Usia cantik?..

Apa yang ada dibenak teman-teman saat mendengar usia cantik? Kalo ada usia cantik, brarti ada usia gak cantik dong? Gitu gak sih? Soalnya kalo setiap perempuan ditanya, seumur hidup, perempuan pasti selalu ingin dibilang cantik.

Buat saya pribadi, usia cantik adalah saat keberadaan kita bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Baik itu bagi sahabat, keluarga, anak-anak, suami, tetangga, dan bagi siapapun itu. Selama mereka yang ada disekelilingmu merasa bahagia dan nyaman dengan kehadiran kita, itulah momen usia cantikmu. Jika momen itu tetap bermanfaat sepanjang usiamu, maka kamu  punya usia cantik seumur hidup.

Mengingat umur yang tak tau kapan tutup bukunya ini, saya jadi kepikiran untuk belajar dari perempuan-perempuan Indonesia yang sedang menjalani usia cantiknya.

Teristimewa, belajar dari perempuan cantik yang  tidak hanya memiliki profesi sebagai blogger namun juga menekuni bidang lain.  24 jam yang lebih sering dirasa tak cukup bukan? Namun  5 bloger perempuan ini mampu memaksimalkannya. Dengan segudang aktifitas sebagai perempuan, istri, ibu, dengan tetap menghargai passion dirinya. Ada 5 pertanyaan wajib yang saya sampaikan untuk dijawab oleh masing-masing. Tantangan terbesar apa yang dialami saat usia cantik; Jika terlahir kembali, ingin memperbaiki apa di masa lalu; Cita-cita yang ingin sekali diwujudkan, Mengapa memilih pekerjaan yang dijalani sekarang ini; dan tak lupa sharing rahasia cantik ala mereka. Urutan dalam tulisan gak dipengaruhi apa-apa ya Mba-Mba sayang :*

Yuk, simak ya, biar gak ketinggalan resep rahasianya 🙂

  1. Arin-Murtiyarini 
Murtiyarini

Dokpri: Mba Arin

Murtiyarini, nama lengkapnya. Saya sering memanggil beliau dengan sebutan Mba Arin saja. Perempuan 39 tahun yang memiliki dua anak ini, Asa dan Cinta, justru mengaku sering merasa tidak cantik lho.  Dimata saya, Mba Arin itu salah satu perempuan cantik dengan senyum khas Jawa-nya.

Selain seorang blogger, Mba Arin juga bekerja sebagai salah satu staf di Departemen Proteksi Tanaman , IPB. Beliau tak hanya aktif di satu blog saja. Saya lebih banyak mengenal beliau di asacinta.blogspot.co.id.

Tergabung bersama dalam grup asinan blogger, sering kopdar, dan berada di naungan satu almamater membuat saya semakin nyaman nanya apa saja tentang dunia blogging. Mba Arin tak segan-segan sharing ilmu , tips dan trik dalam memenangkan lomba blog.

Pasti mau dong dikasih rahasia dari sang pemenang. Sosoknya yang humble dan juwara bikin saya makin kagum.

 

 

Kisah usia cantik versi Mba Arin: 

Tantangan terbesar yang dirasakan Mba Arin saat ini adalah semakin banyaknya keluhan kesehatan secara fisik. Di usia cantik ini, Mba Arin merasa semakin banyak yang ingin dikerjakan, dan semakin banyak hal yang harus difikirkan pula. Pengakuan yang senada dengan salah satu artikelnya “Suatu Kesempatan” .

“Saya semakin bersemangat dan berani untuk belajar, mencoba hal baru, berteman, atau bepergian. Sesekali saya menyesali, kenapa saya baru berani dan bersemangat melakukan banyak hal sekarang-sekarang ini? Jadi saya ini semakin tua atau semakin muda sih sebenarnya?” -Murtiyarini-

See, di usia cantik ini Mba Arin merasa ingin lebih banyak melakukan hal-hal yang dulu belum kesampaian di masa mudanya. Termasuk untuk menyediakan rumah yang layak untuk anak-anak  dan menyekolahkan mereka dengan sepenuh kemampuan. Dua hal yang jadi cita-cita terbesar Mba Arin saat ini. Kita aamiin-kan untuk cita-citanya ya.. Jika terlahir kembali, Mba Arin tetap ingin  jadi diri sendiri dengan kondisi semangat seperti di usia cantik saat ini. Dan pastinya melakukan banyak hal dari yang dulu sudah terlewati. Hayoo yang masih muda, puaskan masa mudamu dengan hal-hal positif ya 🙂

Asinan Blogger

Saya dan Mba Arin beserta tim Asinan Blogger saat mengikuti cerdas cermat se-Kota Bogor

Rahasia menjadi cantik ala Mba Arin : 

  • Cegah stress!.  Itu yang dilakukan Mba Arin. Kerjaan kantor yang menumpuk, disiasati dengan melakukan plan A, B, C sampai maksimal. Setelah usaha yang maksimal, selebihnya pasrahkan saja.
  • Jangan takut duluan pada hal2 yang belum tentu terjadi.
  • Jaga pola fikir untuk selalu keep positive
  • Banyak tidur aja, canda Mba Arin  disela-sela obrolan:)
  • Secara fashion, Mba Arin lebih suka memakai baju, tas, sepatu, dan aksesoris ala remaja  untuk kelihatan lebih fresh dan cantik.

2. Juliana Dewi 

 

Juliana Dewi

Dokpri: Mba Iwed

Juliana Dewi, nama lengkap wanita cantik ini. Panggilan akrabnya adalah Mba Iwed. Perempuan 44 tahun ini, khas sekali as a ‘boncenger’ suami tercinta. Dengan motor guedee, Mba Iwed tetap cantik nan anggun mendampingi suami menjelajahi negri. Mba Iwed berbagi tulisannya di julianadewi.com.

Perempuan lulusan teknik sipil ini menjadi ibu rumah tangga untuk memenuhi permintaaan suami agar berhenti bekerja. Awalnya sih berat, tapi lama-lama enjoy aja, jelas Mba Iwed. Kebebasan yang bertanggungjawab, seperti: boleh belajar apa saja selama itu baik, boleh jalan-jalan  bersama teman minimal 1 tahun sekali ke luar negri, boleh beli apa saja selama tidak mengganggu kestabilan keuangan keluarga,  hak yang diberikan oleh suami membuka banyak peluang baru bagi Mba Iwed. Termasuk mengenal dunia parenting.

Kisah usia cantik versi Mba Iwed :

Tantangan terbesar di usia cantik ini adalah menghadapi tantangan pengasuhan. Ditengah dunia yang dipengaruhi efek negatif internet, pornografi, gerakan LGBT, narkoba, dll orangtua harus bisa menjaga fitrah dan potensi baik anak-anak, sehingga tidak terpengaruh oleh keburukan diluar sana. Hal pengasuhan menjadi fokus utama karna anak adalah tamu istimewa yg diundang hadir di dunia atas izin Allah, dan kelak pertanggungjawabannya akan dimintaNya di alam keabadian.

Perempuan yang kini lebih sibuk di dunia trainer parenting tetap ingin menjadi diri sendiri jika terlahir kembali. Mba Iwed ingin lebih banyak belajar ilmu parenting. Bahkan kalo bisa kata Mba Iwed sejak merencanakan kehamilan. Hal sangat yang ingin beliau perbaiki jika diberi kesempatan kembali ke masa lalu. Menjadi ibu rumah tangga,  parenting trainer, blogger, dan penulis sederet aktifitas yang Mba Iwed geluti saat ini.   Semua adalah pilihan profesi yang memberikan ketentraman hati dan kebahagiaaan bagi Mba cantik ini.

Mendidik anak adalah ilmu yang paling penting untuk dimiliki seorang ibu. Ilmu yang tak hanya berguna bagi anak namun juga untuk bersosialisasi. Berkat ilmu ini, Mba Iwed mengembangkan sayapnya dari seorang ibu rumah tangga, lalu menjadi penulis, membentuk event organizer training parenting, dilanjutkan menjadi fasilitator, dan terus berkembang hingga kini menjadi  pembicara dan terus belajar menjadi trainer parenting.

“Menebarkan ilmu parenting berarti ikut aktif dalam gerakan mendidik generasi tangguh, yang nantinya menjadi penentu masa depan bangsa.  Ketika melihat para orangtua berhasil mengubah pola asuhnya, lalu anak-anaknya menjadi lebih baik, bahagianya lebih besar daripada dapat duit segepok😂😂. Tidak bisa dinilai dengan materi.  Aku berharap nanti apa yg aku lakukan sekarang menjadi tabungan kebaikan yg dituai di akhirat. Itu bikin aku merasa hidupku berarti” -Juliana Dewi-

Banyak cita-cita yang ingin diwujudkan Mba Iwed di usia cantik ini, insy hingga akhir hayat, yaitu:

  • Menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat yg lebih luas, terutama para orang tua.
  • Ingin terus menebarkan ilmu pada orangtua lewat tulisan di buku, di blog, maupun tindakan nyata seperti sharing ilmu  parenting, seminar dan training parenting.
  • Ingin ikut aktif dalam barisan para orangtua yg mengasuh anaknya dengan pengasuhan yg menjaga fitrah baik anak, sehingga anak-anak kelak menjadi anak yg taat, bersyukur, meningkat dan bermanfaat.
  • Ingin bersama-sama dengan para orang tua lainnya mewujudkan generasi gemilang yg membawa Indonesia menjadi negara bermartabat, negara yang pemimpinnya berakhlak mulia.Cita-cita yang luhur ya.. Mari kita aamiin-kan..
Juliana Dewi

Dokpri: Mba Iwed bersama keluarga

Kekhawatiran terbesar yang sangat dirasakan Mba Iwed  adalah generasi muda Indonesia saat ini. Namun, langkah perjuangan di dunia parenting trainer harus terus diupayakan. Tekad yang kuat  dari Mak Iwed. Perjuangan yang dimulai dari rumah sendiri, keluarga sendiri, berupaya menularkan pada rumahtangga lainnya, dan seterusnya. Sedangkan mengenai hasilnya pasrah pada ketentuan Allah. Karena kita hanya diminta pertanggungjawaban atas upaya kita saja, tegas Mak Iwed.

Rahasia menjadi cantik ala Mak Iwed : 

  • Melakukan perawatan kulit dan rambut yang cocok sesuai kebutuhan
  • Makan sayur dan buah lebih banyak
  • Mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi
  • Menjaga kesehatan mental dengan cara menerapkan metode-metode transforming behavior skill. Hal ini penting  agar tidak mudah emosi, tidak mudah terpengaruh  opini negatif dari orang lain. Kalo gak gampang emosi, logika bisa bekerja dengan baik, solusi masalah juga bisa mudah diperoleh.
  • Last but not least, lebih banyak mendekat pada Allah.

Udah siapin note untuk nulis rahasia diatas? 🙂

3. Winny Widyawati

14956379_1373892095956917_3685132863208629772_n

Winny Widyawati, dari namanya tak salah lagi kalo perempuan cantik ini berasal dari tanah Sunda.

Perempuan yang suka saya panggil dengan sebutan Mak Adem. Tak lain, karena kata-katanya di postingan yang selalu ng-ademin dan nentramin hati.

Menjadi ibu rumah tangga sudah menjadi cita-cita Mba Winny sejak kecil. Cita-cita yang mulia ya 🙂

Menjadi penulis  di winnywidyawati.com dan menjadi  illustrator bagi Mba Winny adalah  kesempatan lain yang Allah berikan agar lebih banyak mengembangkan diri dan berbagi kepada orang banyak.

Di usia cantik ini, Mba Winny baru merilis buku barunya yang berjudul “Go Healthy, Go Beauty” . Buku yang mengupas tentang segala manfaat dari alam untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wanita secara paripurna sekaligus praktis dan aplikatif. Untuk yang mau menyerap ilmunya, silahkan hubungi langsung Mba Winny ya 🙂

Go healthy, Go beautiful

Kisah usia cantik versi Mba Winny :

Bagi Mba Winny, tantangan terbesar yang dirasakan saat ini adalah masalah kesehatan. Kesehatan adalah karunia Tuhan yang harus dijaga. Karena sebagai istri, ibu, dan pribadi yg punya relasi dengan orang lain baik formal maupun informal, Mba Winny merasa kesulitan kalau ia sampai sakit-sakitan. Terlebih karena suami Mba winny  yanga memiliki kecenderungan genetis hipertensi dan almarhumah mama yang pernah mengidap kanker.

Jika terlahir kembali, Mba winny  punya ingin yang banyak. Ingin menjadi diri yang lebih baik lahir dan batin. Ingin bisa menolong orang dengan cara dan jumlah yg lebih banyak. Dan ingin menghilangkan sifat peragu dan ketidak tegasan dalam bersikap untuk hal-hal yang diyakini baik.

Cita-cita terbesar Mba Winny, buat saya terenyuh. Bertemu Tuhan di akhir waktu saya. Aaaahh, cita-cita yang sama Mba sayang. Semoga kelak bisa bertemu dan berkumpul di surgaNYA ya Mba. Aamiin. Allah sudah berikan saya semua yang terbaik di dunia ini. Saya ingin bertemu DIA utk berterima kasih, tambah Mba Winny.

Rahasia menjadi cantik ala Mba Winny : 

“Sebetulnya nggak ada rahasia cantik” , kata Mba Winny. Kita dilahirkan ke dunia sudah dibekali Tuhan dengan segala perangkat yang istimewa dan juga persediaan alam yg berlimpah. Cukup dengan berpola hidup yg baik yang sesuai dengan fitrah penciptaan yang alami maka badan kita akan baik-baik saja, tambahnya.

“Cantik itu akibat dari badan kita sehat sehingga terpancar di wajah dengan rona yang enak dipandang mata”- Winny Widyawati-

4. Caroline Adenan 

Caroline Adenan

Dokpri: Mba Olin

Saya biasa memanggil beliau dengan sebutan Mba Olin. Perempuan cantik ini  memilih profesi sebagai blogger karena seperti menemukan the real passion. Selain sebagai owner di catatanoline.web.id, Mba Olin juga menggeluti  dunia bisnis di aurabatik.com. Sebagai pebisnis dan blogger, Mba Olin lebih leluasa mengatur  waktu sendiri. Kapan harus bekerja dan kapan saya harus beristirahat.

Kisah usia cantik versi Mba Olin :

Tantangan terbesar yang dihadapi Mba Olin saat ini ada 2. Yang pertama adalah manajemen waktu antara urusan pribadi, pekerjaan dan keluarga. Sedangkan yang kedua adalah menjaga diri untuk tetap sehat. Kesibukan sebagai blogger sudah sangat menyita waktu dan kesehatannya. Jadi harus pintar-pintar membagi waktu agar tidak jatuh sakit.

Jika terlahir kembali, Mba Olin ingin menjadi blogger sejak dulu. Huwaaa, masa depan blogger itu tampak mencerahkan ya Mba? 🙂 Menurut Mba Olin, semakin cepat menjadi blogger,  maka akan semakin banyak yang bisa diexplore, maka akan semakin banyak yang bisa dishare. Mba Olin menetapkan pilihan menjadi fashion atau beauty blogger.

Selain itu, Mba Olin juga ingin menjadi fashion designer, karena dunia fashion dan beauty yang terus berkembang seperti sekarang ini. Kuliah jurusan fashion atau segala sesuatu yang berhubungan dengan make up, mimpi Mba Olin di masa lalu.

Memberangkatkan Ibunda  untuk umroh atau haji atau  bisa umroh bareng sekeluarga adalah cita-cita terbesar Mba Olin saat ini.

Rahasia menjadi cantik ala Mba Olin : 

Rahasia cantik ala Mba Olin  ada dua, yaitu treatment dari dalam dan treatment dari luar.

Treatment dari luar mulai dari :
1. Minum air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari.
Sebelum beraktifitas apa-apa, Mba Olin selalu mengusahakan untuk selalu  minum 1 gelas air putih. Dan pada malam hari sebelum tidur juga wajib minum 1 gelas air putih.

2. Pakai Cream
Pakai cream pagi dan malam hari? Itu wajib banget buat Mba Olin. Baik saat beraktifitas di dalam rumah apalagi saat  beraktifitas  di luar. Kulit sehat adalah investasi masa depan, tegas Mba Olin. Lebih baik bersusah-susah sekarang daripada menyesal nantinya. Semoga jadi bye bye sama kulit keriput.

3. Bersihkan wajah sampai benar-benar bersih
Semua ada ilmunya, termasuk soal membersihkan wajah. Mba Olin sampe bagi-bagi tips urutan yang benar untuk membersihkan wajah. Catet Yak!. urutannya : (1.) Facial wash,  (2.) Toner, (3.) Serum, (4.) Moisturiser, baru pake make up. Kalo make up bersihinnya gak bener, siap-siap berperang dengan komedo.

4. Scrubbing
Scrubbing ini dilakukan setiap 2x dalam seminggu kata Mba Olin.

Treatment menjaga cantik dalam , berupa:

  1. Jangan pernah lupa untuk bersyukur
  2. Jangan pernah lupa untuk bahagia terhadap nikmat Tuhan
  3. Menjauhkan diri dari segala sesuatu yang membuat saya stress
  4. Berusaha untuk cukup tidur minimal 8 jam per hari
  5. Selalu menerapkan pola hidup sehat (no junk food, buah dan sayur setiap hari)

Sudah pada dicatet tips kece ini? 🙂

5. Haya Aliya Zaki 

whatsapp-image-2016-11-22-at-20-01-53Kak Haya, panggilan akrab saya dengan perempuan cantik ini. Haya Aliya Zaki, begitu nama lengkapnya.

Kak Haya memulai dunia menulis awalnya karena suka melihat tulisan orang lain yang terpampang di koran. Tulisan yang tentunya dapat dibaca oleh  orang banyak. Dengan semangat tersebut, Kak Haya mulai mengirimkan tulisan ke surat kabar dan yes absolutely  lolos terbit.

Namun dari sekian tulisan yang belum berjodoh untuk dipajang di surat kabar.  Dunia blogging membuka lebar-lebar segala bentuk ‘kegelisahan; dan ‘keingintahuan’ Kak Haya yang tertumpah dalam bentuk tulisan. Kak Haya diperkenalkan dunia blog melalui salah satu sahabatnya. Kini, passion menulisnya berada di dunia yang tepat, blogging.

Demi berkiprah dan totalitas di dunia blogging, Kak Haya melepas pekerjaannya sebagai apoteker dan dosen di salah satu Akademisi Kesehatan di Jakarta.  Profesi yang sempat digelutinya hingga 4-5 tahun pun ditinggalakan.

Hal yang sempat mengalami bantahan oleh Abah dan Umi (sapaan orangtua Kak Haya). Namun, kini semua kerisauan itu tertepis, torehan prestasi demi prestasi lewat dunia menulis dan blogging  melahirkan restu utuh dari Abah dan Umi. Terlebih saat Kak Haya diundang  ke Singapura berkat konsistensinya di dunia blogging.

Karakter humoris dan humble sangat melekat dalam diri Kak Haya. Dua karakter  ‘mahal’ yang wajib banget dimiliki seorang influencer. Ini menurut saya 🙂 . Obrolan sore itu penuh canda tawa.

Dunia menulislah yang memberi banyak kesempatan dan kepercayaan yang beragama bagi Kak Haya. Menjadi juri, pembicara, dan undangan eksklusif lainnya. Namun dalam menerima semua job yang ditawarkan, tak semuanya diterima secara serta merta. Tetap selektif.  Jika sesuai  dengan diri sendiri, take it. Tapi kalo nggak, leave it. Karena akan ada tanggungjawab akhirat setelahnya.

“Jangan khawatir soal rezeki. Jika kita selalu mengawali dengan niat baik dan konsisten, insya allah rezeki selalu menghampiri. Banyak jalan. Seperti di dunia blogging, rezeki materi bisa lewat email pribadi, rekomendasi teman, atau apapun itu. Rezeki lain, banyak kawan, kesehatan, keselamatan, dll” -Haya Aliya Zaki-

Menulis dan Kak Haya sudah seperti satu kesatuan. Tidak dapat dipisahkan. “Ada rasa bahagia saat menulis di blog. Tanpa menulis, seperti ada yang hilang. Mulailah menulis dengan niat baik, trus jalani dengan baik, Allah akan kasih jalan rezekinya” , jelas Kak Haya. 

Dengan izin dan dukungan penuh suami terhadap passion yang Kak Haya geluti tak membuat perempuan cantik ini lupa diri. Meskipun Sang Suami mau banget ngebantu jagain anak-anak misalnya saat weekend, saat Kak Haya sedang memenuhi undangan. Kak Haya tetap selalu mengutamakan anak-anak dan keluarga.

Kisah usia cantik versi Kak Haya :

Tantangan terbesar yang dialami Kak Haya saat ini ada 2 hal. Yang pertama adalah prihal bagaimana menurunkan berat badan. Hemm, peer banget ya Kak 🙂 .  Di usia cantik yang ke 39 tahun ini, sistem metabolisme tubuh mengalami penurunan. Hal ini ngefek banget buat Kak Haya. Berat badannya mulai melambung. Bukan demi langsing-langsingan tapi demi menurunkan resiko penyakit. “Pengen lebih sehat aja”, tegas Kak haya. Konsisten dan komitmen dalam menurunkan berat badan menjadi tantangan terbesarnya.

Tantangan terbesar kedua adalah mengenai manajemen waktu antara urusan domestik dan kepentingan anak-anak. Semakin bertambahnya usia, fikiran pun semakin banyak. Tanggungjawab semakin banyak, maka perlu pinter-pinter bagi waktu untuk memenuhi semuanya.

Jika terlahir kembali, Kak Haya tetap ingin jadi diri sendiri. Dan satu keinginan terbesar Kak Haya adalah ingin menjadi anak yang lebih berbakti kepada orang tua. Setelah saat ini menjadi seorang ibu, Kak Haya menjadi lebih paham bagaimana perasaan yang dulu pernah dirasakan oleh Umi dan Abah (panggilan Kak Haya untuk orangtua). Bagaimana susahnya peran menjadi orang tua yang lebih sabar. Bagaimana menghadapi anak-anak yang sudah beranjak dewasa. Semoga dimudahkan ya Kakak 🙂

Di usia cantik ini, ada 2 cita-cita terbesar yang ingin diwujudkan oleh Kak Haya. Yang pertama, ingin lebih mengajarkan anak-anak tentang belas kasih.  Memenuhi kewajiban seperti sholat, dan lainnya, itu sudah pasti. Anak-anak berkembang menjadi sosok yang lembut hatinya terhadap sesama makhluk, itu cita-cita terbesar Kak Haya. Hal yang gencar diajarkan untuk anak-anak saat ini.

Rasa empati tidak hanya kepada sahabat-sahabatnya, tapi juga memiliki belas kasih kepada hewan. Ssttt, Kak Haya juga ternyata penyayang kucing.  Setelah menjadi Macan Ternak alias Mama Cantik anTer aNak, Kak Haya mengelilingi komplek untuk kasih makan kucing jalanan.  Hmm, ada yang mau mendaftarkan kucingnya ? 😀

Cita-cita yang kedua adalah pengen punya Project Charity.  Setelah menjadi blogger  kece dan berpenghasilan yang tak bisa dipandang sebelah mata, Kak Haya ingin lebih bermanfaat untuk orang banyak. Selain sudah berbagi materi maupun ilmu, Kak Haya ingin waktunya menjadi  lebih bermanfaat lagi. Program ini sedang digodok, mengenai bidang fokusnya masih dalam tahap pematangan rencana. Kita tunggu projek ini launching yak. Mudah-mudahan segera terwujud niat baiknya ya Kak, aamiin.

Rahasia menjadi cantik ala Kak Haya : 

Perempuan cantik ini tidak terlalu pusing memikirkan soal fisik. Terlihat dari becandaannya di media sosial yang tidak terlalu menghiraukan soal ‘tas pinggang’ di perut. Hehehe, banyak perempuan yang gak bisa tidur tenang gara-gara memikirkan hal ini lho kak. :). Tampil apa adanya saja.

Rahasia cantik ala Kak Haya, adalah rajin minum air putih khususnya pada pagi hari. Minum air putih di pagi hari sangat penting karena mampu mengusir racun-racun di dalam tubuh.

Rahasia yang kedua adalah sebisa mungkin jangan iri pada orang lain. “Iri itu bahaya banget!”, tegas Kak Haya. Baiknya tidak iri, namun termotivasi melihat segala kebaikan yang ada pada diri orang lain. Termotivasi untuk berbuat lebih baik, lebih bermanfaat, dan termotivasi untuk mengumpulkan bekal lebih banyak selama di dunia untuk bekal pulang ke kampung akhirat.

“Berbagi manfaat itu jangan ditunda-tunda. Lakukan segera, karena esok belum tentu ada untuk kita” – Haya Aliya Zaki-

Speechless, satu kata, yang saya alami saat ngobrol dengan perempuan-perempuan kece ini. Saya serasa diminta untuk berkaca, masa depan yang bagaimana akan saya lakukan jika diberikan anugerah usia cantik 🙂 Hmmm, kalo kamu apa yang kamu rasakan?

Ngomongin usia cantik dilihat dari sisi kesehatan,  wanita dengan usia 35 tahun keatas mengalami beberapa perubahan. Misalnya saja kecepatan metabolisme tubuh mengubah lemak menjadi energi lebih lambat. Hal ini yang menyebabkan wanita ber’umur’ lebih gampang gemuk. Selain itu, dari sisi emosional lebih sensitif karena ketidakseimbangan hormon. Jadi… bisa dibilang itu normally, kalo wanita semakin menua semakin gampang emosinya naik.

Berikut  tambahan tips yang bisa dilakukan agar tetap tampak cantik dan fresh dari luar:

  1. Penuhi kebutuhan air minum tubuh

80% tubuh kita adalah air. Kebutuhan air bagi tubuh bersifat mutlak bin wajib. 8 sampai 10 gelas setiap harinya. Itu aturan yang disarankan. Air putih bagus banget untuk ngejaga  wajah agar tetap fresh, melembabkan kulit wajah, mengeluarkan toksin dan membantu proses metabolisme tubuh.  Tuh banyak banget kan manfaatnya. Kalo banyak minum air putih, keriput juga menjauh lho. Udah tau banyak manfaatnya, masih males malesan minum air putih?  🙂

  1. Makan makanan sehat

Kenali mana makanan sehat dan mana yang bukan. Hal ini penting sebagai bekal diri sebelum memasukkan makanan atau minuman apapun ke dalam tubuh. Semakin tau, maka kita akan semakin bisa mengendalikan diri apa yang tidak boleh dan apa yang boleh dikonsumsi tubuh.

Buah dan sayur itu baik. Namun, tidak semua jenisnya bisa dikonsumsi. Terlebih jika sudah usia 35 tahun ke atas. Yoghurt, daging dengan sedikit lemak, stroberi, jeruk, pisang, gandum, ikan tuna adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi. Makanan berminyak, makanan kaleng itu wajib banget dikurangi. Yuk, belajar lagi dan kenali mana yang kurang baik bagi tubuh.

  1. Olahraga

Olaharaga itu banyak macamnya, mulai dari olahraga ringan, sedang sampe berat. Minimal kita bisa melakukan olahraga ringan, misalnya: sepeda-an, yoga, renang, jalan cepat atau turun naik tangga. Atau bisa ikut gabung dengan klub olahraga di gym atau barengan sama teman yang satu hobby.

4. Istirahat yang cukup

Tidur nyenyak buat saya adalah sebuah kenikmatan hidup. Pernah gak sich, teman-teman ngalamin insomnia? Itu nyiksa banget bukan? Atau kejadian yang lain, seharian udah berasa capek banget, tapi malamnya malah gak bisa tidur. Padahal kan tidur itu mempengaruhi kualitas hidup banget. Tidur juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan menurunkan stres.

Kalo udah begadang, biasanya akan minta jatah tidur yang lebih panjang dari biasanya.

5. Tetap berfikir positif

Wajah yang tetap cantik dan tampak fresh itu berasal dari inner yang bersih dan positif melihat apapun. Jiwa yang terjaga ini mampu mengusir pengaruh-pengaruh negatif dari luar dengan keyakinan dan prinsip positif yang sudah diyakini kebenarannya. Salah satu caranya, adalah dengan berteman dan berada di lingkungan orang-orang yang memiliki fikiran positif dan produktif. Dengan begitu kita akan ketularan juga jiwa-jiwa positif dari sekeliling kita.

6. Maintain cantikmu dengan kosmetik yang tepat

Wajah, bagian tubuh yang memiliki porsi perhatian lebih banyak dibandingkan perut serta bagian bergelambir lainnya. Di usia 35 tahun ke atas, wajah menunjukkan pengerutan menjadi salah satu ciri sudah berada di usia cantik. Wajah butuh peremajaan. Pembersihan dari sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Salah satu cara untuk memelihara kulit wajah adalah dengan memakai kosmetik yang tepat. Seandainya saya berada di usia cantik saya akan memakai produk kosmetik dari  L’Oreal Paris Revitalift Dermalift, sebuah produk yang memiliki keunggulan untuk melawan tanda penuaaan. Kandungan 8 natural lifters, pro-retinol A, dan centella asiatica yang bersinergi untuk mengencangkan, meregenerasi, mencegah dan memperbaiki kerutan kulit wajah.

whatsapp-image-2016-11-22-at-16-56-21

 

“Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”

PS: Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada bloger perempuan kece se-Indonesia. Bahwa saya percaya, setiap kita punya kisah,dan setiap diri punya sisi yang menginspirasi. Salam Bloger Perempuan. Salam Inspirasi 🙂