Gak pengen ketinggalan acara Indonesia Is Me, saya juga join event yang diadakan tanggal 20 Agustus.

Event ini diadakan di Mal Bassura, kawasan Prajawangsa, yang masih merupakan project apartment milik Synthesis Development. Bassura City, Synthesis Square, Synthesis Residence Kemang dan Pusaka Prajawangsa adalah project mahakarya dari Synthesis Development.

 

Mba Kartika Putri menjadi MC di acara Blogger Perempuan di event Indonesia Is Me tanggal 20 Agustus kemarin pada sesi sharing tentang Apartemen Prajawangsa City.

prajawangsa

Mba Putri sedang memulai acara

 

Sharing tentang Prajawangsa City

Sharing tentang Prajawangsa City

Untuk mengetahui info lebih lengkap mengenai Prajawangsa City, kunjungi link 

“Prajawangsa City, Apartemen Ramah  Kantong  Kelas Menengah”.

 

Sesi dilanjutkan dengan pemutaran film Pusaka Prajawangsa yang menjadi behind the name dari nama Apartemen Ramah Kantong Kelas Menengah itu.

Nonton bareng film Pusaka Prajawangsa

 

Nonton bareng film Pusaka Prajawangsa sumber gambar: Prajawangsa Instagram

Nonton bareng film Pusaka Prajawangsa
sumber gambar: Prajawangsa Instagram

Film Pusaka Prajawangsa ini bercerita tentang  pemenuhan janji kepada Prabu Prajawangsa untuk mengabadikan 8 pusaka kerajaan Indraloka dalam bentuk karya seni.  Nama delapan pusaka kerajaan inilah yang kelak juga akan menjadi nama tower di Prajawangsa.  Aksa, Bargawa, Cemeti, Diwangkara, Ekanta, Fulmala, Ganitri, dan Hima, nama ke delapan tower yang akan dibangun.  Tiga seniman besar pada masa itu berusaha untuk mewujudkan permintaan prabu dalam bentuk karya seni lukis dan patung. Cerita lengkapnya tentang Pusaka Prajjawangsa dan makna dari 8 pusaka Prajawangsa tersebut ada di Story of Pusaka Prajawangsa.

Penasaran dengan  Film Pusaka Prajawangsa dengan penulisan skrip oleh Alexander Thian, sila kunjungi link Movie Pusaka Prajawangsa.

Menikmati alunan musik dari Kalimantan saat sesi makan siang, enjoy a moment 🙂

Creative talk bersama Alexander Thian berbicara mengenai tentang proses kreatif dalam menyelesaikan film pusaka Prajawangsa yang juga menjadi dasar nama pembangunan apartemen ini.

DSC06497

Sesi ini sangat menarik bagi saya, karena memang sudah lama tertarik untuk belajar penulisan skenario.  Alexander Thian yang merupakan seorang fotografer,sangat tertarik untuk terlibat dalam penulisan skenario film yang sarat budaya bangsa ini.

Creative Talk with Alexander Thian

Creative Talk with Alexander Thian

 Profil Alexander Thian 

Nama: Alexander Thian
Twitter: @aMrazing
Blog: amrazing.com
Kota Asal:  Pontianak
Domisili: Jakarta

Lelaki yang awal mulanya berprofesi sebagai fotografer ini, meluaskan kiprahnya ke dunia menulis. Mulai dari cerita jalan-jalan dan life style di blog pribadinya di amrazing.com, sekarang merambah ke penulisan skrip film.  Mau mengikuti jejaknya?

Proses Kreatif Film Pusaka Prajawangsa

Treatment cerita Pusaka Prajawangsa:

Ceritanya sudah ada, yaitu tentang Prajawangsa , sang pahlawan Betawi. Namun data tentang Prajawangsa di goole masih sangat sedikit. Akhirnya Alex membuat cerita baru yang masih relevan dengan kehidupan masa kini namun tetap membawa nilai-nilai inspirasi.  Memasukkan kisah cinta dalam diam ke dalam skenario film, mengimplementasikan kain lurik sebagai kekayaan bangsa sebagai media lukis dalam cerita.

Pengembangan Karakter Tokoh Cerita

Bima, Sang pelukis yang biasanya orang yang serius, dalam proses kreatif Alex, Ia mencipta Bima di luar streotip yang ada. Karakter Bima diciptakan menjadi lebih manusiawi, punya sifat usil dan cerewet.

Pembentukan karakter  ini sangat penting. Bagaimana menciptakan tokoh  utama agar berhasil disukai penonton, dan sebaliknya, sang musuh benar-benar menjadi ancaman dalam cerita.

Skenario cerita umumnya mengikuti alur seperti ini : (Film Disney juga mengaplikasi pola ini)

  1. Tokoh utama memiliki hidup yang bahagia
  2. Kemudian masalah datang
  3. Lalu tokoh utama jatuh terhadap masalah tersebut
  4. Selanjutnya, tokoh utama dibantu oleh seseorang
  5. Tokoh utama belajar menangani masalahnya
  6. Selanjutnya, tokoh utama melawan musuh utamanya
  7. Dan akhirnya, tokoh utama menjadi pemenang

Pola diatas disebut juga dengan 12 Steps Of Hero Journey. Polanya seperti di dalam gambar :

12 Steps Of Hero Journey

12 Steps Of Hero Journey

 

Untuk kamu yang mau belajar membuat skrip film, bisa belajar banyak di http://script-o-rama.com/.

Thanks a lot untuk ilmunya ya Koh Alex 🙂

 

Yeay, Moment Nonton di  XXI Mal @ Bassura City 

 

Prajawangsa

Voucher nonton yang saya dapat karena jawab pertanyaan , Yeaayy 🙂

Bassura City

Dapat vouchernya satu, tapi berhasil memenangkan hati Afifah n Rani buat nonton dulu sebelum pulang, Eh. rezeki ketemu Mak Olin juga. Tq ya dear frens

Rangkaian event Indonesia Is Me ini masih berlajut di tanggal 21 Agustus-nya. Pada hari tersebut berlangsung Synthesis Merdeka Ride, yang merupakan ajang ekspresi bagi klub komunitas penggemar sepeda atau pribadi-pribadi pecinta olahraga.

Kegiatan ini menantang para peserta untuk melakukan perjalanan bersepeda sejauh 71 km di jalur ibukota Jakarta. Hal ini merupakan wujud ekspresi atas 71 tahun kemerdekaan RI, yang secara teknis dibagi dalam 3 wave yaitu The cool 20 km/jam, The fast 30 km/jam, dan The Furious 40 km/jam.

Sumber foto: Instagram Prajawangsa

Sumber foto: Instagram Prajawangsa

Dana kontribusi yang akan diberikan untuk membantu biaya operasi bibir sumbing bagi anak-anak tidak mampu di Hayandra Peduli Foundation. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Bersepeda Untuk Berbagi. Dari data yang ada, setiap tahunnya sekitar 9000 bayi lahir dengan kondisi bibir sumbing. Tag line “Bring Out Miles Of Smiles” smoga mampu memberikan sweet smile bagi anak-anak tersebut.

 

Semoga tahun depan kita masih bisa ketemu dengan event Indonesia Is Me 🙂

 

Link terkait artikel :

  1. Indonesia Is Me, Bukti Nyata Cinta Pada Negri Dari Synthesis Development (1)
  2. Samara Suites, Business Apartment Pertama di Indonesia
  3. Prajawangsa City, Apartemen Ramah Kantong Kelas Menengah