Pelanggan Adalah Raja

“Janji temu dengan dr. A, sudah berhasil dilakukan”.

“Terimakasih atas partisipasi Anda dalam pengumpulan donasi dalam kegiatan B” .

“Produk Anda sedang dibawa oleh kurir”.

Tiga dari sekian banyak ragam jawaban yang kita dapatkan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan.  Beberapa tahun mundur ke belakang, kita tentu belum akrab dengan pelayanan digital seperti diatas. Namun, seiring dengan perkembangan zaman digital, semua terasa serba mudah. Dunia yang dihadapi hanya sebatas layar handphone dan layar laptop.

Di era millenial, kita bisa mendapatkan semuanya dalam waktu singkat

Setiap bentuk pelayanan yang kita inginkan, bisa dipenuhi dengan cara mudah. Ketikkan keinginanmu di aplikasi atau platform yang kamu butuhkan. Dalam waktu yang singkat, semua jawaban yang diinginkan dapat diterima.  Mulai dari pelayanan pengaturan jadwal dengan dokter, pemesanan produk yang dulunya biasanya harus antri entah berapa jam, kini dalam hitungan detik, jawaban pasti didapatkan.

Pelanggan adalah raja, sebagai titik sentral dalam sebuah bisnis, proses penjualan. Cara untuk memenangkan hati raja atau pelanggan menjadi hal utama yang harus difikirkan oleh sebuah perusahaan. Sangat miris saat kita telah mempersembahkan produk terbaik ke pasaran, namun tidak diterima oleh pasar, karena pelayanan yang tidak memuaskan.

Salah satu bentuk pelayanan 24 jam di era millenial saat ini

Dibalik Layar Sang Admin Toko Online

“Mpok, harga gamisnya berapa?”

“Mpok, boleh kirimin detail produknya?”

“Mpok, ready warna apa aja?”

“Mpok, kalo ikut pengiriman hari ini, maksimal transfer jam berapa?”

Beberapa ragam pertanyaan yang udah jadi makanan setiap hari. Dunia admin di belakang layar toko online, menghadapi pertanyaan  yang kurang lebih sama isisnya setiap harinya. Pertanyaan yang sebenarnya jawabannya sudah tersedia di toko online. Namun, seorang admin toko online harus selalu berbesar hati dalam memberikan jawaban terbaik dalam kondisi apapun. Karena secara umum, karakter pembeli online punya beberapa kesamaan.

Ini beberapa karakter umum pelanggan saat belanja online yang saya temui saat berada di balik layar sebagai admin toko online :

Beragam jenis karakter dari calon pembeli

Berbagai kondisi ini harus dihadapi seorang admin toko online setiap harinya. Seorang admin toko online wajib punya hati yang lapang, kesigapan menjawab pertanyaan, kemampuan yang cepat untuk memahami kondisi atau masalah yang dihadapi pelanggan, dan tetap tersenyum meski mendapat keluhan pelanggan.

Kembali ke poin awal, pelanggan adalah raja. Di dunia era digital dan cepat tepat ini, setiap calon pelanggan ingin dilayani sesuai dengan apa yang diharapkan. Pelayanan yang real time dan sigap. Kalo tidak, alamat pelanggan akan kabur. Kalo pelanggan kabur, apa kabar dengan omset  perusahaan.  That’s why, perusahaan butuh mesin penjawab sebagai garda terdepan dan awal dalam pelayanan pelanggan.

Pelayanan jadi Kunci Utama

Memenangkan hati pelanggan

Pelayanan yang memuaskan menjadi kunci utama dalam memenangkan hati pelanggan. Saat pelanggan merasa terpuaskan dengan layanan yang diberikan sebuah toko online atau perusahaan, pelanggan akan menjadi loyal. Pelanggang akan balik lagi dan balik lagi.

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Pelayanan yang baik juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Kepercayaan yang didapat dari pelanggan sangat mahal harganya. Kepercayaan inilah yang akan menjaga stabilitas perusahaan. Selain itu, pelanggan juga akan ringan hati saat  disuguhi informasi atau iklan produk baru dari perusahaan tersebut.

Meningkatkan sisi profesionalitas perusahaan

Pelayanan yang maksimal juga menunjukkan sisi profesionalitas yang dimiliki oleh perusahaan. Pelayanan yang melebihi kepuasaan pelanggan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menempatkan bahwa konsumen benar-benar yang diutamakan. Sisi profesional ini didapatkan dari kepemilikan sarana pelayanan yang maksimal, baik dari sisi teknis atau sisi humanis.

Botika Mempermudah Pekerjaan Manusia

Pekerjaan yang sifatnya repetisi atau mengulang, akan digantikan dengan teknologi canggih. Salah satu teknologi yang akan diperlukan dalam menyongsong dinamika di era millennial yang menjawab permasalahan diatas adalah chatbot, yaitu Botika.

Botika adalah perusahaan asli anak Indonesia, yang menerapkan kecanggihan dalam robot penjawab. Canggihnya, Botika dapat diintegrasikan ke berbagai media sosial seperti LINE, Whatsapp, Facebook messenger, telegram, dan widget website. Jadi, tidak perlu buka banyak platform untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Teknologi canggih yang ‘disuntikkan’ dalam Botika berupa Artificial Intelligence (kecerdasan buatan seperti berhadapan langsung dengan manusia). Teknologi canggih ini dilengkapi dengan mesin pembelajar dan Natural Language Processing (NLP).  

Teknologi NLP ini menjawab setiap permasalahan yang dihadapkan padanya dan memberikan solusi yang lebih dinamis dan humanis. Dua sisi yang dibutuhkan oleh pelanggan saat ini, yaitu informasi yang akurat dan respon sebagaimana layaknya manusia.

Dengan NLP, chatbot mampu memberikan solusi setiap masalah konsumen dengan cara humanis

Ini kelebihan yang dimiliki oleh NLP Botika :

1.Dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan bahasa Indonesia

2. Memudahkan dalam hal membaca tumpukan dokumen

3. Mampu memahami bahasa lain dan mampu menerjemahkannya

4. Memiliki kemampuan speech recognition (kemampuan untuk melaksanakan apa yang diperintahkan).

5. Mampu melakukan klasifikasi dokumen

Dengan mengaplikasikan kecerdasan buatan ini, manusia tidak disibukkan lagi dengan hal-hal yang tingkat kesulitannya sederhana. Misalnya seperti menjawab pertanyaan yang sifatnya pertanyaan tertutup atau sudah pasti. Hal-hal seperti cara pembelian di sebuah market place, chatbot mampu menyampaikan informasi dengan baik, karena sudah dimasukkan informasi tentang hal tersebut ke dalam’otaknya’ sendiri.  Botika mengambil peran untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Manfaat Botika

Sebagai salah satu terobosan canggih dalam hal obrolan maya, Botika memiliki banyak keunggulan :

1. Memberikan citra professional bagi perusahaan

2.Mampu melayani setiap detik (selama 7 hari dan 24 jam)

3.Mampu menangani pelanggan tanpa lupa atau salah

4.Meningkatkan kepuasaan dan kepercayaan pelanggan

5.Otomatisasi pekerjaan yang sifatnya berulang

6.Meminimalisir biaya operasional perusahaan

7.Sangat mudah digunakan, tidak perlu buka banyak aplikasi

8.Mudah melakukan analisis data pelanggan

9.Terintegrasi dengan berbagai platform media sosial  

Produk Botika

1. Chatbotika Enterprise

Asisten pintar yang bisa menjawab setiap pertanyaan yang datang dari calon pelanggan. Asisten chat seperti ini rasanya wajib digunakan oleh setiap perusahaan. Waktu yang dua puluh empat jam dalam sehari bisa digunakan secara utuh untuk menangani pelanggan.

2. Chatbotika Travel

Asisten  jenis ini khusus digunakan oleh para agen perjalanan. Pemesanan tiket, dan pemilihan produk perjalanan bisa dilakukan oleh chatbotika jenis ini.

3. Chatbotika Commerce

Asisten pintar yang bisa digunakan oleh perusahaan. Asisten  yang bisa membantu dalam hal pemesanan produk, pengiriman produk, dan semua hal yang berhubungan dengan detail produk.

Selain 3 jenis produk tersebut, Botika juga menyediakan fitur-fitur pelayanan yang mendukung kepuasan pelanggan, berupa :

1. Helpdesk System

Selain smart chat asisten, fitur helpdesk system ini memungkinkan untuk menindaklanjuti  penanganan masalah yang dialami pelanggan.

2. Digital Email Management

Fitur ini berfungsi untuk mengelola email dari pelanggan, dan menyalurkannya secara langsung ke Customer Service.

3. Video Call

Fitur ini memfasilitasi komunikasi sehingga bisa saling bertatapan dalam menyelesaikan masalah yang dialami pelanggan.  

4. Queue System

Sistim ini digunakan untuk mempermudah  pelanggan untuk tahu masuk.antrian ke berapa.

5. Botika Pay

Botika Pay adalah fitur yang merupakan obrolan personal yang memungkinkan untuk melakukan pembelian apapun dengan waktu yang terbatas. Botika Pay ini juga memungkinkan untuk masuk ke sistim pembayaran.

6. OMNIBOT

OMNIBOT adalah fitur yang berisi banyak manfaat. Mulai dari smart chat asisten, live chat, email, voice, chat dan terintegrasi dengan media sosial. Seluruh manfaat tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan pelanggan.

7. Eliza

Eliza adalah bentuk personal asisten yang bisa membatu pelanggan dalam banyak hal. Pembelian tiket perjalanan, belanja online, pemilihan music dan berita, hingga menjadi teman virtual, mampu dilakukan oleh ELIZA ini. Keren ya?  Produk ini masih coming soon ya, so get ready to face it.

Berbagai jenis dukungan pekerjaan yang mampu dilakukan oleh chatbot Indonesia. Chatbot akan menjadi garda terdepan bagi sebuah perusahaan dalam melayani konsumen. Dengan kecanggihan yang dimiliki oleh chatbot, maka konsumen akan memperoleh real time solution pada setiap masalah yang mereka hadapi.

Sumber gambar : thinkpalm.com dan beberapa gambar dari freepik.com