Mudahnya akses informasi saat ini turut mendorong berjamurnya bisnis toko online di media sosial. Media sosial mulai dari Facebook, Whatsapp, Instagram bisa dijadikan lading duit. Tidak sedikit pebisnis online yang meraup untung jutaan hingga ratusan juta dari media sosial tersebut. Nilai profit akan bertambah lagi, jika memanfaatkan website dan aplikasi untuk beberapa toko online. Setiap pebisnis berjuang di time zone-nya masing-masing. Kesuksesannya beda-beda. Dan waktunya juga beda-beda. Khusus bagi kamu pemula dalam dunia bisnis online, 7 skill berikut patut kamu terapkan dalam bisnismu.

Apa saja hal tersebut?, yuk simak 7 keahlian yang wajib kamu pelajari :

skill dalam bisnis online

Komunikasi Interpersonal

Meskipun transaksi yang dilakukan antar penjual dan pembeli tidak dilakukan secara tatap muka, penjual harus memperlakukannya seperti bertemu langsung.

Bahasa yang halus dan sopan, penawaran yang tidak memaksa, dan keahlian dalam membangun relasi jadi skill yang harus terus diasah.

Komunikasi yang baik dengan menggunakan copy writing yang udah teruji akan meningkatkan tingkat closing.  Closing maksudnya adalah calon pembeli berhasil digaet untuk melakukan pembelian. 

Pencatatan Administrasi

Meski sebagai pebisnis pemula, melakukan pencatatan berupa manajemen operasional itu penting banget. Mulai dari pencatatan barang masuk, jumlah barang keluar, dan segala kebutuhan operasional.

Dari hasil pencatatan ini, kita bisa melihat keadaan stok di gudang. Jenis produk mana saja yang cepat diserap pasar, sehingga bisa juga berpengaruh untuk strategi pengembangan bisnis kita.

Pencatatan Keuangan

Hal yang paling penting selain administrasi adalah pencatatan keuangan. Meski sederhana, namun jangan sampai dilupakan. Karena tanpa pencatatan kondisi keuangan bisnis, kita tidak tau apakah keuangan bisnis yang kita jalani profit atau malah buntung.

Oh iya, hal yang penting banget adalah untuk memisahkan uang bisnis dengan uang pribadi atau uang untuk keperluan rumah tangga. Jangan dicampur aduk ya. Hasilnya gak akan karuan. N, ujung-ujungnya kita gak akan bakal ketemu nilai keuntungan perusahaan yang sedang kita rintis J.

Pencatatan keuangan ini mulai dari pencatatan nilai transaksi harian, nilai nominal uang yang masuk ke rekening, nilai profit yang dihasilkan per harian, dan kondisi neraca keuangan.

Kemampuan Fotografi

Di dunia bisnis online, Foto menjadi pengganti diri sang penjual atau pebisnis. Jika foto produkmu bagus, maka imej perusahaan yang terbentuk juga akan bagus. Dan begitu juga sebaliknya.

Seorang pebisnis pemula setidaknya paham tentang teknik foto dasar yang membuat produkmu memukau dan menarik perhatian market. Teknik foto, pencahayaan dan sudut foto, serta peletakan produk diantara pernak Pernik foto perlu dipahami. Jika memang gak mau repot-repot, kini sudah banyak yang menjual jasa berupa jasa foto produk. Pemilihan model untuk produk, baik artis dalam negri ataupun luar negri sudah banyak dan harganya cukup bersaing.

Strategi Bisnis

Selanjutnya adalah tentang penetapan strategi bisnis yang akan kita pilih untuk mengembangkan bisnis kita. Dalam hal ini, saya juga masih perlu banyak belajar.  Di beberapa buku bisnis yang saya pelajari, banyak caranya, namun yang terpenting adalah proses evaluasi setelah penerapannya.

Dalam hal strategi bisnis, pengenalan terhadap target market dari produk kita, adalah hal prinsip yang harus diketahui. Misalnya saja, jika kita menjual produk mainan. Yang jadi target market kita bukanlah sang anak. Namun, ibunda dari sang anak. Kenapa? Karena orang yang memiliki daya beli dan memberi keputusan beli dan transfer adalah sang ibu, bukan sang anak. Pengaruh sang anak pasti ada, namun persentase bundanya akan lebih banyak. 

Dari hal tersebut diatas, kita harus menyusun, strategi yang tepat dalam hal penjualan, bahasa, dan waktu posting yang tepat agar target pasar bisa melihat produk kita.

Strategi Marketing

Marketing zaman now, menurut saya tergolong yang gampang-gampang susah. Gampang, karena akses teknologi yang teramat luas di semua lini. Mulai dari aplikasi whatsapp, facebook, Instagram, hingga berbagai pilihan marketplace.  Namun, juga tricky, karena berlimpahnya jumlah pebisnis online. Kita harus punya value unik yang membuat kita jadi tempat pulang untuk beli dari customer. Misalnya saja dari segi promosi atau mungkin pelayanan.

Dari sisi marketing, tidak hanya pebisnis online yang pemula saja yang punya peer, bahkan sekelas pebisnis kelas atas pun masih terus mencari ide brilliant yang dapat memacu peningkatan nilai keuntungan.

Konsisten dan Persisten

Kenapa ini termasuk skill? Karena menurut saya, ini termasuk salah satu skill dalam dunia bisnis. Pengelolaan emosi itu penting. Dengan segala naik turun nilai profit yang didapatkan dari bisnis online, pengaruh politik, daya beli yang turun naik,  si pemilik bisnis harus tetap mampu menguasai emosi agar tetap stabil secara tindakan dalam memperjuangkan kemajuan bisnisnya.

Jika kamu jenuh, beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain bisa dengan menonton, baca buku, keluar sejenak dari rumah, bercengkrama dengan hewan kesayangan, menyanyi, atau hal apapun yang bisa membuat kamu lebih segar untuk melanjutkan pekerjaan kembali.

Oiya, ada satu hal lagi yang bisa menjagamu agar tetap konsisten dalam berjuang mengembangkan bisnismu, bertemulah dengan pebisnis online lainnya. Bisa dalam bentuk wadah seminar, atau grup whatsapp. Hal tersebut mampu  menjadi media saling menguatkan antara kamu dan teman-teman pebisnis lainnya.

Last but not least, ingat selalu goals awal, mengapa kamu mau bersusah susah dalam memperjuangkan kemajuan bisnis. Kalo bisnismu sepi, teruslah berjualan. Sumber rezeki itu Allah yang ngatur, kita hanya diminta untuk memperjuangkan totalitas kita yang terbaik.

Semangat buat kamuu yang terus berjuang 🙂

Buat teman-teman yang udah duluan di dunia bisnis online, boleh banget kasih masukan ke saya :).

Terimakasih ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Aamiin.

Ini beberapa akun bisnis yang sedang saya kelola di Instagram, silahkan mampir temans 🙂

http://instagram.com/warungmpokofficial
http://instagram.com/warungetnikofficial

http://instagram.com/muslimfashionkids

http://instagram.com/warung.legging.kulot