Pernikahan adalah tentang terikatnya dua insan manusia dalam sebuah perjanjian dengan Sang Pencipta. Perjanjian yang lebih dikenal dengan sebutan akad. Sebuah kalimat suci yang mampu menggetarkan seluruh langit. Malaikat-malaikat turun ke bumi, turut mengaminkan saat perjanjian berat ini diikrarkan. Sebuah kalimat yang juga menghalalkan hubungan  yang semulanya haram antar sepasang manusia.

Mengenang masa-masa pernikahan selalu menyenangkan. Satu peristiwa bersejarah dalam setiap kehidupan seseorang. Mempercayakan kehidupannya untuk hidup bersama lelaki atau perempuan yang dikenalnya belum lama. Ada tangis, haru dan banyak bahagia saat momen pernikahan.

pernikahan

Persiapan Batin Menjelang Pernikahan

Masa-masa selama menjelang pernikahan juga banyak banget. Mulai dari persiapan batin dan lahir dari sisi calon pengantin, hingga persiapan segala keperluan pernikahan.

Yang utama, calon pengantin perlu mempersiapkan diri dengan bekal ilmu. Karena banyak jenis permasalahan yang akan dilewati bersama pasangan, tetangga, masyarakat, pihak keluarga besan atau dengan keluarga sendiri. Dengan bekal ilmu maka setidaknya seorang istri atau suami bisa menjalankan hak dan kewajibannya dengan baik.

Banyak godaan ujian yang akan datang menghampiri saat sebelum pernikahan. Masalah itu bisa berasal dari keluarga sendiri. Bisa juga dari pihak keluarga besan. Bisa banget bersumber  dari mantan pacar atau pemuja rahasia. Hihi. Ada aja ujian yang akan menggoyahkan pertahanan keyakinan diri untuk melangkah. That’s why, calon pengantin diminta untuk memperbanyak ibadahnya. Apalagi tentunya setelah menikah nanti.

Persiapan Fisik Menjelang Pernikahan

Persiapan fisik untuk masing-masing calon pengantin juga perlu dilakukan. Sering melakukan olahraga agar fisik kuat. Periksa diri ke dokter untuk mengetahui adakah penyakit yang perlu ditangani sebelum pernikahan. Kelola stress dengan baik, karena banyaknya persiapan yang perlu dilakukan sebelum pernikahan. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu tidur. Lama tidur yang cukup baik juga untuk menghindari stress berlebih. Khusus untuk calon mempelai perempuan, beri perhatian khusus untuk wajah dan tubuh. Melakukan luluran atau maskeran ada baiknya dilakukan. Bisa dilakukan sendiri atau langsung datang ke rumah cantik khusus pengantin.

Persiapan Keperluan Menjelang  Pernikahan

Untuk persiapan segala keperluan pernikahan banyak banget jenisnya. Hal awal yang pertam perlu kamu tentukan adalah nilai budget yang kamu miliki untuk pernikahan. Setelah nominal nilai budget diketahui, selanjutnya kamu tinggal memilih tema pernikahan bagaimana yang bisa memenuhi sesuai dengan nilai budget yang sudah ditetapkan.

Saat ini menikah itu mudah. Beragam jenis vendor yang bersedia untuk menemani calon pengantin melewati hari-hari menengangkan menjelang pernikahan. Keperluan pernikahan mulai dari buku nikah, tenda, kursi pelaminan, dekorasi, katering, salon, baju pengantin, baju seragaman keluarga, seserahan, souvenir hingga jangan lupa cincin nikah.

Tiap item keperluan pernikahan punya ‘keribetannya’ masing-masing. Pilihan tenda dan kursi pelaminan yang bagaimana yang akan kita pilih. Dekorasi dengan tema impian pernikahan harus bisa menyesuaikan dengan budget. Perhitungan orang yang akan menikmati katering saat acara pesta. Model baju pengantin dan salon terpercaya untuk make up pengantin. Banyak keperluan yang harus difikirkan. Tetapi momen melewati saat itu sangat menyenangkan.

Saat saya menikah, ada satu hal yang terlupa dari list keperluan pernikahan. Urusan pemilihan tempat pernikahan, mau di rumah atau di gedung saja. Maklum perempuan jauh banget dari urusan tentang lahan parkir atau lahan untuk kursi pelaminan. Menjadi calon pengantin, rasanya harus bisa tidak plin plan memberikan keputusan. Saat itu, akhirnya pilihan untuk menikah di rumah saya rasa lebih memudahkan.

Evaluasi Setelah Acara Pernikahan

Setelah pernikahan usai, saya merasa ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Memilih menikah di rumah, akhirnya membuat saya harus  ‘ awas’ pada hal-hal berikut :

  1. Memikirkan lahan parkir untuk tamu undangan
  2. Memikirkan lahan untuk lokasi tenda pernikahan dan kursi pelaminan
  3. Memikirkan untuk pengaturan letak meja dan kursi tamu undangan
  4. Memikirkan untuk setting dekorasi yang nyaman
  5. Memikirkan lahan untuk setting makan prasmanan tamu undangan
  6. Mengingat akan memasak makanan dalam jumah besar, harus difikirkan juga lahan untuk memasak makanan tersebut
  7. Memikirkan bagaimana agar tamu undangan nyaman tanpa pendingin AC sebagaimana layaknya di dalam ruangan
  8. Memikirkan tentang ‘pengamanan’ makanan agar tidak dihinggapi lalat atau yang lainnya atau polusi udara
  9. Setelah acara pernikahan, perlu pengaturan posisi perabotan rumah kembali ke tempat semula
  10. Setelah acara pernikahan, perlu untuk pembersihan segala perabotan makan, seperti piring, sendok, dan alat masak lainnya
  11. Sampah bisa bertebaran dimana-mana, jadi butuh pembersihan seluruh bagian rumah termasuk halaman rumah
  12. Waktu istirahat keluarga menjadi berkurang
  13. Banyaknya tamu berseliweran, sangat rentan dengan resiko  kehilangan barang berharga
  14. Lelah yang sangat akan terasa setelah hajatan
  15. Waktu berkumpul bersama keluarga menjadi berkurang
Keriweuhan saat menemui tumpukan piring dan alat masak kotor
Perlu pengaturan ulang posisi perabotan di rumah

15 hal diatas yang bisa menjadi bahan renungan bagi calon pengantin yang akan melaksanakan pernikahan di rumah. Jika calon pengantin memilih menikah di rumah, harus siap dan berbesar hati untuk menanggung resiko diatas. Ada alternatif lain yang bisa dipilih bagi calon pengantin. Yaitu, memilih lokasi menikah di gedung pernikahan.

Pemilihan Gedung untuk Tempat Pernikahan

Menikah di gedung pernikahan lebih banyak positif yang didapat. Pengantin dan keluarga tinggal datang dan duduk manis saat pernikahan berlangsung. Kita tinggal menyerahkan tanggungjawab dan kepercayaan kepada vendor-vendor yang bertanggungjawab atas ‘garapannya’. Urusan katering, dekorasi, parkir, tenda, kursi pelaminan, baju pengantin semua sudah ada yang bertanggungjawab. Yang perlu kita ketahui lebih detail adalah pemilihan vendor yang bertanggungjawab. Jangan sampai kita malah rugi atau malu karena ada kelalaian yang dilakukan oleh vendor tersebut.

Gedung Grand Galaxy Convention Hall

Untuk calon pengantin yang berlokasi di Bekasi pemilihan gedung bisa menjadi solusi pintar. Gedung Grand Galaxy Convention Hall telah hadir untuk memudahkan urusan persiapan menjelang pernikahan. Gedung pernikahan di Bekasi ini memiliki ball room mewah. Sehingga tak heran gedung ini  termasuk gedung pernikahan yang termewah dan terbesar di Bekasi. Gedung ini bisa menampung hingga 2500 tamu undangan.

Untuk soal dekorasi jangan diragukan lagi. Grand Galaxy Convention Hall ini memiliki ketinggian langit-langit hingga 7 meter. So, jangan takut kalo desain pelaminan kamu nyangkut atau apa, insyaAllah dengan ketinggian tesebut, pernikahan teman-teman akan tampak elegan dan megah. Fasilitas hotel ini setara dengan hotel bintang 5. Beragam pilihan paket all in one untuk calon pengantin. Bisa banget untuk disesuaikan dengan budget yang kamu punya ya.

Grand Galaxy Convention Hall ini berada dibawah naungan Jakarta Event Enterprise. Untuk kamu yang di luar Bekasi, pilihan Grand Galaxy Convention Hall ini juga bisa untuk jadi tempat pernikahan. Kenapa? Karena lokasinya strategis. Dapat diakses dari berbagi akses tol dalam kota, JORR, dan tersedia fasilitas becak kayu.

Bekasi Wedding Exhibition

Grand Galaxy Convention ini punya kegiatan rutin khusus tentang pernikahan, yaitu Bekasi Wedding Exhibition. Hingga tahun ini, sudah memasuki event yang ke-tujuh mengdakan Bekasi Wedding Exhibition. Setiap event berlangsung ada banyak hadiah yang diberikan kepada pengunjung. Ada grand prize logam mulia 100 gram, hingga hadiah langsung berupa ratusan voucher belanja. Tiket bisa diperoleh di Gotix dan Loket ya. Kamu hanya perlu ngeluarin kocek seharga 15.000 rupiah untuk mendapatkan seabrek informasi tentang pernikahan.

Oiya, buat kamu yang punya acara seperti peluncuran produk, pameran, konfrensi, konvensi, wisuda bisa menggunakan Grand Galaxy Convention Hall juga. Praktis kan?

Untuk informasi lebih lengkap, pantengin instagram :
@bekasiweddingexhibition
@bantunikahan

Sumber foto : grandgalaxyconventionhall.com dan bekasiweddingexhibition