Candi Hindu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang cukup marak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kompleks Candi Prambanan yang berada dibawah naungan Balai Taman Wisata Candi ini terdiri dari kompleks candi utama yang terdiri atas 3 candi utama yang melambangkan 3 dewa yaitu Hindu, Siwa, Brahma, dan Wisnu. Selain itu, kamu juga bisa melihat Candi Sewu yang saat ini masih tersisa reruntuhannya. Selain menyaksikan dan mempelajari sejarah kebudayaan Hindu di Indonesia, kompleks Prambanan ini sering digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event. Pada kesempatan-kesempatan tersebut, kamu bisa menemukan pengalaman baru dalam berwisata ke Prambanan.

Candi Prambanan
sumber : id.wikipedia.org

Berikut event tahunan yang sering digelar di kompleks candi ini: 

Prambanan Jazz

Prambanan Jazz merupakan salah satu event musik Jazz terbesar di Indonesia. Selama event yang berlangsung selama 3 hari ini kamu bisa menyaksikan pertunjukan musik jazz berkelas yang terbuka untuk umum. Karena tujuan utama event ini adalah memperkenalkan musik Jazz kepada masyarakat Indonesia, maka kamu bisa menikmati pertunjukan musik jazz layaknya menonton konser musik pada umumnya. Yang menarik, musisi yang terlibat tidak hanya musisi jazz lokal namun kamu juga bisa menemukan musisi lokal yang bukan memiliki aliran musik jazz terlibat disini. Puncaknya, beberapa artis internasional juga terlibat untuk menunjukkan aksinya. Bila kamu tertarik dengan musik Jazz, jangan lewatkan event tahunan ini. 

Prambanan Jazz
sumber : cosmopolitan.co.id

Prambanan International Yoga Day 

Selain panggung pertunjukan, Prambanan sering menjadi tuan rumah bagi beberapa event olahraga. Salah satunya adalah Yoga yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yang kekinian. Kendati demikian, olahraga ini disarankan dan ditujukan oleh masyarakat umum. Salah satu event tahunan yang diagendakan berlangsung rutin tahunan adalah Prambanan International Yoga Day yang diadakan bersamaan hari Yoga Internasional tanggal 24 Juni. Event ini sendiri sudah berlangsung tahun ke tahun sejak 2016 lalu.  Dalam kegiatan ini kamu tidak hanya bisa datang sebagai penonton, namun juga bisa berpartisipasi aktif untuk mengenal dan mempelajari berbagai gerakan yoga. Bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus berolahraga dan menjaga kesehatan, datanglah pada pelaksanaan salah satu event yoga terbesar di Indonesia ini.

prambanan-yoga-international-day
sumber : borobudurpark.com

Jogja International Heritage Walk

Jogja International Heritage Walk (JIHW) adalah kegiatan berjalan kaki tingkat internasional yang diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia. Event olahraga jalan kaki internasional ini merupakan salah satu kegiatan yang secara resmi masuk dalam kalender organisasi jalan kaki Internasional atau International Marching League sejak 2013 lalu. Event ini berlangsung selama 2 hari di 2 lokasi yakni Kompleks Candi Prambanan serta Desa Imogiri. Pada kegiatan ini , kamu akan diajak berjalan kaki melintasi desa-desa di sekitar Prambanan dan berkesempatan untuk melihat kehidupan dan seni budaya masyarakat lokal. Di setiap lokasi, kamu bisa memilih 3 jenis rute yakni 5, 10, dan 20 kilometer. Bila kamu berhasil melewati rute 20 kilometer di kedua lokasi, kamu bisa mendapatkan medali sebagai penghargaan. Menariknya, event ini banyak diikuti oleh wisatawan asing. Jadi kamu bisa berinteraksi dengan warga internasional dari berbagai negara dan bahasa selama event ini.  Puncaknya, kamu bisa mengikuti gala dinner yang merupakan kegiatan ramah tamah antara seluruh peserta kegiatan ini. Menarik bukan?

jogja-international-heritage-walking
sumber : bernas.id