Reportase

SEREMPAK, untuk Perempuan dan Anak Indonesia

Duluuu banget.. saya pernah bermimpi untuk menjadi seorang Mentri Pemberdayaan Perempuan. Harusnya nyadar diri ya, kalo mimpi saya ketinggian hihi. Kalo mimpi jadi mentri gak kesampean..kerja di kementriannya  menjadi mimpi selanjutnya. Setelah proses tawar menawar mimpi di kepala saya. Namun mimpi yang sudah ‘turun kelas’ itu pun gak jadi kenyataan juga. Jurusan yang diambil saat kuliah tak berlaku sebagai ‘nilai tukar’ di kementrian tersebut. Dalam fikiran sederhana saya, saya ingin menjadi salah satu perempuan yang memiliki andil dalam perjuangan kemajuan khususnya pemberdayaan perempuan. Semoga suatu saat nanti, Tuhan menjadikan diri ini layak mengambil peran tersebut.. Aamiiin.

 

Luckily and happily..  Cikgu sekaligus Kakak blogger, Kak Ani Berta, menyebarkan undangan untuk menghadiri undangan untuk blogger  di Kementrian Pemberdayaan Perempuan. Waahh, mestakung, semesta bertasbih buatku. Kalo gak jadi salah satu staf disana, at least pernah berkunjung ke sana. Haha.. mimpi masih tetap terus menyala. Aaahh.. tak sabar saya menunggu hari selasa kemarin, 30 Juni bersama dengan enam emak-emak blogger bogor lainnya janjian  bertemu jam 8 pagi di stasiun Gondangdia.

rombongan blogger bogor :) credit pict: Mak Mutiah
rombongan blogger bogor 🙂 credit pict: Mak Mutiah

Wuiihhh.. yang mengagetkan adalah saat harus antri beli tiket di stasiun bogor. Antrian sudah mengular saudara-saudara. Dan itu momen pertama untuk saya mengantri hingga mengular. Sabarrr.. sabarr ucap saya dalam hati. Kamu baru pertama, apa kabar dengan ‘anker’ yang selalu mengantri begitu setiap minggunya. Saluuutt, four thumbs up for all the ‘anker’. Dan ternyata antrian ‘mengular’ itu juga berlanjut saat akan keluar dari stasiun Gondangdia. Wuiihh dahsyaaaattt. Alhamdulillaahhh, tidak harus melalui hal tersebut setiap pagi.

Setelah berkeliling dibawa pak sopir taksi yang sangat rajin ngobrol (hehe baru pertama ketemu sopir taksi yang suka ngajak ngobrol sama penumpangnya), tiba juga di pelataran gedung Kementrian Pemberdayaan Perempuan. Alhamdulillaahh, finally mendarat dengan selamat :).

Acara dimulai pukul 09.30 dan dibuka oleh Pak Sekretaris Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Pak Dr Wahyu Hartomo M.sc. Acara dengan tema ” Website sebagai Akses Perempuan Pada Internet” merupakan tema yang sangat tepat di era ‘googling’ ini. Iya, masyarakat yang ada sekarang, sedikit-sedikit buntu pada suatu tema atau topik, pasti panggil mbah sepuh gooogle dan memakai fasilitas google untuk mencari jawaban. Bener kan? kamu juga begitu bukan? hehe..

 

Pak SesMen membuka acara, credit pict: Bu Atha Martha
Pak SesMen membuka acara, credit pict: Bu Atha Martha

Informasi yang sarat dan tersebar luas di banyak website menjadi sumber pengetahuan bagi siapapun yang membutuhkan. Kehadiran dan pengunaan website saat ini sudah menjadi nadi kehidupan mulai dari balita hingga orang tua yang tidak mau gaptek atau ketinggalan berita. Melihat life style  yang demikian, Kementrian Pemberdayaan Perempuan meluncurkan website serempak.or.id sebagai wadah informasi  dan portal interkatif bagi masyarakat khususnya terkait perempuan dan anak.

 

website serempak
website serempak

Acara sosialisasi website serempak.or.id ini mengundang Pak Robert AB  menyampaikan topik tentang, “Digital Marketing, Temptation and Challenges”, dan juga Kak Ani berta yang membawa topik tentang “Menjadi Kontributor Konten Website” . Digital Marketing saat ini mampu meniadakan jarak antara pemerintah, customer, partner, dan masyarakat. Betapa sangat mudah saat ini untuk ‘menyenggol’ banyak petinggi negara hanya dengan mention melalui twiter.   Digital marketing ini memiliki banyak positif untuk segala sisi kehidupan. Namun harus diingat untuk tetap menjaga dan menghormati hak-hak setiap orang bagaimana layaknya di dunia nyata. Kak Ani Berta banyak berbagi ilmu tentang bagaimana kegigihannya dalam menjaga passion menulis dan terus konsisten telah membawanya ke dunia LSM internasional . What an a amazing experience, kipas-kipas duit ya Kak hehe.. Beliau berbagi tentang apa yang harus dilakukan untuk selalu maksimal dalam setiap job, meski itu dibayar murah atau tak dibayar sekalipun. Percayalah, akan tiba masanya duit yang mengejar kalian saat kalian sudah memiliki sebuah kepantasan untuk itu. Pesan beliau yang selalu nancap di dalam kepala. Thanks berat advicenya ya kak Ani :).

Pak Robert AB menyampai materi Digital Marketing, credit pict: Bu atha Martha
Pak Robert AB menyampai materi Digital Marketing, credit pict: Bu Atha Martha

 

Kak Ani Berta menyampaikan materi tentang Menjadi  Konten Website, credit pict: Bu Atha Martha
Kak Ani Berta menyampaikan materi tentang Menjadi Kontributor Konten Website, credit pict: Bu Atha Martha

Tak terasa, waktu pertemuan sampai ke ujungnya. 30 blogger yang menghadiri acara tersebut diminta untuk menulis pesan singkat untuk kemajuan serempak. Hmm, terus terang saya lupa menuliskan apa kemarin, hehe.. Ini wish kedua buat serempak, Semoga kehadiran serempak menjadi kekuatan informasi bagi perempuan dan anak Indonesia. Keep moving forward for serempak 🙂

And.. Here we aaarrr :) credit pict: BU Atha Martha
And.. Here we aaarrr 🙂 credit pict: BU Atha Martha

 

Related Post

4 thoughts on “SEREMPAK, untuk Perempuan dan Anak Indonesia

  1. Situsnya cukup informatif. Ada berita kasus yang lagi hangat masalah pembunuhan anak di Bali itu.
    Saya baca tulisan tanaman hias disana, hehe…

    Quote-nya Ani Bertha oke punya. Ayo memantaskan diri untuk segala kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *