Teman-teman masih pada inget dengan postingan saya di Instagram tentang hari buah? Kalo iya, brarti kita berada dalam satu lingkaran Instagram :). Saya menanyakan apakah teman-teman pada suka makan buah atau tidak? Alhamdulillaah pada jawab suka. Tapi kata sekedar suka.. tidak cukup untuk mendapat manfaat dari buah.

Secara umum, kita semua suka sama buah. Karena sensasi kesegaran dan kandungan air dengan rasa manis yang ada di dalamnya. Tapiii, ada saja alasan yang timbul waktu mau beli buah atau makan buah secara konsisten.

“Anggapan makan buah itu tidak masuk skala prioritas”

“Harga buah yang terkesan mahal”

“ Males buka kulit buah, saking banyaknya kerjaan”

“Merasa take time saat ingin konsumsi buah”  

 “ Buah itu makanan orang sakit”

“ Dari kecil gak makan buah, saya sehat-sehat aja kok”

Beragam statement yang keluar, waktu saya tanyakan kenapa gak konsisten makan buah setiap harinya.  Selalu saja ada alasan excuse untuk tidak makan buah. Alhasil persentase penyakit tidak menular  mulai dari usia 15 tahun berdasarkan Riset Kesehatan Dasar terus meningkat.

Persentase Penyakit Tidak menularyang terus meningkat

Meningkatnya persentase ini disebabkan oleh kebiasaan makan yang salah terjadi selama ini. Yaitu kebiasaan makan gula, garam dan lemak yang berlebihan. Selama ini, kita makan gula, garam dan lemak dengan jumlah yang lebih banyak dari yang seharusnya.  Berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan, setiap harinya kita hanya mengkonsumsi gula  sebanyak 4 sendok makan, garam 1 sendok the, dan lemak sebanyak 5 sendok makan per orang dalam setiap harinya. Rendahnya konsumsi serat di masyarakat menambah nilai mirisnya peningkatan terjadinya penyakit tidak menular.

Idealnya porsi makan kita setiap harinya adalah sesuai dengan gambar dibawah. Dengan format T shape plate. Dimana jumlah buah dan sayur meliputi setengah porsi piring makan. Kalo teman2, biasanya mana yg lenih banyak? Karbo? Atau proteinnya? Atau justru sayur dan buahnya? 🙂 🙂 

T shape plate

Manfaat Buah

Sebenernya, mengapa kita harus susah-susah mengkonsumsi buah? Ini manfaat yang saya bisa share dari hasil media briefing di Hari Buah Sedunia bersama Kementrian Kesehatan.

Berapa Porsi Makan Buah Setiap Hari ? 

Berdasarkan standarnya, sebaiknya dalam sehari mengkonsumsi buah sebanyak 2-4 porsi dan baiknya juga bersumber dari 2 jenis buah.

Yuk, lakuin setiap hari 🙂

Siap untuk makan buah dan sayur setiap harinya? 🙂 🙂 🙂 

Related Post