Bisnis

5 Hal Penting Yang Wanita Perhatikan Sebelum Membeli Barang Elektronik

Saya, dari sekian wanita yang kalo dihadapin beli barang elektronik, seketika akan nge-blank. Kalo udah urusan benda-benda elektronik, jujur saya langsung menyerah. Langsung mundur teratur. Menyerahkan urusan beli ini ke abang. Entah kenapa, saya berasa gak paham dengan dunia yang digandrungi umumnya oleh lelaki. Olahraga, nonton bola, beli barang-barang elektronik, saya merasa bukan hal yang harus dikuasai. Itu udah ada bagiannya. Bagian lelaki. Dan biarkan urusan kayak gitu diselesaikan sama kaum lelaki juga.

Pernah siih, waktu itu, abang sedang sibuk-sibuknya sam kerjain desainnya. Terus, saya lagi ngerasa perlu banget untuk beli notebook. Bisa updet blog kapan pun dan dimana pun, saat itu aku ngerasa penting banget. Jadwal ngajar padet, job dari blog juga mengalir, memantau fanspage satu komunitas, semuanya saya merasa terselesaikan dengan punya notebook. Mobilitas itu jadi penting banget. Tapiii, aku memang buta banget sama yang berhubungan sama barang-barang elektronik.

Udah liat aja dulu di A, pesan abang dengan menyebutkan salah satu e-commerce. Kalo udah ada yang cocok menurut pilihanmu. Nanti abang cek lagi. Begitu pesannya.

Memang sih bisa aja, kalo saya udah pilih yang saya rasa cocok, trus langsung pesen. Tapiiii..takut salah, itu yang jadi masalah utama. Takut nanti kalo saya salah beli barangnya. Takut salah beli karena produk itu ternyata di pasaran barang yang saya pilih sebenarnya gak OK. Atau berbagai macam ketakutan lainnya. Dan ujung-ujungnya pasti saya ngerasa lebih yakin dan PD kalo abang yang beli.

Ternyata saya gak sendiri, banyak teman-teman yang juga kurang bisa memutuskan apakah satu barang elektronik tersebut layak dibeli.  Jangan sampai , setelah beli ujungnya malah penyesalan. Menurut saya, ada 5 hal yang umumnya dilakukan wanita saat sebelum membeli barang elektronik:

  1. Beli barang elektronik sesuai dengan apa fungsi yang kita butuhkan

Misalnya kalu kita mau beli notebook, kita harus bisa nentuin fungsi utama notebook atau laptop yang ingin kita beli. Apa untuk keperluan updet info media sosial aja atau juga harus bisa tetap ngeblog dimanapun berada. Karena saya pengen notebook yang fungsional dua-duanya, saya butuh notebook yang punya fasilitas smart keyboard yang portable.  Atau ada juga mungkin teman-teman yang suka main game butuh laptop atau notebook yang RAM nya gede yang bisa ngedukung hobby maen game kamu. Jadi.. defenisi kebutuhan ini, sudah jelas diawal sebelum membeli.

2. Sesuaikan kebutuhan dengan spesifikasi barang elektronik yang kita butuhkan

Setelah menentukan jenis kebutuhan yang kita perlukan di awal, kita tinggal menyesuaikan spesifikasi seperti apa yang sesuai untuk mendukung kebutuhan tersebut. Apakah perlu RAM yang besar? Apa perlu fasiltas kamera yang mumpuni? Apakah harus ada fasilitas bluetooth? Atau misalnya apa harus memilih kamera mirrorless atau kamera dengan lensa panjang? Jadi.. semakin jelas definisi kebutuhan barang elektroniknya maka akan semakin mudah memilih dan memutuskan item elektronik yang akan dibeli.

3. Merk bukan segalanya, tetapi sangat membantu 

Merk kalo bagi saya itu sangat penting. Apakah masyarakat luas mengakui kualitas sebuah merk A, B, C atau D. Setelah itu, diantara keempat merk itu mana yang lebih bagus kualitasnya untuk barang yang kita beli. Misalnya, terkadang merk A memiliki kualitas yang bagus pada laptop atau notebooknya tetapi tidak untuk kualitas handphonenya. Atau merk B, bagus untuk kualitas kameranya tapi tidak terlalu memiliki kualitas yang bagus untuk jenis item lainnya. Jadi bagi saya, setiap merk itu punya item andalan yang tidak bisa digabungkan satu dengan yang lainnya.

4. Kriteria tambahan ini juga sangat penting bagi wanita

Ini termasuk kriteria tambahan tetapi menentukan apakah saya jadi beli atau enggak. Kriteria tambahan ini berupa pilihan warna yang tersedia, jenis bahan yang digunakan, bentuk atau tampilan dari barang elektronik. Saya pernah pilah pilih barang elektronik, udah mau memutuskan beli item dengan spesifikasi yang sudah deal.. tetapi, karena pilihan warna yang saya cari tidak tersedia, akhirnya memilih untuk membatalkan proses pembelian.

Kriteria tambahan ini, menjadi penentu banget sebelum saya mengirim uang ke rekening si penjual.

5. Harga menjadi penentu akhir setelah pemilihan item elektronik

Setelah udah sreg sama spek barangnya, udah sesuai dengan apa yang dibutuhkan, merkanya juga udah PAS, pilihan warna juga ada, baru deh memperhatikan harga. Misalnya pas mau beli notebook, pilihan warna dan harga notebook menjadi penting bagi saya. Tentunya setelah sebelumnya konsultasi dengan abang. Kalo udah deal, tinggal tunggu barang elektroniknya samapai ke genggaman. 🙂

Kalo kamu,  juga ngalamin hal yang sama gak sih?

9 thoughts on “5 Hal Penting Yang Wanita Perhatikan Sebelum Membeli Barang Elektronik

  1. Thanks tips nya Desi, saya selalu agak kurang pinter memilih barang elektronik, terutama laptop deh nggak ngerti spesifikasi dll gitu. Warna juga penting bagi wanita eh apa bagi saya doank hehe

  2. Sebelum beli elektronik, wajib baca review dari berbagai sumber, tipe dan merek apa yg direkomendasikan. Dan yang pasti sesuai kebutuhan sih. Dan kalau bisa belinya pas lagi ada diskon 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *