Bisnis

Ini Resep Rahasia Sukses Berbisnis Online

“Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rizki.” 

Berdagang itu punya banyak jalan rezeki. Tak pelak lagi, ia punya 9 pintu rezeki dari 10 pintu yang ada. Lihat saja orang-orang yang berdagang sebagian besar mereka adalah orang yang berkecukupan. Rasululullah saja juga memiliki profesi sebagai pedagang. Beliau adalah seorang pebisnis. Salah satu tanda cinta kita pada Rasulullah adalah mengikuti perkataan dan perilakunya bukan?. Salah satunya dengan berbisnis. Yuk belajar bisnis dari sekarang 🙂

Belajar Berbisnis

resep-rahasiasuksesberbisnis-online

Bisnis itu macem-macem, banyak banget malah macemnya. Buat yang pengen belajar memulai bisnis, mencari dan menentukan produk yang ingin kamu jual itu yang utama banget. Penetapan keputusannya bisa berdasarkan produk yang lagi trend dan kemungkinan besar juga disukai konsumen, apalagi kalo produk tersebut kamu juga sukai. You will get the feel of d product. Itu kata salah satu buku bisnis yang pernah saya baca. Bisnis yang selalu dicari dan berkembang, salah duanya adalah food n fashion. Dua item ini jadi idol untuk berbisnis.  Kamu boleh pilih salah satunya. Tapi.., klo gak tertarik, bisa pilih produk lain yang sesuai dengan passion kamu.

Kali ini saya mau share cerita sukses berbisnis dengan produk fashion khususnya clothing. Pakaian, ini jadi ‘makanan’ banget buat kita. Entah kenapa, walopun udah ada setumpuk baju di dalam lemari, selalu ada aja momen yang buat kita pengen beli baju baru. Bisa saja karena ada keperluan khusus untuk seragam-an sama temen-temen, pengen ikut tren, karena lucu (ini saya kali yah hihi) , atau pengen dapat suasana lebih fresh. Kalo kamu, biasanya beli baju baru karena apa? . Kalo saat ini, mungkin punya alasan tambahan, yaituu… mau jadi reseller dari sebuah produk untuk meningkatkan pundi-pundi di tabungan.

Iyalah, kalo gak nebelin isi dompet, ngapain juga berbisnis. “Butuh beli susu anak n la la la la”, kalo kata emak-emak. Kebutuhan hidup semakin meningkat Jendral :D. Iya, berbisnis menjadi salah satu pintu rezeki yang harus kita jemput. Apalagi kalo bisnis yang kita jalankan itu punya nilai dakwah. Insy berkah sodara-sodara. Berkah itu katanya nikmat yang terus bertambah-tambah, pada mau dong pasti 🙂

Afra Kids lahir dengan mengusung dua konsep luhur itu. Dengan tagline “peduli dan Berbagi” hadir di tengah ‘kekeringan’ nilai islami di masyarakat kita. Berdakwah melalui produk clothing. Afra Kids concern di kaos anak dengan nilai-nilai islami.

afra1
Berbagai Produk Afra Kids sumber: afrakids.com

“Start Your Day With Bismillah”
“Moslem, Be Honest”
“Let’s Sholat”
“Love n Follow Rasulullah”

Dan masih banyak nilai islami lainnya. Kita memang perlu diingatkan dengan nilai-nilai agama yang kita akui selama hidup. Penetapan produk berupa kaos menjadi pilihannya, karena kaos dipakai sehari-hari dan utamanya menjadi tumpuan utama saat  melihat seseorang. Saya jadi teringat sama baju Joger, yang membuat kita selalu terkesan dengan tulisan-tulisannya.

 Bisnismu adalah Pohonmu 

afra2

Bisnismu itu dalah pohonmu. Sifatnya pohon adalah bertumbuh. Agar dapat tumbuh, sebuah pohon membutuhkan air dan benih. Salah satu cara pebisnis pemula untuk menumbuhkan bisnisnya adalah dengan cara belajar ilmu bisnis. Istilah yang diperkenalkan oleh Ferdias Ramadoni, seorang cofounder and Head of Sales di  Afrakids. Kita butuh ilmu untuk berkembang.

Hilangkan mindset yang mematahkan atau mengurungkan niatmu untuk memulai bisnis. Hilangkan semua pikiran negatif bahwa kamu tidak bisa berbisnis, hilangkan rantai gajahmu, itu pesan Ramadoni.  Untuk yang mau tau lebih banyak tentang rantai gajah,  bisa baca di artikel Lepaskan rantai gajah dan hidup sukses mulia milik Pak Jamil Azzaini.

Banyak manfaat yang diperoleh jika memilih untuk berbisnis. Waktu untuk keluarga tentu lebih banyak. Terlebih buat ibu yang sudah punya anak, kamu bisa menentukan free time sendiri.  Gunakan prinsip PETANI jika akan berbisnis online.

Prinsip PETANI  ini sendiri adalah:

  1. Pastikan untuk menghubungi  customer kembali

Sebagai calon pebisnis sukses kamu harus memiliki catatan pelanggan, untuk menjalin silaturahim kembali di lain waktu. Baiknya buat reminder atau catatan khusus untuk ini. Bersikap luwes dalam menjalin komunikasi sangat penting agar gak ‘ditembak’ dengan kalimat pedes “Mau nawarin produk lagi ya?” 🙂

2. Empati

Empati itu adalah sebuah sikap agar kita peka atau sensitif terhadap posisi atau perasaan orang lain. Kamu harus peka saat dimana konsumen lagi cekak, saat konsumen butuh produk baru atau lagi butuh konseling. Bisnis adalah soal menjalin dan menjaga hubungan baik dengan customer.

3. Tanggap

Tanggap terhadap pemberian respon yang tepat terhadap penanganan konsumen baru atau komplain konsumen. Sekali saja kita tidak tepat dalam menanggapi, maka akan sangat sulit mengembalikan kepercayaan mereka.

4. Ajak bergabung dengan media sosial

Sekarang, zamannya untuk eksis di media sosial. Kalo gak eksis, gimana mau sukses berbisnis. Itu harga mati dalam dunia bisnis. Manfaatkan segala jenis media sosial yang ada. Kalo belom paham,

, belajarlah. Teman-teman di lingkungan kita bisa banget jadi teman untuk berkembang.

  1. Nilai lebih

Setiap orang suka diperlakukan dengan cara istimewa, dengan cara yang spesial. Beri perhatian lebih kepada pelangganmu misalnya ingat akan hari kelahirannnya, jika punya rezeki lebih beri kado spesial. Seperti pesan di awal, berbisnis akanlebih sukses kalo kamu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Atau contoh lainnya, jika customernya juga memiliki produk, belilah produkya tersebut. Dengan maksud agar roda perekonomian juga berputar. Jika saudara kita sukses, kita juga akan kecipratan suksesnya. Percaya deh ! 🙂

  1. Inisiatif

Inisiatif ini harus diasah. Cara mengasahnya adalah dengan terjun dan menyelami dunia bisnis. Semakin kamu berada di lautan bisnis, maka intuisi bisnismu akan terasah, dan dengan sendirinya inisiatif akan lahir dengan sendirinya. Inisiatif ini misalnya dengan memberikan reward bagi pelanggan yang memiliki pembelian paling banyak, atau yang lainnya.

Untuk bisa sukses berbisnis online, kita harus mempelajari pola bisnisnya. Kalo kata Ippho Santosa, pola suatu bisnis itu perlu dipelajari, jika tidak maka bersiaplah untuk lambat berkembang atau lebih buruknya lagi jalan di tempat. Na’udzubillah ya.

Urgensi Personal Branding

Agar ketularan sukses, kita harus belajar dari yang sudah lebih dulu sukses. Novita Juanda, salah satu contoh suksesnya. Perempuan yang tidak sengaja kecemplung di dunia bisnis ini, sukses menjadi salah satu agen nomer 1 di Afra Kids.  Awalnya ia bercita-cita menjadi seorang dosen namun karena ‘tuntutan’ anak yang tidak bisa jauh dari sang ibu justru membuka peluang bisnis bagi dirinya dan keluarga. Dengan kegigihan dan kerja keras mengembangkan bisnisnya dari 2 tahun lalu. Kini omset puluhan juta, sudah ia nikmati dari bisnis ini.

 

afra3-1

Ia memulai bisnis ini dengan membangun personal branding di akun facebook pribadinya. Facebook yang fungsinya adalah untuk menjalin pertemanan dialihkan menjadi sarana untuk berbisnis. Tak mudah, ia membutuhkan waktu satu tahun lebih  agar setiap orang yang mengenalnya, juga ikut mengenal produk yang ia tawarkan.

“Novita itu identik dengan Afra Kids”. Dimana ada Novita disitu ada Afra Kids. Pokoknya di branding abis. Sesuatu yang ‘dicekoki’ berulang-ulang akan jadi sebuah ingatan. Langkah ini juga penting sebagai bagian dari pembentukan trust dari customer. Menghargai proses, itu harus dimiliki oleh seorang pebisnis pesan Novita.

Selain membangun personal branding, ini tips sukses bisnis online ala Novita Juanda:

  1. Selektif dalam menambah pangsa pasar

Kita bisa menambah pangsa pasar dengan cara meng-add friend di facebook teman-teman yang memiliki kesukaan yang sama. Misalnya saja, orang-orang yang sudah meng-klik tombol Like di Fans Page produk yang kita jual. Jika produk yang kita jual adalah baju anak, maka tambah pertemanan dengan ibu-ibu muda atau bu-ibu pebisnis. Insy akan lebih memudahkan menambah ‘target’ penjualan.

  1. Analisa prime time di facebook

Agar postingan itu lebih banyak jangkauannya, baiknya kita mempublish produk pada saat jam-jam orang menggunakan facebook. Perhatikan jam berapa teman-teman ramai nongkrong di facebook. Misalnya jam 5-7 sore atau malah jam 11 malam saat menemani waktu terlelap.

  1. Rutinkan diri untuk mempublish produk di jam yang sama
  2. Hindari foto blur, jika uplot foto produk. Aplikasi foto sudah banyak bertebaran misalnya saja : instamag, pics art, snapseed, atau yang lainnya.
  3. Yang terakhir ini penting banget. Jangan pake bahasa alay saat updet status. Jaga ke-elegan-an bisnismu. 🙂

Info detail Novita Juanda

Website: Kinzakids.agenafrakids.com
WA: 081315225557
Pin BB: 59B89362
Lokasi : Bogor

Merambah Bisnis di Instagram

afra3-2

Selain bisa sukses meraup duit di facebook, kini Instagram menjadi tempat jualan  yang makin eksis saat millennial ini.  Evita Puspitasari, pemilik akun instagram dengan nama akun @cherrya_muslimwear udah punya 10,1 K followers lho. 10 ribu followers. Saya bisa bayangin bagaimana gigihnya perjuangan Evita dalam memainkan trik suksesnya ini. Kalo followernya aja udah segitu, kamu kebayang gak omsetnya berapa? Buanyaaaakk pastinya. Mauuu??? Bisnis doong..

Ini tips sukses berbisnis di Instagram ala Evita:

  1. Upload foto minimal 150-180 an di awal buka akun. Hal ini penting agar konsumen baru bisa nyaman untuk window shopping di akun kita
  2. Upload foto di jam prime time IG : misalnya 04.00-07.00 atau 20.00-23.00
  3. Jumlah foto yang di aplot maksimal 25 foto agar tidak di banned
  4. Tambahkan caption yang jelas tentang produk dan hashtag yang banyak (maksimal 30). Kedua hal ini penting agar produk yang kmau jual menjangkau lebih banyak pasar
  5. Menambah pangsa pasar dengan teknik follow-unfollow, sundul hashtag, atau Shouot For Shoutout (SFS). Ada juga yang berbayar dengan cara endorse, insta ads, paid promote atau yang lain.
  6. Cara lain menambah follower adalah dengan men-klik tombol love di foto target market, tag foto, rajin komen, atau adain giveaway. Kalo menurut pengalaman, giveaway ini oke banget buat nambah follower.
  7. Teruslah berikhtiar, karena kita gak tau usaha mana yang akan jadi jalan rezeki dari Alloh

Pesan ala  Evita, “ Man Huwa Eksis, Fa Huwa laris” : Barang siapa eksis, maka dia laris.

 

Info detail Evita Puspitasari

Website: cherryamw.bazarafra.com
Ig : @cherrya_muslimwear
WA: 087776665170
Pin BB: 5FBDD4F3
Lokasi : Bekasi

Sudah siap untuk sukses berbisnis kawans  🙂

 

PB (Penting Banget) 😀
Ilmu yang saya share ini hasil dari nongki cantik di Pengajian Bisnis Reseller Kinza Kids 30 oktober kemaren. Terimakasih sudah boleh bergabung ya emak-emak kece. Saluut buat semangatnya. Sukses dan barokah untuk semua usahanya.  Semoga sharing ini bermanfaat 🙂

 

 

 

 

 

19 thoughts on “Ini Resep Rahasia Sukses Berbisnis Online

  1. bermanfaat sekali, walaupun tdk bisa datang secara langsung. tp mba navita ku sayang tetap bagi2 ilmux, yuk lebih semangat lg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *