Bongkar Tuntas Rahasia Cara Memenangkan Lomba Blog dari Jawara

 

Kalo rezeki gak kemana?!.

Sering mendengar kalimat sakti itu kan ya temen2 ?..

Setuju atau nggak sih sama kalimat diatas. Kalo yang saya pahami, rezeki itu sifatnya ada dua.

Pemahaman pertama, Rezeki  sudah ditentukan sejak lahir yang telah tertulis di bank data di Lauhul Mahfuz. Dan sumber rezeki yang kedua adalah berlaku bagi orang-orang yang sudah berikhtiar.

 

Sharing ini akan bercerita seputar ikhtiar yang sudah dilakukan oleh 4 jawara blogger yang selalu dan bisa dibilang sering memenangkan lomba blog. Hadiahnya mulai dari hadiah puluhan juta, liburan ke luar negri, produk handphone bermerk, laptop high class, dan banyak lagi jenis hadiah lainnya yang bikin mata melotot, mulut nganga, dan ileran. Huhuhu maafkan diri yang suka ikutan mupeng ini. Saya suka menginstall energi juara dari setiap info atau foto kemenangan yang bertebaran di timeline. Mirip2 menyulut adrenalin, makin tertantang.

Menginstall energi kemenangan bisa juga dengan bertemu langsung dengan jawara-jawara blogger. Terlebih terbuka kesempatan untuk menyerap informasi. Bongkar tuntas rahasia cara memenangkan lomba blog dari para jawara. Sejujurnya saya bingung mau sharing gimana rahasia blogger jawara ini.

 

Siapa saja blogger yang berkenan berbagi resep rahasianya? saya coba kasih infonya ya.

Blogger yang satu ini selain sering ngebahas travelling juga suka menulis tentang alam dan pertanian, Kesibukannya sebagai PNS tak menghalanginya untuk mengukir prestasi di dunia blog. Awalnya menggunakan blog hanya sebagai media curhat. Dan hal tersebut kini sudah bertransform sebagai ladang duit

Evrina Budiastuti

Blogger yang biasa saya panggil dengan sebutan  Kak Ev ini  selain sering ngebahas travelling juga suka menulis tentang alam dan pertanian.

Kesibukannya sebagai PNS tak menghalanginya untuk mengukir prestasi di dunia blog. Jalan-jalan ke luar negri, keliling indonesia, hadiah uang tunai, dan kamera keren sudah kayak lalapan buat Kakak kece ini.

Awalnya menggunakan blog hanya sebagai media curhat. Dan  kini sudah bertransform sebagai ladang duit. Perempuan tangguh ini punya disiplin yang tinggi dalam meng-upgrade soft skill nya tentang dunia blog. 

Blog : evrinasp.com 

Mba Vania, ibu dengan dua orang anak ini fokus ngeblog di ranah food and travelling. Hadiah lomba blog yang diterima  telah menghasilkan puluhan juta, (banyak) kamera mirrorless, dan hadiah keren lainnya. Plis plis jangan ngiler ya bacanya. Hehe 

Blog sudah seperti mengasuh anak ketiga, kata Mba Vania dengan senyum. Yang namanya mengasuh, pastinya dengan cinta. Tak heran hasil menang lombanya, penuh cinta semua ya. 

Blog : v-recipes.blogspot.com

Mak Arin, sosok yang saya suka banget dengan story telling-nya. Saya selalu amazed dengan sudut pandang unik, view yang berbeda dibahas dalam setiap lomba blog yang diikuti beliau. Bagi saya pribadi, idenya selalu cemerlang dan fresh.

Tiap dapat kabar kalo beliau juara satu lomba blog, saya gak perlu heran lagi. Dan seperti biasa, selalu terpesona dengan tulisan beliau.

Memulai blog untuk mengumpulkan portofolio kemenangan mengikuti lomba di media cetak.

Jangan terbang jauh-jauh saat baca ini ya Mak hihihi

Blog : asacinta.blogspot.com

Kak El, seorang perempuan perkasa yang melankolis. Dua sifat ini menjadi kekuatan dalam setiap tulisan-tulisan beliau.

Sarat dengan story telling yang membius (tak heran latar belakang sebagai cerpenis) dan juarak dalam memvisualisasikan value dalam desain grafis. 

Kalo Kak El udah ikutan, saya siap mundur teratur deh untuk ikutan lomba. 

 

Blog : langitamaravati.com

Sudah terbakar semangatnya membaca profil-profil para jawara? 

Ini  rahasia cara memenangkan lomba blog ala Jawara yang saya serap di pertemuan kemaren :

  • 1. Ide yang unik

Ide cerita dalam mengikuti lomba blog harus jeli dalam mengangkat topik yang sesuai dengan tema lomba. Karena pada umumnya, setiap blogger yang mengikuti lomba punya pandangan umum mengenai satu hal.

Nah, tantangannya adalah be unique!. Kalo sama dengan tulisan yang lain, juri bisa saja gak baca tulisan panjang kita. Gak mau pasti kan, sudah berdarah-darah menulisnya tapi gak dibaca sama sekali. 

Cara lengkapnya untuk dapetin ide yang unik, coba baca tulisan Mak Arin di blognya. Ada tulisan bergizi cara untuk dapetin ide unik.

  • 2. Buat judul semenarik mungkin

Cara paling awal menarik juri melirik tulisan adalah beri judul yang eye catching.  

Kalo judulnya udah menarik, pastinya punya potensi untuk memenangkan lomba.

  • 3. Buat paragraf pertama yang meyakinkan pembaca

Sama halnya saat menulis cerpen atau novel, seorang penulis harus bisa menarik pembaca agar bisa tetap bertahan di paragraf pertamanya. 

Jika sukses di paragraf pertama ini, maka akan lebih besar potensinya untuk berlanjut ke paragraf berikutnya menangkap value -value dalam tulisan. 

  • 4. Lakukan editing sebelum posting 

Selain untuk menghindari kesalahan pengetikan /typo, proses editing ini berguna untuk tetap menjaga tulisan agar menjadi satu nyawa, buka terputus-putus. Jangan lupa lakukan editing setelah meninggalkan tulisan satu malam lebih dahulu, agar otak lebih fresh memprosesnya. 

  • 5. Upgrade softskill

Persaingan blogger saat ini sudah meningkat berkali-kali lipat. Kalo dulu, content is a king udah jadi harga mati. Tambahan satu foto milik personal akan memperkuat potensi kemenangan. Kalo sekarang, banyak mau dan mintanya. Hehe. Mulai dari video, desain grafis, photo kece, sharing di youtube, hadeuhhh. Kalo kamu gak mau berinovasi, maka kamu akan tergilas dan kalah sebelum menang. Tapi, ada satu pengecualian, tetap perhatikan syarat dan ketentuan serta kriteria penilaian. Tak jarang, ada juga yang minta pure tulisan yang ‘bernyawa’. 

  • 6. Sesuaikan dengan passion 

Setiap blogger punya kompetensi bidang masing-masing. Kak Ev khas dengan karakter ilmiah dan travellingnya, Mba Vania fokus di food and travel, Mak Arin punya kekuatan di keunikan dan penyampaian ide cerita life style, serta Kak El yang selalu sukses dengan desain grafis cetar badai dengan content yang membius. (tiba-tiba pengen leyeh2 aja saking bingung mau garap kategori apa) 🙂 

Garaplah lomba blog yang sesuai dengan passion kita masing-masing, dengan begitu maka tulisan yang kita hasilkan akan lebih bernyawa. 

  • 7. Pahami kemauan juri dan karakter dari penyelenggara lomba 

Setelah malang melintang mengikuti lomba blog, tanpa sadar kita memahami kemauan juri atau memahami karakter dari penyelenggara lomba. Ada yang maunya soft selling, ada yang maunya hard selling, ada yang butuh dilengkapi data-data, harus story telling atau banyak lainnya. 

So, temukan ‘ruh’ kuncinya untuk membantu dalam penulisan lomba blog. 

Dengan 7 tips diatas, temen-temen blogger sudah siap dalam mengikuti lomba blog selanjutnya? 

Terus Praktek, Terus Menulis. Terus Sharing. Menang lomba  adalah bonusnya. Menjadi pesan penutup yang mewakili dari 4 nara sumber. 

Thanks a lot untuk Blogger Perempuan Network untuk acara kerennya ya 🙂 

 

Keep good work fren.  

NB : Kakak2 narasumber, mohon maaf atas kata2 yang salah, sila colek di medsos utk proses correcting ya Kak. Hatur Nuhun ilmunya 🙂