“Bukan buka puasa, kalo menu berbukanya tanpa gorengan”

Hayoo cung, yang kemaren pas saat bulan puasa selalu tidak ketinggalan menu yang satu ini? Saya unjuk diri sendiri aja deh. Saat bulan puasa kemarin, serasa ada yang kurang saat berbuka, saat gak ketemu pisang goreng, tempe goreng, tahu gorengan, atau bakwan di meja makan. Terasa belum lengkap, kalo belum makan gorengan. Aahh, menu paling nikmat yang ditunggu-tunggu saat berbuka itu ada dua: minuman dingin dan gorengan.

Dua menu tersebut menjadi menu wajib di meja makan. Menu utama yang tidak mampu digeser oleh makanan lainnya. Setiap harinya, selalu berbuka dengan gorengan. Teh manis hangat atau es buah menjadi pasangan menu yang siap saling menggantikan satu sama lain. Selama dua minggu, menu tetap itu menjadi incaran utama. Namun tidak lagi bagi saya. Ada yang berbeda dalam perut. Dan membuat semua makanan lezat menjadi kurang terasa nikmatnya. “Kenapa kamu?”, tanya tante saya. “Perutnya gak enak, serasa penuh meski puasa”, jawab saya pelan. “Udah tiga hari saya belum BAB ante”, bisik saya.  “Oalaaah, konstipasi itu.., banyak makan serat, jangan malas makan sahur, banyakin minum air, tuh pisang dimakan, jangan diliatin mulu” nasehat beliau.  Saya mengangguk, sadar akan kebiasan makan yang nggak sehat beberapa hari belakangan.

Kuraih pisang yang sudah melambai-lambai sedari tadi. Makanan yang saya konsumsi saat awal puasa  memang kekurangan serat dan air putih. Apalagi saat sahur, malas makan juga jadi penyebabnya. Akibatnya ya jadi  kena konstipasi. Perut jadi begah bin gak jelas.

Pisang Sunpride, Si Penyelamat Konstipasi

Bukan rahasia lagi, kalo buah pisang punya manfaat besar untuk menyembuhkan konstipasi. Pisang punya perang penting dalam membantu proses pencernaan. Serat tinggi dari buah pisang akan membantu menormalisasikan proses yang terjadi pada usus besar. Setelah makan pisang beberapa hari, BAB saya pun jadi lancar. Jadi kalo denger konstipasi, inget banget sama buah pisang sunpride. Thank you banget ya pisang Sunpride. 

Pisang Sunpride

Selain itu, buah pisang juga  kaya akan pektin dan berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Prebiotik juga merangsang enzim pencernaan untuk membantu proses penyerapan zat gizi. Zat gizi yang terdapat dalam makanan jadi maksimal diserap oleh tubuh.

Buah yang baik untuk teman berbuka punya 2 syarat:

  1. Buah yang mampu meningkatkan gula darah dengan cepat
  2. Buah yang mengandung kadar gula tinggi

Jenis buah yang memenuhi dua syarat tersebut antara lain: kurma, anggur, rambutan, mangga, pisang. Saat berbuka puasa, buah pisang sunpride menjadi andalan saya.

Lalu bagaimana dengan saat makan sahur? Apa perlu makan buah juga?

Menurut sebuah situs kesehatan, buah yang baik  untuk teman saat sahur juga punya 2 syarat:

  1. Buah yang mengandung tinggi serat
  2. Buah yang mengandung banyak cairan

Buah yang memiliki 2 syarat tersebut antara lain: buah apel, pepaya, melon, buah naga, pisang.

See, masih ada buah pisang yang juga baik untuk dikonsumsi saat makan sahur. Jadi, selama pisang sunpridenya masih ada, saya selalu mengkonsumsi pisang saat makan sahur. Selain pisang, saya punya satu buah menu andalan yaitu buah apel.

Apel Pacific Rose Sunpride, Pemilik Sensasi Segar dan Manis

Saya suka sekali buah apel. Saat mengkonsumsinya, sensasi segar pada setiap gigitan seperti merangsang saya agar lebih bersemangat saat makan sahur. Apalagi apel yang sudah  disimpan dalam kulkas.  Dinginnya bikin segar mata  dan perut.

apel Sunpride

 

Apel mengandung banyak air  dan juga tinggi serat. Sensasi segar berasal dari air yang terkandung dalam buah apel. Buah apel juga mengandung serat tinggi yang baik untuk proses pencernaan.

Apel Pacific Rose milik Sunpride memiliki warna kulit yang unik yaitu perpaduan merah blush dan kuning krem. Apel cantik ini sangat renyah dan juicy dan juga manis rasanya.

Buah Pasti Sunpride adalah buah andalan saya, terutama pisang dan apel. Kalo kamu?