Sudah tengah tahun, kamu lagi naksir handphone apa? Banyak banget handphone baru yang berseliweran. Masing-masing handphone punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau bagi saya pribadi, beli handphone itu pasti ngomongin kualitas kameranya dulu. Iyess, kamera itu penting banget.

Sebagai blogger, kebutuhan untuk foto dan video saat menghadiri event ini penting banget. Selain itu, saya juga punya online shop yang fokus di bidang fashion. Menghadirkan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien jadi salah satu nilai jual saya sebagai pengusaha. Jika foto atau video yang dihasilkan kurang baik, saya juga kecewa. Apalagi pihak klien yang sudah mempercayakan produknya kepada saya. So, kualitas kamera itu jadi penilaian nomor satu bagi saya.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan foto dan video yang berkualitas sekaligus mendukung mobilitas saya yang tinggi, smartphone jadi andalan saya. Pada kesempatan ini, saya mau berbagi tentang pengalaman saya memakai OPPO Reno yang kualitas kameranya sangat menawan.

OPPO Reno series, handphone terbaru keluaran dari OPPO tahun ini. OPPO Reno series ini ada 2 varian, yang pertama OPPO Reno, dan yang kedua OPPO Reno 10x  Zoom. Yang saya omongin kali ini OPPO Reno, ya. Sebagai adik dari OPPO Reno 10x Zoom, OPPO Reno tetap punya kualitas kamera yang bikin mupeng banget.

OPPO Reno dan kotaknya yang eksklusif

Kamera Menawan si OPPO Reno

Hasil jepretan OPPO Reno saat malam hari

Setuju enggak, kalau foto di atas itu keren banget? Saya sampai terdiam saking takjubnya. Performa kamera OPPO Reno memang juara untuk ukuran smartphone.

OPPO Reno memiliki dua kamera. Yang pertama, kamera depannya beresolusi 16 MP. Kamera ini dilengkapi dengan diafragma F/2.0 dengan jenis Pivot Rising Camera. Kamera depan ini mampu menangkap setiap detail pada foto secara jernih. Dalam kondisi kurang cahaya, kamera depan punya soft light sehingga akan dapat membantu memaksimalkan hasil foto.

Hasil selfie di malam hari, kulit wajahnya tetap natural kan

Yang kedua adalah kamera utama ganda yang beresolusi 48 MP dan 5MP. Bisa dibayangkan ya, kualitas foto yang dihasilkannya. Tidak sampai di situ saja, kamera primer dilengkapi dengan dengan diafragma F/1.79 sensor Sony IMX 586, sensor keluaran terbaru. Kita tahu bahwa, sensor sangat berpengaruh dengan kualitas sebuah kamera handphone. Dengan diafragma bukaan kamera sebesar 1.79, maka cahaya yang masuk akan semakin banyak masuk ke sensor. Sementara itu, kamera kedua yang berdiafragma F/2.4 dapat menghasilkan efek bokeh. Foto pun akan semakin keren.

Dari kombinasi dua kamera belakang tersebut, tidak diragukan lagi kalau kualitas foto pasti akan tajam dan natural, bahkan saat dalam kondisi minim cahaya.

Efek foto bokeh di background foto

OPPO Reno Mendobrak Batasan Teknologi Kamera

Berikut ini adalah fitur-fitur fotografi yang ada di OPPO Reno,

  • Ultra Night Mode 2.0

Kemampuan ini akan membuat foto yang diambil saat malam hari tetap cetar. Ultra Night Mode 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari fitur OPPO R17 Pro dan F11. Fitur ini mengkombinasikan AI alias kecerdasan buatan, HDR, dan pengurangan noise multi layer. Lengkap banget, ya.

Hasil jepretan saat malam hari

Kamu enggak perlu khawatir kalau kamu ambil foto saat malam hari, OPPO Reno akan tetap menjaga kualitas foto tampak seperti keadaan aslinya.

  • Dazzle Color Mode

Kemampuan dazzle color mode ini mampu merekonstruksi warna dengan baik. Teknologi kecerdasan buatan mampu mengatur tingkat kecerahan, informasi warna, algoritma color mapping. Foto pun akan terlihat natural.

Saya amazing sendiri saat menggunakan kamera OPPO Reno ini. Norak sendiri tepatnya, hehe. Saat saya mau capture tanaman, langsung tampak identifikasi di layar , bahwa yang di foto adalah green plant. Biasanya, pada beberapa handphone atau mirrorless camera, belum dilengkapi dengan teknologi seperti ini. Kita harus set sendiri, kalau objek yang akan kita foto adalah plant, atau yang lainnya.

Foto di atas menunjukkan kecerdasan buatan yang dimiliki si OPPO Reno ini. Dia mengidentifikasi secara otomatis objek apa yang akan kita foto. Misalnya saja tanaman, akan terpilih mode green plants secara otomatis. Atau saat memilih objek pemandangan, mode scene pun secara otomatis terpilih.

Hasil jepretan foto tanaman dengan kondisi siang hari tanpa tambahan efek

  • Artistic Portrait

Fitur ini mampu membuatmu seperti fotografer-fotografer handal. Dengan kemampuan ini, foto yang kamu hasilkan akan tampak seperti pada majalah. Artistic Portrait akan mengoptimalkan warna dan efek cahaya dari foto. Kalian enggak perlu takut foto kamu akan pecah kalau mau dicetak dalam ukuran besar.

Hasil jepretannya udah kayak foto-foto buat majalah ☺ versi full screen

Gambar : Hasil jepretan dengan ratio 4:3 di malam hari

Untuk hasil rekaman video menggunakan OPPO Reno, bisa lihat di

Pilihan Fitur di Kamera OPPO Reno

Mesin Canggih Si OPPO Reno

OPPO Reno menggunakan prosesor Snapdragon 710. Prosesor ini merupakan Prosesor terbaik di kelas mid-end.

 dengan teknologi manufaktur 10 nanometer. Prosesor ini akan sangat membantu saat main game. Konsumsi baterai sangat hemat. Handphone juga tidak cepat terasa hangat saat asyik bermain game. 

Dari segi kapasitas penyimpanan, kamu enggak perlu pusing. Kombinasi RAM 6 GB dan internal ROM 256 GB ada di dalam OPPO Reno. Jumlah yang sangat besar untuk penyimpanan file, foto, atau video, ‘kan?

OPPO Reno beroperasi meggunakan color OS 6 berbasis Android 9.0 Pie. Sembilan fitur kelebihan yang dimiliki Android 9.0 Pie ada di dalam OPPO Reno. Semakin tertarik?

Dan tak ketinggalan, OPPO Reno juga sudah dilengkapi dengan Hyper Boost 2.0. Fitur ini dikembangkan sendiri oleh OPPO, yang terdiri dari Game boost, System boost, dan App boost. Dengan hyper boost 2.0 setiap sistem, game, dan aplikasi yang kita jalankan masing-masing dapat bekerja secara maksimal.

Body Elegan si OPPO Reno

Hal lainnya yang buat saya terpesona adalah body-nya OPPO Reno yang kece banget. Ukuran handphone-nya pas di genggaman. Layarnya 6,4 inci OLED dan mendukung sistem full panoramic saat kamu nonton atau main game. Sensasinya jadi lebih terasa. OPPO Reno ini dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6. Dengan pelindung generasi keenam ini, layar handphone terlindung dari benturan ataupun gesekan.

Secara dimensi, ujung tepian bawah OPPO Reno hanya berukuran 3.5 mm. Rasio screen-to-body sebesar 93.1 %. Hah? Bisa dibilang, hampir seluruh bagian dari handphone ini adalah layar! Puas banget, ‘kan?

Daya Tahan Baterai OPPO Reno                               

OPPO Reno ini memiliki baterai sebesar 3.765 mAh (type C). Dengan baterai tersebut, OPPO Reno bisa bertahan seharian. Sepengalaman saya, baterainya memang irit banget. Dibawa foto-foto dan buka aplikasi berjam-jam, baterainya cuma berkurang sedikit. Untuk mendukung mobilitas kalian yang tinggi, OPPO Reno sudah dilengkapi dengan VOOC flash charge 3.0. Fitur tersebut memungkinkan kita untuk mengisi daya OPPO Reno selama 80 menit saja, dari 0% sampai 100%.

OPPO Reno dan perangkat lengkapnya

Dentuman Speaker si OPPO Reno

Kualitas suara yang dihasilkan dari speaker di OPPO Reno ini jangan ditanya. Untuk ukuran sebuah smartphone, suara yang dihasilkan lebih dari yang kalian harapkan. Frekuensi rendah dan tingginya cukup seimbang, sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih dan enak di telinga. Usut punya usut, ternyata ada teknologi Dolby Atmos di balik speaker yang berkualitas itu.

Saat mendengarkan YouYube, ada terdapat setting volume untuk level volume, notifikasi dan alarm.

Pilihan Warna si OPPO Reno

OPPO Reno punya dua pilihan warna, yaitu : Jet black dan Ocean Green. Saya lebih suka warna Ocean Green-nya. kalau kamu, suka yang mana?

OPPO Reno ocean green yang menawan

***

OPPO Reno ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang suka kecanggihan teknologi dan kualitas foto yang maksimal. OPPO Reno ini dijual dengan harga 7.999.000. Kalau hatiku sudah tertawan dengan kecanggihan teknologi kamera OPPO Reno, bagaimana dengan kamu?

Buat kalian yang tinggal di Jakarta dan enggak sabar lagi punya si OPPO Reno ini, OPPO Reno series bisa dibeli di 4 toko ini:

  1. Mall Ambassador lt.3 No. 16 A
  2. Plaza Cibubur Ground Floor, Cibubur
  3. City Plaza Jatinegara Ground Floor, Main Atrium Jakarta Timur
  4. Lippo Plaza Kramat Jati lt.2 Jakarta Timur

Atau buat pemanasan, kamu bisa lihat-lihat dulu produknya di sini https://www.OPPO.com/id/smartphone-reno/

Sampai bertemu lagi generasi foto cakep ☺