Mewujudkan  Tujuan Bisnis di Tahun  2019

Ngomongin resolusi emang anget banget di awal-awal tahun. Tak heran setiap postingan di media sosial penuh dengan rentetan target yang akan menjadi pelecut semangat setiap bangun pagi.

Tapiii.. mewujudkan impian tidak semudah menuliskannya. Ada target yang harus dibuat dan terukur pencapaiannya. Ada plan A atau plan B yang perlu dipersiapkan jika terjadi kendala, dan biasanya ini yang sering terjadi.

Sebagai orang yang suka belajar, saya terjun ke dunia ke penulisan juga tanpa sengaja. Hingga saat ini, kurang lebih sudah lima tahun sudah berkecimpung di dunia blog. Nge-blog masih punya pesona tersendiri bagi saya. Menulis di blog masih punya daya tarik untuk terus digeluti.

Penghasilan yang saya dapat lewat blog Alhamdulillah banget. Beranjak tahun bertambah usia blog semakin matang. Seiring juga dengan nilai nominal yang didapatkan semakin meningkat. Sukur banyak2 deh.

Sejak akhir tahun 2017 yang lalu, saya mencoba  melebarkan saya ke dunia bisnis online. Fokus bisnis pertama yang saya geluti adalah makanan. Saya memilih untuk jadi agen produk tersebut. Keputusan untuk jadi agen agar saya secara tidak langsung ‘dipaksa’ belajar bagaimana memasarkan produk tersebut.

Baca : Kini Saatnya Memulai Dunia Entrepreneur

Saya melakukan beberapa cara untuk memperluas pemasaran produk tersebut, mulai dari :

  1. Membuat iklan melalui FB Ads
  2. Membuat iklan melalui Ig Ads
  3. Membuat website khusus produk tersebut lengkap dengan ikhtiar SEO-nya
  4. Mendapatkan bantuan teman-teman blogger
  5. Menjadi salah satu sponsor di acara blogger

Ilmu yang saya terapkan dalam proses pemasaran produk tersebut banyak saya dapatkan dari event-event yang sering diadakan blogger, kuliah Whatsapp yang sering diadakan oleh para pengusaha online sukses, seminar gratis atau berbayar, dan menjemput ilmu di beberapa komunitas pengusaha. 

Lelah sudah jadi Sahabat. Dan saya meyakini bahwa hari yang saya lalui adalah proses yang harus dilewati. Saat saya merasa merasa untuk berhenti, saya ingat kembali “STRONG WHY” mengapa saya harus terjun di dunia bisnis ini. Lelah cuma sebentar, nasehat saya pada diri.

Terus memaksakan diri untuk terus “bergerak” dan berada di lingkungan teman-teman pengusaha pemula menjadi kunci penting saya untuk terus bergerak dan bertahan di jalan bisnis online.

Baca : Ini Resep Rahasia Sukses Berbisnis Online

Di tahun 2019 ini, saya punya beberapa bisnis goals dalam meningkatkan penjualan :

  1. Aktif menulis  one day one post di website jualan

2. Memanfaatkan media sosial untuk beriklan melalui FB Ads atau Ig Ads

3. Mengikuti dan menerapkan ilmu kuliah whatsapp bisnis

4. Memperbanyak kontak Whatsapp dengan target 10.000 kontak tahun 2019

5. Aktif merekrut reseller dengan target 100 reseller per bulan

6. Mengelola reseller agar jadi reseller yang jago jualan

7. Memperbanyak produk potensial dengan langsung mencari produk ke pusat grosir atau distributor

Baca : Cara Jitu Mendapatkan Follower untuk Bisnis di Instagram

Membangun Usaha Sangat Mudah  di Era Digital

Di era digital saat ini, membuka usaha udah bukanpunya si pemilik modal besar saja. Siapapun bisa punya bisnis baru meski tanpa modal sekali pun. Kalo pengen buka bisnis tinggal mengakrabkan diri dengan media online, pahami karakter setiap media sosial, dan konsisten dengan segala bentuk ikhtiarnya.

Rajin posting di website dan mengaktifkan SEO bisa membantu penjualan. Begitu juga jika berjualan di facebook dan Instagram, buat foto yang ciamik, terapkan hashtag, dan perbanyak followers bisa meningkatkan trust agar pembeli lebih yakin saat melakukan transaksi pembelian.

Untuk melipatgandakan penghasilan, saya sedang menerapkan perekrutan reseller dan belajar untuk mengelola reseller agar jadi jago jualan. Fokus saya saat ini adalah menemukan pusat grosir dari produk-produk yang akan dijual. Tujuannya adalah agar reseller-reseller saya mendapatkan persentase profit tinggi. Dengan langsung ke distributornya, persentase profitnya gak banyak terpotong.

Mengembangkan Bisnis Bersama Ralali.com

Ralali menurut sepengetahuan saya adalah sebuah B2B marketplace (Bisnis to bisnis) yang diisi oleh supplier-supplier terpercaya dalam memenuhi kebutuhan usaha.

Dengan hadirnya Ralali.com, permasalahan saya dalam menemukan pusat grosir online  menjadi terjawab. Selama ini, hal tersebut menjadi salah satu kendala saya setelah menentukan produk yang akan dijual.

Setelah ngubek-ngubek Ralali.com, saya menemukan supplier jumper kostum lucu untuk bayi. Coba liat gambar dibawah, lucu-lucu kan produknya 🙂

Saya tertarik untuk menjalin kerjasama dengan pemiliki akun seller bernama Warung Bunda tersebut. Berdasarkan keterangan di website, lokasi sellernya ada di Bogor. Jadi tidak terlalu masalah untuk biaya pengiriman.

Selain menemukan supplier dengan mudah dan tentunya harga bersaing yang bisa dijual kembali, Ralali.com juga punya kelebihan lainnya.

Membuka Lini Bisnis Baru Bersama Ralali

Selain sebagai marketplace distributor online, ada hal yang menarik perhatian saya di Ralali.com. Tersedianya berbagai jenis jasa yang sangat beragam. Mulai dari jasa desain, IT, kebersihan, katering, konsultan, dan SPG.

Dengan adanya lini jasa ini, saya kepikiran untuk membuka lini bisnis baru lewat Ralali.com, yaitu jasa menulis. Semoga ada rezeki saya lewat ralali.com 🙂

Lini bisnis baru saya di Ralali

Buat temen-temen yang ingin belanja di Ralali.com dapatkan voucher pembelanjaan hingga Rp. 50.000 dengan minimum pembelanjaan Rp. 100.000 dengan menggunakan kode ini  DESI53681