Harap-harap cemas,

itulah yang saya rasakan saat mendokumentasikan setiap nota ke dalam aplikasi Pencatatan Keuangan di handphone. Kebiasaan pencatatan ini, mau gak mau, harus saya sukai setelah menikah. Kenapa? Karna selain baik untuk pengaturan arus kas keuangan keluarga, pencatatan ini penting untuk pengambilan keputusan pengeluaran belanja selanjutnya.

Kalo dulu, saya tipe orang yang tergolong boros. Gaji bulanan banyak dihabiskan untuk hang out, beli buku, ikut event ini itu, selain tentunya untuk kebutuhan hidup. Berbeda setelah menikah, suami saya tipe yang sangat detail. Semua diperhitungkan dengan baik. Complete me banget, alhamdulillah.

Kebiasaan baik inilah yang menyadarkan saya, kebutuhan hidup berumahtangga itu membuat hidup lebih menantang. Jenis kebutuhannya kurang lebih sama, tapi ini porsinya jadi berdua.  Agar punya tubuh sehat, ini kebutuhan versi saya.

  • Makanandan minuman sehat

  • Pakaianlayak dan bersih

  • Rumah
    yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang bersih dan sehat

  • Lingkunganyang bersih

  • Olahragasetiap minggu

  • Pijatsebulan sekali

  • Personal care seperti kosmetikperalatan mandi, skin care dll.

  • Obat-obatanatau suplemen kesehatan

  • Pasangandan keluarga yang membahagiakan

  • Nongkisewajarnya J

  • Berbagi kebahagiaan dengan yang lain

Itu kebutuhan ala saya agar punya tubuh sehat. Pikiran yang positif dan bahagia menjadi penunjang tubuh sehat bagi saya pribadi. Karena saya sangat percaya, hampir 99 % penyakit itu timbulnya dari pikiran negatif. Pikiran positif gak perlu biaya untuk mendapatkannya, cukup dengan bersyukur lebih banyak dan selalu berprasangka baik pada ketentuan Allah. Berbeda dengan pikiran positif, kebutuhan yang lainnya perlu mengeluarkan biaya agar bisa memperoleh manfaatnya.

Misalnya saja, untuk memenuhi kebutuhan personal care. Kebutuhan wanita dan pria tidak sedikit, sama-sama beragam. Tisu, sabun wajah,sabun cair, deodorant, parfum, conditioner, sikat gigi, pasta gigi, lip care, hand body lotion, foot care,obat-obatan dan suplemen kesehatan serta  masih banyak lainnya menjadi kebutuhan kita yang WAJIB dipenuhi setiap bulannya.

Beberapa jenis personal care

Sekedar contoh saja, kebutuhan untuk memenuhi personal care setiap bulannya untuk dua orang seperti saya dan suami, saya hitung-hitung menghabiskan hampir 2 jutaan untuk setiap bulannya.

Berasa banget kalo udah diitung-itung. Tapi, gak mungkin juga kan ya, kalo gak punya pasta gigi di rumah. Gimana mau ketemu sama orang diluar sana, kalo bau nafas atau badan kita bau.  Naudzubillah ya..

Makanya gak heran kalo emak-emak itu suka berburu diskon. Banyak jenis pengeluaran yang harus dialokasikan dengan bijak dan cermat. Berburu diskon atau jadi member menjadi salah satu solusinya. Kebutuhan agar keluarga sehat tetap harus diperjuangkan.

Solusi Tetap Cantik dan Sehat dengan Biaya Hemat

Pengen tau perjuangan agar bisa tetap cantik dan sehat dengan biaya hemat. Ikut keanggotaan dari toko yang terpercaya. Ingat ya, tokonya harus yang terpercaya. Kenapa? Karena kesehatan Anda dan keluarga yang menjadi taruhannya.

Toko yang terpercaya bisa diketahui dari kredibilitas dan integritasnya selama bertahun-tahun. Seperti WATSONS yang sudah berdiri sejak  tahun 1841. Usia yang hampir 2 abad serta kualitas produk yang dijaga secara profesional membuat saya percaya untuk berbelanja di toko ini.

Bermula dari sebuah toko obat berlokasi di Hongkong, kini sudah ekspansi bisnis hingga ke 12 negara di Asia dan eropa. Saat ini gerainya sudah menyebar sebanyak 14.400 toko. Tak heran toko retail ini menjadi toko retail kecantikan dan kesehatan terbesar di dunia.

WATSON
Peta Gerai Watson yang Tersebar di Seluruh Asia dan Eropa

Setiap produk yang dikeluarkan telah melewati beberapa pengujian. Tes yang dilakukan sudah memenuhi standar nasional maupun Eropa. Berikut ikrar janji dari WATSONS.

Ikrar Penjagaan Mutu Produk

WATSONS memenuhi kebutuhan produk kecantikan dan kesehatan secara online (web store  atau aplikasi)  dan offline (gerai). WATSONS menyuplai produk-produk kosmetik, skin care, health care, personal care, hair care dari brand-brand ternama. Semua jenis kebutuhan untuk kesehatan dan kecantikan bisa dipenuhi di gerai WATSONS.

Contoh Pengeluaran Biaya Kecantikan Para Ibu Masa Kini . Sumber. momsdaily.com
Perbandingan Perbedaan Kebutuhan Biaya Kecantikan Tiap Generasi. menunjukkan betapa untuk tampil cantik dan sehat butuh biaya.

Pengalaman Berbelanja di WATSONS

Gerai toko yang identik dengan warna biru tosca ini udah jadi pilihan dari dulu. Sejak diberi saran dari temen kerja. Awalnya sih, saya agak segan masuk ke toko yang khusus kecantikan atau kesehatan. Kenapa? Karena saya merasa ada image tersendiri setiap memasuki toko khusus seperti ini. Kesan harga produk yang mahal seperti sudah melekat di toko yang tampak eyecatchy.  Namun, setelah melakukan beberapa kali transaksi belanja, saya merasakan perbedaan harga produk yang saya suka pakai.

Kali ini, saya mau sharing pengalaman saat berbelanja menggunakan member card WATSONS. Setelah baru (banget)  mendaftar jadi member WATSONS, saya baru sadar sudah melewatkan banyak kesempatan baik pada saat belanja dulu. Gak usah melihat ke belakang, kita move on aja ya 🙂

Ceritanya, saya abis maen ke rumah temen. Cuaca yang panas mengajak saya mencari suasana yang menyegarkan. Tanpa sadar, saya meraih lotion berwarna soft ungu  milik sahabat saya. Wangi segar langsung menyebar di ruangan. Buat saya, wanginya sangat menentramkan. Lotion tersebut bahan utamanya milk yogurt dengan blackcurrant extract. Kebayang wanginya ya temen2? 🙂

Milk yogurt itu sepanjang yang saya tahu, banyak banget manfaatnya  untuk kesehatan kulit. Dengan tambahan blackcurrant extract otomatis manfaat dari lotion tersebut jadi bertambah. Berikut 5 manfaat dari milk yogurt untuk kesehatan kulit :

  1. Mencerahkan kulit
  2. Melembabkan kulit
  3. Baik manfaatnya untuk anti-aging
  4. Mengecilkan pori-pori
  5. Membuang kulit mati

Selain manfaatnya, saya tergiur karena harganya yang relatif gak mahal. Naah, setelah pulang dari rumah temen tadi, saya udah niat banget harus punya lotion yang sama. Hehehe.. dasar perempuan ya. Suka laper mata. Atau saya aja kali ya, hehe.

Saya mengunjungi gerai WATSONS yang di Citraland Mall.  Tepatnya terletak di lantai 1. Toko WATSONS yang memang eyecatchy ini, gampang banget lho ditemui.

Tampak luar
Cosmetics Part
w20
Kasir yang memberikan Informasi dgn sgt lengkap
Beberapa voucher yang didapat
Terimakasih telah berbelanja :)
w24

FYI, member card-nya WATSONS ini ada dua jenis lho. Ada WATSONS Flazz Card, dan yang satu lagi member card biasa.

Bedanya, WATSONS Flazz Card ini punya banyak keuntungan.  WATSONS Flazz Card ini bisa digunakan untuk bayar e-toll,dan  commuter line, untuk keperluan sehari-hari ataupun bayar parkir. WATSONS Flazz BCA ini baru diluncurkan pada Oktober 2018 tahun ini.  Punya WATSONS Flazz Card punya 8 keuntungan.

Keuntungan setelah menjadi member langsung dapat dirasakan sesaat setelah mengaktifkan membercard-nya. WATSONS card ini berlaku seumur hidup lho. Poin yang dikreditkan hasil dari transaksi punya masa berlaku selama 2 tahun. WATSONS card ini bisa dipakai untuk transaksi online maupun offline. Saat saya mendaftar ada bonus voucher belanja Berrybenka juga didalamnya.

Ini dia 8 keuntungan yang saya dapatkan setelah daftar WATSONS Flazz Card,

  1. Mendapatkan Welcome voucher dengan total 500.000 rupiah dari 20 brand ternama
  2. Mendapatkan basic point , 1 point setiap pembelanjaan sebesar 20.000 rupiah dan berlaku kelipatan. Bisa menggunakan point saat transaksi
  3. Mendapatkan harga spesial. Member WATSONS juga dapat poin rewards yang jika diakumulasikan dapat mengurangi nilai transaksi.
  4. Mendapatkan voucher belanja saat hari ulang tahun (Waahh, boleh nih ultah saya tinggal sebulan lagi, hehe)
  5. Mendapatkan special point. Keuntungan ini member dapatkan dari exclusive brand yang launching atau pun promo khusus, seperti ekstra 2X Poin, 5X Poin, dan seterusnya.
  6. Mendapatkan extra point
  7. Mendapatkan 2 x point untuk produk WATSONS
  8. Mendapatkan 2 x point untuk produk WATSONS

Kemaren itu, saya udah niat banget kan nyari lotion milk yogurt seperti punya sahabat saya itu. Alhamdulillah, saya ketemu disana. Emang dasar perempuan, sukanya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Saat berjalan menuju kasir, saya kepincut sama sabun cair cocoa.

Setelah saya coba, wangi coklatnya menyebar di kamar mandi. Saya suka wangi cocoa-nya yang menghadirkan suasana rileks saat mandi. Serasa seluruh capek terbawa jauh oleh air yang mengalir. Jadilah saya beli dua produk saat berbelanja kemaren.

Ini perhitungan hemat ala Saya :


  • Untuk pemakaian lotion milk yoghurt

  • 1 pcs lotion Milk Yogurt dengan volume 530 ml seharga Rp. 59.900 (dari price label seharga 64.500)
  • Kalo saya beli merk lain (sebut saja A) dengan volume yang sama dan kandungan yang sama, saya harus mengeluarkan biaya sebesar : Rp. 73.500 – Rp. 82.000
  • 1 pcs milk lotion yogurt 530 ml biasanya saya habiskan selama 26 hari (Estimasi pemakaian sebesar 20 ml dlm 1 hari). Jadi, biaya yang harus saya keluarkan untuk pemakaiannya setiap hari sebesar 2300 rupiah.
  • Sedangkan kalo saya beli merk A, biaya yang harus saya keluarkan sebesar 2820 rupiah.
  • Saya lebih hemat sebesar 73.500-59.900 = 13.600 rupiah untuk pembelian lotion.

  • Untuk pemakaian sabun mandi cair Cocoa

  • 1 pcs sabun cair Cocoa dengan volume 750 ml seharga 59.900
  • Kalo saya beli merk lain (sebut saja B) dengan volume yang sama dan kandungan yang sama, saya harus mengeluarkan biaya sebesar : Rp. 75.000- Rp. 132.000
  • 1 pcs sabun mandi cair cocoa 750 ml biasanya saya habiskan selama 25 hari (Estimasi pemakaian sebesar 30 ml dlm 1 hari). Jadi, biaya yang harus saya keluarkan untuk pemakaiannya setiap hari sebesar 2400 rupiah.
  • Sedangkan kalo saya beli merk B, biaya yang harus saya keluarkan sebesar 3000 – 5300 rupiah.
  • Potensi hemat sebesar 15.100 – 72.100 rupiah untuk pembelian sabun cair.

Bisa dilihat ya teman-teman, pembelian di gerai WATSONS saya lebih banyak mendapatkan keuntungan.

Potensi lebih hematnya dicapai dalam hal :

  1. Efisiensi harga (lebih hemat)
  2. Efisiensi waktu (waktu pemakaian lebih lama dan waktu belanja menjadi lebih singkat)
  3. Efisiensi keamanan lingkungan (Dengan volume produk yang lebih besar, kita tidak banyak membuang kemasan plastik yang bisa mencemari lingkungan)

Karena saya belanja produk dengan brand WATSONS, sekarang saya punya tabungan poin lebih banyak. Dan siap2 nanti dapat treat ultah, hehe.

Senengnyaaa, sekarang saya punya lotion milk yogurt wangi blackcurrant 🙂 .

Besok2 mau belanja produk kesehatan. Jaga kesehatan juga bentuk syukur atas anugerah hidup ya kan teman2..

Dokumentasi pribadi

Kalo udah tau bisa hemat gini, saya gak bakalan harap-harap cemas lagi pas nyatat biaya bulanan. 🙂

#JadiMemberPastiUntung 

#WatsonsBlog