Advance Class?? Wuiihhh.. kece kan namanya. Iya, semua yg berbau-bau advance, pasti selangkah lebih maju. Setuju doong..

Jumat kemaren, saya dan teman-teman Asinan Blogger meet up di advance class bersama Kak Ani Berta. Finallyyyy... ditengah kesibukan Kak Ani yang super duper sibuukkk. Jadwal kosong yang disediakan untuk kita itu tanggal 25 Maret kemaren. Akhirnya deal.. Alhamdulillahh.. Ihiiyyy, mau ketemu Kak Ani. Seminggu sebelumnya, saya sedih karena baru nyadar kalo harinya itu hari weekdays. Otomatis saya harus minta izin untuk tidak mengajar dulu atau mencari guru pengganti untuk siswa saya. SEdih juga, kalo harus ninggalin anak didik saya. Eh, pas satu hari  di kantor, teman saya nyeletuk, bukannya hari Jumat itu hari libur nasional, katanya. Uwooo, jadilah saya nari tanggo kegirangan.  Horeeeeyy, saya gak harus merasa bersalah ninggalin kelas dan bisa belajar bersama Kak Ani n meet up temen2 Asinan Blogger. Helloow, tanggalan di kamar gak guna ya des? hihi. 

To be honest, meet up ini banyak banget agenda dari Asinan Blogger.  Bagi yang belum tau tentang Asinan Blogger, bisa intip tulisan saya, Tentang Asinan Blogger. Keriweuhan para founder di Whats app sejak sebulan sebelumnya  juga tak kalah dengan keriuhan saat bertatap muka. Makin heboh, makin riweuh, makin kalap dan makin ngangenin kalo udah say good bye.  Agenda meet-up nya banyaaakk beuud. Mulai dari  riweuh sama bawaan pot luck (ini ada hubungannya sama hari Ultah Asinan Blogger tanggal 17 Maret lalu),  tukeran film drakor, minta file desain grafis dari Kak Evrina , hibahan buku atau novel dari Mba Arin, ‘nampung’ hadiah GA dnamora dari beberapa sponsor (Mba Inna, Mak Tite, Mak Een sama Mak Dwina), ucapin trimakasih buat blogger Gandjel Rel Semarang. Hadeuuhh, ampe takut salah kalo ada yang masih belum disebut nih 😀 . But, the main agenda is menyerap ilmu dari Kak Ani Berta, Sang Blogging Master.

Advance Class ini hanya berhak diikuti bagi blogger yang udah ikut kelas Fun Blogging sebelumnya. Buat teman-teman yang belom tau tentang Fun Blogging bisa cari tau di tulisan saya ini “Tentang Fun Blogging”. Kali ini kami sangat beruntung Kak Ani menyempatkan waktu bertemu Asinan Bloger di Bogor, tepatnya di rumak Mak Juliana Dewi.

Kak Ani 123

Materi yang disampaikan it’s so meaningfull. Ya, saya sampai ternganga dan terperangah mendengar setiap kata-kata Kak Ani. Jujur, posisi duduk yang dekat dengan Kak Ani dan saking cozy-nya suasana sharing, saya lupa kalo itu juga forum semi formal, dan saya harus liat waktu untuk memotong penjelasan beliau. Sekali dua kali saya memastikan apa yang beliau sampaikan di tengah-tengah keseruan penyampaian materi. Saya lupa, mungkin teman-teman yang lain terganggu konsentrasinya dengan pertanyaan saya. Hehehe maafkan yaa :). Setelah ishoma, saya memilih duduk paling belakang biar berasa ada banyak teman-teman yang juga sedang belajar :D.

Kak Ani (2)

Saya suka membaca majalah dari halaman belakang terlebih dahulu, kali ini saya menerapkannya saat menuliskan sharing ini. Quote diatas “The strength of the work automatically create opportunities” menjadi falsafah hidup Kak Ani. Beuuhh, bahasanya gak berat banget kan yah? hehehe.  Quote ini kali kedua saya baca. Pertama kali  quote tersebut saya temui waktu blogwalking tentang profil singkat Kak Ani Berta di blognya Mba Zata. Teman-teman bisa lihat lengkap disini Interview with Kak Ani Berta.

Sebuah totalitas dalam bekerja. Totalitas itu mencakup segala hal. Saya menggarisbawahi 3 hal, yaitu waktu, ilmu dan networking. Totalitas dalam 3 hal ini-lah yang nantinya akan menciptakan kesempatan-kesempatan baru.

Totalitas Waktu 

Kak Ani seorang freelancer, dengan segenap pekerjaan sebagai content writer, brand endorser, dan workshop facilitator dari berbagai pihak baik pemerintah dan non pemerintah. Meski begitu, Kak Ani tetap menerapkan jam kerja yang ketat setiap harinya and stick with it. No excuse demi apapun itu. Disiplin pada jam kerja diri sendiri merupakan  ujian paling berat bagi saya sendiri, dan juga mungkin banyak teman-teman lainnya. Patuh dan loyal pada jam kerja sendiri merupakan tantangan yang sangat berat. Dan hanya orang-orang ‘kuat’-lah yang bisa menaklukkan dirinya sendiri. Kamu, mau jadi orang kuat berikutnya? 🙂

Totalitas Ilmu 

Ilmu.. harta yang teramat berharga diantara limpahan berkahNya. Betapa Sang Pemilik Cahaya sangat menyukai orang yang memiliki ilmu, dan IA menjanjikan akan menaikkan beberapa derajat kedudukan dari orang-orang berilmu. Seiring dengan itu, mari tak kenal lelah untuk menjemput ilmu. *nasehat untuk diri sendiri

Dunia blogging adalah dunia yang sangat cepat perkembangan ilmunya. Blog punya banyak cabang ilmu. Belum lama ini udah ada warning dari mbah Google tentang do follow dan no follow. Bagaimana menulis yang baik, bagaimana membuat judul untuk menarik pengunjung,  menulis review produk yang tidak menjebak pengunjung, menulis reportase yang berkualitas, break down belajar tentang SEO, dan belajar ‘mau’nya google. Seain itu, demi menarik lebih banyak pengunjung dan kepuasan pribadi, blogger juga harus ilmu yang mumpuni dalam dunia fotografi. Belajar memilih angel yang pas untuk sebuah objek, belajar bagian dari objek yang harus ditonjolkan agar foto ‘berbicara’ juga menjadi bagian dari ilmu blogging.

Menjadi blogger juga harus mau total untuk menghasilkan sebuah tulisan yang bernas. Jangan segan-segan untuk berburu informasi dari nara sumber yang berkualitas untuk menghasilkan data yang valid. Selain itu, perlu juga memperkaya konten  dengan berbagai informasi, bisa saja dari data statistik, referensi dari berbagai buku, wawancara atau berita-berita dari berbagai media.

“Banyak ilmu yang tersebar, seraplah dengan baik. Maka kita tak akan pernah kehabisan ide menulis”, pesan Kak Ani.

Totalitas Networking

Sebuah kenyamanan, sebuah rasa yang gampang-gampang susah atau susah-susah gampang untuk memperolehnya, sangat penting dalam menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Jika nyaman itu sempat terusik karena satu dan lain hal, sangat sulit untuk memperbaikinya kembali. Kak Ani dengan seabrek pekerjaannya dengan berbagai pihak, beliau lebih mengutamakan terciptanya sebuah kenyamanan lebih dahulu. Nyaman takkan  bisa digantikan dengan segepok uang jika kau pernah merusaknya. Jika seorang klien sudah nyaman bekerjasama dengan kita pada saat pertama kali, maka ia akan terus mengingat kita dan tidak enggan untuk menjalin kerjasama atau mengajak ikut terjun dalam projek-projek selanjutnya.  Belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan klien menjadi peer saya selanjutnya.

Sangat banyak ilmu yang dibagi Kak Ani, adalah keterbatasan saya untuk menuliskan detail demi detail semangat yang terus Kak Ani sebarkan. Thank’s a bunch for any detail sharing ya Kak, Alloh yang balas lebih banyak.

PS: Really appreciate for any warmth of Asinan Blogger crew :*. Suka banget sama empek2nya Mak Iwed, nasi bakarnya Mak Dwina, botoknya Mak Tite, kopi esprecielo dari Mba Ratna Amalia, pisang Sun Pridenya Mak Arin , makaroninya Mak Inna, puding sutranya Mak Een, Asinan dari Kak Ev, dan kue pisang, sambelnya yang enak banget, serta tawa dan sharing masing-masing founder. love u all 🙂

Kak Ani Berta n Asinan Blogger courtesy: Juliana Dewi