Tahun baru, buat resolusi yuk!

Itu yang jadi agenda tahunan bukan? Tapi, biasanya apa yang terjadi di akhir tahunnya apa ?

Resolusinya gak ada yang tercapai. Sukur-syukur ada 1 atau 2 resolusi yang mentok juga.  Tapi, kalo nggak, apa yang terjadi. 

Nangis di pojokan??!

Oh NO!

Resolusi tinggal hanya resolusi . 

Jauh jauh ya.

Yuk buat resolusi yang bukan asal-asalan. Agar nangis di pojokan tak terulang kembali. Yuk kenali apa sebenarnya arti kata resolusi itu sendiri. Dari hasil googling, ini beberapa defenisi dari resolusi yang saya temukan.

sumber: resolusi

resolusi/re·so·lu·si/ /résolusi/ adalah pernyataan tertulis yang berisi tentang tuntutan tentang suatu hal .

resolusi/re·so·lu·si/ /résolusi/ adalah janji atas suatu tindakan yang akan kita lakukan terhitung dari tahun yang baru dimulai.

Katanya, resolusi adalah sebuah janji. Janji itu sesuatu yang wajib dikerjakan bukan? Barangsiapa yang suka mengumbar janji, maka ia telah berkhianat. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang suka mengkhianati diri sendiri, *liriksebelah :D.  Karena janji pada diri sendiri , paling gampang untuk dilupakan.

Semoga bukan cuma sekadar semangat di awal saja,yuk mulai buat resolusi 2018 dan bukan sekadar resolusi  asal-asalan. Resolusi bisa dalam hal spiritual, hubungan dengan pasangan atau keluarga, kegiatan sosial, finansial, kesehatan, hobi, atau pengembangan pribadi.

2018 harus lebih baik. Agar resolusi  2018 ini bisa dicapai dengan baik, menurut saya, kita  juga harus membuat indikator kesuksesan dari setiap resolusi yang kita buat. 

Indikator kesuksesan ini harus berupa angka. Kenapa? Agar bisa terukur. Apakah target sudah tercapai atau belum. Untuk membuat resolusi menjadi solusi dalam hidup, kita perlu membuat strategi pencapaiannya.

Selain itu, setiap strategi harus ada form evaluasi. Evaluasi ini penting untuk mengecek apakah setiap resolusi menunjukkan progress atau tidak. Evaluasi bisa dilakukan dalam jangka waktu per 3 bulan atau 6 bulan. Tergantung waktu pencapaian dari usaha kita.

 

So, menurut saya  yang kita butuhkan untuk buat resolusi ada 4 hal penting:

  1. Sebutkan resolusinya apa
  2. Indikator kesuksesan resolusi dalam bentuk angka
  3. Strategi agar resolusi tercapai
  4. Form evaluasi resolusi

Saya menuliskan ini juga sekalian menuliskan resolusi saya di tahun 2018 esok. Yuk bareng2 menyusun resolusi.

  1. Melaksanakan umroh bersama suami

Sebagai seorang muslim, kerinduan saya ke tanah suci Mekkah beda tipis sama sinetron Emak Ingin Naik Haji. Apalagi sekarang sudah bersuami, jadi pengen travelling berdua. Ini cita-cita saya dan suami tahun ini. Doakan ya temans 🙂 

Indikator kesuksesan : insya Allah terlaksana di bulan Desember 2018

Strategi pencapaian :                                   

  • Membuka tabungan umroh di bulan Januari 2018
  • Memiliki tabungan umroh senilai 50 juta rupiah untuk saya dan suami di bulan November 2018
  • Menyisihkan uang tabungan sebesar 4. 500.000 setiap bulannya
  • Mendaftarkan diri dan suami untuk umroh di bulan November

Evaluasi :

  • Cek keberlangsungan tabungan setelah 6 bulan pada bulan Juli
  • Kalo tabungan macet, lakukan alternatif usaha lainnya
  1. Taat pada digitalisasi jadwal kehidupan yang baru

Menjadi penganten yang baru berumur 9 bulan, mengharuskan saya punya jadwal hidup yang baru. Yang biasanya setelah solat subuh, bisa nonton TV dulu atau malah lanjut tidur lagi, sekarang baiknya kebiasaan itu sudah gak masuk list. Sekarang sudah berganti dengan bangun pagi, sholat, masak dan bersih-bersih rumah. Pukul 6.00-7.00 udah harus makan pagi, karena suami harus siap-siap berangkat kerja .

 Yang biasanya pagi masih leyeh-leyeh, sekarang sudah berkutat di dapur mempersiapkan sarapan. What a new life, kadang saya berseloroh sendiri menikmati setiap pagi, hihihi

Banyak jenis kegiatan baru yang masuk ke jadwal kehidupan sekarang. Dan saya masih terus belajar dan beradaptasi dalam hal manajemen diri dan waktu.

Indikator kesuksesan : setiap jadwal kegiatan dapat dilakukan

Evaluasi :  Dapat dilakukan setiap harinya  sebelum menjelang tidur

  1. Punya momongan

Disibukkan dengan segala tanggungjawab kerja, memaksa fisik saya untuk terus aktif saat di luar rumah. Saat ini, dalam fikiran saya, mungkin itu salah satu penyebab yang membuat saya dan suami belum dikaruniai anak. Mendengar nasehat suami, orang tua, keluarga, dan  beberapa sahabat, menguatkan saya untuk melepaskan tanggungjawab kerja di luar rumah. Kini saya mulai memfokuskan diri, untuk punya waktu lebih banyak di rumah.

Tubuh yang fit, pikiran yang jauh dari stress pekerjaan, tidak kelelahan saat perjalanan ke tempat kerja menjadi hal yang dapat membantu kesuksesan program hamil, kita hanya berusaha semaksimal mungkin. Dan selebihnya, izinkan Alloh dengan rencana terbaiknya.

Indikator kesuksesan : Segera hamil, aamiin

Strategi pencapaian :

  • Banyak-banyak berdoa
  • Konsumsi makanan terbaik, buah dan sayur jangan dilupakan
  • Jaga pola tidur
  • Tidak begadang lagi
  • Jauhi stress

Evaluasi : dilakukan setiap bulan terhadap hal-hal yang harus dilakukan.

  1. Menjadi manajer keuangan yang tegas

Predikat sebagai seorang istri, berarti punya  job description yang baru. Sebelum menikah, gak pernah punya catatan keuangan sama sekali, kecuali catatan rekening di tabungan. Setelah menikah, saya merasa perlu banget punya catatan keuangan. Maklum, penting untuk laporan keuangan bulanan. Tapi ya gitu, saya masih pake catatan manual di buku. Terkadang malah di white board. Alhasil catatan bisa kemana-mana, dan begitu juga dengan laporannya, gak jelas hasilnya antara pemasukan dan pengeluaran.

Di tahun 2018 ini, saya mau jadi manajer keuangan yang tegas. Tegas pada diri sendiri untuk tidak lupa mencatat setiap pengeluaran, tegas pada diri untuk mencatat hanya di satu tempat saja. Bukan di buku, atau di white board. Mendengar saran dari suami, saya install aplikasi catatan keuangan gratisan dari play store.

Alhamdulillah di aplikasi tersebut sudah tersedia pos-pos yang membedakan pengeluaran kebutuhan makanan, tagihan-tagihan, pulsa HP, tranportasi , atau belanja secara umum. Enaknya lagi, aplikasi ini juga menyimpan data catatan keuangan untuk mingguan dan bulanan yang bisa di export dalam bentuk Microsoft Excel. Handphone kan udah termasuk barang wajib untuk dipegang setiap harinya. Jadi, gak perlu lagi kayak emak-emak zaman old yang rajin pake catatan buku. Bismillah, doakan ya temans 🙂 

salah satu aplikasi yang ada di handphone untuk mencatat pengeluaran

Indikator kesuksesan : laporan keuangan harian OK

Strategi pencapaian : Mencatat setiap nilai transaksi yang dikeluarkan tanpa nanti.

Evaluasi :  Semua catatan keuangan di review setiap harinya pukul 22.00 WIB

  1. Menjadi positive influencer

Keasyikan di dunia blog membawa saya untuk mengelola dua blog. Blog yang isinya lebih personal dan gado-gado di dnamora.com. Sedangkan blog aisyahtraveler.com lebih ke niche jalan-jalan. Tapi ya kalo liat nasib blog di tahun ini agak miris juga. Karena tanggungjawab saya di kerjaan, jadilah blognya terbengkalai.

Rencananya tahun ini, pengen banget bisa posting setiap hari di masing-masing blog. Udah banyak tema yang ada di dalam otak, tinggal dieksekusi ke dalam tulisan. Saya mau seriusin 2 blog itu, karena beberapa hari yang lalu baca artikel cara meraih google adsense. Waahh, udah gak sabaran pengen posting-posting ini.

Dan ada satu  hal lagi, yang udah saya tinggalkan hampir 1 tahun ini. Ikutan  lomba-lomba blog lagi. Iya, udah lama gak ngerasain kebahagiaan menang lomba sekaligus sedih kalo lagi gak menang. Oiya, note banget sama yang trakhir ini, blogging saya harus didukung sama upgrade skill. Alhamdulillah sekarang suami punya laptop yang mumpuni, tinggal siapin kuota yang banyak biar belajar lewat guru youtube saja. 🙂

Kok gak sama sih sama judul sub temanya?  Bahasanya gak sama, tetapi mereka senyawa kok. Di dunia digital sekarang, saya pengen menjadi salah satu influencer yang positif. Menurut saya, a good influencer akan mampu meyebarkan nilai-nilai yang baik kepada orang banyak, dan nantinya akan memberikan  vibrasi positif yang akan kembali juga kepada saya.

Aaaaah, I can’t wait. what a wonderful year in my imagine. 🙂 🙂 🙂 

Indikator kesuksesan : blogging dan ngelomba berjalan dengan OK

Strategi pencapaian :

  • Siapin tema masing-masing blog
  • Cek google keyword planner
  • Postingan harus sudah selesai pukul 21.00
  • Share postingan pukul 07.00
  • Isi jadwal deadline lomba di white board
  • Eksekusi postingan lomba sudah selesai minimal 2-3 hari sebelum deadline
  • Konsistensi blogwalking pada pukul 07.00-09.00, 12.30-14.00, dan 19.00-20.00 masing-masing minimal 33 blog
  • Tentukan skill yang perlu diupgrade untuk blogging
  • Belajar blogging skill pukul 20.00-21.00

 

Evaluasi :

  • Diakukan setiap harinya
  • Jika ada yang missed, jadwal tidur harus dikurangi
Menjelang tahun baru, lebih seru leyeh-leyeh sambil baca buku 🙂
  1. Keep my leisure time

Selain menulis, yang bisa menjaga ‘kewarasan’ dan agar  tidak cepat tua, yang saya lakukan adalah doing my other happiness.  Mau tau aja atau mau tau banget nih?  Ada beberapa hal yang saya kangen melakukannya, yaitu :

  1. Baca buku di akhir pekan. Sudah banyak buku yang dibeli, tapi gak punya waktu untuk membacanya. Tahun 2018, harus bisa ngabisin 1 buku dalam waktu 1-2 minggu
  2. Serius mengikuti kelas bisnis, sebagai tambahan ilmu untuk jd entrepreneur. Bulan Oktober tahun 2017, saya belajar menjual produk makanan, yang namanya Crispy Ikan Sipetek. Tahun 2018 esok, harus punya penghasilan tetap dari pos bisnis ini.

Yang mau   silaturahmi bisa ke facebook dan instagramnya ya.

  1. Berkreasi buat model baju sendiri. Kebiasaan saya 1 tahun kebelakang adalah membuat  model pakaian dari  berbagai jenis kain. Sekarang, saya jadi ‘ketagihan’ untuk buat  model gamis sendiri. Dan ini, jadi kesenangan buat saya pribadi.   

Strategi pencapaian:

  • Melakukan olahraga dari jam 06.00 pagi di setiap akhir pekan
  • Ikut sarapan pagi bersama suami (entah kenapa saya suka kenyang duluan setelah masak, jadi makan paginya ditunda)
  • Konsumsi buah di malam hari ( buat temen-temen disesuaikan saja ya J)
  • Tidur malam pada pukul 22.00 WIB
  • Sedia multivitamin Theragran –M

Ada vitamin A. Vitamin A ini selain bagus banget untuk kesehatan mata, juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel serta organ tubuh. Kalo sel-sel tubuh kita terus berkembang, darah dan oksigen mengalir dengan bersih dan sehat, kita yang sakit, jadi terbantu lebih cepat pulih.

Kandungan vitamin B kompleks, berfungsi sebagai koenzim yang  dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh.   

Vitamin C. Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan badan pusing, gampang lelah, mudah mengantuk dan gampang terserang penyakit.

Sedangkan vitamin E, pastinya sudah sangat dikenal dengan khasiat antioksidannya yang mampu menangkal  penyakit.

Selain vitamin diatas, terdapat kandungan mineral lainnya yang mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit, seperti :  magnesium, zinc, zat besi, tembaga, mangan, dan iodium.

Video dibawah ini, dapat menjelaskan dengan cara yang lebih asyik bagaimana vitamin bekerja dalam tubuh.

Oiya, saya jadi inget, nasehat  coach saya. Pesannya, untuk mencapai sebuah resolusi harus menerapkan 4 hal ini :

Jaga Komitmen

No reason

Tanpa Tapi

Tanpa Nanti

 

Semoga resolusi yang saya dan teman-teman lakukan bisa tercapai  tahun 2018 esok.

Salam tetap Sehat dan Semangat ya 🙂

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.