Tentang Mustahik Move to Muzakki

Mustahik Move to Muzakki, biasanya disebut dengan 3 M, merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat miskin yang dipelopori oleh Dompet Dhuafa.  Berkat pemberdayaan oleh Dompet Dhuafa, kaum dhuafa yang dulunya merupakan orang-orang yang merupakan penerima zakat kini berpindah kuadran menjadi pemberi zakat. Sebuah terobosan yang mampu mengangkat pemerataan sosial di masyarakat.

Dompet Duafa

Indonesia memiliki peringkat keempat, termasuk paling tinggi, dalam hal kesenjangan sosial. Dari 29 juta orang miskin di Indonesia, terdapat 92 juta  orang yang merupakan Penerima Bantuan Iuran dari Dompet Dhuafa.

Tanggal 30 Januari 2018 ini, Dompet Dhuafa genap berusia 25 tahun, seperempat abad yang menakjubkan dalam membersamai turut memajukan bangsa. Dompet Dhuafa merupakan sebuah lembaga filantropi bernafaskan islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa melalui pendekatan kegiatan filantropis dan social enterprise.

Sekilas Tentang Pemberdayaan Dompet Dhuafa sejak tahun 1993

Jumlah penerima manfaat : 16,80 juta jiwa

Jumlah relawan mencapai 8.481 orang

Telah menghimpun dana sebanyak 340,78 Milyar

Telah menyalurkan dana sebesar 274,82 Milyar

Memiliki 17 cabang dalam negri, dan 5 cabang di luar negri

Memiliki 9 kantor layanan

Telah sukses memberdayakan dalam 138 program

Telah sukses mendirikan 18 gerai sehat layanan cuma-cuma, 4 sekolah, 5 rumah sakit, 7 outlet Dayamart, 1 De Fresh, dan 11 unit bisnis

Mendapat penghargaan Ramon Magsasay Award

Dompet Dhuafa Filantropi

Dompet Dhuafa Filantropi  memfokuskan diri pada penguatan potensi lokal. Berupa Program Green Horti dan Kebun Indonesia Berdaya.

Dompet Dhuafa Social Enterprise

Sedangkan Dompet Dhuafa Social Enterprise melakukan pengembangan dan penguatan usaha yang profesional menuju kemandirian usaha dan menciptakan nilai sosial untuk mewujudkan pemerataan sosial, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bentuk unit usaha Dompet Dhuafa Social Enterprise :

  1. 7 outlet Daya Mart

Daya Mart merupakan model bisnis retail berbasis pemberdayaan umat yang 100 % kepemilikannya hanya untuk kaum dhuafa.  Outlet Daya Mart ini dikembangkan di daerah Sumatera Barat.  Daya Mart ini juga menerima produk UMKM dari masyarakat lokal, sehingga dapat memperluas jaringan distribusi dari produk tersebut.

  1. 1 outlet De Fresh

Melalui PT. Karya Masyarakat Mandiri , kaum duafa bersama Dompe Dhuafa telah mengolah 8,5 heektar tanah yang ditanami buah naga, nanas, papaya, jambu Kristal, dan alpukat secara tumpeng sari. Lokasi kebun ini berada di daerah Subang, Jawa Barat. Hasil dari kebun tersebut akan dijual di outlet De Fresh sebagai produk akhir.

  1. 5 Social Hospital Network

Saat ini sudah berdiri 5 Rumah Sakit (RS) berbasis wakaf untuk melayani kaum dhuafa. RS Rumah Sehat Terpadu, Medika Sri Bawono Lampung Timur, RS Ibu dan Anak Sayidah Jakarta Timur, RS Lancang Kuning Riau, dan Rumah Sakit Mata Ahmad Wardi Serang. Rencananya setiap rumah sakit akan dikelilingi minimal 4 klinik sebagai feeder BPJS.

Pendamping dan Pelaku Usaha

Suksesnya sebuah program tidak datang begitu saja, namun juga perlu pendampingan dari warga yang lebih paham agar lebih terarah.  Salah satu contohnya adalah Pak Mukhlis,yang bersal dari Mojokerto. Bersama Dompet Dhuafa, kini telah hadir pembudidayaan sayur organik, terolahnya lahan terbuka, tumbuhnya  agrowisata di Mojokerto. Kebun Petik Strawberry, Taman Kelinci, Enjoy Buah Bit, sudah menjadi salah satu tujuan wisata di Mojokerto.

Dua Program Dompet Duafa di 2018

  1. Gerakan Sejuta Wakif

Gerakan Sejuta Wakif ini adalah gerakan untuk mengajak masyarakat agar gemar berwakaf. Tak perlu memikirkan wakaf tanah, wakaf masjid atau wakaf jutaan rupiah, Sahabat hanya perlu mengeluarkan wakaf sebesar 10.000 rupiah saja. Target kegiatan ini adalah jika 1 juta orang saja membayar wakaf sebesar Rp. 10.000, maka sudah terhimpun dana sebesar 10 miliar rupiah.

Dana wakaf ini akan diinvestasikan ke dalam asset wakaf produktif yaitu dalam bentuk sekolah, rumah sakit, pertanian, perkebunan, peternakan, industri, dan lainnya.

Dua manfaat yang akan diperoleh jika gemar berwakaf, yang pertama : Akan dilapangkan urusannya, karena melapangkan urusan orang lain, dan yang kedua, pahala wakaf akan terus mengalir meski kita sudah meninggal. Yuk, ikut menjadi bagiannya 🙂

Untuk Sahabat yang ingin menjadi bagiannya bisa mengetahui info lebih lanjut di

WA 08121292528

Telp (021) 7416050

www.tabungwakaf.com

 

  1. Fokus ke area Agroindustri

Tahun 2018 ini, hasil perkebunan di Subang akan segera diolah menjadi produk intermediate. Produk intermediate ini maksudnya adalah produk yang bisa diolah kembali atau menjadi tambahan produk lain. Produk ini akan berupa ekstrak buah, selai buah, sirup buah, dan produk lainnya. Dan semuanya merupakan produk asli. Pabrik ini diharapkan dapat dapat menyerap banyak tenaga kerja dari kalangan kaum dhuafa.

Kini sedang dalam persiapan untuk agroindustri nanas. Kelak air buah nanas akan menjadi jus konsentrat nanas, sedangkan daging buahnya akan menjadi selai, dan produk turunan lainnya. Kita doakan agar Indonesia semakin kaya akan produk intermediate ya Sahabat 🙂

Sukses dan berkah untuk Dompet Dhuafa