Lemon dan madu adalah dua anugerah alam yang dikaruniakan Tuhan untuk kebaikan manusia di bumi.  Lemon dan madu, dua-duanya kaya manfaat. Kandungan gizi dari duo ini sudah dimanfatkan  turun temurun sejak zaman nenek moyang.

Gambar : Proses pembuatan sari lemon madu secara tradisional

Cara tradisional untuk membuat sari lemon dan madu setidaknya butuh beberapa peralatan. Butuh pisau untuk membelah jeruk lemonnya, butuh talenan sebagai alas untuk memotong, 1-2 sendok makan madu dan 1 gelas air hangat. Aduk ketiga bahan tersebut.  Dan butuh waktu sekitar  5-10 menit untuk memprosesnya dari awal hingga siap diminum.

Gambar : Sari lemon dan madu siap minum

Berbeda caranya kalo punya stok  NatsBee Honey Lemon di rumah. Tinggal buka tutupnya, langsung glek di tenggorokan, dan manfaatnya langsung bisa diserap tubuh.  

Gambar : Pokka Natsbee honey lemon yang praktis untuk diambil manfaatnya
Tabel : Kandungan Zat Gizi Dari Lemon dan Madu

Manfaat dari minuman madu lemon  ini, dapat dilihat dari masing-masing bahan alaminya. Dari tabel tersebut dapat dilihat Lemon juara dalam hal Vitamin C, magnesium, Kalium, dan Kalsium.

Sedangkan Madu, kaya akan energi, gula, kalium, dan asam folatnya. 

Kedua bahan alami ini bersinergi untuk memberikan khasiat yang baik untuk menghilangkan toksik dari dalam tubuh. 

Manfaat yang diperoleh dari Pokka Natsbee honey lemon sama saja dengan sari lemon madu sama saja. Tapi, dengan Pokka Natsbee caranya lebih praktis.  antara lain :

  1. Dapat membantu menurunkan berat badan

Untuk manfaat yang satu ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi honey lemon saat perut kosong di wakt pagi hari.

  1. Melancarkan pencernaan

Kalo soal yang satu ini, betul banget. Saya alami sendiri. Setelah minum segelas lemon dan madu yang diseduh hangat dapat memperlancar proses pencernaan di pagi hari. Kalo peer yang satu itu kelar, jadi lebih gampang dan nyaman ngejalanin hari.PLONG rasanya.. hehe.

 

Katanya karena lemon mengandung asam sitrat yang akan berinteraksi dengan enzim-enzim dan asam lainnya di dalam tubuh yang memperlancar proses sekresi (pengeluaran tubuh). Berpadu dengan kandungan stimulant dari madu yang membantu proses tersebut.

  1. Baik untuk mendapatkan kulit yang sehat

Manfaat ini didapat dari khasiat madu yang kaya akan antioksidan. Sehingga kandungan antioksidan ini mampu mencegah radikal bebas termasuk penuaan dini.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat menjadi pelindung tubuh dan mampu mencegah serangan demam dan flu. Begitu juga dengan madu yang sangat kaya akan antioksidan. Sinergi ini menjadi satu memberikan manfaat positif bagi tubuh.

  1. Meningkatkan energi

Lemon dan madu mampu meningkatkan level energi dan  positive mood sepanjang hari.  Gula yang terdapat pada madu adalah golongan monosakarida yang gampang dan cepat diserap oleh tubuh. Karena hal tersebut, maka madu dapat dengan mudah menjadi sumber energi

  1. Meningkatkan kinerja otak

Dua mineral yang memiliki peran penting adalah kalium dan magnesium yang terdapat di lemon sehingga mampu meningkatkan kinerja sistem saraf otak. Magnesium dapat membantu hingga hampir 300 –an reaksi kimia dalam metabolisme tubuh.

Siapa diantara temen-temen yang udah pernah ngerasain khasiat dari sari lemon madu? Oiya, minuman ini akrab banget sama kamu yang lagi program diet.

Tapi, sebenernya kenapa kita butuh banget minuman yang satu ini ? Kita, secara sadar atau tidak,  banyak membutuhkan minuman yang manfaatnya baik untuk tubuh. Manfaat dengan duo khasiat seperti Natsbee Honey Lemon ini.

Pengaruh negatif dari luar  banyak yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan juga bisa menurunkan semangat diri. Misalnya saja:

  1. Matahari yang terik dan suasana panas di siang hari

Pada saat panas hari, badan lebih mudah berkeringat dan tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi. Tak sedikit dari kita yang menurun semangatnya saat siang bolong. Pada saat seperti ini, kita membutuhkan cairan agar tubuh tidak dehidrasi.

Umumnya wanita, sangat tidak bersahabat pada sinar UV. Karena sinar ini memberikan efek negatif bagi kulit. Kulit lebih cepat berkerut, potensi munculnya komedo pada wajah, meningkatkan resiko kerusakan kulit yang bisa menyebabkan penuaan dini.

  1. Makanan yang penuh lemak trans

Dalam keseharian, lemak trans ini gampang banget ditemui. Misalnya saja makanan ringan seperti chiki, makanan yang digoreng dari restoran cepat saji, roti panggang, krim susu kopi. Lemak trans ini juga gampang banget ditemui pada masakan yang kita panaskan berkali-kali seperti rendang atau masakan dendeng yang gak langsung habis.

Trans fat ini meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang meningkatkan potensi penyakit jantung dalam tubuh. Gak mau kan, kalo mengidap penyakit ini.

Gambar : Jajan di babang gorengan
  1. Pengaruh negatif dari radiasi dan wifi

Tak bisa dipungkiri, sehari-hari kita sangat bersahabat dan susah terpisah dengan smartphone,  laptop, internet, hotspot hingga wifi. Jika tak terhubung pada salah satu diantaranya, serasa hidup kurang lengkap. Ada yang kurang. Dan serasa hidup tak bernyawa. Benar kan?

Tak heran kita bisa  terpapar radiasi selama 18-24 jam dalam sehari.  Penelitian yang berkembang saat ini menunjukkan bahkan wifi dapat berefek pada penuaan dini. Huhuhuuu.. siap-siap menua lebih awal untuk generasi millennial. Selain itu, juga dapat berakibat insomnia bagi sebagian orang.

Gambar : Sebagai blogger bisa terkena paparan radiasi dari laptop dan TV sepanjang hari

Penelitian siswa SMA yang terkin menunjukkan bahwa radiasi wifi dapat mengekspos tubuh dan memiliki dampak negative bagi kesehatan. Penelitian mereka melihat perbandingan pada dampak pertumbuhan biji cress yang hidup dekat dengan router wifi dan yang lokasinya disengajakan jauh. Tampak bahwa biji cress yang hidup jauh dari router tampak sehat dan subur. Sedangkan yang hidupnya berdekatan, benih biji cress tersebut sebagian besar mati.

Gambar : Penelitian siswa SMA terhadap biji cress dan router wifi
  1. Tempat umum yang penuh polusi dan yang rentan dengan berbagai penyakit

Tempat umum adalah tempat yang bisa dikunjungi siapa saja. Dari umur balita hingga tua. Tempat umum yang sering saya kunjungi mulai dari pasar, supermarket, stasiun kereta api, di dalam commuter line dan semuanya termasuk rentan terhadap perpindahan penyakit.

 

Misalnya saja, di dalam commuter line yang padat dan sesak. Bahkan sering jarak antara penumpang satu dengan yang lainnya hanya kurang dari 5 cm. Masker di wajah menjadi pelindung satu-satunya, meski tidak bisa sepenuhnya menjadi pelindung diri. Jika kadang terlupa membawa masker, maka jangan heran perpindahan udara hanya terjadi didalam gerbong kereta saja. Virus , bakteri atau mikroba perpindahan dari yang sau ke yang lain gampang saja terjadi.

 

Belum ditilik lagi, gagang di dalam kereta, sudah dipegang ratusan atau ribuan orang dalam satu harinya. Apakah sehabis bersin, setelah keluar dari WC, setelah menggaruk, atau setelah kegiatan yang tidak higienis lainnya akan menjadi lokasi yang rentan terhadap perpindahan sumber penyakit.  

Gambar : Salah satu lokasi tempat umum yang biasa dikunjungi dan rentan terhadap perpindahan penyakit
  1. Omongan negatif

Ada-ada saja tingkah pola, karakter, kepribadian dari orang-orang yang ada disekitar kita. Mulai dari yang baik, netral saja, hingga yang selalu berpikiran negatif melihat keberhasilan orang lain. Nyinyir di media sosial, bergunjing ke tetangga, menyebarkan gosip atau hoax ke teman-teman atau di grup chat whatsapp.

Orang-orang yang suka kayak gini perlu ‘dibasmi’. Atau saya secara pribadi lebih suka mendiamkan saja, berhubungan seperlunya saja.

Banyaknya hal-hal negatif yang ada disekitar kita, sedikit banyak akan mempengaruhi metabolisme tubuh, kesehatan fisik dan jiwa. Kita harus menyiapkan  bekal ‘senjata’ diri yang bisa menangkal semua jenis pengaruh negatif tersebut.

Ini cara asik dan positif  saya menjaga tubuh dan semangat setiap harinya  

We know, efek negatif stress mampu meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Jika kedua hal tersebut terjadi dalam tubuh, maka tak heran penyakit lain akan lebih mudah datang menyerang, misalnya seperti hipertensi dan jantung. Kedua jenis penyakit yang merupakan silent disease, penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia. Kandungan magnesium di dalam lemon dapat berdampak positif bagi tubuh dalam menurunkan tingkat stres tubuh.

Stres itu bisa datang dari mana saja. Kesibukan di rumah yang agak ada abisnya, kerjaan menumpuk di kantor, macet saat pergi dan pulang kerja, bos yang temperamen, komunikasi yang tidak baik, omongan negatif dari orang lain. Kita biasanya gak bisa menghindari saat stres datang, tapi harus punya jurus jitu saat stress datang dengan tiba-tiba. 

Ini cara saya mengatasi momen saat stress datang :

  1. Istighfar (Memohon ampunan dan kasih sayang kepada Allah)
  2. Sikapi stress dengan pikiran bahwa yang terjadi adalah untuk kebaikan kita
  3. Mungkin susah diawalnya, namun setelah berusaha dan mengalaminya beberapa kali, manfaat tetap berfikiran positif baru terasa.
  4. Coba adaptasikan diri dengan perubahan yang mungkin terjadi di sekeliling yang menjadi pemicu stress. Karena stress diakibatkan loading bebab yang tidak biasa.
  5. Pahami kembali bahwa hal tersebut terjadi pasti akan berujung baik
  6. Setelah sugesti diri berhasil, maka akan lebih mudah kita mengambil sikap positif selanjutnya
  7. Tetap dan lakukan yang terbaik meski sedang menghadapi pihak yang tidak baik
  8. Karena sudah melakukan yang terbaik, rasa was-was pun turut hilang, pikiran tenang
  9. Selanjutnya, tetap terus melakukan tindakan positif dengan awalan pikiran yang baik
  10. Jika terasa susah, coba jauhi pemicu terjadinya stress
  11. Yakinkan diri bahwa badai pasti berlalu 🙂
  1. Memperhatikan konsumsi makanan yang diasup

Beberapa bulan belakangan ini, saya sedang giat-giatnya belajar untuk membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat. Kalo udah makan terlalu banyak lemak di hari ini, besoknya adalah jadwal untuk makan buah atau sayur lebih banyak. Atau, kalo lagi kebetulan hari Senin atau Kamis, nyamannya dibawa puasa saja. Ceritanya untuk tebus kesalahan yang dilakukan kemaren. Hehe.

  1. Tidak begadang, dan bangun lebih pagi

Katanya kalo tidur cukup dapat mempengaruhi produktifitas. Ini saatnya untuk berubah dari gaya hidup tidak sehat. Selama ini, yang namanya begadang akrab banget ama saya. Kayaknya saya gak sendirian, banyak temen-temen juga yang ngalong. Karena idenya baru keluar pas udah malem-malem buta. Ya kan?.

Nah, belakangan ini, saya mau belajar tidur sehat. Jam 22.00 sudah beranjak tidur dan berusaha bangun sebelum subuh.  Dulu, saya masih sering ngalamin insomnia. Udah di tempat tidur, tapi masih saja maen game di HP. Ceritanya bikin mata capek dulu, baru tidur sendiri. Tapi yang terjadi, gamenya menang terus, dan malah gak jadi tidur. Kini saya alihkan dengar murottal sebelum tidur, Alhamdulillah tidurnya lebih nyenyak.

  1. Mewajibkan olahraga

Olahraga ini termasuk tantangan banget buat saya pribadi. Soalnya, sejak dulu saya gak suka olahraga. Olahraga taunya cuma main bulutangkis, karena pengaruh kebiasaan lama. Waktu SD dulu (Alah mak, udah jadul banget yak)  sering dilaksanain pas sore hingga malam. Namun kebiasaan itu terhenti begitu saja.

Sekarang udah punya jadwal baru, ikut senam bareng ibu-ibu  setiap minggu pagi di lapangan parkir  salah satu Supermarket. Tertawa bareng, badan berolahraga, tambah teman baru merangsang hormon bahagia yang juga bisa membuat kita lebih awet muda.

Polusi udara bisa memalui asap kenderaan bermotor yang mengeluarkan timbal, udara kotor, asap pembakaran sampah, udara yang mungkin saja membawa bibit penyakit (berasal dari batuk, bersin, sakit paru-paru, dan lainnya). Ini usaha saya dalam melindungi diri dari polusi udara :

  1. Menggunakan masker yang tepat ketika ada di luar rumah

Pastikan masker yang biasa kita pakai adalah masker yang memiliki beberapa lapisan pelindung yang berfungsi untuk menyaring udara yang dihirup. Masker wajah yang sesuai dengan gambar hanya bisa dipakai maksimal 1 hari atau 24 jam. Selanjutnya, silahkan diganti dengan masker baru. Atau silahkan diganti dengan yang baru jika telah kotor dan berdebu meskipun belum sampai selama 1 hari.

  1. Membersihkan lantai dari debu dan kotoran
  2. Berkeliling menghirup udara pagi yang segar saat weekend
  3. Makan makanan yang bergizi agar tubuh punya kekebalan yang baik terhadap toksin dari luar.
Gambar : Sedia 2 botol Pokka Natsbee Honey Lemon setiap harinya agar tetap asik dan positif sepanjang hari

Daannn… yang gak boleh ketinggalan bersihkan hari aktifmu dengan  melengkapi hari dengan minum 1 botol Pokka Natsbee Lemon Madu pada pagi hari dan 1 botol lagi di penghujung sore. Dengan cara demikian semoga hari-hari kita tetap asik dan positif.

Salam Tetap ASIK tanpa toksik!..

 

#AsikTanpaToxic

Lebih bersahabat dengan Pokka Natsbee Honey Lemon, bisa kunjungi :

FB : https://www.facebook.com/POKKA.ID

IG : https://www.instagram.com/pokka_id