The pursuit of success, Live fully without compromise

Kata bijak yang saya dapat dari sosok beliau yang sudah berumur 80 tahun. Aura semangat Habibie menyelimuti ruangan Bincang Buku Habibie The Series dan Diskusi Publik “Menggali Inspirasi dari 80 Tahun Habibie” di Museum Mandiri  tanggal 6 Agustus kemarin. Semua duduk takzim menyimak setiap perkataan yang disampaikan pembicara tentang sosok inspirator bangsa. Eyang B.J. Habibie, sosok yang tak pernah kehilangan inspirasi dan dedikasi kepada bangsa Indonesia.

DSC06400

Para Pembicara saat Diskusi Publik “Habibie The Series”

Inilah beberapa pesan dan kesan yang tercermin dari sikap beliau yang disampaikan oleh Bambang Setyadi, Ketua Dewan Riset Nasional selama beliau mengenali sosok beliau :

  1. Bekerja harus, berdoa juga harus

DSC06405

Bekerja dan berdoa, dua sisi yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Berdoa di awal, bekerja maksimal, lalu berdoa untuk kelancaran proses dan hasil, nilai filosofi yang selalu diajarkan oleh Habibie setiap melakukan pekerjaan. Melibatkan campur tangan Tuhan pada setiap hal yang sedang dilakukan.

2. Ilmuwan bukan pekerjaan, tapi sikap. Bertanggungjawab secara profesional

DSC06406

Menjadi ilmuwan, bukanlah pekerjaan tapi merupakan sikap dalam menghargai dan menghormati pekerjaan itu sendiri. Merupakan bagian dari jiwa sang pekerja, dengan begitu kamu akan mencintai dan mengerahkan segala fikiran dan kreatifitas pada hal yang ditekuni. Aaah, andai setiap kita memiliki nilai ini yang tertanam dalam jiwa, Indonesia kelak akan menjadi sebuah negara yang dipandang oleh dunia.

3. Teknokrat mengayomi 

DSC06407

Teknokrat yang membumi dalam sikap dan melangit dalam kejeniusan, itulah sosk beliau. Pada gambar diatas Bambang Setyadi sedang meminta Habibie untuk menandatangani foto mereka berdua. Dengan santainya Habibie meringankan tangannya untuk memberi suguhan tandatangan di foto tersebut. Hmm, mungkin tak semua teknokrat atau birokrat yang pernah jadi presiden ini melakukan demikian.

4. Kerjasama internasional itu perlu 

DSC06408

Sebagai bangsa yang berkembang dan ingin maju di kelas dunia, belajar dan kerjasama dengan dunia internasional itu merupakan keharusan. Dengan bekerjasama kita banyak belajar dan mengenali bangsa kita sendiri. Memiliki kelebihan apa, meiliki kekurangan dimana, kita harus mengenalinya dengan baik, agar dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat. Pesan ini ngena banget pada saya, kenali dirimu sendiri, pesan saya pada diri.

5. Fokus, Lakukan, Selesai dan Lapor

DSC06409

Fokus, sebuah kata yang punya banyak tantangan dalam menjalaninya. Fokus adalah sebuah kekuatan yang membuat kita siap atas setiap tantangan.  Habibie berpesan agar bisa fokus dalam menyelesaikan setiap hal. Kamu sudah fokus dalam mimpimu belum? (tunjuk diri sendiri :))

6. Jangan sentuh sumberdaya alam apapun, kalu kita belum menguasai ilmu tentang sumber daya alam itu 

DSC06410

Seperti kata-kata bijak yang sudah sering kita dengar, ” Berikanlah pekerjaan pada ahlinya maka akan berhasil, bukan sebaliknya”. Jika sebaliknya yang terjadi maka tunggulah kiamat. Sebuah pesan yang sangat dalam bahwa setiap kita punya kelebihan di bidang masing-masing dan harus berbuat sefokus dan semaksimalnya pada bidang yang kita tekuni.

7. Sederhanakan model masalahnya 

DSC06414

Punya masalah? Sering punya masalah? Bingung nyari jalan keluar? Kalo kata Habibie, ” Sederhanakan saja model masalahnya” . Belajar memetakan masalah dengan baik, maka no need to worry or galau.  Masalah itu sederhana kok, jangan dibuat ribet, tegas Bambang Setiadi saat memaparkan pesan ini. Kamu yang lagi galau, sederhanakan saja masalahnya kawan 🙂

8. Perhatikan hubungan SDM, riset, industri dan stabilitas ekonomi

DSC06418

Sumber daya manusia, riset, industri, dan stabiltas ekonomi memiliki fungsi vital dalam pembangunan. Semua faktor tersebut memiliki kekuatan dalam mendukung kelancaran pembangunan. Sumberdaya manusia yang diperlukan adalah yang berkualitas, memiliki pola pembangunan riset jangka panjang, daya saing yang tinggi untuk industri serta dukungan stabilitas ekonomi yang mensupport investasi berkembang di dalam negri. Jika semua hal itu dapat kita kuasai, Indonesia adalah nomor 1 di mata dunia. Mimpi yang masih terus diwujudkan anak bangsa, saya dan kamu harus ikutan dalam proyek besar itu ya 🙂

9. Jangan berhenti berfikir, meskipun sudah pensiun 

DSC06421

Pensiun itu identik dengan istirahat. Naun tidak bagi Habibie. Tidak ada kata berhenti berkarya bagi sosok satu ini meskipun sudah tidak bekerja lagi sebagai salah satu birokrat di negri ini. Tak ada kata berhenti dalam berkarya. Teruslah berkarya, teruslah berproses kreatif itu pesan beliau.

Nilai-nilai tersebut tercermin dan teraplikasi dalam kehidupan sang eyang, sehingga banyak memberikan sumbangsih yang sangat berarti pada Indonesia. Nilai-nilai tinggi yang  dapat diserap oleh orang-orang yang berada di sekitar beliau sehingga mampu melahirkan hal-hal besar.

Berikut ragam bentuk cinta Eyang Habibie, Sang inspirator bangsa kepada negeri:

  1. Faktor Habibie

Keretakan yang terjadi pada badan atau sayap pada pesawat terbang merupakan musibah yang tak tidak bisa ditolerir. Habibie dengan kejeniusannya menemukan Faktor Habibie atau teori Habibie yang sering diistilahkan dengan Mr. Crack. Teori ini menyelamatkan jutaan nyawa manusia tidak hanya di Indonesia yang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Teori ini menjadi solusi dalam menentukan letak titik awal keretakan (crack) yang terjadi pada pesawat terbang. Teori ini membantu industri pesawat terbang dalam menjaga keselamatan para penumpang. Berkatnya, kecelakaan pesawat terbang semakin minim. Berat pesawat dapat berkurang sebesar 10 % dengan mengaplikasikan teori ini.

hbb2

Tq Mr. Crack sumber foto : popinstagram.com

2. Anak negeri bekerja di Jerman 

Dengan IQ 200 yang dimiliki Habibie, Jerman sangat mencintai kecerdasannya. Berkat itu juga pada tahun 1968, insinyur-insinyur Indonesia bisa bekerja di Jerman atas rekomendasi Habibie. Rekomendasi ini bertujuan untuk mendidik anak-anak bangsa agar kelak saat kembali ke negeri mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam bidang dirgantara setelah menyerap ilmu di negeri  orang.

3. Menjadi Menteri Riset dan Teknologi 

4. Menjadi Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

5. Menjadi Ketua Dewan Riset Nasional

6. Menjadi  Presiden ke-3 Indonesia

7. Melahirkan undang-undang baru seperti UU Otonomi Daerah, UU Anti Monopoli, UU Persaingan Sehat, UU partai politik

8. Inspirator Cinta yang Tulus 

Cinta Habibie kepada Ainun sangat disorot bahkan telah difilmkan. Sebuah film yang menceritakan perjalanan cinta Habibie sejak bertemu Ainun, melewati masa-masa perjuangan saat sekolah di Jerman, menjadi salah satu birokrat negri, hingga mengusik sisi ketulusan cinta  Habibie yang ditinggalkan lebih dahulu.

hbb1

sumber gambar: www.kaskus.or.id

Hingga kini, Habibie tidak berhenti dalam menjadi inspirator bangsa. Baru-baru ini beliau baru meresmikan sebuah rumah sakit yang khusus mengobati pasien dengan sakit ginjal. Dan jika memang tidak memiliki biaya, Habibie membebaskan biaya pengobatannya. Sebuah karya untuk bangsa yang manfaatnya terus menerus akan mengalir hingga akhir hayat.  Seperti pesan beliau “Jadilah mata air yang jernih, yg memberikan kehidupan pada sekitarmu” .

Bagi saya secara pribadi, nilai-nilai yang saya dapat serap dalam kehidupan sebagai pengagum sosok beliau adalah:

  1. Mendapatkan ilmu baru dalam memilih jodoh (eeaaa 🙂 ) 

Habibie dalam bukunya pernah berpesan :

“Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan sesorang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun”

2. Berkontribusi yang terbaik untuk negri 

Dalam film Ainun Habibie, tergambar dalam fikiran saya bahwa, apa yang kita impikan dapat terwujud setelah kita bekerja keras, bekerja pintar dan bersungguh-sungguh. Pesan beliau

” Hanya anak bangsa sendirilah yang dapat diandalkan untuk membangun Indonesia, tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain”

3. Tetap memegang nilai-nilai kebenaran meski saat berkuasa

Masih dalam film yang sama, saya melihat begitu banyak ujian dan tantangan saat menjadi teknokrat dan birokrat, misalnya kesempatan untuk KKN. Saat berkuasa, kita bisa melakukan apa saja, apakah itu merugikan rakyat atau tidak , hanya orang-orang kuat yang bertahan. Habibie dengan tegas untuk menolak praktek KKN tersebut dan tetap teguh pada kebenaran meski beliau punya kuasa untuk melakukannya.

4. Belajar bagaimana menjadi seorang istri yang mendukung keberhasilan suami 

Film Ainun Habibie, berhasil menanamkan nilai-nilai baik dalam batin anak-anak perempuan Indonesia. Belajar bagaimana Sang Ainun berjuang dan bertahan dalam sakitnya demi mendukung karir suami  dan kepentingan bangsa diatas segalanya. Could I ? 🙂

5. Belajar untuk menjadi ibu yang terbaik untuk keluarga 

Pesan Pak Habibie untuk ibu diseluruh Indonesia :

“Seorang ibu harus memiliki pengetahuan yang memadai untuk memintarkan keluarganya. Dengan demikian proses pembelajaran dalam keluarga bisa berjalan dengan baik”. 

Meski itu masih impian, semoga Tuhan merestui. Seperti pesan Eyang Habibie, Bekerja harus namun berdoa juga harus.

Mata air yang jernih pasti akan selalu menjadi sumber kehidupan bagi yang ada disekelilingnya, bermanfaat bagi sesama. Itu nilai hidup yang terus diperjuangkan oleh Eyang Habibie. Thank you Eyang ..

Semoga kita cucu-cucunya mampu menerapkan nilai-nilai tinggi yang sudah diajarkan beliau ya 🙂

Oiya teman-teman, masih ada “Pameran foto Habibie dan gebyar aneka lomba yang diselenggarakan berbagai komunitas yang tergabung dalam Friends Mandiri Museum. Pameran ini dibuka untuk umum mulai 24 Juli 2016 hingga 21 Agustus 2016 di Museum Bank Mandiri, Kota Tua – Jakarta Barat”

Referensi :

http://profil.merdeka.com/indonesia/b/baharuddin-jusuf-habibie/