Bagaimana menghasilkan uang dari blog? Emang bisa? Caranya gimana? 

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman ngajar saya. Saya mencoba menjawab pertanyaan-demi pertanyaan sesuai dengan apa yang saya pahami. Pas mentok, masuk ke rumah Mbah Google aja. Ketik keyword, en.. seabrek laman website minta dibuka. Yang banyak dibuka pasti halaman satu. Pilih salah satu laman yang kira-kira make sense isinya. Bukan laman yang isinya abal-abal.  Baca sebentar.. trus lanjut sharing lagi.

Saya juga tunjukin, blognya blogger-blogger kece yang sudah meraup banyak duit lewat ngeblog. Jadi temen-temen punya gambaran real,bukan boongan,  hasil yang didapatkan dari dunia blogging. Berawal dari sharing setiap minggunya, alhasil ada beberapa yang akhirnya ikut terjun belajar menulis di blog, dan sudah tergabung di beberapa komunitas blogger. Yang bikin senengnya lagi, temen saya tadi udah pernah menang lomba giveaway lhoo. Waahh, senengnya saya bukan main. Alhamdulillaahhhh klo sharing selama ini bermanfaat 🙂

Kalo saya ngomongin cara menghasilkan uang dari blog, rasanya masih cetek ilmunya. Banyak blogger senior yang sudah beternak blog dan sukses dengan blognya. Lah saya, blog baru aja dua, gak kepegang sama sekali. Excuse diri masih lebih dominan selalu jadi masalah utama. Hmm, still keeping my best for blogging, tentunya sukses versi saya :).

Alhamdulillah, selama ini, saya udah dapet banyak berkahnya dari nge-blog. Uang, hadiah macem-macem,  jalan-jalan gratisan, en sampai jalan-jalan ke luar negri. Beneraan…, amazing banget, Alloh melimpahkan berkahNya.  Yang blessing banget, bisa menyalurkan hobi nulis n ketemu sama temen-temen yang punya hobi sama n udah kayak keluarga sendiri. Selama ini, saya mendapatkan manfaat dari nge-blog karena ikutan lomba, giveaway, review produk atau jasa,  atau lewat rekomendasi teman yang ujung-ujungnya isi rekening bertambah. Sesuatu banget deh.. Saya gak nyangka banget, kalo menulis ini bisa dijadikan jalan rezeki. Taunya cuma jadi penulis buku, itu aja. Setelah nge-blog, alhamdulillah dunia saya menjadi lebih terbuka :D. (oohh, jadi selama ini ketutup sama awan hitam ya?) 😀

Naahh, buat teman-teman yang juga mau berikhtiar menjemput rezeki lewat blog, tentunya harus punya blog dulu ya. Kalo gak punya, gak ada cara untuk menjemputnya. Gimana bisa ngetuk pintu rezekiNya, kalo rumahnya belom ada. So, bangun rumahnya dulu ya.. alias harus punya blog dulu.

Trus, caranya gimana biar punya blog? 

Caranya satu, buat email dulu, klo belom punya. Abis tuh, daftar deh. Mau gratisan boleh.. Misalnya bisa di wordpress, blogspot, kompasiana, blog detik. Boleh dimana aja. Kalo mau yang berbayar.. boleh bangeettt, hihi. Baiknya kalo memang mau serius, punya Top Level Domain (TLD) itu wajib banget. Mau .com, .net, .web.id, boleh.. itu mah terserah teman-teman saja. Kenapa harus TLD? Karena brand-brand sekarang ini, trendnya, kurang suka sama blog yang gratisan. Kalo yang berbayar, berarti kan si bloggernya juga serius nge-blognya. Itu kesan yang ditangkap brand.

Naahh, untuk punya blog yang TLD, kamu harus hostingnya dulu. Ibaratnya gini.. kalo blog itu adalah rumah, hosting itu adalah tanahnya. Kan gak mungkin diri-in rumah tapi gak punya tanah. Masalah selanjutnya adalah, tanah yang di lokasi mana kita akan dirikan rumah. Kalo dalam dunia blog, apakah hosting atau  si pemilik tanah, dapat dipercaya, dapat diandalkan dan merupakan lingkungan yang nyaman untuk nge-blog. Oiya, ada yang penting lagi, harganya harus terjangkau dan bisa nyaman ditanya-tanya kalo kita ada keperluan.

Salah satu tempat hosting yang saya kenal adalah Dewaweb. Dewaweb  memberikan pelayanan cloud hosting baik untuk personal, small business, dan perusahaan. Dan untuk organisasi non profit, bisa menggunakan free cloud hosting dari dewaweb. Cloud hosting ini punya banyak kelebihan, misalnya : website atau blog kita punya kecepatan yang maksimum, sangat mudah me-restore data, kemanan data diri pemilik website sangat terjaga, serta layanan 24/7 dari dewaweb sendiri. Kalo kamu lagi nge-blog dan ada masalah jaringan, silahkan langsung ke websitenya, ninja supportnya online terus kok :).  Mau bergabung? 🙂

dewa1

Beberapa pelanggan dari Dewaweb

Kalo udah punya blog dan hostingnya, saatnya melanjutkan mimpi untuk meraup pundi-pundi lewat ngeblog. Selain cara yang tadi disebutkan di atas, salah satu cara untuk menghasilkan duit dari blog adalah dengan cara Affiliate Marketing. Makhluk apa ini?

Saya juga baru kenalan dengan affiliate marketing. Jadi belom akrab-akrab banget sodara hihi. Tapi, setelah dapat pencerahan kemarin, cara ini worthy untuk dicoba. Skemanya bisa dilihat dibawah ini ya 🙂

affiliate

 

Alurnya kira-kira begin; Di dalam blog post,  kita taruh brand luar yang bisa ‘nyempil’ di dalam produk yang dijual, link di blog post, di sidebar banner. Ketika ada yang mengklik dan langsung mengeksekusi hingga pembayaran produk, maka kita mendapatkan fee karena sudah membantu penjualan dari brand tersebut. Jadi, semacam komisi yang kita peroleh karena menjual produk orang lain, namun ini hanya lewat klik saja. Gimana, mudah kan?

Tentunya ada banyak faktor yang membuat kita mendapatkan komisi lebih banyak. Apa saja? Komitmen kita untuk mengiklankan produk, pengalaman dalam memasarkan postingan dan tentunya traffic blog kita. Jika semuanya maksimal dilakukan, maka secara otomatis pundi-pundi komisi yang kita dapatkan juga semakin meningkat.

Kalo kamu mau serius ngasilin duit dari affiliate marketing, ada Involve Asia yang udah jadi affiliate network. Dari Involve Asia ini kita bisa dapat banyak promo mingguan dan bulanan, dashboard serta report yang transparan, cookies yang bisa bertahan hingga 30 hari, dan komisi yang di dapat bisa sampai 15 % lho.

Buat akun dulu di involve asia

Buat akun dulu di involve asia

Caranya tinggal buat akun di Involve Asia, pilih merchant yang ingin kamu promosikan, tambahkan link code, banner, dan data feed di website teman-teman, n then tinggal tunggu komisi datang menghampiri. Tentunya tergantung keaktifan kita promosi postingan atau website kita. Komisi yang diperoleh bisa diambil setiap bulannya dengan minimum pendapatan USD 20. Kalo gak nyampe minimum, akan dilanjutkan ke bulan berikutnya. Uangnya gak keman-mana kok 🙂 . Ada beberapa video yang bisa bantu teman-teman belajar affiliate marketing, cek di sini ya.

Ini salah satu contoh affiliate marketing di blog

Ini salah satu contoh affiliate marketing di blog

Selain dari affiliate marketing, cara lain untuk menghasilkan uang dari blog adalah berkolaborasi dengan facebook. Istilahnya adalah facebook ads. Kita tau kalo facebook itu milik dari jutaan umat manusia. Dan setiap orang akan merasa kurang lengkap kalo gak punya akun facebook. Terlebih lagi ada beberapa orang yang punya beberapa akun facebook, tidak hanya satu. Menjadikan facebook sebagai salah satu ‘lokasi’ promosi bisa memberikan efek traffik yang lebih baik untuk blog post kita.

Misalnya saja, postingan saya ini, tentang cara menghasilkan uan dari nge-blog, adalah salah satu topik yang banyak ingin diketahui orang lain. Jika postingan ini saya share, maka ia akan berlomba untuk berada di halaman satu google dengan postingan lain yang memiliki topik yang sama. Tuuh, ada hampir satu juta postingan tentang topik yang menggiurkan ini. Untuk bisa berada di halaman satu, kita btuh berbagai macam effort. salah satunya dengan menggunakan FB ads.

hasil pencarian cara menghasilkan uang dari blog

hasil pencarian cara menghasilkan uang dari blog

Facebook ads menjadi salah satu solusi untuk menjual postingan dengan cara yang lebih cerdas. Dengan Fb ads maka postingan akan menyebar lebih luas, karena dibantu promosi oleh facebook sendiri. Di salah satu event blogger perempuan, saya berkesempatan mempelajari ketiga hal ini. Guest starnya adalah Iqbal Maulana, anak muda yang sangat aktif di dunia facebook ads. sekaligus merupakan CEO perusahaannya yang memfokuskan diri aktivasi iklan di facebook, creative web development, dan juga digital community development. Hmm, ini sebuah cita-cita baru di zaman ini,  yang menjanjikan kehidupan  yang insy lebih baik. Ada yang tertarik fokus di bidang ini?

Melalui Fb ads kita bisa mendesain target konsumen sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Jadi, postingan kita bisa tepat sasaran. Melalui hal-hal yang jadi hobi atau ketertarikan si target konsumen. Kok bisa? Karena facebook menyimpan data ‘kebiasaan’ kita selama ini. Belanja dimana, suka belanja apa, jenis handphone apa yang kita gunakan, friend nya banyakan perempuan atau laki-laki, umur berapa, biasanya browsing info apa saja. Hmm, ngeri-ngeri sedep yak :). Nah, data inilah yang dimanfaatkan untuk membawa target konsumen kita untuk ‘ketemu’ dengan blog post yang kita sudah share. Tentunya buat blogpost yang kece yak, biar orang-orang mau nge-klik. Hampir sama dengan affiliate marketing yang sebelumnya, namun yang ini khusus diiklankan di facebook.

alur promosi di facebook ads

alur promosi di facebook ads

Buat temen-temen yang punya toko online atau jualan apapun di facebook, dan mau pendapatannya meningkat. Penggunaan facebook ads ini bisa  banget untuk dicoba.  Silahkan rasakan beda sebelum dan sesudah mengaplikasikan facebook ads 🙂

Cara untuk bisa iklan postingan di facebook ads:

Step 1: Create  Fans Page di Facebook, Facebook akan mempromosikan postingan melalui Fans Page yang kita miliki.

Step 1

Step 1

Step 2.  Buka halaman  https://www.facebook.com/ads/manager

Step 1

Step 2

 

Step 3:  Klik Send people to your website

Step 3

step 3

Step 4 : Akan muncul window seperti ini dibawahnya, klik create ad account

ads6

Step 5 : Pilih account country, currency dan time zone

Step 5

Step 5

Step 6: Ini tahapan yang paling seru, kita bisa bebas mendesain target konsumen dari postingan kita. Create target konsumen kita bisa ditentukan  berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, interest, dan behaviour. Selain itu, kita juga bisa menentukan target konsumen yang tidak perlu sebagai pembaca postingan kita di kolom exclude people.

Step

Step 6

 

Step 7: Setelah menentukan target konsumen, nilai budget yang akan kita keluarkan untuk mempromosikan postingan ada di kolom budget dan schedule.

ads9

Step 7

Pada gambar diatas terlihat nilai Rp.200.000 ribu yang harus kita keluarkan dalam sehari untuk biaya promosi postingan. Nilai ini akan bisa berbeda, jika memilih target konsumen yang berbeda.  Jadi, silahkan lakuin split test untuk kategori yang diinginkan. Pembayarannya bisa dilakukan dengan debit dan kredit. Semakin besar dana yang kita invest, maka promosi dari facebook juga semakin gencar.

Step 8: Pilih Media atau blog post yang ingin di promosikan, lalu klik place order

Step

Step 8

Step 9 : Lalu klik pembayaran yang akan dipilih, apakah dengan kredit, debit, atau transfer lewat ATM .

Step

Step 9

Setelah itu tinggal tunggu sejauh mana facebook mempromosikan postingan teman-teman. Salah satu contohnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Kita bisa melihat di dashboardnya sudah berapa kali  postingan diklik atau dilihat dan sudah berapa rupiah yang sudah dihabiskan dalam promo postingan.

Penampakan dashboard facebook ads

Penampakan dashboard facebook ads

Semakin rendah nilai klik maka akan semakin sukses promosi yang kita lakukan. Dari data diatas terlihat bahwa ada 93.496 klik untuk postingan tersebut, sehingga butuh biaya promosi sebesar satu juta lima ratusan. Dengan harga perklik hanya Rp. 16. Prinsip the more you spend, the more you get berlaku disini.

Gimana temans, sudah siap untuk mencoba dua hal diatas? 🙂

Terimakasih Blogger Perempuan

Terimakasih Blogger Perempuan , courtessy : Blogger Perempuan