Kulineran? Siapa yang suka? Hayo ngacung?. Rasanya kurang lengkap saat mengunjugi satu tempat baru tapi gak menikmati kuliner kota tersebut. Kunjungan saya kali ini bersama suami ke kota Banjarmasin.

Travelling ini bukan untuk happy-happy. Tepatnya saya yang happy banget, kalo suami masih ditemani dengan kerjaannya. Hehe. Waktu yang lumayan luang dan memanfaatkan kesempatan yang mungkin tidak datang dua kali, saya mencari kuliner khas Kalimantan Selatan ini. Ketemulah dengan Depot Soto ala Bang Mamat. Setelah kepo-in soto ini ke pihak hotel, saya berangkat jalan-jalan sendirian.

Sebelum menuju Depot soto Bang Amat, saya mengunjungi masjid jami’ di Banjarmasin. Kebetulan lokasinya lumayan dekat dari hotel. Saya tinggal naik gojek dan Alhamdulillah masih bisa ikut sholat berjama’ah pas nyampe disana. Banyak PNS dan anak sekolah yang ikut melaksanakan sholat zuhur bersama.

Saya jadi teringat dengan Masjid Raya Bogor yang juga ramai dengan kunjungan anak sekolah. Adem ngeliatnya. Alhamdulillah..

Tak lama setelah mengitari masjid, perut lapar pun memanggil. Ternyata Pak suami bisa ikut maksi bareng kesana. Alhamdulillah, jadi ada teman makan siang. Ya, at least ada temen buat foto2 n gak garing makannya. Hehe.

Setelah memesan mobil online, supir membawa kami  menyusuri jalanan Banjarmasin dan sungainya. Menurut hemat saya, lokasi depot soto ini lumayan jauh dari kota. Entahlah karena perut yang lapernya sudah kebangetan atau Paksu yang juga butuh cepat2 untuk lanjut meeting. Haha, semua jadi satu.

Kurang lebih 20-30 menit kami sampai juga di depot sotonya. Suasana makan dan memandang sungai tampak sebelum kami memesan makanan.

Pilihan makanan dan minumannya sangat banyak. Jadi pengen nyoba semuanya. Sesuai dengan namanya menu andalan disini adalah soto ayam nasi . Soto ayam dan nasi dicampur dalam satu piring. Pilihannya ada tiga, mau porsi yang penuh, porsi yang separuh (lebih sedikit dari porsi yang penuh), atau kosongan (tanpa nasi). Berhubung saya lapernya sangat, jadilah pilih yang porsi penuh. Ini dia penampakannya. Terus, satu lagi. Ada pilihan sate ayam juga. Pesan semuanya aja. Hehe.

Isian soto ayam versi penuh Bang Amat

  • Suwiran ayam yang banyak
  • Suwiran telor rebus
  • Bihun
  • Irisan wortel
  • Nasi
  • Taburan bawang goreng
  • Jeruk nipis

Kebayang kan, gimana nikmatnya makan soto ayam versi penuh? Apalagi ditambah sate ayam yang juga enak. Minumnya pake teh manis. Pilihan minumnya mulai dari es teh manis, es jeruk, es kelapa, hingga berbagai macam pilihan jus buah.

Saat makan disini, akan disuguhi dengan pemandangan hamparan sungai Martapura. Selain itu, juga disuguhi dengan perform irama musik daerah lengkap dengan baju adatnya. Pokoknya, mantaappp. Beneran berasa jadi turis lokal. Hehe.

Buat nikmatin si soto penuh ala Bang Amat, kamu bisa pesan tiket pesawat dari Pegipegi. Mau milih tiket pesawat Garuda juga boleh banget. Kalo pesan tiket pesawat Garuda, tiket sudah termasuk dengan harga bagasi sebesar 20 kg. Harga ini juga sudah termasuk dengan cemilan yang dapat kamu nikmati di dalam pesawat. Lama  waktu perjalanan dari Jakarta ke Banjarmasin sekitar 1 jam 55 menit.  Kamu akan mendarat manis di bandara Syamsudin Noor milik kota Banjarmasin.

Buat yang mau tiket promo garuda, bisa banget. Pegi-pegi lagi ngadain promo diskon tiket pesawat dan hotel sampai dengan 500 ribu rupiah. Mau  atau mau banget nih J Kamu bisa booking antara tanggal 9-11 September 2019, dan kamu bisa berangkat kapan saja. Promo ini berlaku untuk semua rute penerbangan domestik. Asyik kan? Jangan lupa update aplikasi pegipegimu dengan versi terbaru ya 🙂