Kok Mba Oni pake masker?, sapa saya ketika masuk kantor kemarin. Saat salaman, saya merasakan kalo tangannya sedang hangat. “Mba lagi sakit?” tanya saya. “Iya, sakit hati sama Mba Desi” jawabnya becanda. Saya menjawabnya dengan derai tawa.

Terus gak jauh dari meja saya, saya liat teman yang lain juga lagi pake masker juga. “Hmm, kayak berasa hidup di planet yang beda nih”, canda saya. “Lagi pada flu ya?” , saya menyimpulkan sendiri kondisi di kantor pagi itu.

***

Saat ini, suasana siang hari memang suka menggalau. Jam 8 pagi aja hari udah cerah banget. Pagi yang tak patut dilewatkan untuk menjemur pakaian. Ya kan? Bener kan?.. 🙂 Namun, jangan terlena dengan suasana cerah yang sangat menjanjikan  itu. Mendung akan segera menyapa pada  siang harinya. Jangan lupa mengangkat pakaian dari jemuran ya kawan 🙂 . Pakaian yang lembab juga bisa mengundang flu atau bersin bagi tubuh lho..

Di hari yang sama, saat pulang kantor. saat teman-teman sudah mau pulang. “Yaaah, hiks kok gak ada?”.. dengan sedikit berteriak Mba Oni berujar saat membuka jok motornya. Saya yang tidak jauh dari posisinya menyahut. “Apanya Mba yang gak ada?” tanya saya.“Hiks jas hujan saya ketinggalan lagi”,dimana ya? Hmm, kayaknya pas acara kemaren deh.. Saya lupa ngambil lagi, pas mau pulang. Hmm, alamat beli lagi nih..  dengan sedikit memelas  Mba Oni menjelaskan prihal jas hujannya yang ketinggalan di Jakarta. “Tinggal gesek ini mba”, saya berseloroh. Emang sih kata-kata saya gak membantu sama sekali, hehe. Semoga bisa sedikit meredakan kesel hatinya saja sore itu :). Akhirnya Mba Oni pulang tanpa memakai jas hujan. “Nanti di rumah jangan lupa minum yang anget-anget Mba, biar gak masuk angin”, pesan saya  diantara rintik hujan yang turun semakin lebat.

***

Di musim galau kayak gini, emang kitanya harus smart. Sebentar-sebentar hujan.. Eh, gak lama hari udah cerah lagi. Trus sorenya hujan lagi. Yuk smart untuk prepare biar gak ikutan galau menikmati hujan.  Banyak berkah yang turun lho saat hujan. Selain itu, hujan juga saat yang tepat untuk berdoa. Kenapa? Karena hujan dekat dengan pengabulan doa. Naahh, baiknya kita gak sering-sering menghujat kalo hujannya lagi dateng ya 🙂

Ini saya share sedikit tips agar kita tetap bisa menikmati hujan dan tidak takut terhadap ancaman penyakit saat hujan :

  1. Selalu sedia payung dalam tas. Yup, ini keharusan lho. Payung gak berat kan.. gak nyampe 5 kilo dan gak buat tasmu rusak. Kecuali kalo kamu lagi pake clutch 😀
  2. Hendaklah membawa kaus kaki ganti atau tambahan bagi teman-teman yang memakai kaus kaki. Memakai kaus kaki yang basah karena lupa bawa gantinya bisa bikin masuk angin, dan selain itu jadi gampang sakit.
  3. Memakai sepatu yang solnya tinggi. Hmm, ini saya banget. Saya itu paling nyaman pake sepatu yang solnya tipis. Tapi berhubung karena hujan dan banjir bisa dimana-mana, saat ini saya suka pake sepatu yang solnya tinggi. Jadi.. bisa terhindar dari kaus kaki basah atau kena becek.
  4. Sebaiknya membawa sweater atau baju hangat. Ya, saat hujan bakteri bisa hidup dimana-mana dan gampang banget berkembang biak. Kalo kondisi kita kurang fit, jadi bisa gampang juga untuk kena flu atau bersin. Membawa baju hangat untuk menjaga agar badan tetap fit.
  5. Hendaklah membawa jas hujan, khususnya bagi pengendara motor. Ya, senjata utama melindungi diri bagi pengendara motor saat hujan ya jas hujan. Selalu cek dan pastikan apakah jas hujan sudah tersimpan di dalam jok motor.

Saat ini jas hujan juga macem-macem  trus cantik-cantik. Misalnya aja jas hujan axio yang pink ini. Tuh cantik bin girly banget kaaan? 🙂 saya emang suka yang pinky-pinky 🙂 jas hujan ini tidak tembus air dan yang penting tidak tembus angin. So, gak bikin masuk angin saat menghalau hujan badai saat berkendara. Selain itu juga dilengkapi sama matching bag untuk menyimpan rapi jas hujan. Hmm, ngomongin soal harga. Harga jas hujan ini cukup standar apalagi dengan kualitasnya yang oke banget. Hmm, kayaknya saya rekomendasi nih jas hujan buat Mba Oni :).

jas hujan axio

Atau teman yang ingin jas hujan dengan bawahan rok ada juga lho 🙂 Haha, saya tetap milih warna pink. Jangan keberatan ya, buat yang suka warna pink. Pilihan warnanya masih banyak kok yang lain.  Tuuh, kece kan pink-nya, eh jas hujannya :D.

jasrok

6.  Jika sudah terlanjur hujan-hujanan , jangan lupa mandi pake air hangat dan satu yang wajib dilakukan adalah berkeramaslah. Air hujan yang mengenai kepala akan menyebabkan sakit kepala bila tidak langsung keramas. Teman-teman kalo gak sengaja keujanan suka sakit kepala kan? Naah, pemicunya itu tuh.

7. Jangan lupa banyak-banyak baca doa saat hujan. Banyak-banyak minta keberkahan biar hujannya jadi manfaat :).

Sekarang bisa menikmati hujan kan kawan 🙂