Punya kebiasaan ngemil? kalo punya, harus hati-hati ya. Snacking ini emang gak berasa banget nambah berat badan. Tau-tau timbangan berat badan udah nambah 3 kilo. Rok atau celana udah kesempitan. Biar tetap sehat dan berat badan ideal, penting banget untuk punya pilihan snack sehat, salah satu yang direkomendasikan adalah mengkonsumsi yogurt. Apalagi greek yogurt tinggi protein. Kenapa? Yuk simak #7 alasan kenapa harus memilih greek yogurt tinggi protein jadi snack sehat kita.

Snacking ( Kebiasaan Ngemil) di Indonesia

Berdasarkan data Riskesdas Kementrian Kesehatan di tahun 2013, kebiasaan makan beresiko di Indonesia terbagi dalam beberapa jenis. Kebiasaan makan beresiko ini termasuk kebiasaan ngemil. Kebiasaan makan tersebut antara lain : mengkonsumsi makanan manis, makanan berlemak, makanan asin, makanan yang dibakar, makanan yang berbumbu penyedap, makan daging yang diawetkan, dan punya kebiasaan minum kopi.


Kebiasaan makan beresiko di Indonesia

Tujuh kebiasaan makan beresiko ini secara langsung akan mempengaruhi status gizi seseorang. Semakin besar asupan yang masuk ke dalam tubuh, dan aktifitas fisik yang rendah akan meningkatkan berat badan. Seiring dengan hal tersebut, tak heran, penderita obesitas sentral sejak tahun 2007 hingga tahun 2018 mengalami peningkatan terus menerus. Penyakit obesitas inilah yang jadi peer kita masing-masing. Kita perlu mawas diri agar tidak mengalami penyakit turunan ini.


Peningkatan angka persentasi penderita obesitas sentral di Indonesia

Kalo sudah menderita obesitas, penyakit penyerta lain akan datang. Mulai dari hipertensi, jantung, dan yang lainnya akan datang menyambangi tubuh. Oleh sebab itulah, betapa pentingnya untuk menerapkan kebiasaan makan yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan memilih snack sehat.

Baca : Manfaat Yogurt Untuk Pencernaan

Mengenal Yogurt

Yogurt atau yoghurt? Mana sih yang bener? Kalo menurut Wikipedia, dua-duanya benar.  Yogurt adalah produk hasil fermentasi yang menggunakan bakteri dari susu. Susu yang umum digunakan untuk membuat yogurt adalah susu sapi. Dengan melalui proses fermentasi, kandungan protein dalam yogurt akan lebih mudah dicerna oleh usus. Terus apa yang membedakan yogurt biasa dengan β€œgreek yogurt tinggi protein”? Dan apa hubungan greek yogurt tinggi protein dengan snack sehat?

Minuman yang dikonsumsi sejak abad ke-3 sebelum masehi ini, dibawa oleh Bangsa Bulgar ke Eropa. Makanan yang tercipta tanpa ada perencanaan ini saat ini sudah menyebar luas ke seluruh dunia.

Proses utama untuk bisa menghasilkan yogurt adalah melalui proses fermentasi. Bakteri yang digunakan bukan sembarang bakteri, tetapi bakteri asam laktat namanya. Bakteri ini dikembangbiakkan pada suhu yang dikontrol. Bakteri ini akan merubah gula yang terdapat pada susu atau biasa disebut laktosa dan menghasilkan asam laktat. Tingkat keasaman tertentu sekitar pH  4 sampai pH 5 akan dipertahankan untuk mencegah tumbuhnya bakteri yang tidak diinginkan. Bakteri asam laktat yang biasa tumbuh adalah jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Asam yang dihasilkan bakteri ini juga mampu mengawetkan yogurt.

Greek Yogurt Tinggi Protein

Lalu,  apa yang dimaksud  dengan greek yogurt? Greek berarti protein dalam bahasa Yunani. Jadi maksudnya disinilah adalah protein yogurt.

Menurut saya, arti greek pada yogurt ini mengacu pada the best yogurt atau the real yogurt. Terbaik karena kandungan proteinnya yang  lebih tinggi dari yogurt biasa. Kandungan protein yang lebih tinggi ini berasal dari proses penyaringan. Proses ini yang meningkatkan kandungan protein pada greek yogurt. Proses penyaringan ini juga yang meningkatkan tekstur yogurt lebih kental.

Secara sederhana, proses pembuatan yogurt dapat dilihat di gambar berikut:

greek yogurt tinggi protein

1. Standardisasi susu

Proses ini merupakan penyeragaman kualitas susu. Pada tahap ini juga dilakukan penyesuaian kandungan lemak pada susu. Tahap awal ini menentukan jumlah kadar lemak  yang nantinya ada di produk akhir (greek yogurt).

2. Homogenisasi

Proses ini bertujuan untuk menyeragamkan partikel susu. Hal ini penting agar produk akhir  yogurt yang dihasilkan punya penampakan tekstur yang baik.

3. Pasteurisasi

Proses pasteurisasi umumnya menggunakan suhu dibawah 100 derajat celcius dan menggunakan waktu yang lebih singkat. Umumnya menggunakan suhu 95 derajat celcius dengan waktu selama 5 menit. Proses ini bertujuan untuk mematikan mikroba yang β€˜tidak perlu’, sehingga nanti bakteri asam laktat bisa tumbuh optimal.

4.Pendinginan

Pada tahapan ini proses pendinginan bertujuan untuk persiapan sebelum proses inkubasi. Pendinginan ini penting hingga mencapai suhu sekitar 40-45 derajat celcius. Suhu yang optimum aga bakteri bisa tumbuh dengan baik.

5. Penambahan kultur starter

Proses ini adalah penambahan bakteri Lactobacillus bulgaricus  ke dalam larutan susu. Penambahan kultur mikroba memiliki persentase tertentu.

6. Pengemasan

Proses pengemasan bisa dilakukan setelah tahapan fermentasi. Tujuannya adalah agar gumpalan susu yang terbentuk tidak berubah dan tetap utuh, sesuai bentuk yang diinginkan.

7. Inkubasi

Setelah berada di kemasan yang dipilih, proses dilanjutkan dengan proses inkubasi. Tahapan inilah yang disebut dengan proses fermentasi. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini sekitar 1-2 hari. Proses penyaringan kemungkinan dilakukan sebelum tahapan ini.

8. Pendinginan dan penyimpanan

Setelah fermentasi selesai, yogurt harus didinginkan. Hal ini bertujuan agar yogurt yang terbentuk tidak terlalu asam. Penyimpanan di tempat dingin baiknya dilakukan pada suhu dibawah 10 derajat celcius.

Setelah proses pendinginan, yogurt siap untuk dikonsumsi. Tekstur yang lebih kental pada greek yogurt, selain menandakan ia tinggi protein, hal ini juga menyebabkan lebih lama kenyang setelah mengkonsumsinya.

Baca : Manfaat Yogurt Untuk Kecantikan

Greek Yogurt di Indonesia

Kebiasaan konsumsi yogurt di Indonesia masih tergolong rendah. Data Nielsen tahun 2014 menunjukkan masyarakat Indonesia masih lebih akrab mengkonsumsi teh atau kopi sebagai teman cemilan. Posisi yogurt sebagai minuman fungsional masih berada di level ke empat setelah air mineral, teh, dan kopi.

greek yogurt tinggi protein
Minuman fungsional yogurt di Indonesia. sumber : nielsen.com

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh rendahnya pengetahuan tentang manfaat yogurt atau kebiasaan makan yang baik. Selain itu mungkin dikarenakan masih kentalnya budaya minum teh atau kopi di tengah-tengah masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang manfaat greek yogurt berikut ya πŸ™‚

Manfaat Greek Yogurt

Greek yogurt ini memiliki 7 keutamaan yaitu :

1. Kadar protein lebih tinggi

Kondisi kenyang lebih lama disebabkan oleh tingginya kadar protein pada greek yogurt. Kandungan protein yang lebih banyak inilah yang yang menjadi kelebihan greek yogurt.

2. Kadar karbohidrat lebih rendah

Dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah, konsumsi yogurt sangat baik untuk yang sedang diet. Kadar karbohidrat yang lebih rendah, maka kandungan gulanya juga lebih rendah.

3. Kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh

4. Tekstur yogurt yang lebih lembut

5. Rasa yang lebih tajam

6. Potongan buah asli

Potongan buah yang asli terdapat di wadah yang terpisah, sehingga kita bisa mengatur sendiri tingkat kemanisan sesuai yang kita inginkan.

7. Pengganjal lapar yang sehat

Greek yogurt sangat tepat sebagai pengganjal lapar yang sehat. Hal ini disebabkan oleh manfaat dari protein. Di dalam tubuh kita, yang menjadi sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiga zat gizi ini saling melengkapi satu sama lain. Tubuh akan menyediakan energi untuk beraktifitas dengan cara merombaknya. Urutan perombakan zat gizi akan dimulai dari karbohidrat, lemak, dan protein.

Manfaat protein sebagai zat gizi adalah untuk pertumbuhan. Selain itu, protein berfungsi untuk memelihara seluruh proses metabolisme dalam tubuh. Protein akan diubah menjadi tenaga, jika kandungan karbohidrat dan lemak sudah tidak terpenuhi lagi.

Selain 7 keutamaan diatas, greek yogurt ini bisa dimakan kapan saja. Bisa dikonsumsi saat sarapan, makan siang, makan malam, atau jadi pilihan tepat saat lagi butuh camilan sehat.

greek yogurt tinggi protein
Kamu suka varian yang mana?

Varian Greek Yogurt

Ke – 6 varian rasa ini ditempatkan di wadah yang berbeda dengan greek yogurt yang creamy. Kamu bisa menambahkan buah sesuai dengan seleramu.

Harga : sekitar 20.000- an ( saya beli 20.700)

Punya kebiasaan ngemil jadi bukan masalah lagi, karena sudah ada greek yogurt tinggi protein. “Greek yogurt tinggi protein, kenyangnya bernutrisi”, jadi kenyangnya lebih lama.

Salam Sehat