Cara Meningkatkan Penghasilan Hingga Puluhan Juta Lewat Blog

Punya penghasilan puluhan juta lewat kanal blog, jadi hal yang saya cita-citakan saat ini. Gimana nggak tertarik, saya kira bukan blogger saja, temen-temen yang jauh dari dunia blog pun pasti tertarik dengan penghasilan dua digit. Bener bukan? Awalnya, saya kira mimpi ini jadi hal yang mustahil kalo bukan dicapai lewat meraih hati juri dan memenangkan beberapa lomba blog. Tapi, saya harus percaya setelah melihat bukti nyata. Seeing is believing, katanya. Hopefully,  kalo impian ini suatu saat akan menjadi nyata. Kata Eleanor Roosevelt, “The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams”. Terus gimana cara meraihnya?

Impian yang tinggi punya caranya sendiri untuk memantaskan pemimpinya sampai ke puncak impian tersebut. Cara tersebut harus kita patuhi dan konsisten dalam pelaksanaanya. Salah satu caranya adalah patuh dengan peraturan Mbah Google. Kalo Mbah Google bilang ikut aturan A, ya sudah ikuti saja aturan A. Kalo berubah lagi ke aturan B, maka kita tinggal menyesuaikan denga isi aturan B.  Kenapa harus patuh pada Google? Karena kita sebagai blogger bermain di ranah google, rumah si empunya. Kalo yang punya rumah seneng, bakal banyak dikasih reward. Sederhananya begitu 🙂

Nah, hal yang harus kita lakukan adalah membuat konten atau postingan yang google friendly alias yang google banget 🙂

Konten yang google friendly itu harus memenuhi 3 kaidah berikut :

(1) konten yang mengikuti trend ( baik trend sesaat atau yang everlasting),

(2) menggunakan judul yang tepat, dan

(3) Mengikuti kaidah teknik dasar SEO


Content is the King”

Jangan pernah bosen dengar kalimat yang satu ini ya. Karena ini bener banget. Kalimat2 yang kita gunakan di postingan ngaruh banget di pencarian google. Semakin humanis, maka akan semakin tinggi potensi nya untuk mendapat views lebih besar.

Sebagai tambahan, ilmu yang baru aja saya dapat. Se-raja2nya sebuah konten, the really king is us. Raja sebenernya adalah sang blogger sendiri, sang penyampai informasi. Kita adalah raja terhadap tulisan kita. Blogger sendirilah yang membuat tulisannya menjadi unik. Semakin unik, maka akan semakin baik juga google mengangkat  postingan ke halaman pertama.

Mengambil tema konten yang mengikuti trend atau yang everlasting  akan membuat umur postingan kita lama dan page views yang tinggi.

Pemilihan Judul Postingan Yang Tepat

Kebiasaan baru saya sekarang adalah mencari topik yang akan ditulikan melalui google trend atau lewat pencarian google. Dengan kedua hal tersebut saya mengantongi ide dan kata yang banyak dicari oleh masyarakat dan punya bayangan pilihan judul.

Setuju kan ya, kita dengan rela membuka sebuah artikel kalo judulnya menarik. Kalo kurang menarik perhatian, kita akan membiarkan artikel itu berlalu saja. Nah, pemilihan judul yang tepat ini jadi kunci utama untuk menangkap perhatian calon pembaca.

Coba cek gambar dibawah ini ya untuk cara pencarian judul. Dengan menggunakan teknik ini, maka potensi pencarian artikel kita menjadi lebih tinggi.

Mengikuti Kaidah Teknik dasar SEO


Dengan mengikuti kaidah teknik dasar SEO, maka akan membantu kita menikkan potensi blog dalam 4 hal :

  1. Peningkatan traffic
  2. Peningkatan google index
  3. Mempertegas personal branding
  4. Meningkatkan nilai DA/ PA

Setelah mengikuti 3 kaidah penting penulisan konten yang google friendly, hal yang selanjutnya dilakukan adalah menjadikan tulisan jadi konten global.

Cara membuat tulisan yang jangkauannya lebih luas, adalah dengan menyampaikan tulisan mengunakan bahasa Internasional, yaitu bahasa Inggris. Konten dengan bahasa Inggris akan lebih besar potensinya untuk dibaca.

Setelah postingan jadi, maka tugas selanjutnya agar bisa menghasilkan nilai puluhan juta adalah dengan melakukan monetisasi iklan melalui google.

Selama ini, yang biasanya dikenal oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah melalui Google Ads dan Google Ad Manager.

Untuk mempermudah kita dalam hal monetisasi blog ini, kini hadir ProPS. Ada yang udah tau tentang ProPS?  ProPS ini adalah Google Channel Partner yang bisa membantu media besar atau blogger untuk meraih impian punya penghasilan dua digit.  Lebih dekat dengan ProPS, bisa mengunjungi props.id.

Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftarkan blog ke ProPS adalah 3 hal berikut :

  1. Blog dengan page views sebesar 20 juta views per bulannya. Kalo temen-temen blogger udah gak sabar mendaftarkan diri, raih dulu 5 juta pageviews per bulannya, tim ProPS akan siap membantu dalam mengarahkan teman-teman
  2. Blog dengan pendapatan harian dari google adsense sebesar 250 dolar dalam satu hari
  3. Merupakan seorang yang ahli di dunia blog atau bekerja dengan partner yang sudah ahli dalam dunia blog.

Nah, itu 3 syarat yang harus dipenuhi ya teman-teman. Kalo udah, ready go international ya Kawans. Kereeeeennn yak punya penghasilan dua digit lewat blog. Thanks in a bunch buat Blogger Perempuan Network yang udah ngundang n sharing ilmu keren ini yak. Sukses selaluuu 🙂

Semangat teman2 blogger.