Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Selamaaatt atas kehamilannya bundaa??!!!. Doakan saya segera menyusul ya bunda-bunda cantik πŸ™‚ bisa aja curcolnya yaa πŸ™‚

Terimakasih buat temen-temen yang mendarat di postingan ini. Saya ingin share ilmu yang saya dapat bertebaran saat menimba ilmu gizi saat kuliah dulu. Dan tentunya dilengkapi dengan seminar yang saya ikuti bertema bunda dan kehamilannya dan pengalaman nyata dari Saudara dan Sahabat. 

Selamat mengunyah ilmu β€˜daging’ semuanya teman2 πŸ™‚

Ibu hamil dengan tiga trimesternya

Jika boleh dikatakan, tak ada bulan kehamilan yang boleh dianggap sepele. Karena masing-masing tahap kehamilan punya tahapan perkembangan yang harus terus diperhatikan. Jangan sampai keteledoran sesaat malah berakibat buruk pada janin. Semoga tidak terjadi pada ibu-ibu semuanya ya. Aamiin.

Menjadi ibu hamil, berarti mengandung satu atau lebih janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Adanya makhluk kecil yang pertumbuhan dan perkembangannya tergantung asupan yang kita konsumsi.

Bumil idealnya sangat sadar bahwa apa pun yang dimasukkan ke dalam mulut akan langsung berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin yang dikandungnya. Jika yang dikonsumsi baik dan jumlahnya cukup, maka insya Allah akan bermanfaat baik bagi kehidupan janin di dalam rahim. Dan akan sebaliknya.

Perjuangan tiap bumil sangat beragam. Ada yang selow ae, ada yang gak bisa makan sama sekali, ada yang ngidamnya gak ketulungan (curhatan para suami ini mah). Kalo temen-temen termasuk yang mana?

Saya membagi 3 tahapan makanan sehat yang baik dikonsumsi bumi berdasarkan trimester yang dihadapinya ya. Kenapa harus per trimesternya, karena tiap-tiap trimester punya karakter tumbuh kembang janin yang berbeda di dalam perut.

Walaupun mostly, akan sangat tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing bumil ya. Tulisan ini boleh dijadikan referensi, tapi tetap manut pada saran dokter atau bu bidan ya πŸ™‚

Menjaga kesehatan pada ibu hamil tidak hanya penting untuk tumbuh kembang janin saja. Tapi juga untuk persiapan ibu untuk pertumbuhan rahim, payudara, volume darah untuk transfer zat gizi, plasenta dan tidak lupa air ketuban.

Baca juga : Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Usaha Wujudkan Impiah Memiliki Buah Hati

Yuk, cuss ke topik pentingnya πŸ™‚

Trimester pertama pada ibu hamil

1 trimester
Perkiraan besar bayi saat trimester pertama

Makanan sehat untuk ibu hamil, ngomonginnya selalu seru. Kebutuhan tambahan gizi ibu hamil bukan sebesar dua kali lipatnya ya, tapi sebesar 15 % sebagai tambahan zat gizi. Pertambahan berat badan yang cukup tinggi nantinya malah akan menyulitkan ibu hamil sendiri.

Pertumbuhan janin pada tahapan ini adalah organ penting seperti otak, jantung, hidung, telinga dan mata sedang berkembang. Kira-kira panjang janin mencapai 9 cm.

Masa trimester pertama adalah masa-masa di awal kehamilan. Trimester pertama terhitung sejak nol hingga tiga bulan. Pada masa trimester pertama ini penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Asam folat atau vitamin 9 sangat memiliki peran penting. Asam folat memiliki manfaat yang baik  dalam hal kesehatan dan kecerdasan janin saat nanti tumbuh besar.

Mengapa asam folat, untuk menghindari terjadinya kelainan seperti neural tube defect. Neural tube defect ini adalah tidak sempurnanya tabung saraf terbentuk. Konsumsi asam folat ini juga menurunkan potensi terjadinya autisme pada anak.

Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air, maka sebaiknya makanan yang dikonsumsi ibu berupa makanan yang dikukus dan dipanggang.

Makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama

Jenis sayur yang banyak mengandung asam folat sangat baik dikonsumsi pada trimester pertama. Jenis sayur yang baik antara lain bayam, asparagus, brokoli, kacang-kacangan dan sawi.

Makanan yang mengandung omega 3, 6, dan 9, juga sangat baik untuk untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Manfaat tersebut dapat diperoleh dari ikan tuna, telur, daging-dagingan (pastikan masaknya matang sempurna, dan hindari daging mentah ya).

Pada masa trimester pertama juga umum terjadi mual dan muntah. Untuk mengurangi mual dan muntah, dapat dikurangi dengan  mengkonsumsi minuman jahe hangat, makan buah seperti pisang dan jeruk. Alhamdulillah cara ini manjur pada sebagian besar bumil.

Trimester kedua pada ibu hamil

2 trimester
Perkiraan besar bayi saat trimester kedua

Pertumbuhan janin di trimester kedua ini adalah terbentuknya plasenta yang sempurna. Hidung, telinga, sudah tampak jelas. Semua bagian tubuh sudah terbentuk jelas. Tangan sudah memiliki sidik jari dan jenis kelamin sudah terlihat pada bulan kelima kehamilan. Panjang janin mencapai 35 cm di akhir trimester kedua.

Janin sudah mulai bisa mendengar suara dari luar. Bumil bisa mengajak janin berbincang atau mengaji bersama.

Pada trimester kedua, sebaiknya ibu hamil meningkatkan makanan yang mengandung protein. Pada masa ini terjadi lanjutan pertumbuhan anggota tubuh pada janin. Kebutuhan janin dalam tahapan pertumbuhan anggota badannya memerlukan banyak asupan kalsium.  Tambahkan jenis makanan yang banyak mengandung kalsium.

Makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester kedua

Makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester kedua seperti : kacang-kacangan (kacang hijau dan kacang merah) sebagai sumber protein. Brokoli menjadi sayuran yang akan menjadi penyedia kalsium bagi bumil. Selain itu, brokoli juga banyak mengandung asam folat yang juga baik untuk tumbuh kembang janin.

Baca juga : Jika Bayi Anda Prematur, Simak Sharing dan Lakukan Hal ini

Buah yang baiknya dikonsumsi adalah apel, jeruk, pisang, alpukat, dan tomat. Tetap harus memperhatikan cara pencucian baik dan benar sebelum mengkonsumsi buah ya bumil. Misalnya dengan menggunakan cairan pembersih atau menggunakan air hangat pada saat pencucian buah.

Hindari makanan buah kalengan, karena dikhawatirkan tingginya kandungan natrium di dalamnya. Jumlah natrium yang banyak ini dikhawatirkan akan meningkatkan potensi darah tinggi pada bumil.

Kalsium juga bisa diperoleh dari asupan susu. Susu kaya akan kalsium dan  protein yang baik untuk membantu tumbuh kembang janin. Menurut beberapa pengalaman saudara, konsumsi susu kambing pada saat hamil berpengaruh terhadap kelembutan kulit bayi.

Trimester ketiga pada ibu hamil

3 trimester
Perkiraan besar janin pada trimester ketiga

Pertumbuhan janin pada tahapan ini akan mencapai puncaknya. Paru-paru sudah berkembang sempurna di bulan 8 kehamilan. Rahim yang awalnya bisa menjadi tempat bergerak bebas, akan menjadi tidak leluasa lagi. Sikutan lengan dan tendangan bayi menjadi hal penting untuk mendeteksi kesehatannya.

Makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester ketiga

Pada tahapan ini juga terjadi tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada janin yang maksimal sebelum dilahirkan ke dunia. Tapi, tetap konsultasikan dengan dokter atau ibu bidan ya bumil, kenapa?

Karena ada beberapa bumil yang sudah mencapai tahap perkembangan janin yang sudah tergolong maksimal di akhir trimester kedua. Jika janin terlalu besar juga bisa mengakibatkan ibu agak kesulitan saat melahirkan untuk proses normal.

Makanan yang baik dikonsumsi saat trimester ketiga ini seperti pada masa trimester kedua, yaitu makanan yang banyak mengandung protein. Misalnya saja seperti : kacang hijau, dan kacang merah, daging-dagingan, dan juga telor. Tetap perhatikan proses memasaknya ya. Pastikan daging atau telor matang dengan sempurna.

Yang pasti selalu diingatkan oleh ibu bidan atau dokter kandungan, untuk tidak lupa mengkonsumsi pil zat besi setiap bulannya. Zat besi ini sangat berperan penting dalam mengantarkan zat gizi dari ibu ke janin.

Sayur yang banyak mengandung zat besi adalah bayam. Jadi, selain mengkonsumsi pil zat besi, silahkan tambahkan bayam sebagai salah satu menu andalan dalam menu bumil sehari-hari.

Ada baiknya juga ibu-ibu mengenali makanan yang menjadi pantangan selama hamil, antara lain : nanas muda, pepaya muda, dan anggur. Oiya, makan buah duren juga sebaiknya dihindari ya.

Untuk info lebih lengkap tentang makanan sehat untuk ibu hamil bisa baca lebih lanjut di link ini ya makanan sehat untuk ibu hamil

Selamat menikmati masa kehamilan bunda-bunda. Tetap rajin konsultasi ke bu bidan atau dokter untuk memantau perkembangan si buah hati πŸ™‚