Informasi Lengkap Cara Bayar PDAM Dengan Mudah

Berkat hadirnya akses internet ke masyarakat, pengguna pdam kini dapat dengan mudah melakukan pembayaran tagihan bulanan. Pembayaran tagihan pdam yang sebelumnya dilakukan langsung dengan mengunjungi kantor terdekat, sekarang bisa diselesaikan tanpa melakukan antri panjang di kantor pdam.

Banyak sekali cara yang tersedia untuk melakukan pembayaran pdam, terutama bagi anda yang berada diwilayah perkotaan. Untuk itu, artikel dibawah ini mengulas secara lengkap mengenai beberapa cara bayar pdam yang dapat digunakan. Terdapat beberapa cara umum dan populer yang tersedia untuk melakukan pembayaran tagihan pdam anda, beberapa cara tersebut antara lain :

  1. Menggunakan internet banking bca

Cara bayar pdam lewat internet banking bca sangat mudah karena proses pembayaran ini dapat dilakukan langsung melalui smartphone anda. Bank bca sudah bekerja sama langsung dengan pemerintah membangun sistem untuk melakukan pembayaran secara online. Adapun langkah pembayaranya meliputi :

  • Login akun bank bca

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan login akun bank bca  melalui aplikasi bca.

 

  • Pastikan terdapat saldo

Berikutnya, pada akun anda harus berisikan saldo yang mencukupi untuk melakukan pembayaran tagihan pdam. Saldo tersebut akan terpotong saat nanti sudah setuju melakukan pembayaran dengan menggunakan internet banking.

 

  • Cek tagihan pdam

Selanjutnya, lakukan pengecekan tagihan pdam untuk rumah anda. Caranya adalah klik pada tab tagihan kemudian masukan no pdam milik anda.

 

  • Pembayaran

Setelah anda mengetahui jumlah yang harus dibayarkan, klik bayar tagihan pada aplikasi tersebut. Lalu, akan terdapat form yang menyatakan bahwa anda setuju melakukan proses tersebut. Centang form, klik setuju, maka secara otomatis saldo akan terpotong.

 

  1. Melalui Indomaret terdekat

Kini, bayar pdam lewat indomaret juga dapat dilakukan dengan mudah. Selain tempatnya yang mudah dijangkau, proses pembayarannya pun cepat dan tidak memerlukan biaya administrasi yang banyak. Berikut cara pembayarannya:

 

  • Menuju kasir Indomaret

Pertama, kunjungi indomaret terdekat yang terdapat pada daerah anda. Kemudian, langsung antri menuju kasir yang menyediakan proses pembayaran.

 

  • Beritahu tujuan pembayaran anda

Selanjutnya, katakan pada penjaga toko bahwa anda akan melakukan proses pembayaran pdam secara langsung. Kasir akan membantu anda untuk proses pembayaran tagihan pdam dengan teliti.

 

  • Pastikan nomor tagihan benar

Kasir akan menanyakan terkait nomor tagihan untuk pembayaran pdam. Berikan nomor tagihan sesuai dengan aslinya. Dan selalu pastikan bahwa nomor tagihan tidak salah satu angka pun

 

  • Lakukan pembayaran

Terakhir, lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang tertera pada layar monitor penjaga toko. Pastikan untuk mencetak struk dari proses pembayaran.

 

  1. Alfamart untuk pembayaran pdam

Selain Indomaret, anda bisa coba dengan bayar pdam lewat alfamart. Toko alfamart saat ini telah tersebar luas di berbagai daerah dan tentunya memiliki banyak layanan pembayaran. Berikut cara pembayarannya :

  • Temui kasir alfamart

Tahapan pertama yaitu menemui penjaga toko alfamart yang berada di daerah terdekat. Lalu, antri untuk melakukan pembayaran.

 

  • Sampaikan tujuan

Berikutnya sampaikan tujuan anda yaitu untuk bayar pdam. Kasir akan membantu anda dalam melakukan pembayaran.

 

  • Berikan nomor tagihan

Setelah itu, berikan nomor tagihan untuk pembayaran. Kasir akan mengecek dan memberi tahu mengenai tagihan pdam yang harus dibayarkan.

 

  • Proses pembayaran

Langkah terakhir lakukan pembayaran sesuai dengan tagihan yang tertera. Jangan lupa untuk minta struk dari proses pembayaran.

Selain cara cara diatas, agen pulsa online biasanya juga menyediakan sistem pembayaran online untuk bpjs dan pembayaran bulanan lainnya. Demikian tahapan lengkap cara mudah dan cepat bayar pdam, tentunya cara-cara diatas sudah terbukti dan teruji langsung. Selamat mencoba !