Mendapat undangan dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur rasa senengnya tak terkira. Alhamdulillah. Selain impian menjejakkan kaki di Google Indonesia tercapai, Saya banyak dapat ilmu. Belajar tentang Question Hub Google Indonesia, belajar menjadi content writer, dan tak ketinggalan dilengkapi dengan belajar SEO. What a wonderful day. Alhamdulillah 🙂

Mengenal Question Hub Google Indonesia

Ada yang baru dari Google Indonesia saat ini. Sudah ada yang pernah dengar dengan Question Hub?  Question Hub ini merupakan fitur terbaru dari Google yang fungsinya menjadi penghubung antara pertanyaan dan jawaban yang sedang dibutuhkan oleh para pengguna Google.

Question Hub ini menjadi lemari penyimpan data bagi pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa dijawab oleh Google itu sendiri. Emang ada pertanyaan yang gak bisa dijawab sama Mbah Google? . Ternyata ada lho.

Misalnya saja, kalo kita lagi ngomongin Borobudur. Akan banyak kita temui blog atau website yang membahas tentang cara menuju ke Borobudur, apa saja yang bisa dinikmati saat berada di Candi Borobudur, tentang keunikan stupa Candi, dan banyak lainnya. Lalu apa hubungannya dengan question hub?

Ternyata ada pertanyaan, tentang berapa harga dari candi Borobudur?. Pertanyaan ini Mbah Google gak mampu jawab. Data harga tentang nominal Candi Borobudur ini  belum dimiliki oleh Google. Jadi data ini akan masuk ke dalam ‘lemari’ question hub.  Data di dalam lemari question hub ini akan bisa dikelola dengan baik oleh para content writer, blogger, atau media social specialist untuk menjadi salah satu konten dalam postingannya.

Baca juga : 3 Hal Yang Harus Diikhlaskan Saat Malas Ngeblog

Question hub ini akan sangat membantu para pembuat konten website dalam hal mencari tumpukan ide  menulis. Setiap pertanyaan yang tak mampu dijawab oleh Google akan menumpuk di lemari question hub, dan waktunya kamu si pembuat konten untuk mengisi ruang kosong itu. Kamu bisa membuat konten sesuai dengan yang kamu kuasai.

Untuk bisa mengakses ‘lemari’ si question hub, ini hal yang harus kamu lakukan:

1.Daftarkan dulu websitemu di Google Search Console https://search.google.com/search-console/about

2. Setelah itu daftarkan website mu ke Google Question Hub https://questionhub.withgoogle.com/intl/en_id/

3. Selamat, websitemu sudah ready untuk bisa mengeksplor Question hub.

4. Oiya, untuk settingan bahasa, baiknya pilih bahasa Indonesia ya. Karena Mbah Google memang sangat membutuhkan informasi dalam Bahasa Indonesia.  Just FYI, Question hub ini hanya ada di tiga negara saja. Yaitu ada di Indonesia, India, dan Nigeria.

5. Selanjutnya, kamu bebas memilih kategori mana yang ingin kamu eksplor

6. Klik saja, “Tambahkan pertanyaan” dan klik topik yang diinginkan

7. Kemudian klik “tambahkan” yang ada disisi kanan

8. Klik selesai, jika merasa cukup dengan 10 pertanyaan, atau terus tambahkan untuk menambahn 10 pertanyaan dengan topik yang sama

9. Kamu akan punya daftar pertanyaan yang butuh jawaban

10. Jika kamu punya jawaban untuk pertanyaan yang diajukan, tinggal klik ‘jawab’

11. Selanjutnya, kamu masukkan data url link postingan yang berisi jawaban dari pertanyaan tersebut

12. Klik ‘kirim’ dan selesai.

Artikel yang telah dibuat memiliki dua keuntungan. Kelebihan pertama , jumlah views dari blog akan meningkat seiring pergantian waktu. Websitemu akan lebih memiliki ‘value’ di mata google.  Kamu bisa mengeceknya di kolom performa.

Oiya, postingan yang dibuat gak harus selalu postingan baru ya. Postingan lama yang dirasa lengkap dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di lemari question hub ini , bisa langsung kamu submit link postingannya ya. Silahkan mengubek-ubek lemari google ini ya 🙂

Gimana teman2, seru kan bermain dengan question hub ini? . Jadi gak ada alasan lagi kamu gak punya ide nulis. Tinggal bongkar aja isi lemari si Question hub ini ya. 🙂

question hub google indonesia
Terimakasih sharingnya Mba Fiana 🙂

Baca juga : Begini Cara menghasilkan Uang dari Blog

Tips Menjadi Content Writer ala Ani Berta

Dalam kesempatan yang sama, disuguhi ilmu tentang bagaimana seorang Ani Berta menggeluti dunia content writer. Ani Berta, seorang blogger senior yang rasanya sangat beruntung sekali pada sosok yang sangat humble ini.  Tak pernah bosan untuk berbagi ilmu.

Ani Berta sudah menjadi content writer untuk berbagai perusahaan dan juga pemerintahan. Mulai dari kementrian Pemberdayaan Perempuan, Australian Aid, Badan Standar Nasional, PT. Adhi Busana, Majalah Sahabat Kelapa Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Sepak terjang yang tak sedikit ini, dapat menunjukkan bahwa dunia kepenulisan begitu berkembangnya. Masih banyak media online atau offline yang butuh penulis untuk menuliskan tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh perusahaan atau pemerintahan. Bahkan script iklan juga sudah mulai dirambah oleh beberapa blogger. Keren ya?!

Berikut saya berikan tips yang diberikan oleh Kak Ani Berta untuk bisa menjadi Content Writer :

  1. Tentukan tujuan utama dalam menjadi content writer. Apakah murni untuk kegiatan sukarelawan atau untuk menjadi sumber penghasilan
  2. Coba kenali website atau portal yang diminati, baik dari segi gaya bahasa, penyampaian cerita, dan cara menyapa pembacanya
  3. Bismillah, mengajukan proposal penawaran
  4. Coba awali dengan mengisi kanal gratisan sebagai porto folio, misalnya saja : Kompasiana, Indonesiana, Kumparan, Vivalog, Citizen 6
  5. Promosikan hasil tulisan Anda ke sosial media

Untuk tulisannya sendiri, berikut DO THINGS untuk konten :

  1. Tulisannya berisi 500-1000 kata dengan gaya bahasa website atau kanal yang dituju
  2. Tidak memasukkan unsur opini dan perasaan. Memasukkan data dengan sumber yang valid.
  3. Memasukkan kata kunci yang tepat
  4. Lakukan editing setelah meninggalkan draft semalam
  5. Kualitas foto yang digunakan adalah high resolution
  6. Menulislah sesuai dengan perjanjian yang ada di dalam kontrak kerja
  7. Hindari untuk mendiskreditkan orang lain
content writer
Terimakasih sharingnya Kak Ani Berta 🙂

Baca juga : Advance Class bersama Kak Ani Berta

Belajar SEO bareng Mas Ardan

Untuk tema SEO ini , saya dan teman-teman lainnya belajar secara singkat dan jelas. Menurut Mas Ardan,  artikel SEO harus bisa melayani dua kepentingan. Yaitu kepentingan google dan kepentingan manusia.

Gak heran banyak blogger punya keinginan agar blogpost yang ditulis dapat menarik hati google dan menempatkannya di halaman pertama Google. Karena posisi pertama di halaman Google akan meningkatkan jumlah kunjungan ke blog dan juga akan meningkatkan nilai blog di mata google.

Ini dia 5 tips ala Mas Ardan yang postingan tentang podcast-nya mampu nangkring di posisi pertama google :

  1. Mulailah dengan menggunakan kata kunci di posisi judul dan juga url postingan
  2. Mengatur sub heading dengan tata yang baik, agar Google bisa merambahnya dengan baik juga.
  3. Letakkanlah kata kunci di 100 kata pertama di paragraph pertama
  4. Tambahkan backlink dari sumber yang terpercaya dan jangan lupa tambahkan internal link dari blog
  5. Tambahkan dengan visual dan beri nama terhadap gambar sesuai dengan kata kunci
seo
Terimakasih sharingnya Mas Ardan

Bergizi banget ya, workshop bareng Komunitas ISB. Alhamdulillah, semoga ilmunya juga bermanfaat buat temen2 yang sudah baca postingan ini. Semoga bisa terbantu untuk menghasilkan postingan yang sesuai dengan permintaan. Selain nilai blog semakin baik, jumlah kunjungan blog semakin tinggi. Dan nilai pundi-pundi yang dikumpulkan dari blog juga semakin baik. Aamiin aamiin aamiin.

Sudah ready untuk berjuang kembali meningkatkan value blog di hati google?  

Selamat berjuang 🙂