Haloo Minasan.. O genki desuka? hope you fine there dear frens. Liburan sekolah udah di depan mata. Kemana rencana liburanmu kali ini? Sekeliling negeri kita tercinta aja atau berencana ke luar negeri? Asia?.. Eropa?.. Gimana kalo travelling ke negeri sakura alias Jepang. Tertarik dong?

Pesona Jepang sudah menghiasi dunia saya sejak masa kuliah dulu. Kunjungan mahasiswa Jepang ke kampus semakin memperkuat angan dan doa.  Berharap semoga suatu hari nanti bisa berkunjung ke sana. Memakai kostum Yukatta di salah satu event,  mengikuti kursus bahasa Jepang, hadir di event Matsuri dan pameran, adalah cara saya untuk menjaga mimpi dan mengurangi rasa kerinduan akan jepang. Hingga mengikuti beasiswa untuk melanjutkan studi  ke Jepang juga ditempuh.  But, God hasn’t given me a chance yet. But I always believe, that day will come on a perfect day.

Kamu yang juga memimpikan untuk bisa travelling ke Jepang atau ke negara manapun itu, jangan hapus mimpinya bila belum kesampaian ya :). Keep dreaming frens 🙂

Ngomongin tentang kota-kota di Jepang, kamu pasti udah sering denger yang namanya kota Tokyo, Sapporo atau Hokkaido. Ssstt.. kamu udah pernah dengar Kota Toyama Jepang blom? Saya jatuh hati pada kota ini setelah tau kalo wilayah Toyama merupakan bagian dari Pegunungan Alpen Utara Jepang.

Pegunungan Alpen adalah pegunungan yang ingin sekali saya dan sahabat saya kunjungi. Kami dulu malah punya janji kalo kita kita harus mengunjugi pengunungan cantik ini. Semoga jika ada rezeki saya berkunjung kesana, sahabat saya juga turut tersenyum dari surga :).

toyama

Enjoy talking about Toyama ya 🙂

 

 

toyama

Oiya, bukan makanan khas Thailand yang tomyam  ya, To Ya Ma. Toyama berasal dari dua kata, ‘tomi’ yang berarti kaya dan  ‘yama’ yang memiliki arti gunung. Toyama berarti ‘gunung yang kaya’ . Jadi Toyama merupakan kota yang menawarkan pemandangan alam  pegunungan yang mengagumkan.

Toyama menjadi salah satu kota  yang paling berpengaruh  untuk  Laut Jepang, karena ketersediaan air yang baik, sistem drainase dan pertumbuhan  pertanian, kehutanan, serta industri manufaktur dan komersil.

Dalam istilah Jepang, pembagian wilayah dibagi atas beberapa prefektur. Sedangkan dalam bahasa kita sama halnya dengan provinsi. Prefektur Toyama beribukota Toyama. Berlokasi di sepanjang pantai Laut Jepang di Chubu Region dan berada tepat di sebelah utara 200 km dan 300 km arah barat laut dari kota Tokyo. Jumlah penduduk yang mendiami kota ini sebanyak 417,324 orang (Tahun 2011).

toyama

Sumber gambar : www.pu-toyama.ac.jp

 

DINE & DISH

 

Yuki-no-Otani

Yuki no Otani juga bisa disebut Snow Wall. Jalan yang dilalui adalah Alpine Route yang sepanjang jauh memandang adalah dinding yang diselimuti salju.  Tateyama Murodo Plain berada 2450 m di atas permukaan laut. Dinding salju ini  setinggi 20 m  dan sepanjang 500 m. Pengunjung dapat menikmati dinding salju raksasa ini  tanpa mengeluarkan biaya.  Satus sisi jalan di Yuki No Otani ini dapat dilalui dengan jalan kaki sehingga dapat menyentuh dinding saju dengan tangan sendiri.  Yuki no Otani berada di depan Terminal Murodo dan dibuka dari pertengahan April hingga Juni.

toyama

image source: foreign.info-toyama.com, tadaimajp.com

Lokasi : Chubu-Sangaku National Park, Kokuyurin, 11 Bunasakasoto, Ashikurajiaza, Tateyama-machi, Nakaniikawa-gun, Toyama

Weekdays 10:00~15:15 (Last entry 15:00)
Weekend  dan hari libur : 9:30~15:15 (Last entry 15:00)

Akses : 40 menit  dengan menggunakan Hokuriku Jidousha-do, Tateyama IC, 100 meter dari Murodo Station

toyama

image source : http://www.alpen-route.com/

Telp : 076-463-5401 (Tateyama Nature Preservation Centre)
076-462-1001 (Tateyama Tourism Association)
076-431-3331 (Marketing Promotion Department Publicity Centre, Tateyama Kurobe Kanko Co., Ltd.)

Rekomendasi kostum: Menggunakan jaket tebal karena suhu kurang dari 10 derajat Celcius, memakai trekking shoes, boot shoes, sarung tangan, topi, scarf, seperti pakaian di musim dingin.

Official URL : http://www.tateyamakankoukyoukai.jp/translation/english.html

Tateyama-Kurobe Alpine Route

tateyama map

Tateyama Map in Japan, image source : http://www.alpen-route.com/en/about/introduction.html

Tateyama berada di Toyama dan Nagano perfektur. Menelusuri rute  Tateyama-Kurobe Alpine merupakan rute pegunungan kelas dunia. Sepanjang 90 km, rute ini menghubungkan Tateyama Station di Toyama dan Shinano Omachi Station di Nagano. Wisatawan bisa menikmati pemandangan dengan menggunakan cable car atau under ground cable car, bus, dan ropeway.

Toyama 富山市 (2)

 

Lokasi  : 1 Kokuyurin, Bunasakasoto, Ashikuraji, Tateyama-machi, Nakaniikawa-gun, Toyama

Telp : 076-432-2819 (Tateyama Kurobe Kanko, Co.Ltd.)

Tiket : One way dari Tateyama ke Ogizawa Ogizawa ¥8,060 untuk 12 tahun  ke atas dan ¥4,030 untuk 0-11 tahun

Akses : 1 menit berjalan dari Tateyama Station (Toyama Chihou Railway), 40 menit dengan menggunakan mobil dari Tateyama Interchange on the Hokuriku Expressway

Biaya parkir : Gratis

Official URL  http://www.alpen-route.com/

Akses ke Tateyama dengan pesawat

toyama

image source: http://www.alpen-route.com

Akses ke Tateyama dengan menggunakan kereta api

toyama

image source: http://www.alpen-route.com

 

Akses ke Tateyama dengan menggunakan mobil

tateyama

image source: http://www.alpen-route.com

 

Video ini membuat saya ingin segera menginjakkan kaki disana ..

 

Shomyo Falls

toyama falls

image source: https://www.japanhoppers.com

Air terjun Shomyo  merupakan air terjun tertinggi di Jepang. Tingginya sekitar 350 m dan termasuk sebagai salah satu kekayaan alam nasional. Dari rute bus Tateyama Highland di Takimi-dai , kita dapat melihat air terjun yang cantik ini. Aliran air terjun pada saat awal musim panas akan sangat deras karena mencairnya salju Pegunungan Tateyama.

toyama

Lokasi : 11 Kokuyurin, Bunasakasoto, Ashikuraji, Tateyama-machi, Nakaniikawa-gun, Toyama

Telp: 076-462-9971 (Tateyama Town Office Industry & Tourism Division)

Tiket : Gratis

Buka : Biasanya di pertengahan Mei, dari jam 06:00 – 19:00 di bulan Juli dan Agustus, dan  7:00- 18:00 di bulan lainnya

Akses : 20 menit menggunakan bus Tateyama Kurobe Kankou dari Tateyama Station (Toyama Chiho Railway), dan dilanjutkan dengan berjalan selama 30 menit. Dengan menggunakan mobil butuh waktu 1 jam dari Tateyama IC dan 30 menit berjalan ke area parkir.

video source: http://www.world-of-waterfalls.com/asia-shomyo-waterfall.html

 

Tateyama Sanroku Ski Resort

image source: https://www.sno.co.uk/ski-resort/tateyama-sanroku/

image source: https://www.sno.co.uk/ski-resort/tateyama-sanroku/

Ski Resort ini adalah yang terluas di Toyama. Wilayah ski-nya terbagi tiga yaitu: Awasuno, Raichou Valley,  dan Gokuraku-zaka. Di wilayah Raicho Valley, para pemain ski bisa sampai puncak menggunakan gondola. Di ski resort ini juga menyediakan ski school, ski rental, snowboard rental, snowboard school, dan juga  terdapat kursus untuk para pemain ski yang sudah sangat mahir.

image source: visit-toyama.com/

image source: visit-toyama.com/

Lokasi : 55 Hara, Kota Toyama, 076-482-1311

Telp: 076-482-1311

Jam buka : 8.00-16.30 di hari libur dan malam hari buka pada pukul 16.00-21.00

Waktu:  Dibuka selama musim  ski

Akses: Dapat ditempuh 5 menit dari  Toyama Chiho Railway Tateyama Station

Website:        http://www.tateyama36.co.jp/ski/index.html

 

Wariyama Forest Park Tenkomori

toyama

image source: http://www8.city.toyama.toyama.jp, http://travel.rakuten.com/

Wariyama Forest Park  memiliki fasilitas  yang menarik  dan merupakan yang terbaik di Toyama. Tersedia 20 caravan yang siap untuk mengangkut pengunjung (tiket: 4500 yen) dan 8 wilayah camping (tiket: 2400 yen) di area wilayah  taman.

image source: http://travel.rakuten.com/hotel/info_Wariyama_Shinrin_Koen_Tenkomori/147804/

image source: http://travel.rakuten.com/hotel/info_Wariyama_Shinrin_Koen_Tenkomori/147804/

Fasilitas hotel antara lain: toko, vending machine, coin laundry, lapangan tennis, kolam ikan, barbecue area. Sedangkan di dalam ruangan terdapat fasilitas: kulkas, dan individual temperature control. Oiya, bagi yang berniat membayar dengan menggunakan kartu kredit masih belum bisa ya 🙂

Station.Check-in: 14:00
Last check-in:21:00
Check-out:10:00
Parking:150 Cars / Free
Alamat : 9-1 Wariyama Toyama city
Telp: 076-485-2777
Buka: Sepanjang tahun
Akses :Dapat ditempuh 5 menit dari JR Nirehara Station ( Takayama line) atau 5 menit dari  JR Sasazu

 

Toyama

 

Menuju Toyama  melalui wilayah domestik

Lokasi Toyama berlokasi  di pusat kota Japan, sehingga sangat mudah di akses dari Tokyo, Osaka dan Nagoya. Dengan naik The Hokuriku Shinkansen  yangg sudah dibuka tanggal 14 Maret 2015 lalu. Dibuka aksesnya mempersingkat waktu perjalanan antara Tokyo dan Toyama menjadi 2 jaum 8 menit.

source: http://foreign.info-toyama.com/en/access/

source: http://foreign.info-toyama.com/en/access/

Toyama's FOOD

  1. Trout Sushi
image source: http://www.tym.ed.jp/

image source: http://www.tym.ed.jp/

Sushi jenis ini merupakan makanan tradisional di Toyama. Makanan ini dulunya sangat mahal, namun sekarang sudah banyak ditemui di stasiun-stasiun. Katanya rasa dari shushi ini berpadu antara asin, asam, dan manis. Sushi rice, sakura masu (cherry trout), beserta bumbu berupa sushi ginger, kecap dan wasabi merupakan bahan utama dari makanan ini. Daun bambu digunakan untuk membungkus sushi ini.

 

2. Shiro Ebi Ryori

image source: http://jngtravels.blogspot.co.id/

Udang putih merupakan hasil laut yang khas di Toyama. Shiro Ebi Ryori terbuat dari udang putih sebagai bahan utamanya. So, jangan lewatkan untuk menikmati udang putih jika berkunjung ke Toyama.

3. Hotaru Ika Ryori (Hotaru Squid Dishes)

http://tasteasia.org/

http://tasteasia.org/

Kalo makanan yang satu ini terbuat dari cumi kecil yang berasal dari Laut Toyama. Cumi kecil ini bisa dikonsumsi segar atau setelah dikukus  dan terlebih dulu dicampur dengan mustard dan miso. Gimana? Kamu penasaran sama rasanya? 🙂

 

 

Yuk, kita ke Jepang  😀

 

 

REFERENSI:

http://foreign.info-toyama.com/en/spot/?spot_id=79

http://tadaimajp.com/2015/05/yuki-no-otani/

http://foreign.info-toyama.com/en/access/

http://chisanasekai-id.blogspot.co.id/2015/08/musim-panas-di-jepang.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Sh%C5%8Dmy%C5%8D_Falls

http://foreign.info-toyama.com/en/spot/?spot_id=12&ret_list_p=1

http://www.mustlovejapan.com/subject/shomyo_falls/

https://www.japanhoppers.com/chubu/tateyama/kanko/1269/

http://visit-toyama.com/outdoor-activities/000081.html

http://go-centraljapan.jp/en/sightseeing/detail_613.html

http://www.snowjapan.com/japan-ski-resorts/toyama/toyama/tateyama-sangaku

http://www.oksfood.com/sushi/masu_zushi.html

https://www.tofugu.com/japan/japanese-food-by-prefecture/