Traveling, it leaves you speechless, then turns you into a storyteller,

itu katanya Ibnu Batutah. Petuah itu bnerrr banget. Saat melakukan travelling, sesaat kita akan tertegun dan tertawan akan sebuah keindahan alam, harmoni manusia, dan kesempurnaan ciptaan Tuhan. Dan selanjutnya kamu akan menceritakan keindahan yang kamu rasakan, menularkan semangat traveling ke sahabat terdekat, ke orang tua, dan orang-orang sekeliling. Bahagia itu enaknya memang dibagi, tidak dipendam dan disimpan sendiri. Dan saya selalu percaya, Travelling itu adalah kepingan puzzle dari kebahagiaan.

So, yuk buat itienary yang baru hari ini πŸ™‚

Tapiii, traveling kan butuh dana yang tidak sedikit. Tapi dengan dana yang sedikit kita masih bisa traveling lho. Namanya traveling hemat.

Β Traveling Hemat itu apa sih?

Traveling hanya untuk yang berduit saja.

Traveling hanya untuk kantongnya tebel.

Itu stigma yang ada di benak saya waktu dulu. Tapi itu duluuu. *bukan iklan πŸ˜€

Kini, setiap orang bisa traveling. Kamu juga. Saya juga. Bisa pake modal sendiri atau bisa dari hibahan orang lain. Bisa pake modal sedikit atau modal yang banyak. Tapi kalo ditanya, pengennya pake modal yang sedikit bin irit pastinya. Kalo saya ditanya, apakah traveling bisa hemat pake banget? . Saya jawabnya bisa banget. Ikuti aja lomba blog yang hadiahnya jalan-jalan. Biasanya kamu cuma diminta bawa diri aja. Siapa yang gak mau coba? Pasti ngacung paling tinggi saya juga.

Ngomongin tentang traveling hemat, saya jadi inget waktu traveling ke Beijing, China. Traveling ini traveling hemat ala saya. Kenapa?

  1. Traveling ke Beijing adalah hadiah dari lomba blog
  2. Untuk segala keperluan keberangkatan sudah diatur dan diurus oleh pihak tour travel
  3. Segala biaya akomodasi, penginapan, transportasi sudah dipenuhi oleh pihak penyelenggara lomba
  4. Masih diberi uang saku selama dalam perjalanan yang cukup banget untuk beli oleh-oleh
  5. Cukup bawa diri dan enjoy your traveling
wefie itu sifatnya wajib, senyum si travelling hemat :D courtesy: Evrina

wefie itu sifatnya wajib, senyum si travelling hemat πŸ˜€
courtesy: Evrina

Alloh Maha Besar dengan segala kesempurnaan nikmatnya. Saya dan dua pemenang lainnya menikmati keindahan alam Beijing selama 5 hari di musim dingin. Huhuhu welcome suhuΒ  minus 8.Β  Angin dingin yang wus wus wus di Great Wall China beradu dengan semangat kami untuk mendakinya. Hmm, pengalaman yang sangat menakjubkan.

Untuk cerita lengkapnya, bisa berkunjung ke postingan saya di sini πŸ™‚

Wisata Muslim China Cheria-Assalamualaikum Beijing

Itu traveling hemat versi saya : yaitu lewat memenangkan lomba blog.

Cerita traveling hemat versi yang kedua, saya sebut sebagai berkah dari nge-blog. Karena lewat nge-blog saya bisa mencicipi traveling hemat dan mencicipi staycation di beberapa hotel. Berkah banget deh nge-blog ini, alhamdulillaah, segala puja dan puji hanya milik Alloh.

dompet-duafa

Enjoy care visit di daerah Sukabumi, ini juga traveling hemat

 

Namun, traveling hemat bukan satu versi, banyak macamnya. Seperti yang sudah saya sebut diawal, banyak cara untuk bisa traveling. Dan setiap orang bisa traveling.

Untuk bisa traveling dengan hemat, kamu bisa ikutin beberapa tips dari saya berikut:

  1. Rajin-rajin untuk cek promo dari tour atau maskapai penerbangan dan menjadi subscriber mereka
  2. Gabung bersama komunitas traveling seperti : travel backpack, komunitas travel dunia, atau jilbab traveler milik Bunda Asma Nadia
  3. Cek dan book tiket pesawat di weekdays dan pada pukul dini hari atau pagi-pagi banget. Saya pernah nih ceki2, emang beda harganya.
  4. Tetapkan kota-kota atau tempat wisata yang akan dikunjungi, siapkan rencana perjalanan yang matang
  5. Catat atau daftarkan barang-barang yang harus dibawa selama dalam perjalanan. Jangan sampai karena kelupaan bawa benda penting kamu harus membelinya di tempat lokasi tujuan.
  6. Pesan penginapan secara online

Untuk yang terakhir, ini beneran kejadian lho.. Saya punya cerita sendiri tentang hal yang satu ini.

Pesan Online Lebih Hemat

Waktu weekend beberapa bulan yang lalu, saya dan keluarga ingin survey harga barang ke Bandung. Niatnya mau memulai bisnis nih. Setelah ceki-ceki, kita menetapkan untuk survey harga ke Bandung, selain karena dekat dengan kota hujan, juga lagi kangen ke Braga.

Setelah seharian survey harga, tibalah waktu malam. Badan tentunya minta tempat untuk rebahan. Rencana awal kami book hotel di lokasi terdekat saja, yang dekat dengan lokasi barang-barang yang kita cari. Cukup banyak hotel di sekitaran lokasi perbelanjaan dengan harga yang sangat beragam. Dan tentunya bersaing ketat.

Terus akhirnya diputuskan untuk menginap di kawasan Braga saja. Selain dekat dengan lokasi besok yang akan kita jajah, juga untuk menuntaskan kekangenan untuk kawasan yang kreatifnya gak pernah jenuh ini. Akhirnya kita putar balik menuju Braga dan memilih salah satu hotel yang ada disana.

Sebelum masuk hotelnya, selama di perjalanan kita udah cek harga hotel yang akan kita bayarkan per kamar. Kita udah mantap untuk book hotel A.

Ealah dalah.. sesampainya di meja resepsionis.

Harga yang kita terima tidak sama dengan harga yang ada di book online. Bedanya sampe 100 ribu lebih dikit. Kan lumayan buat nambahin uang jajan besok, begitu fikiran kita.

N you know what, emang dasar mau traveling hemat. Kita bela-belain booking lewat online saja padahal udah tinggal bayar di depan mata. Hahahhaa kocak tapi nambah ilmu buat saya yang suka traveling. Malam itu jadi pelajaran banget.

Besok-besok kalo mau traveling, booking hotelnya lewat online aja πŸ™‚

Akhirnya setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan kunci kamar. Kita cuss masuk ke kamar hotel dan beristrahat.

Topik booking hotel lewat online ini masih jadi topik pembicaraan sebelum tidur, hahaha. Serunya ya bisa traveling hemat.

Kalo nanti mau jalan-jalan lagi, saya mau coba booking di Zen Rooms aja deh. Hasil dari baca review teman-teman blogger, saya juga jadi pengen menginap disana. Katanya Zen Rooms bisa menyediakan hotel dengan budget terbaik. Selain itu, juga menyediakan harga paling hemat. Siapapun pasti tau, kalo biaya penginapan bisa menyedot biaya traveling lebih banyak. Dengan cara ini, maka tujuan untuk traveling hemat bisa tercapai.

Mau traveling??? Traveling Β hemat aja πŸ™‚

 

zenzen