Resensi

Menanamkan Nilai Moral Hebat Melalui Kisah Hebat

kisah hebat muhammad

Judul Buku      : Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW Dan Kisah Ajaib Lainnya

Penulis             : Astri Damayanti

Penerbit           : Qibla

Halaman          : 265 halaman

Tahun              : 2016

ISBN               : 978-602-394-139-1

Harga             : Rp.115.000

 

 

Belajarlah  dari kisah masa lalu, sang harta warisan paling berharga 

13569918_10205532826475132_1861701580_o (2)

Tiada habis masa kan percuma jika kita banyak belajar dari kisah di masa lalu. Beragam manfaat dan nilai yang tersembunyi yang hanya didapatkan bagi yang mau menggali sejarah. Bahkan banyak orang-orang hebat yang telah lahir dan telah dituliskan sejarah.

Al-qur’an, kitab suci umat muslim, sendiri pun didominasi dengan kisah-kisah. Untaian kisah merupakan salah satu cara Sang Pencipta dalam mendidik hamba-hambaNya. Kisah-kisah yang mampu meneguhkan hati, menguatkan tekad dan menajamkan fikiran.

“Dan apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka, sedangkan orang-orang itu lebih besar kekuatannya dari mereka? Dan tidak sesuatupun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa”(QS. Fâthir: 44)

Setiap orang pasti suka mendengarkan cerita. Kisah – kisah inspiratif tentunya akan memberi efek positif bagi diri.  Apalagi cerita yang berisi kisah-kisah hebat, sejarah masa lalu, yang tokoh utamanya merupakan utusan Sang  Maha Hebat. Tentu hanya kisah hebat yang tercipta. Dan sebaik-baik kisah masa lalu adalah kisah-kisah yang telah terukir oleh para Nabi.

Pandangan pertama melihat cover buku ini, saya teringat buku Kisah 1001 Malam, nuansa arabian kian kental. Terbayang kumpulan kisah yang penuh imajinatif dan sarat nilai baik, kesan positif yang hadir dalam hati untuk memulai membacanya. Selain itu, gambar aneka hewan sedang berjalan menuju sebuah kapal mengingatkan saya akan kisah hebat Nabi Nuh.

Buku ini terdiri dari 87 kisah inspiratif dari tokoh-tokoh inspiratif sepanjang masa. Kisah-kisah hebat yang disampaikan dengan bahasa sederhana. Kisah inspiratif dengan tokoh para Nabi-Nabi, misalnya kisah hebat Nabi Idris dalam menjahit pakaian (hal. 41), kisah Nabi Ibrahim AS kecil mencari Tuhan (hal.155), mimpi Nabi Yusuf AS kecil (hal.167), kisah hebat kelahiran Nabi Muhammad SAW (hal.200),  dan masih banyak kisah hebat lainnya.

Buku ini dibuka dengan kisah Nabi Muhammad SAW dan seorang nenek. Tokoh nenek tersebut digambarkan dengan sangat imut, hal ini semakin menarik hati saya untuk mengetahui cerita lebih lengkap. Nilai plus yang dimiliki oleh buku ini. Gambaran penokohan membuat cerita lebih nyata , konsep A Picture is Worth A Thousand Words sangat menunjang isi cerita. Tak hanya anak-anak sebagai target  sasar buku,  orang dewasa juga terhibur dengan penggambaran tokoh pada setiap kisah.

Tampilan yang full color  memudahkan pembaca terutama anak-anak saat menyelami setiap kisah.  Bahasa yang digunakan juga cukup sederhana, sehingga tidak membuat anak-anak sulit memahami setiap kisah.

13548829_10205532824955094_779775718_o (2)

Tanpa kata-kata menasehati yang umumnya memakai kata “jangan” atau  “tidak boleh”, setiap kisah dalam buku ini  menyampaikan nilai moral dengan cara yang lembut. Salah satu cara mudah untuk menanamkan nilai moral untuk anak-anak. Pada setiap kisah juga diberi tulisan yang di-bold untuk menekankan tokoh dalam kisah, nilai moral, poin dalam cerita, dan sumber kisah dalam surah dan ayat Al-Qur’an.

Penggambaran sifat-sifat Nabi disampaikan dengan baik melalui kisah demi kisah. Buku yang wajib menjadi salah satu  sahabat anak atau teman penghantar  tidur untuk membangun konsep diri yang baik  dalam diri anak-anak bangsa.

Buku-buku yang menukil kisah –kisah inspiratif biasanya ada  yang menambahkan catatan kaki di setiap akhir cerita mengenai nilai moral yang dapat diambil dari setiap kisah. Buku ini membebaskan orang tua atau pembaca untuk menyampaikan nilai moral dengan bahasa mereka sendiri. Buku yang wajib dikoleksi tidak hanya untuk orang tua namun juga bagi para pendidik, pendongeng, calon orang tua untuk dijadikan bekal bahan cerita bagi anak-anaknya kelak.

Sebagai penutup, seperti kata Imam Ali dalam buku ini (hal.37)

“Aku berharap salah satu dari amal atau sedekahku ada yang diterima oleh Allah SWT”.

Semoga resensi ini juga menjadi amalan yang diterima oleh Alloh. Doa yang sama untuk penulis, semoga  mendapatkan balasan yang berlimpah dari setiap makna kata yang tersebar. Aamiin.

Selamat meresapi setiap makna dari setiap Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW Dan Kisah Ajaib Lainnya dalam buku ini.

 

6 thoughts on “Menanamkan Nilai Moral Hebat Melalui Kisah Hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *