Kalo kamu ditanya kapan terakhir ke toko buku? Kamu akan jawab apa?  Baru weekend kemaren. Sebulan yang lalu. Tiga bulan yang lalu. Atau malah udah lama banget gak ke toko buku.

Kalo masih anak sekolah atau yang sudah jadi orang tua, mungkin masih sering mampir ke toko buku. Kemungkinan besar karena perlu beli buku-buku sekolah. Kalo kamu yang udah gak akrab sama sekolah, masih sering mampir ke toko buku?

Kalo saya sendiri, waktu terakhir datang ke toko buku sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu. Saya berkunjung ke toko buku karena memang ingin berlama-lama di toko buku. Lagi pengen meninggalkan laptop sejenak. Bermalas-malasan di toko buku, meraup ilmu sedikit- sedikit dari berbagai macam genre buku.

Apa Aja Yang Bisa Kamu Lakuin Di Toko Buku?

Bagi saya pribadi, toko buku punya 5 fungsi :

1. Sesuai fungsi utamanya, toko buku tentu saja bisa beli buku disana

2. Sebagai tempat janjian

Saya dan sobat karib, sering banget janjian untuk ketemuan di toko buku. Setelah berlama-lama di toko buku, akhirnya perut kelaparan. Jadilah kita terus berlanjut untuk menuhin isi perut. Kalo waktu masih panjang, dilanjutkan dengan window shopping ke department store. Aihh dasar cewek yah. Lanjut belanja atau sekedar jalan-jalan aja udah seneng kok. Hehe

3. Sebagai tempat silaturahmi

Nah, fungsi yang ketiga ini jadi tempat ngumpul bareng temen lama. Biasanya ini sama sobat karib yang juga punya hobi yang sama. Kita biasanya ketemuan di toko buku. Mengelilingi toko buku sambil bercerita tentang kesibukan atau cerita hidup lately.  Waktu yang dihabiskan bisa saja berjam-jam. Kegiatan ngobrol akan berujung dengan belanja buku.

4. Sebagai tempat nongkrong

Kalo ini, sering banget saya lakukan saat waktu mahasiswa dulu. Mungkin kalo sekarang, juga masih banyak dilakukan oleh anak-anak SMA yang suka ‘ngampar’ n ‘mojok’ sambal ngabisin buku dalam sekali duduk. Kalo udah niat banget mau nongkrong, saya biasanya isi perut dulu sampai  kenyang. Dan siap menghabiskan waktu, sambal mencatat poin-poin penting yang ada di buku.  Kamu pernah lakuin begini gak sih?

5. Poin yang penting, adalah melihat buku yang lagi best seller

Maksud dari poin yang kelima ini, adalah untuk mengetahui trend apa yang sedang diterima pasar. Buku best seller, biasanya juga berpengaruh pada movie yang akan berkembang di bioskop.  Buat kamu yang mau jadi penulis n best sellerclue ini bisa banget untuk jadi acuan kamu.

Baca Buku  lewat Aplikasi Perpustakan Nasional

Waktu dulu, biasanya saya akan berkunjung ke toko buku, sekali dalam dua minggu, atau at least setidaknya setiap bulan, akan selalu ada jadwal wajib banget untuk berkunjung ke toko buku. Namun saat ini, saya sedang menikmati membaca buku online saja. Membaca buku lewat aplikasi IPusnas, perpustakaan nasional versi elektronik.

Aplikasi ini saya tau, setelah membaca blog salah satu teman blogger. Dan saya penasaran, akhirnya install di handphone sendiri. Sampai hari ini, saya ketagihan untuk baca buku melalui aplikasi tersebut.

Di dalam aplikasi IPusnas, terdapat berbagai macam genre buku. Mulai dari novel, buku psikologi, pengembangan diri, sampai buku bisnis yang sering saya samperin. Buku-bukunya bagus-bagus. Tinggal masukin keyword buku yang diinginkan di kolom search. Dan, tadaaa.. berbagai macam judul akan dihadirkan sesuai request-mu. Setelah menetapkan pilihan, tinggal donlot deh bukunya. 🙂

Oiya, kamu dikasih jatah waktu selama 3 hari untuk menyelesaikan buku yang kamu pinjam. Setelah itu, akan akan hilang secara otomatis dari rak bukumu. Kamu tetap masih bisa donlot buku yang sama, jika masih belum selesai membacanya. Kalo kamu lupa judulnya, cek aja di history-mu. Bagi saya, aplikasi perpustakaan nasional ini ngebantu banget biar saya tetap updet ilmu.

Walaupun udah ada aplikasi IPusnas, peran toko buku sebagai tempat nongkrong n janjian selalu ngangenin. Gak tergantikan. Sensasi baca sambal silaturahmi juga banyak bahagia yang didapat. So, tetap berkunjung ke toko buku ya 🙂

Makanan adalah isi perut, dan buku bacaan adalah isi otak kita.

Happy Reading always , Cheers 🙂