Apa jadinya

Dulu, tahun 2003, awal saya merantau ke kota hujan. Penyakit paling menyedihkan yang saya alami sebagai anak rantau adalah kangen rumah. Handphone jadul tanpa kamera sudah menjadi barang mewah untuk mengobati rasa kangen mendengar suara keluarga di kampung. Kata orang, obat kangen paling mujarab ya ketemu. Tapi, buat saya pribadi, hal itu gak mungkin banget. Alasan klise namun nyata adalah kangenku berat di ongkos. Biaya transportasi Jawa-Sumatera untuk bolak-balik sanggup menghidupi saya untuk hidup selama dua bulan di tanah rantau. Jadi pilihan itu sangat mematikan untuk saya sebagai anak rantau.

Tapiii, itu kan duluuuuuuu.. cerita masa lalu. Sekarang, walaupun hidup merantau, rasa kangen itu udah ada obatnya. ponsel jadul sudah berubah menjadi ponsel android. Banyak aplikasi saat ini yang sangat bisa membantu untuk mengusir jauh rasa kangen itu. Jarak bukan jadi masalah. Tidak hanya mampu mendengarkan suara dari si penelpon namun juga bisa menampakkan wujud dari lawan bicara. Bisa melihat lawan bicara tertawa, bahagia, terkejut, ikut bersedih atau berbagai ekspresi wajah lainnya. Bagi saya, perkembangan handphone ini positif banget.

Dampak Teknologi danPerempuan KekinianDampak Teknologi danPerempuan Kekinian

Nah, kalo bagi perempuan kekinian yang hidup di era ini, perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan.

markplus-insight-netizen-survey-2013-1-2-720x455

Tingginya pengguna internet saat  ini  source: id.techinasia.com

Perempuan tetap bisa terdidik lewat internet

Perempuan kini sudah bisa mengikuti pendidikan jarak jauh dengan hanya menggunakan media internet. Berbagai hasil jurnal dan penelitian dapat dibaca dengan jangkauan yang sangat luas dengan menggunakan internet. Sehingga, perempuan dapat dengan mudah menemukan dan menggali informasi lebih lengkap dan lebih banyak dengan sumber yang beragam. Tersebar luas juga kelas-kelas online yang membuka peluang lebih banyak kepada perempuan untuk belajar hal-hal yang sesuai dengan passion-nya.

Kalo lagi mentok nyari info pasti ujung-ujungnya, saya googling dulu. Kalo Sahabat iya juga kah? Bahkan kadang kalo ada apa-apa, kita merasa butuh banget liat pendapat google. Mulai dari nyari cara efektif memanfaatkan waktu selama 24 jam, belajar memakai pasmina, cara membuat vertical garden, nyari  cara agar pengunjung blog banyak, masalah A sampai Z suka nyari dulu di google. Iya kan?..

Perempuan tetap bisa terdidik lewat internet (1)

Tersebarnya berbagai informasi di dunia internet, membantu perempuan untuk lebih baik dan lebih siap dalam menjadi orang tua. Perempuan kini lebih pintar. Mereka mencari informasi lebih dulu tentang masa-masa yang kelak akan mereka lalui. Mulai dari bagaimana menjalani masa kehamilan, masa penyapihan, pembuatan makanan pendamping ASI, menjaga badab agar tetap langsing, hingga mempelajari berbagai macam metode dalam mendidik anak dan memahami perkembangan anak secara emosional maupun fisik.

Perempuan tetap bisa terdidik lewat internet (2)

Akibat perkembangan teknologi informasi, aplikasi chatting yang banyak ragamnya memudahkan perempuan untuk saling sapa dan bertukar kabar dengan sahabat lama. Tak perlu ngabisin biaya transportasi dan waktu lama, sahabat atau keluarga cukup bisa dikunjungi dengan ketik salam dan lanjut chit chat di berbagai aplikasi chatting.

Perempuan tetap bisa terdidik lewat internet (3)

Kini Perempuan BISA Bekerja Dari Rumah

Perempuan memiliki opsi pekerjaan yang baru saat ini. Satu hal yang sangat asing jika kita lihat mundur beberapa tahun ke belakang. Saat ini perempuan bisa mengumpulkan pundi-pundi hanya melalui kegiatan aktif di belakang laptop atau komputer. Profesi menjadi seorang penulis, online shopper, blogger, guru online, copy writer,  entrepreneur dapat menjadi profesi yang menjanjikan bagi perempuan. Bahkan ia bisa jadi bos bagi perusahaannya sendiri di dunia internet.

Perempuan tetap bisa terdidik lewat internet (4)

Kini Perempuan BISA Bekerja Dari Rumah (1)

Mau belanja ini itu, tinggal buka website e-commerce atau online shop. Mau beli gamis, dompet cantik, tinggal pilih barang lalu transfer duit sejumlah keperluannya. Tinggal duduk-duduk cantik, barang pesanan pun datang. Apa-apa tinggal klik. Mau pesan tiket mudik, gampang. Tinggal klik. Banyak travel agen online dengan harga bersaing.  Mau pesen makanan, atau kirim barang, tinggal pesen ojek online untuk menjemput pesanan. Semua bisa dilakukan lewat rumah.

Bagi perempuan, yang kodratnya memang baiknya di rumah, hal ini manfaat banget. Jadi, tidak banyak lagi yang mengunjungi pasar, sehingga berkurang juga waktu menggosip, atau ngomongin hal gak penting di luar rumah. Semua serba cepat tepat.

2 online

Perempuan masih mendominasi berprilaku sebagai online shopper

 

Dan FASHION masih menjadi juara, item yang di beli online

item FASHION masih menjadi juara yang di beli lewat belanja  online

Perempuan tetap bisa terdidik lewat internet (5)

Baru beberapa bulan kemarin, saya mengalami sakit types. Sebelum berangkat ke dokter, dengan mengenali gejala-gejala sakit yang saya alami. Saya cross check dengan pendapat dokter, dan benar. Lewat hasil googling, dan tanya pendapat dokter. perkiraan saya jelas benar.  Setelah itu, selain mendengar nasihat dokter, saya mencari informasi lebih banyak jenis makanan apa saja yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi bagi orang yang mengalami sakit ini. Tentunya dengan mempertimbangkan sumber informasinya.

7. Perempuan kini mampu menyelesaikan lebih banyak masalah yang berhubungan dengan kaumnya sendiri

Maraknya masalah yang menyangkut harga diri dan hidup perempuan saat ini, membuat banyak perempuan-perempuan mempelajari hak-haknya dan hukum secara otodidak. Banyak masalah perempuan menjadi korban trafficking yang terungkap dan satu persatu terselesaikan.

Ngomongin perkembangan teknologi, gak ada ujungnya. Punya dua sisi mata uang yang kita sendiri harus jadi pilotnya. Jangan sampai mengikuti arus zaman namun kita sendiri ikut tergerus.

Seperti mata uang yang punya dua sisi, perkembangan teknologi juga punya dampak negatif, antara lain :

1no

Setiap orang punya hak dan bisa menyebarkan informasi melalui internet. Sebagai perempuan yang sebisa-bisanya harus smart, tentu harus bijak dalam menyerap dan memanfaatkan informasi. Misalnya saja, kalo lagi sibuk nyari informasi cara merawat wajah, jangan langsung dipercaya. Cek ricek dulu sumber informasinya, alih-alih punya wajah kinclong eh malah bisa buat wajah kita malah jadi hancur.

2no

Seringnya menggunakan aplikasi chatting yang tak punya batas waktu (kecuali pulsa internet sudah habis), mengakibatkan waktu silaturahmi gak ada batasnya. Sisi ini yang banyak membuat silaturahmi di dunia internet bagi perempuan menjadi kabur. Baiknya, chit chat tetap harus memiliki aturan. Tidak chit chat kepada lawan jenis secara langsung, menerapkan jam malam untuk membalas pesan meskipun dalam sebuah grup, dan tidak menyinggung hal-hal sensitif ketika saat berinteraksi.

3no

Efek perkembangan teknologi terhadap gadget banyak mempengaruhi sikap perempuan. Perempuan yang dikenal dengan manusia sosial dibandingkan kaum pria, berubah menjadi perempuan yang anti sosial. Lihat saja, di angkutan transportasi umum, semua sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Mulai dari buka aplikasi facebook,liat timeline, balas komentar di Whats app yang gak ada habisnya, baca,  update status di Path, upload foto di Instagram,  download aplikasi atau yang lainnnya.

4no

Aktifitas di dunia online itu tidak memiliki batasan, kecuali kita sendiri yang membuat batasan untuk diri kita sendiri. Terkadang, kita punya banyak deadline tugas, dan di hari lain kita punya banyak waktu luang. Di saat-saat seperti itu, jika kita tidak menerapkan jam malam dan tidak disiplin pada aturan yang kita buat, membuat kita tidak punya jam tidur yang konsisten. Selain tidak baik bagi manajemen waktu juga memberi pengaruh buruk bagi jam biologis tubuh kita.

5no

hesedentary

Sadarkah kita wahai saudariku 🙂  perkembangan teknologi informasi ini telah membuka peluang yang lebih besar bagi kita untuk menjadi lebih cepat gemuk. Sedentary life style yang kini sudah menggurita memberi peluang lebih banyak hanya untuk melakukan aktifitas pasif. Tidak banyak kalori yang mampu dibakar hanya dengan duduk di depan laptop, menikmati tontonan asyik di depan TV, klik sana klik sini, psan ini itu agar berbagai pesanan kita sampai ke rumah. Tidak kepikiran untuk melakukan olahraga 30 menit setiap harinya, tidak sempat lagi jogging, bahkan pekerjaan rumah tangga pun dilakukan semua oleh asisen rumah tangga.

6no

Dalam sehari, kita mampu menggenggam gadget hampir sepanjang hari dan separuh malam. Gadget itu merupakan salah satu sumber sinar radiasi. Dengan menelan waktu yang sangat banyak, apakah bisa Sahabat bayangkan, betapa besar potensi kita untuk lebih cepat tua karena pengaruh efek sinar radiasi tersebut.

7no

Nama diri sudah tertulis dan tersebar di berbagai akun sosial media. Mulai dari Facebook, twitter, Instagram, Path, Line, BBM dan banyak aplikasi lainnya. Semuanya terhubung dengan email, terkadang no. telpon dan data diri lainnya. Lalu apa lagi yang tidak dimiliki internet tentang diri kita. Bahkan google lebih pertama kali mengucapkan selamat ulang tahun untuk kita. Terlebih teman –teman blogger, terkadang merasa lebih leluasa untuk bercerita lebih banyak tentang sisi kehidupannya di blog pribadinya.   Apa lagi yang kita punya untuk kita simpan secara pribadi?

“Lomba ini diselenggarakan oleh IDCopy.net danEliska.id