Reportase

Kini Saatnya Memulai Dunia Entrepereneur

Satu hal yang sangat ingin saya pelajari setelah dunia blogging dan mengajar adalah dunia entrepreneur. Dunia entrepereneur sebenernya bukan dunia yang asing bagi saya, karena keluarga besar ada juga yang pengusaha. Belakangan, dunia entrepereneur ini semakin ‘giat’ menghampiri.
Mulai dari saudara yang ingin dunia usahanya diliput, cemerlangnya dunia shop online yang semakin memburu hati untuk ikut belajar menggelutinya, tawaran –tawaran pekerjaan yang saya terima sangat erat kaitannya dengan dunia bisnis dan dunia blogging ini seperti mengarahkan saya untuk menekuni dunia bisnis.
Menurut seorang ahli bisnis dalam memulai sebuah bisnis apapun harus memiliki ilmu. Mengapa perlu ilmu? Karena tanpa ilmu kita memang bisa saja berbisnis, namun bisnis yang akan dijalani tidak akan bertahan lama. Saat semangat bisnis sudah habis dan tergerus waktu, maka bisnis yang dijalani bisa saja tutup atau berhenti dengan sendirinya. Hal ini banyak saya lihat dialami oleh para bisnis pemula. Sebaliknya, jika memiliki ilmu dalam berbisnis maka akan menjadi penuntun dalam memulai bisnis, memiliki pola dalam memasarkan produk dan memiliki ilmu dalam manajemen resiko, dan berbagai macam ilmu bisnis lainnya.
Hal yang kedua harus dimiliki oleh seorang pebisnis setelah ilmu adalah komunitas bisnis. Untuk menjadi tempat berbagi dan curhat jika memiliki masalah dalam menjalankan bisnis. UKMNESIA, sebuah pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) Indonesia memiliki misi dalam memenuhi segala kebutuhan para pelaku usaha, penggiat usaha, dan semua yang memiliki minat terkait UKM.

Suasana acara Superpreneur Academy

Tanggal 15 kemarin, UKMNESIA menjadi tuan rumah dalam acara Superpreneur Academy di Auditorium Universitas Trilogi, Jakarta. Acara ini memenuhi kebutuhan calon pelaku bisnis, pelaku bisnis senior, dan juga bagi mahasiswa. Event ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan semangat para pemuda dalam menekuni dunia bisnis.
Event ini mengundang beberapa pelaku usaha senior mulai dari bidang fashion, sosial media, menulis, kecantikan, seperti Nukman Luthfie (Pakar Sosial Media), Halim Nababan (Tim Ahli BPOM), Kevin Wu (Pengusaha, Penulis Buku dan Motivator), Yulia Astuti (CEO Salon Moz5), Mohamad Rosihan (CEO Saqina.com), Ardantya Syahreza (CEO Marketing Komunikasi Indonesia), Nanang Wahyudi (CEO Dampu Design), dan Didi Diarsa (CEO Kayuh Indonesia Wooden Bike). Dengan beragam background yang dimiliki oleh pembicara mampu memenuhi keingintahuan para peserta dan menjadi bekal ilmu dalam memulai bisnisnya.

Para Pembicara Superpreneur Academy

Goal besar dari event ini adalah untuk terciptanya sebuah kolaborasi, inspirasi, dan referensi dalam dunia bisnis. Antara pelaku bisnis pemula dan pelaku bisnis senior bisa saling bersimbiosis mutualisme dalam dunia usaha. Kolaborasi dengan komunitas bisnis dapat menjadi sebuah kekuatan yang saling mendukung para pelaku bisnis untuk saling melengkapi pelaku bisnis satu sama lain.

Peserta antusias dalam memberikan pertanyaan

Event ini merupakan langkah awal dalam rangkaian acara yang kembali akan digelar oleh UKMNESIA. Selanjutnya aka nada seminar bisnis, klinik bisnis, dan workshop wirausaha yang akan diadakan rutin oleh UKMNESIA.
Dengan segala kemudahan yang telah difasilitasi, Siap bergabung menjadi salah satu pelaku UKM?

Untuk lebih tau kegiatan UKMNESIA, bisa ke link dibawah ini :

Instagram: @ukmmarket

Twitter: @ukmmarket

Facebook: ukmmarket

Website: www.ukmmarket.co.id

 

5 thoughts on “Kini Saatnya Memulai Dunia Entrepereneur

  1. sudah seharusnya banyak lembaga dan orang2 yang peduli terhadap pebisnis pemula, supaya semakin banyak pengusaha besar bermunculan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. acaranya keren ni

  2. di mana-mana komunitas penting banget ya, Mba. Apalagi untuk bisnis ternyata komunitas justru bisa jadi wadah untuk berkolaborasi. Keren acaranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *