Orang sukses itu adalah orang yang pintar beradaptasi, salah satu kesimpulan yang saya ingat saat membaca buku tentang adversity quetion (AQ). Sederhananya, AQ adalah kecerdasan untuk survive, bertahan hidup, di tengah banyaknya tantangan dan problema kehidupan.  Kita butuh IQ, EQ, dan AQ untuk bisa sukses di bidang apa saja yang kita geluti.

Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini banyak keadaan yang tak pernah terpikirkan terjadi dalam kehidupan kita. Anjuran pemerintah untuk berada di rumah saja, pakai masker saat berada di luar rumah, harga kebutuhan naik, gak bisa jalan-jalan, ketemu emak di kampung pending terus, ketemu sahabat dan keluarga banyak worry-nya, lama-lama saya sendiri khawatir punya mental illness.

Namun, kita harus putar otak. Berfikir smart. Bagaimana caranya, meski saat di rumah saja, kebutuhan jasmani dan jiwa kita bisa terpenuhi dengan baik. Dapur harus tetap ngebul. Anak-anak bisa tetap sehat jiwanya meski full tugas sekolah online. Ibu-ibu harus tetap waras karena beban pekerjaan dan tanggung jawab yang lebih dari biasa. Bapak-bapak juga harus tetap punya akal sehat dan hati yang kuat untuk bisa  memenuhi kebutuhan keluarga di tengah krisis ekonomi.

Tak ayal, saat harus di rumah saja, alam bawah sadar kita juga turut beradaptasi. Setiap anggota keluarga berusaha untuk mencari cara masing-masing agar tidak merasa stuck, tidak bosan, atau alih-alih berujung stress karena 24 jam berada di rumah. Dengan segala macam karakter atau sifat kita yang berbeda-beda, kita harus mencari cara untuk berdamai, beradaptasi,  dalam keadaan ini.

Menoleh ke belakang sejenak, Ada yang inget sama kata-kata prodi dibawah?

“Kupikir.. Aku di rumah aja. Disuruh pemerintah. Aku makin putih.. Makin glowing.. Makin bersih.. Makin uwawww.

Nyatanya nggak!. Makin di rumah aja, makin butek, makin ancur. “

Kondisi yang mungkin pernah dialami oleh kita semua saat sudah merasa sudah di titik jenuh karena di rumah saja. Padahal klo diinget-inget, saat kita merasa penat dan jenuh di kerjaan, kita pernah berandai untuk istrahat di rumah lebih lama dari biasanya. Kini, saat corona melanda, ternyata tak seindah yang kita bayangkan. Setuju kan ya?

Satu tahun lebih sudah kita lewati masa invasi corona. Subhanalloh, dengan segala jumpalitannya, kebutuhan kita masih Allah cukupkan. Alhamdulillah. Dengan segala kekurangan yang ada, rencana yang tertunda pencapaiannya, impian jalan-jalan yang entah tau kapan akan terlaksana. Kondisi mumet ini harus dilengkapi dengan syukur, agar Allah makin sayang, dan jangan lupa sabar, agar kekuatan fisik dan jiwa tetap terjaga.

Bigger Dream

“Teruslah gapai impian Sahabat. Jika berhenti bermimpi, lalu apa yang kita kejar”.

Jangan izinkan masa pandemi ini menggerus impian yang kita punya. Stay on the right track. Dulu, saya pernah punya impian untuk punya satu bisnis. Apapun jenis bisnis itu, tentunya harus menghasilkan dan menjanjikan. Awalnya, saya menjual produk makanan kering. Bertahan kurang dari satu tahun. Masa kadaluarsa dan margin profit yang kecil memaksa saya untuk menoleh produk lain. Produk yang tidak punya masa kadaluarsa. Akhirnya saya beralih ke bisnis fashion.

Ternyata, setelah dijalani, produk fashion sekalipun masih punya masa kadaluarsa. Fashion itu punya masa tren. Baju atau gamis bervariasi bahan tulle dulu sempat tren sebelum corona. Kini berubah  menjadi baju berbahan rayon. Kenapa bahan rayon?   Tentunya dipengaruhi oleh faktor anjuran stay at home. Lagi-lagi, untuk bisa survive, industri fashion harus turut beradaptasi dengan gaya hidup yang terjadi saat ini.

Semua perubahan yang terjadi di hadapan, kita wajib membangkitkan adversity quotient dalam diri. Mampu beradaptasi, tidak menyerah pada setiap kesulitan, tetap optimis, bermotivasi tinggi untuk terus berjuang mengejar cita-cita.

Meski berjalan tertatih-tatih. Terengah-engah di tengah pencapaian. Pandemi seakan enggan berhenti.  Pilihan menyerah seakan terasa lebih akrab. Namun, panggilan hati untuk terus menapaki tangga impian tak akan terhenti. Lantunan doa menguatkan diri untuk terus berjalan. Jangan berhenti bermimpi besar. Karena dalam kondisi terparah sekalipun, ada tangan Allah yang bekerja. Setiap kerja keras, tidak akan pernah berakhir sia-sia. Terus raih impianmu.

Punya impian itu sifatnya wajib. Berusaha mewujudkan impian itu lebih wajib lagi. Karena, jika tidak terwujud, akan berefek kemana-mana. Berefek ke prestise diri dan kepercayaan diri. Self trust ini nantinya juga berpengaruh kepada kepercayaan orang lain terhadap kita. Kalo kepercayaan orang terhadap kita hilang, ditakutkan, kita akan mengalami kesulitan untuk beradapatasi, apalagi berkembang. Kita gak pengen itu terjadi dong?

My Bigger Deam

Ini empat impian besar saya yang sedang on the way mewujudkannya.  Yang pertama, omset bisnis fashion puluhan juta setiap bulannya. Punya omset jutaan dan puluhan juta tentu akan berbeda outputnya. Yang dulu hanya bisa berbagi puluhan ribu, impiannya bisa berbagi ratusan ribu, atau jutaan. Kayak Mas Baim Wong, yang punya rasa empati sangat tinggi Masya Allah.  Tujuannya adalah agar bisa berbagi dengan lebih banyak orang dengan nilai yang tak sedikit. Terkadang, sedih rasanya tidak bisa berbuat banyak untuk orang yang sedang membutuhkan.

Impian yang kedua,  mewujudkan cita-cita orang tua dan keluarga. Uang orang tua yang kita habiskan untuk hidup dan sekolah,  tentu tidak sedikit. Ingin sekali rasanya bisa membalas kasih sayang dan cinta mereka, yang mungkin dulu terhambat karena mewujudkan impian kita. Tak hanya orang tua, sanak saudara dan keluarga juga pasti ada pengaruhnya untuk kesuksesan kita saat ini. Membantu meringankan beban atau mengabulkan cita-cita mereka juga termasuk impian saya.

Punya rumah kontrakan yang banyak dan murah adalah impian saya yang ketiga.  Kenapa harus punya kontrakan yang banyak? Agar lebih banyak orang yang terbantu untuk punya tempat bermukim.  Karena rumah adalah pondasi keluarga. Di rumahlah, awal tempat pendidikan ibu dan  pembentukan karakter diri dari setiap insan. Semoga jika di rumah dapat terdidik dengan baik, akan terjadi lingkungan social yang baik pula.

Impian yang keempat adalah bisa travelling ke  seluruh dunia ( semoga corona segera pergi). Banyak berjalan, banyak yang kita lihat. Insya Allah akan lebih banyak ilmu dan insight yang kita dapat. Insya Allah lebih banyak ilmu syukur dan sabar yang kita pelajari saat travelling.

Bigger Pray

Keberkahan hidup. Selain tercapainya impian, keberkahan hidup hal yang penting banget bagi saya pribadi untuk dikejar. Cita-cita tercapai, namun tidak mendapat keberkahan, sama saja bohong. Hidup akan terasa hampa dan seakan tiada ujungnya. Namun jika ada keberkahan hidup, rezeki yang nilainya sedikit akan lebih banyak manfaatnya bagi keseharian. Begitu pesan nasehat yang saya dengar disampaikan para ustadz.

Keberkahan rezeki didapat dengan menjemputnya dengan cara yang halal. Yang Allah Ridhoi. Para penjemput rezeki, kita di dunia, sebaiknya senantiasa mendekatkan diri kepada Sang Pemilik Rezeki. Jungkir balik sekalipun kita paksakan, jika bukan rezeki kita maka tak akan menjadi milik kita. Namun tetap percaya, setiap kerja keras yang kita lakukan tak akan sia-sia. Jika tidak mendapatkan rezeki yang kita inginkan, maka pasti akan digantikan dengan rezeki yang lebih baik bagi kita. Kecerdasan untuk survive, terus bersabar dan berbaik sangka perlu terus diasah dalam diri.

Teringat akan nasehat ulama besar Imam Hasan Al Bashri. Beliau menyebutkan

“Aku tahu rezekiku tidak akan diambil orang, karena itu hatiku selalu tenang. Aku tahu amalku tidak akan dikerjakan orang, karena itu aku sibuk beramal.”

Atau pengingat dalam Al-Qurán,

 “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi ( pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui ( Al-Baqarah:216)

Yuk terus survive dalam jiwa dan pikiran yang baik..

My Bigger Pray

Muda kaya raya. Mati masuk surga. Siapa yang punya impian sama dengan saya? 😊

Iya, masuk surga yang paling tinggi, surga firdaus. Membayangkannnya saja membuat saya merinding. Semoga kita ketemu di surga ya dengan teman-teman yang baca tulisan saya ini. Kalo teman-teman masuk duluan, jangan lupa ajak saya yach. 😊

Selama sebelum masa pandemi, rasanya impian diri hanyalah berputar –putar pada urusan duniawi saja. Lupa akan satu hal, bahwa rezeki sudah dijanjikan Allah untuk dipenuhi. Namun surga belum tentu layak kita.  Impian tinggi ini tentu butuh komitmen diri dan komitmen ibadah. Karena Allah Maha Teliti pada setiap usaha kita.

Ibadah surgawi yang saya usahakan saat ini puncaknya masuk surga firdaus. Syarat untuk bisa masuk kesana juga tentu tidak sederhana. Mampu untuk melaksanakan sholat yang khusyuk adalah syarat utamanya. Jujur, ada saja yang terfikirkan hal dunia saat melaksanakan sholat. Terkadang ide brilliant muncul saat sholat. Masih banyak peer yang harus dilalui agar bisa layak masuk jadi penghuni surga firdaus.

Ibadah lainnya seperti, baca Quran satu hari satu juz, istighfar dan shalawat harian 1000 X setiap harinya, sedekah harian 30 % dari profit adalah beberapa ibadah yang jadi target pencapaian harian saya. Sudah terlaksana? Belum 100 %. Masih ada saja yang alpa atau terlewat. Batas minimal adalah jangan sampai menjadi pribadi yang  lebih buruk dari hari kemarin.

Punya impian adalah hal yang mudah. Namun tentu kita harus punya tools yang mendukung untuk mencapai impian tersebut. Perangkat kerja untuk  mewujudkan impian adalah laptop. Kenapa laptop? Dengan laptop saya bisa menyusun strategi, menyimpan data penjualan, data pelanggan, melihat progress omset, dan banyak hal teknis lainnya.

Salah satu teman saya memperkenalkan Laptop ASUS VivoBook 15 A516. Setelah saya telisik, saya jadi berandai jika punya laptop dengan layar lebar ini.

Kenalan yuk dengan ASUS VIVOBOOK A15 A516

Spesifikasi Laptop ASUS VivoBook 15 A516

Yuk, kita kenali laptop level entri ini yang banyak kelebihannya.

  1. Mudah dibawa kemana-mana

Laptop ASUS A15 A516 ringan dan gampang dibawa keman-mana

Sudah punya layar yang lebar, tetapi beratnya ringan, poin favorit dari laptop ASUS VivoBook 15 A516 ini. Laptop gampang dibawa kemana-mana, penting banget buat saya. Jangan sampai kita merasa terbebani dengan hal yang tidak krusial. Pekerjaan sendiri sudah ada beban tanggungjawabnya ya kan? Dengan berat hanya 1,8 kg termasuk laptop yang ringan. Oiya, laptop ASUS VivoBook 15 A516 ada dua pilihan warna elegan. Transparent silver dan slate grey. Kamu lebih suka warna yang mana?

Dua warna Elegan dari ASUS VIVOBOOK A15 A516

  1. Layar Nanoedge dengan sudut pandang 178 derajat

Ini nih hal yang buat saya jatuh cinta. Layar nanoedge dengan 83 % screen to body ratio yang luas di laptop modern ini. Jadi, gak perlu geser-geser atau scroll lebih sering saat menulis atau bekerja. Bekerja jadi lebih fokus. Dengan view angle 178 derajat, membuat saya gak akan teralihkan konsentrasinya saat bekerja atau sedang menonton film favorit. Dengan layar besar ini juga tentunya saya bisa melakukan lebih banyak  hal dalam satu waktu.

Layar Nanoedge yang lebar membuat bekerja bisa lebih fokus

  1. Lapisan anti glare

Yang bantu mata agar tidak cepat capek saat bekerja, adalah adanya lapisan anti glare di laptop asus vivobook ini. Lapisan anti glare ini akan mengurangi refleksi cahaya dengan baik. Apalagi, saat berada di luar ruangan, lapisan ini akan mengurangi pantulan cahaya, sehingga kita tetap bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Kalo kamu sering ngerasa cepat lelah di depan laptop, pilihan laptop asus dengan lapisan anti glare ini, iya banget untuk menambah checklist positif sebagai laptop andalan ya.

  1. Processor Intel® Core™ i5 generasi ke-10

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.Untuk processor dilengkapi dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. Dengan spesifikasi processor seperti ini banyak pekerjaan yang bisa kita selesaikan dengan lebih tepat waktu.

  1. Tempat penyimpanan ganda

Penyimpanan ganda saat ini terasa wajib banget. Kapsitas menyimpan data yang besar denga tidak mempengaruhi kinerja laptop penting banget. Terkadang, beberapa file atau pekerjaan harus segera diselesaikan. Tempat penyimpanan ganda ini ngebantu banget.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Semua aplikasi yang diperlukan bisa disimpan di SSD. Agar laptop tetap punya respon dan waktu load yang lebih cepat.  Kapasitasnya hingga 256GB. Sedangkan kapasitas HDD nya hingga 1TB. Mau simpan file, video, koleksi film, musik,album foto sudah lebih dari cukup. Jadi gak usah ragu lagi untuk menyimpan file di laptop.

  1. Fingerprint sensor

Sering lupa password? karena terlalu banyak yang harus diingat. No problemo kalo punya laptop ASUS VIVOBOOK A15 A516 ini. Kenapa? Karena sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari bawaan di touch pad dan Windows Hello. Jadi, no worry banget saat kondisi hectic dan buka file kerjaan.

Fitur Fingerprint sensor

  1. Backlit Keyboard

Masih ada deadline kerjaan tapi gak pengen ganggu keluarga yang mau tidur. Solusi yang bisa dilakukan adalah matiin lampu ruangan. Trus gimana kerjaannya? Kan udah deadline. Bisaaa!. Kalo keluarga atau pasangan kamu tipe yang gak suka terang saat tidur, kamu bisa tetap kerja kok. Karena laptop ASUS Vivobook A15 A516 ini sudah punya keyboard backlit. Meskipun dalam kondisi minim cahaya, insya Allah gak bakal banyak typo. Keyboard dengan key travel 1,4 mm juga mendukung agar tetap nyaman saat mengetik.

Seloow saat typing in the dark

  1. Konektifitas Yang Mumpuni

Konektifitas laptop ASUS VIVOBOOK A15 A516 termasuk yang lengkap. Laptop modern ini sudah dilengkapi dengan port USB 3.2 yang dapat diputar balik. Koneksi jenis ini punya kelebihan tersendiri. Kecepatan transfer datanya hingga 10 kali lebh cepat dari koneksi USB yang 2.0. Selain itu, dilengkapi juga dengan microSD reader dan HDMI yang memudahkan untuk menghasilkan suara dan gambar yang jauh lebih baik.

Konektifitas yang mumpuni

 

  1. Memiliki pelindung internal

ASUS VivoBook 15 A516 sudah dilengkapi fitur peredam guncangan E-A-R® HDD. Fitur ini sangat baik manfaatnya. Dengan pelindung internal ini, data kita dapat terlindung dengan baik dari setiap benturan. Benturan saat sedang dalam kendaraan atau saat membawanya di backpack.

Chasisnya sudah diperkuat dengan penahan logam di bawah keyboard. Chasis ini juga men-support untuk melindungi komponen internal dari laptop. Sisi tutupnya juga disokong untuk melindungi cover, layar, dan engsel.

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Keunggulan laptop entri level ini, mendukung banget untuk mencapai my bigger dream insya Allah. ASUS Vivobook A15 A516, perangkat kerja yang bisa saya andalkan untuk beradaptasi di masa pandemi ini. Lebih fokus dan lebih produktif, mewujudkan impian dan doa.  Dengan kelebihan ASUS Vivobook A15 A516 diatas, apa hal yang bikin kamu pengen banget punya laptop modern ini?

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”.

 

Referensi :

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/ASUS-A516/
https://www.kajianpustaka.com/2017/09/adversity-quotient-aq.html

https://www.asus.com/id/support/FAQ/1038282/

Ilustrasi :

Canva.com