Film, siapapun sangat akrab dengan kata yang satu ini.  Setelah menonton film banyak hal yang bisa kita dapatkan. Fikiran lebih refresh dan hati menjadi terisi. Apalagi kalo abis nonton bareng teman- teman, bahagia silaturahmi juga didapat.

Banyak jenis film yang ada di hadapan kita. Mulai dari film kolosal, film dokumenter, film telenovela, sampai ke film drama korea, yang umumnya jadi favorit kaum hawa. Kalo ditanya saya lebih suka film yang mana, kayaknya saya akan jawab, kalo saya itu suka semua jenis film. Kalo kamu suka yang mana?

Untuk mengenal lebih dekat, dengan berbagai jenis film, saya tertarik untuk menyampaikan apa saja perbedaan jenis film yang saya sebutkan diatas.

1. Film Kolosal

Sebuah film disebut dengan film kolosal, jika dalam proses pembuatannya melibatkan banyak sekali orang. Dan kebanyakan orang yang berperan dalam film tersebut hanya bertindak sebagai pemain figuran. Film kolosal ini sangat identik dengan tema perang, seperti perjuangan para pahlawan di cerita sejarah. Kalo dulu, salah satu film kolosal yang biasa saya tonton adalah serial Wiro Sableng yang diputar oleh salah satu stasiun TV swasta.

2.Film Dokumenter

Film dokumenter sendiri adalah film yang biasanya dilakukan dengan mendokumentasikan cerita yang pernah terjadi, dan lokasinya dilakukan dengan lokasi yang sebenarnya.

3. Film Telenovela

Jenis yang satu ini, sangat ramai waktu saya kecil dulu. Beberapa film ini cukup menarik perhatian saya, dan merasa sangat wajib untuk nonton, dan sedih banget kalo tetiba parabola di rumah rusak. Jadi gagal deh nontonnya.  Sesuai dengan namanya, telenovela adalah serial novel yang difilm-kan dan ditayangkan secara terus menerus berganti episode setiap harinya. Film ini berasal dari Amerika Latin, sehingga umumnya, yang sampai ke Indonesia adalah versi terjemahannya.  Beberapa film telenovela yang biasa saya tonton adalah mulai dari Maria Mercedes,  Esmeralda, Kassandra, Marimar, sampai ke Beti la fea. Hmm, baru nyadar ternyata dulu banget merajai dunia TV di Indonesia ya hehe

4. Drama Korea

Hayo cung, siapa yang suka atau yang suka nonton jenis film ini.  Jujur, saya awalnya kurang suka nonton drama korea, tapi karena kebawa lingkungan, dan kekurangan tontonan (aishh sedihnya kwkwk) akhirnya saya melirik salah satu judul drama korea. Saya lupa judulnya hehe. Drama korea yang saya tonton saat itu menceritakan tentang perjuangan pasangan kakek dan nenek yang berjuang melanjutkan hidup mereka di hari tua. Anak-anak yang sudah dibesarkan pergi meninggalkan mereka semua, dan tinggallah mereka berjuang ditengah kerentaan. Setelah itu, banyak drama korea dengan berbagai tema yang saya tonton, mulai dari cerita perjuangan  hukum, cerita para dokter, cerita merintis bisnis usaha, cerita kerajaan, dan banyak lagi lainnya. Bisa dibilang, tergolong banyak drama korea yang sudah saya tonton.

Dari berbagai jenis film yang saya tonton, ada beberapa film yang sangat menjejak di hati saya pribadi. Mungkin ada beberapa teman juga yang sudah menonton film-film ini :

1. Pursuit of Happiness

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang Ayah dengan anaknya. Hidup berpindah-pindah dan tak punya rumah, tidak punya pekerjaan tetap, dan bisa dibilang tidak punya uang.

Di dalam film tersebut, aktor utamanya berperan sebagai penjual alat kedokteran yang banyak sekali mengalami penolakan. Dan berakhir dengan bahagia setelah bekerja sebagai pialang saham setelah melewati berbagai macam penderitaan. Buat kamu yang mau suntikan semangat, film ini wajib kamu tonton 🙂

2. Laskar Pelangi

Film ini saya tonton berkali-kali. Mulai dari pake dana sendiri, dapet gratisan, dapet traktiran, dan juga nonton ulang lagi. Saat itu, hadirnya film ini pas banget dengan momen saya yang berjuang mencoba meraih beasiswa. Jadi, saat saya merasa down karena belum lulus.

Saya nonton lagi film ini untuk mendapat suntikan semangat. Film tentang perjuangan dalam meraih pendidikan ini diperankan oleh 10 anak kecil yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan terbaik di tengah keterbatasan.

“Jika Kamu Tak Punya Mimpi Lalu Apa Yang Kamu Kejar”- Laskar Pelangi

3. Habibie dan Ainun

Film ini menjadi favorit, karena didorong faktor saya yang suka n nge-fans berat dengan eyang BJ. Habibie. Menonton film tersebut memberi pandangan baru kepada saya tentang betapa seorang eyang pun bersusah-susah di negeri orang dalam menempuh pendidikan. Awalnya saya kira, eyang tidak mengalami penderitaan sama sekali saat belajar belajar di luar negri.

4. Sky Castle

sumber : siruphidup.com

Sky Castle ini adalah salah satu drama Korea yang saya tonton beberapa bulan yang lalu.  Drama ini bercerita tentang perjuangan orang tua dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Diperankan oleh 4 keluarga inti yang masing-masing punya latar belakang sama, keluarga yang berprofesi sebagai dokter selama dua generasi.

 Nah, di film ini bercerita tentang perjuangan masing-masing orang tua agar anak-anak di generasi ketiga juga bisa menjadi dokter. Dengan impian tersebut, orang tua mencarikan guru terbaik untuk anak-anaknya, namun disinilah drama menyedihkan ini dimulai. Buat para orang tua, drama Korea ini banyak memberikan pelajaran, khususnya untuk tidak memaksakan keinginan atau cita-cita pribadi untuk jadi impian anak.

5. Oshin

sumber : catatanshanti.com

Setelah dibombardir iklan di TV, Oshin diputar kembali, Saya semangat untuk kembali menonton.  Film ini pernah jaya waktu saya SD atau lebih kecil , saya juga kurang inget. Yang saya inget, saya suka banget nontonnya. Karena gak pernah match sama jadwal tayang Oshin di TV, saya niat banget nyari film Oshin yang bisa ditonton streaming. Alhamdulillah, ketemu n masih sedang menikmati episode 273 saat ini.

 Oshin sudah bekerja sejak umur 7 tahun. Dan ia bekerja jauh dari keluarganya. Bekerja menjadi IRT, ia lakoni. Berbagai macam pekerjaan telah dilaluinya. Mulai dari menjadi penata rambut, penjual makanan di kaki lima, penjual baju, penjual ikan keliling, hingga sukses menjadi pemilik toko minimarket  yang punya banyak cabang. Saya terkesima dengan pribadinya dan caranya memandang masalah. Kamu juga wajib tonton film ini lho 🙂

 Sekian sharing saya tentang film favorit saya, kamu punya film favorit apa aja? Share dong di kolom komentar 🙂