jika sudah berhasil baru berfikir untuk ekspansi bisnisnya. Atau, jika memang Sobat membutuhkan, carilah mentor yang bisa mengarahkan Anda untuk bisa berhasil pada bidang yang sobat pilih.

 

So, Are You Ready to Act now?

 

kelas bogor 28 maret
courtessy : @kelasbogor

 

 

Related Post

26 thoughts on “Karakter Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *