Iqro (Bacalah) Ayat-Ayat Allah

”Lakukanlah perjalanan dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu, kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)”

( QS. Ar-Ruum:41-42 )

 

Sebuah ayat yang menjadi pengingat bagi kita untuk banyak-banyak belajar dari sejarah, banyak ‘iqro’ (read:membaca) kisah di masa lalu. Iqro, bacalah, sebuah nasehat terbaik yang pertama kali diperkenalkan kepada Baginda Rasulullah saat menyendiri di gua Hira.

 

  1. Membaca adalah cara yang langsung diajarkan oleh Allah.

  2. Membaca adalah cara untuk memperoleh ilmu.

  3. Membaca tidak hanya sebatas dari buku, tetapi juga membaca ayat-ayat kauliyah (kitab suci Al-qur’an) tetapi juga membaca ayat-ayat kauniyah ( segala sesuatu ciptaan Allah).

 

Kita tidak hanya dianjurkan untuk membaca kitab suci saja, tetapi juga untuk membaca kekuasaan Allah yang terhampar di seluruh penjuru bumi Allah. Dan anjuran ini langsung diajarkan oleh Allah.

 

“Dan di bumi terdapat ayat-ayat (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

QS Adz-Dzariyat ayat 20-21

 

Dan kita diajarkan untuk melakukan perjalanan di muka bumi untuk melihat kehidupan yang terjadi pada masa dahulu.

 “Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka?”

QS Yusuf ayat 109

 

Lalu sudah seberapa jauh perjalanan yang telah kita lakukan hingga saat ini ?

Seberapa kuat tekad kita dalam mempelajari ayat-ayat kauniyah Allah?

Apa yang kita dapatkan setelah membaca ayat-ayat kauniyah?

KU-Sampaikan kepadamu Melalui Sejarah dan Kisah

Allah, dengan segala ke-Maha-anNYA, mendidik hamba-hambaNYA melalui kisah perjalanan. Bahkan sepertiga dari isi Al-qur’an merupakan sejarah dan kisah tokoh-tokoh terdahulu.

Menurut beberapa ulama, mendidik dengan menggunakan metode berkisah memiliki banyak kelebihan, antara lain :

  1. Memiliki pengaruh yang sangat mendalam bagi jiwa
  2. Mampu menjadi nasehat terbaik
  3. Menjadi inspirasi yang mudah dikenang
  4. Menjadi pelajaran yang mudah diingat
  5. Menjadi teguran yang tidak menyakiti
  6. Mampu menjadi motivasi dan contoh nyata bagi siapa saja yang menggunakan akal dan pikirannya

 

Tak heran, banyak nasehat yang saya petik melalui novel atau cerpen. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar saat melahap  ratusan halaman ceritanya, saya sangat menikmatinya.

Kisah yang terjadi pada orang lain membuat saya menjadi lebih bersyukur menjalani hidup. Cara memetik sabar dan beragam ilmu kehidupan, banyak saya serap dari kisah-kisah yang dituliskan oleh Bunda Asma Nadia, Tere Liye, dan Kang Abik. Mereka adalah penulis favorit saya. Salut sekaligus terharu, atas kesabaran mereka dalam menuturkan beragam kisah. 

Dengan membaca kisah, saya merasa tidak terhakimi saat cerita yang PAS terjadi dalam hidup saya. Dengan membaca kisah, saya jadi jauh lebih banyak belajar, begitu banyak ujian yang diberi, namun nikmatNYA yang Allah beri tak terkatakan lagi. Semoga kita dipantaskan kelak menatap wajah Allah ya teman-teman. Aamiin. 

Hikmah Dari Sejarah Dan Kisah-Kisah Terdahulu

Allah telah lebih dulu mendidik kita melalui metode berkisah. Ada beberapa hikmah yang dapat kita peroleh dari sejarah dan kisah-kisah terdahulu:

  1. Menjadi bahan untuk kita berfikir pada saat sekarang

 

“Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir” (QS. Al A’raf: 176)

 

  1. Menjadi penguat hati

 

  1. Menjadi pengajaran dan peringatan

“Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman” (QS. Huud: 120 )

  1. Menjadi hikmah bagi orang-orang yang berfikir

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal” (Yusuf: 111)

  1. Mengambil hikmah dan pesan dari kondisi umat sebelumnya

 

  1. Menjadi semakin lebih mengenal kebesaran Allah

 

Mengambil Hikmah dari Kisah ‘Uyun Musa

Allah mengajarkan tentang kebesaranNYA, salah satunya melalui kisah Nabi Musa. “Uyun Musa maksudnya adalah mata air Nabi Musa. Mata air ini masih ada hingga sekarang. Mata air yang tercipta atas izin Allah saat kaum Bani Israil sedang melintasi padang pasir, dalam waktu yang sangat lama. Dan kaum Bani Israil ini merasa sangat kehausan.

Bani Israil meminta agar Nabi Musa berdo’a untuk mendapatkan air kepada Allah. Dengan turunnya firman Alloh, Nabi Musa memukulkan tongkat tersebut pada batu sehingga terpancarlah mata air untuk memenuhi hajat Bani Israil.  Ada 12 mata air yang tercipta, sehingga setiap suku tidak berebutan saat meminumnya. Masya Allah…

Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: “Pukullah batu itu dengan tongkatmu”. Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan. (QS. Al-Baqarah, 60)

 

Lokasi ‘uyun Musa : Perbukitan Thursina, Sinai yang terletak 165 km dari Kairo.

  1. Mengenal kebesaran Allah dalam memberikan hukuman
  2. Mengetahui tokoh-tokoh terdahulu
'Uyun Musa

Melalui banyak kisah Allah mengajarkan kita agar tidak salah langkah dalam menjalani kehidupan, agar kita menjadi manusia yang mulia dengan melihat kesudahan yang terjadi pada orang-orang dahulu.

 

Dari sejarah dan kisah-kisah terdahulu, masih terdapat peninggalan yang masih bisa kita saksikan hingga saat ini. Kita dapat menyusuri jejak-jejak Rasul di bumi Allah dan menyaksikan kebesaran Allah melalui peninggalannya di tempat-tempat bersejarah. Untuk dapat menyusuri jejak sejarah, kita perlu tau dan mengenal tour dan travel terpercaya.

Menjejak di tanah para Rasul bersama Cheria Travel

Salah satu tour dan travel terpercaya, saya merekomendasikan travel ini, namanya Cheria Travel. Sebuah tour dan travel yang sudah ahli dan teruji didunia travelling.

Cheria Travel adalah spesialis Paket Tour Wisata Halal Indonesia dan Internasional. 

Cheria Travel juga melayani travel haji plus umroh, pembelian tiket, hotel dan visa perjalanan liburan muslim.  Cheria Travel melayani perjalanan private, group, dan juga perorangan.

Berikut beberapa keunggulan dari Cheria Travel : 

  1. Tour travel  yang legal dan berpengalaman (sejak tahun 2012) bahkan menjadi leader dalam industri tour halal Indonesia
  1. Tempat dan lokasi jelas dan benar
Kantor Pusat Alamat: Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790
  1. Visi dan misi yang amanah
  1. Mendapatkan awards sebagai biro perjalanan wisata halal terbaik
  1. Memiliki tour halal terlengkap baik domestik maupun internasional 

13 Paket Tour Halal Internasional 

39 Paket Tour Halal Domestik 

 

  1. Pertama dan satu-satunya memiliki aplikasi tour halal berbasis web dan aplikasi mobile phone 
  1. Team crew yang ceriaaaa

Oiya, saya salah satunya yang sudah merasakan melakukan perjalanan bareng Cheria Halal Wisata lho. 

Cerita saya dan cheria travel bisa dibaca disini 🙂 

Wisata Muslim Beijing-China bersama Cheria Halal Wisata 

Bersama sahabat menikmati paket tour wisata halal internasional

Untuk lebih lengkapnya mengenai info testimoni perjalanan bareng cheria travel, silahkan klik link testimoni cheria

Untuk testimoni lainnya, bisa menonton video berikut : 

Yang sudah gak sabaran melakukan perjalanan di bumi para Rasul, atau buat yang mau ceki-ceki dulu tentang detail perjalanan dan biaya yang harus dipersiapkan, kali aja pada mau nabung dulu, silahkan kunjungi langsung  website cheria travel. Atau bisa langsung ke Tour Jejak Rosul.