Setelah mengikuti kehebohan saya bangun jam setengah pagi di postingan sebelumnya di sini. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Sofyan Hilmi, Kepala Seksi Penyuluhan Informasi mengenai pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe madya Pabean Soekarno Hatta.

Penyampaian materi oleh Bapak Sofyan Hilmi

Penyampaian materi oleh Bapak Sofyan Hilmi

 

Kantor Bea Cukai Soetta merupakan kantor bea cukai terbesar di seluruh Indonesia. Kantor pengawasan dan pelayanan bea cukai merupakan garda terdepan dalam menangkal masuknya barang-barang ilegal melalui bandara Soetta, baik yang dibawa langsung oleh penumpang maupun melalui barang kargo. Selain itu kantor bea cukai Soetta menunjang kegiatan ekspor impor dan juga lintas barang kiriman melalui jasa titipan, pos tukar udara maupun barang pindahan.  Oiya, bea cukai tidak ada sangkut pautnya dengan proses penolakan barang-barang yang tidak halal, karena seluruh barang yang masuk ke bea cukai bisa saja produk yang halal atau haram. Wiihhh, banyak banget dah, kebayang gimana hectic-nya kalo kerja disini.

Pemasukan barang dari luar negri melalui bandara Soetta bisa melalui 4 jalur :

1. Melalui kargo bandara
Beberapa ketentuan melalui jalur ini harus melengkapi angka pengenal importir yang diperoleh dari Kementrian Perdagangan, Nomor Identitas Kepabeanan dari Ditjen Bea Cukai, self assesmen, dan ketentuan teknis lainnya yang berlaku (misalnya makanan harus mendapat izin dari BPPOM, senjata mendapat izin dari Polri, dan tumbuhan atau hewan harus mendapat izin dari karantina). Pengiriman produk seperti daging sapi, harus mengantongi  setidaknya 3 surat izin, yaitu  surat  izin dokumen dari Kementrian Perdagangan, surat izin lulus kuota pengiriman barang impor sesuai undang-undang, dan surat izin Kementrian Pertanian yang khusus menangani karantina hewan.

2. Melalui perusahaan jasa titipan
Melalui jalur ini paket barang harus dilengkapi official assesmen,  ketentuan teknis, berat kiriman maksimal 100 kg, dan berlaku pembebasan pungutan impor dengan limitasi jumlah barang (misalnya  pakaian maksimal 10 pieces, elektronika masksimal 2 unit dan lain-lainnya)

3. Melalui kantor pos
Melalui jalur pos udara ini akan dibahas khusus untuk paket barang EMS (Express Mail Service), informasi lebih lanjut dapat dibaca di postingan ini ya sobat :).

4. Melalui barang bawaan penumpang
Untuk penumpang yang membawa banyak barang dari luar negri harus memenuhi batasan bawaan barang dari bea cukai terutama untuk barang dagangan. Penumpang yang membawa barang tidak dikenakan pungutan impor dengan nilai barang paling banyak FOB 250USD per orang atau FOB 1000 USD per keluarga per kedatangan.

Bandara Soetta merupakan bandara tersibuk ke-9 di seluruh dunia, 178 penerbangan hilir mudik berganti sepanjang hari belum dihitung jumlah kargo, dokumen impor, ekspor, barang perusahaan jasa titipan, atau kantor pos dan lainnya. Sibuk banget kan, kegiatan disana.

Seluruh dokumen yang diperlukan untuk melengkapi surat masuk barang harus dilengkapi terlebih dahulu untuk bisa lewat pintu masuk bea cukai. Seluruh surat izin dokumen tersebut diatur oleh undang-undang pemerintah. Pihak bea cukai hanya hanya menjalankan peraturan dari seluruh peraturan perundang-undangan di Indonesia. Pemenuhan surat izin dokumen tersebut adalah untuk melindungi masyarakat Indonesia sebagai pihak konsumen. Jangan sampai produk luar negri masuk dan berakibat membahayakan masyarakat sendiri. Disinilah bea cukai memainkan perannya sebagai ‘polisi paket barang’.

Saat ini, kantor bea cukai sudah melakukan inovasi dalam hal pelayanan dan pengawasannya, mulai dari sertifikasi ISO jenis layanan, aplikasi online untuk barang kiriman dan barang pindahan, tersedianya customs longue di terminal 2E, tersedianya leaflet mandiri, memiliki ruang kendali, dan penerapan ID card pengguna jasa. Makin lengkap dan makin lebih baik.

Untuk lebih dekat dengan bea cukai, sahabat bisa kontak melalui twitter di @bcsoetta, facebook : Bea Cukai Soekarno Hatta dan email di alamat pli_sh@yahoo.co.id

Semoga bermanfaat ya informasinya temans, pantengin tour blogger jelajahi bea cukai selanjutnya di sini :).