Lomba Menulis

Anyang-Anyangan??? Atasi dan Cegah dengan Uri-cran

Anyang-anyangan itu apa sih? Anyang-anyangan itu dikenal awam dengan sebutan sakit buang air kecil. Kamu pernah ngalamin yang satu ini gak? Anyang-anyangan ini ternyata umumnya dialami oleh wanita katanya. Apa teman-teman salah satunya?

Ini cerita saya 🙂

****

Hmm, tahan aja aahh!.

“Sekarang aja, gak boleh ditahan-tahan lho. Ntar jadi penyakit”. Sepupu saya mengingatkan.

Tapi, saya tetap saja pada pendirian untuk tetap menahan pipis. Kondisi Pasar Blok A Tanah Abang sangat ramai. Toilet pun antri panjang. Makin lah saya males untuk buang air kecil saat itu juga. Ditambah waktu Ramadhan yang sebentar lagi. Suasana belanja semakin padat dan hiruk pikuk. Tampaknya setiap orang sibuk belanja baju lebaran.

Saya dan sepupu mau gak mau harus menikmati kepadatan pengunjung pasar saat itu. Jadwal produksi selanjutnya di konveksi ‘memaksa’ kami untuk  membeli kain meski pasar sangat teramat padat.  “The power of spirit” kayaknya ini 🙂

***

Bukan sekali dua kali saya ‘suka ‘ menahan buang air kecil. Cerita lainnya waktu perjalanan saya dan suami weekend lalu. Perjalanan ke Bandung membuat saya mengulang kebiasaan buruk ini. Kenapa?? Tak biasanya, waktu tempuh yang biasanya hanya perlu 2,5 jam udah sampai ke Kota Bandung. Hari sabtu kemaren, perlu menghabiskan waktu 6 jam perjalanan. Bete??, jangan ditanya. Terus, gak enak sama temen2 yang udah janji ketemuan jam 3 sore di hotel.  Kita baru sampai hotel setelah waktu magrib. Lama banget kan?. Lagi-lagi saya memilih untuk menahan buang air kecil.

***

Eh, eh kamu mau saya ceritain lagi gak kebiasaan buruk saya ini. Hehe, bukannya bangga, hanya sharing saja. Kayaknya saya tidak sendirian dengan kebiasaan buruk ini soalnya.

Sering bekerja mobile, sebagai blogger atau fabric hunter membuat saya sangat akrab dengan panas dan fasilitas umum. Akibatnya kalo pas lagi inget sehat, saya bisa rajin minum. Tapiii, saat menikmati kerjaan, saya bisa lupa makan dan minum. Kebiasaan jelek saya yang moody ini membuat saya harusnya bisa “bersahabat” dengan toilet umum. Tapi ya ituu, balik lagi. Saya lebih memilih untuk menahan buang air kecil. Pipisnya di rumah aja.

Tapii.. apa yang terjadi, saya mengalami anyang-anyangan. Hasrat ingin pipis itu terus-terusan, namun hanya bisa sedikit yang keluar. Padahal kalo bisa diitung-itung atau ditakar, cairan yang saya minum selama seharian harusnya bisa keluar lebih banyak. Terkadang saya suka ‘mancing’ dengan minum air putih lebih banyak lagi, tapiii gak ngaruh juga.

Teman-teman pernah punya pengalaman kayak di atas? Karena udah nahan pipis, jadi berasa sakit pas buang air kecil. Udah maksain pipis, tetap aja pipis yang keluar sedikit. Kalo teman-teman pernah ngalamin, berarti teman-teman pernah ngalamin anyang-anyangan. Anyang-anyangan ini gak boleh dibiasakan lho. Khawatir akan berkembang jadi penyakit infeksi saluran kemih.  Serem banget kalo organ penting kita sebagai wanita, harus terkena infeksi. Hmm, jangan deh. Jauh-jauh aja.

Agar tak berkembang jadi penyakit yang lebih serem lagi. Yuk, simak lebih jauh tentang anyang-anyangan.

Anyang-anyangan

Menurut penelitian, 5 dari 10 wanita mengalami anyang-anyangan. Saya salah satunya. Apakah sobat cantik sama seperti saya?.

Saya mencoba bertanya pada wanita-wanita disekitar saya apakah mereka pernah ngalamin anyang-anyangan atau nggak. Dan kebanyakan, semuanya pernah mengalami anyang-anyangan.  Semuanya memilih untuk menahan pipis dengan berbagai macam alasan. Ada yang terlalu sibuk dengan kerjaan, males bolak-balik kamar kecil, gak bisa karena lagi momong bayi, nanggung ama kerjaan yang udah ditungguin bos, atau ada yang males menggunakan toilet umum.  Kalo kamu, alasan ngalamin anyang-anyangan-nya karna apa?

Pada saat anyang-anyangan, penderita akan merasa ingin buang air kecil terus menerus namun tidak lancar, terkadang malah disertai dengan nyeri.  Orang yang bisa ngalamin anyang-anyangan gak hanya wanita saja. Yang tergolong dewasa, anak-anak dan ibu hamil juga bisa ngalamin ini ternyata. So, gak boleh dianggap remeh ya.

Penyebab Anyang-anyangan 

Pertama, adanya bakteri E. Coli adalah salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan.

anyang-anyangan uricran
Bakteri E.coli

80 % anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.coli. Kenapa dengan bakteri E.coli? Bakteri E.coli  ini adalah salah satu jenis bakteri patogen, yang artinya bisa  merugikan kesehatan. Saya inget banget waktu belajar tentang bakteri saat kuliah dulu.  Bakteri ini hidup di saluran pencernaan manusia.  Ia memiliki daya tahan yang sangat kuat dan sangat bisa bertahan meski dalam kondisi ekstrim sekali pun.

Salah satu alasan saya lebih memilih untuk menahan buang air kecil adalah karena takut dengan kontaminasi bakteri E.coli ini. Karena menurut salah satu situs kesehatan, bakteri ini bisa bertahan selama 2 minggu di dudukan toilet. Kalo toilet umumnya tidak dibersihkan dengan baik, kebayang nggak bakteri E.coli yang udah menumpuk selama 2 minggu di toilet umum. Serem banget  kan?

Kedua, kondisi toilet yang tidak bersih.

Toilet umum menjadi sarang tempat hidupnya bakteri E.coli. Selain dudukan toilet, semua fasilitas yang terdapat di dalam toilet juga terkontaminasi bakteri E.coli. Gagang pintu toilet, lantai toilet, dudukan toilet, flush toilet, wastafel, keran, hand drier, dan tempat tisu bisa menjadi tempat berkembang biaknya.

Anyang-anyangan uricran
Dudukan toilet yang terkontaminasi bakteri E.coli
Anyang-anyangan uricran
Bakteri E.coli yang umumnya banyak terdapat di dalam toilet umum

 

Bau yang tidak sedap, dudukan toilet yang kotor, tisu bekas pakai yang berceceran, air yang kurang terjamin kebersihannya, bayangan bakteri E.coli ada dimana-mana menambah deretan alasan saya untuk buang air kecil di rumah saja.

Ketiga, sering menahan buang air kecil. 

Iih, kalo yg ini aku saya banget nih..

Buang air kecil salah satu proses yang terjadi normal dalam tubuh. Kalo sering menahan buang air kecil, sama halnya dengan menghentikan proses normal di dalam tubuh. Proses yang tidak normal tersebut menyebabkan terjadinya anyang-anyangan.

Keempat, air basuhan yang tidak bersih. 

Bakteri E.coli sering dijadikan sebagai indikator untuk menentukan apakah air bersih atau tidak.  Air yang terkontaminasi dengan bakteri E.coli akan meningkatkan resiko terjadinya anyang-anyangan. Jika kadar bakteri E.coli nya tinggi, maka potensi anyang-anyangan juga turut meningkat.

Kelima, arah proses pembasuhan yang tidak benar. 

Kontaminasi silang, itu yang akan terjadi jika arah pembasuhan saat sehabis BAB tidak benar. Bakteri dari dua organ penting bisa saling mengontaminasi. Hal ini akan memberi peluang kepada bakteri E.coli untuk hidup dan memicu penyakit baru.

Saat setelah BAB, jangan membasuh dengan arah yang salah. Jangan dari belakang ke depan. Jika demikian, itu sama saja kita mengantarkan bakteri dari dubur ke area V. Hal ini akan mengakibatkan bakteri E.coli sampai di vagina dan meningkatkan potensi terjadinya anyang-anyangan.

Keenam, Pakaian dalam yang kotor.

Kebiasaan mengganti pakaian dalam yang tidak konsisten, justru mememicu tumbuhnya mikroba di sana. Keseimbangan keasaman di wilayah penting tersebut penting untuk selalu terjaga. Jika tidak ingin terkena infeksi jamur, maka kita perlu tau kapan waktu yang tepat  untuk mengganti pakaian dalam. Tidak ada aturan yang pasti untuk hal ini. Aturannya sangat kondisional. Kelembaban menjadi kunci utama. Namun berdasarkan salah satu penelitian, dua kali sehari adalah waktu yang baik untuk mengganti pakaian dalam. Setiap 12 jam sekali, baiknya memakai celana dalam yang baru. Namun kalau kamu suka olahraga, baiknya lebih sering mengganti pakaian dalamnya ya. Dua sampai empat kali dalam sehari bisa diterapkan.

Baca lebih lengkapnya di : Penyebab Anyang-anyangan

Mengingat banyaknya penyebab terjadinya anyang-anyangan  yang bisa memicu infeksi saluran kemih, kita harus mengetahui tips untuk menjaga kesehatan kewanitaan kita. Salah satunya adalah saat menggunakan toilet umum. Karena, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, toilet umum bisa banget jadi sarang dari bakteri E.coli yang jadi pemicu anyang-anyangan.

Berikut beberapa tips yang bisa teman-teman aplikasikan saat menggunakan toilet umum

Tips Saat Menggunakan Toilet Umum
  1. Pastikan kamu membawa tisu kering dan tisu basah milik pribadi, dikhawatirkan toilet umum tidak menyediakan ini
  2. Pilihlah toilet yang paling ujung dengan perhitungan karena jarang dipakai oleh publik
  3. Kalo kamu membawa tas, gantunglah tas di tempat yang sudah disediakan
  4. Sanitasi dudukan toilet sebelum menggunakannya bisa dengan menggunakan sabun atau tisu basah
  5. Tutuplah tutup toilet saat sudah selesai menggunakannya, agar mikroba tidak menyebar ke seluruh kamar mandi
  6. Gunakanlah tisu untuk menyalakan handle flush toilet
  7. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan membilasnya dengan air mengalir
  8. Jangan meletakkan tas di wastafel. Tetaplah menyelempangkan atau memanggul tas Anda
  9. Gunakanlah hand drier dengan baik dengan posisi tangan tidak terlalu masuk ke permukaan lubang sumber angin
  10. Jika hand drier tidak berfungsi atau tidak tersedia, keringkanlah tangan dengan menggunakan handuk kertas atau tisu kering
anyang-anyangan uricran
Tips Saat Menggunakan Toilet Umum

 

Pengalaman Mengatasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-cran Plus

Setiap ada masalah, selalu ada solusinya bukan?!.

Syukurnya saya dipertemukan dengan Uri-cran. Ini berkat saran dari temen blogger juga. Katanya seeing is believing. Kalo Uri-cran, drinking is believing.  Saat saya sedang anyang-anyangan saya percayakan pada Uri-cran plus sebagai solusinya.

Sehabis beraktifitas dari luar, saya bersegera mengkonsumsi segelas Uri-cran. Alhamdulillah Uri-cran ini bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Jadi segelas Uri-cran sangat bisa menjadi solusi anyang-anyangan yang saya alami.

Ini sharing saya mengatasi anyang-anyangan dengan Prive Uri-cran plus 🙂

Prive Uri-cran dan Prive Uri-cran Plus 

Secara personal saya lebih suka mengkonsumsi Prive Uri-cran plus yang berbentuk powder/bubuk. Karena tinggal seduh saja. Rasanya yang manis dan sedikit asam (mungkin dari cranberry-nya),  menambah sensasi kesegaran saat meminumnya.

Selain bentuk bubuk, Prive Uri-cran juga tersedia dalam bentuk kapsul. Dua jenis Prive Uri-Cran ini bisa dikonsumsi sebanyak 1 atau 2 kapsul atau sachet per hari. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan dari keduanya bisa melihat gambar di bawah ini ya 🙂

anyang-anyangan uricran
Kanan : Prive Uri-cran sediaan kapsul dan Kiri : Prive Uri-cran sediaan serbuk

Keterangan :

Prive Uri-cran Prive Uri-cran Plus
Komposisi :

250 mg Ekstrak Cranberry

Komposisi :

375 mg Ekstrak Cranberry

60 mg Vitamin C

0,1 mg Lactobacillus achidopillus

0.1 mg Bifidobacterium bifidum

Dosis : 1-2 kapsul/hari Dosis : 1-2 sachet/hari
Isi per box: 30 kapsul/box Isi per box: 15 sachet/box
Waktu konsumsi : bisa pagi, siang, atau malam Waktu konsumsi : bisa pagi, siang, atau malam

 

Kandungan Prive Uri-cran Plus 

Ekstrak Cranberry 

Hayoo siapa yang kenal grup musik The Cranberries?? The Cranbeeries adalah salah satu group band terkenal dari luar. Masa jayanya saat saya SMP atau SMA ya dulu. Lupa tepatnya. Tapii, kita lagi gak ngomongin grup band itu. Kita lagi ngomongin buah cranberry sekarang. Buah yang dulunya dikenal tinggi antioksidan ini dipakai sebagai obat untuk mejaga stamina dan menjaga kesehatan mulut. Penelitian terkini, terbukti bahwa ternyata cranberry memiliki kandungan bioaktif yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih pada perempuan.

Vitamin C

Semuanya pasti tau manfaat dari vitamin C. Zat yang bisa berfungsi sebagai penyembuh saat sariawan ini juga terkenal dengan kandungan antioksidannya. Antioksidan ini mampu mencegah kita terkena kanker, diabetes, resiko serangan jantung, hipertensi, stroke serta penyakit lainnya.

Asupan 60 mg vitamin C yang kita butuhkan untuk aktifitas dan kesehatan bisa kita dapatkan dari Prive uri-cran plus. Buat yang aktifitasnya banyak dan mobilitasnya tinggi perlu banget vitamin C agar tubuh tetap fit.

Lactobacillus achidopillus

Lactobacillus jenis ini adalah an ‘helpful bacteria’. Atau sering dikenal dengan sebutan bakteri baik. Hidupnya di saluran pencernaan. Termasuk di area V. Bakteri ini berfungsi sangat baik bila terjadi gangguan pada organ reproduksi.

Bifidobacterium bifidum

Bakteri jenis ini juga termasuk bakteri yang menguntungkan seperti Lactobacillus. Bakteri ini mampu untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi saluran kemih. Bakteri ini juga dikabarkan mampu menghasilkan beberapa vitamin B kompleks.

Anak-anak bisa mengkonsumsi Prive Uri-cran? 

Berdasarkan info yang saya terima dari Combi Care Center, Anak-anak bisa mengkonsumsi Prive uri-cran jika sudah berusia 5 tahun ke atas. Buat ibu-ibu dengan anak  yang suka ngalamin anyang-anyangan  harus 5 tahun dulu ya, baru bisa mengkonsumsi ini. Jika belum, sebaiknya berkonsultasi ke dokter anak saja. Dosis minumnya, cukup pakai setengah dosis saja.

Anyang-anyangan uricran
Obrolan saya dengan salah satu staf Combicare

Beli Prive Uri-cran dimana?

Obat anyang-anyangan beli di apotiklah? Atau di toko sebelah juga ada? Hehhe

Buat yang memang pengen nyoba efek yang dirasakan setelah meminum Prive Uri-cran silahkan saja beli di toko-toko obat yang tersedia di lingkungan rumah. Kalo saya kemaren belinya di Guardian. Atau bisa beli di toko-toko obat berikut.

Anyang-anyangan uricran
Gerai-gerai yang menjual Uricran

 

Setelah ketemu prive uri-cran?? Tingggal seduh, dan  rasakan sensasi kesegarannya 🙂

Buat temen-temen yang pengen tau info lebih lengkap lainnya tentang anyang-anyangan dan Uri-cran , bisa langsung ke website resminya ya. So, selamat bebas dari anyang-anyangan.

Anyang-anyangan uricran
Atasi dan Cegah Anyang-anyangan dengan Prive Uri-cran

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat cantik semuanya 🙂

 

Baca juga: Prive Uri-Cran Penyembuh Anyang-anyangan

Referensi :
https://www.thermofisher.com/

Related Post

26 thoughts on “Anyang-Anyangan??? Atasi dan Cegah dengan Uri-cran

  1. aku juga alamin IsK mba desi sedihnya sampe Bak berdarah loh taun lalu makanya skrg kapok bener dah nahan2 pipis walau kadang bandel krn suka tanggung lg ngapain gtu eh taunya berujung ga baik
    smg kita senantiasa sehat sll y mba desi jgn remehkan kek anyang2an

    1. alhamdulillaahh smoga manfaat ya mak, oo..klo skrg gak lagi ya mak. kalo udah tau gak ada anyang-anyangan lg ya?

  2. huaaaa nahan pipis itu kebiasaan buruk, don’t do that again!! tapi ya syukurnya skrg ada ekstrak cranberry di Uricran ya, yg Uricran plus bahkan enak banget rasanya asem dikit tapi seger, hehe. Sip take care ya dear.

  3. Aku juga sering gitu mbaaak, suka nahan pipis. Ditambah lagi kebiasaan minum minuman yg banyak kafeinnya. Akibatnya anyang2an deh..Hiks..hiks… tp untung udah ada prive uri-cran ini ya mbak 🙂

  4. Anyang-anyangan emang ga enak banget. Tapi tetep ga boleh tuh nahan-nahan pipis 🙁 tapi untung deh ada uri-cran ya, enak dan bisa mengatasi dan mencegah anyang-anyangan.

    1. iya mba, gak nyaman di area V , tapi ya begitu kebiasaan buruk suka terulang jadinya. suka sama asem2 segernua uricran 🙂

  5. aku nih pernah kena anyang2an pas haid, ngakuuu memang pas di jalan malas bgt minum air putih dan ganti2 pembalut, akhirnya nyess.. gak enak ya..

    ihh skrg enak tuh ada prive uri cran

  6. Tutuplah tutup toilet ini maksudnya untuk kloset yang jongkok kan, ya? Tapi biasanya saya menghindari kloset yang tertutup. Beberapa kali menemukan ‘kejutan’ ketika dibuka. Jadi kapok 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *