Bahagia itu diciptakan, bukan dicari.

Belakangan sering banget kalimat ini dibaca atau didengar. Bahagia, satu kata yang jadi idaman banget dalam kehidupan. Satu kata ini menjadi tujuan banyak orang dalam hidup. Bagaimana denganmu Sahabat? Setiap hari kita menghabiskan 24 jam yang sama. Mulai dari bangun pagi, berangkat ke tempat kerja, pulang ke rumah, menghabiskan waktu bersama keluarga dan dilanjutkan dengan istirahat. Jika menghabiskan sepanjang waktu tanpa suasana bahagia, maka lama-lama akan menjadi kelelahan tidak hanya secara fisik namun menyerang kejiwaan. Akibatnya bisa jadi lebih fatal. Itulah kenapa penting banget bagi kita punya soft skill  bisa menciptakan bahagia versi kita sendiri. Bahagia itu kita yang ciptakan, kita yang hadirkan dalam hidup. Terus bagaimana caranya saya menciptakan bahagia versi saya pribadi? First thing adalah, melihat sekeliling diri. Melihat seluruh benda yang ada disekitar kita. Betapa terkadang kita gampang banget sedih karena gak punya sesuatu benda yang sudah lama kita impikan. Namun belum juga tercapai saat ini. Let it go!.

cara bahagia

Banyak hal atau benda yang ada di hadapan kita, yang saat ini sedang diimpikan orang lain. Bersyukurlah, saat ini sudah berada di genggamanmu. Just sharing, saat ini saya sedang memimpikan punya laptop keluaran terbaru dengan sistem operasi yang juga up to date. Namun, karena belum kesampaian, bersyukur saja dulu dengan yang ada sekarang ini. Yang bikin makin  happy adalah laptop dengan sistem operasi Windows 11  terbaru juga segera rilis. Mantaaappp!

 

 

Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Yippie! Dari info yang saya baca-baca, laptop dengan sistem operasi Windows 11  punya banyak kelebihan di widget yang dimilikinya. Mau ikutan tau gak nih kamu? saya spill  ke 11 widget di Windows 11 ini ya, yang pertama,

 

Calendar Widget. Widget ini  memudahkan kamu dalam membuat perencanaan. Orang -orang yang sibuk, punya banyak kegiatan, event yang harus dihadiri, deadline kerjaan, dan tentunya tak pernah lupa lagi ulang tahun orang-orang tersayang seperti ultah pasangan atau anak.

To Do Widget, Widget yang kedua  ini pas banget buat kamu yang deadline kerjaannya padat merayap. To Do Widget ini akan menuntun keseharian, jam per jamnya dalam menuntaskan deadline demi deadline pekerjaan.

Entertainment Widget. Ini pasti jadi widget favorit bagi saya. Do widget ini saya bisa update dengan keluaran  film terbaru. Terlebih lagi ada Watchlist Widget, jangan khawatir ketinggalan nonton episode drama korea yang still on going. Buat kamu para gamers, ada Sport widget  juga yang bantu kamu tetap update dari skor pertandingan game e-sport. Buat yang suka nyari hiburan saat jenuh pas banget kan nih ?!

Photo Widget, Hayo ngacung kalo kamu lagi penat di kerjaan. Setelah melihat foto keluarga, foto mobil atau rumah impian buat mood kamu lebih baik. Pengaturan foto-foto pilihan kamu bisa banget kamu pasang di photo widget ini.

Traffic Widget, Widget ini bisa membantu kamu untuk memilih opsi-opsi perjalanan saat akan berangkat ke kantor atau agar tidak telat saat ada janji ketemu klien. Traffic widget juga dilengkapi dengan Weather widget yang menginformasikan tentang kondisi cuaca setiap harinya. Jangan jadi sakit karena kehujanan lagi ya !:)

Dua widget lainnya adalah Top Stories Widget, Widget yang menginformasikan agar selalu up to date dengan berita atau situasi terkini. Kamu bisa pilih mau menampilkan informasi apa aja di widget ini. Sedangkan yang terakhir adalah  Tips Widget, sebagai sumber informasi lebih lengkap mengenai widget di Windows 11.

 

 

Selain unggul di sistem operasi yang dimiliki versi terbaru, Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) juga menang dalam hal kenyamanan. Sesuai banget dengan versi saya untuk menciptakan bahagia adalah build the atmosphere.

cara bahagia

Saat sedang penat biasanya saya suka mengalihkan lelah di depan laptop dengen beberes rumah atau sekedar duduk santai sejenak.  Kalo pakai Laptop vivobook 13 Slate OLED bisa nonton sambil rebahan gini pasti nih. Pas banget nih!. Laptop ini bisa dilepas atau dipasang versi laptop, bisa menyesuaikan senyaman yang kita inginkan.

 

Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini sifatnya detachable alias bisa dilepas. Maksudnya gimana nih? Selain jadi laptop sebagaimana biasanya, Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) bisa juga dilepas, sehingga bisa jadi tablet. Ukuran layar sebesar 13 inch (16:9) pastinya memuaskan mata baik untuk pekerjaan atau sedang menikmati hiburan. Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) dengan mode tablet menciptakan suasanya yang nyaman bagi kamu setelah berpenat-penat ria seharian. Versi tabletnya bisa diaplikasikan saat menonton, drawing buat kamu yang suka menggambar, atau sambil belajar ilmu terbaru dari berbagai jenis platform.

 

Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) yang detachable

 

Keunggulan laptop yang detachable adalah bisa menyesuaikan versi nyaman yang kamu inginkan. Laptop versi utuh dengan hadirnya keyboard, di versi ini bisa kamu lepas. Dan menikmati versi tablet  yang mungkin kamu butuhkan saat sedang berleyeh-leyeh ria. Keyboard nya juga full size bukan yang ukuran kecil. Tentunya menyesuaikan dengan layar laptop yang berukuran 13,3 inch dengan resolusi full HD. Nah, pas banget kan buat enjoy watching movie 🙂

Tidak diragukan lagi, layar Laptop ASUS OLED memiliki banyak keunggulan. Yuk kita cek satu persatu keunggulan dari layar ASUS OLED ini.

Pertama : Terbaik di kelas di Color Gamut

Color gamut ini adalah rentang warna yang dapat ditampilkan oleh layar laptop ASUS OLED, dan ini juara di kelasnya. Ketepatan pemilihan warna jelas. Sejumlah 1.07 milyar warna dapat dihasilkan dari layar OLED dengan baik. Tak perlu risau buat kamu yang suka buat presentasi atau ketika membuat desain sederhana seperti saya. Gak ada lagi istilah salah warna. Coba cek deh, begini nih perbandingannya.

 

Beda banget kan kontras warna yang dihasilkan ASUS layar OLED 100% DCI-P3 dan tentunya sudah mendapat sertifikasi Pantone Validated. Warna-warna yang tampak di layar adalah benar-benar warna yang sebenarnya. Nah tuch real-nya beneran!.

Kedua : No worry with blue light 

Masih soal keunggulan layar ASUS OLED, sertifikasi dari TUV Rheinland sudah mengusir kekhawatiran efek negatif dari blue light. No worry dear, ASUS OLED memancarkan 70 % lebih sedikit cahaya biru, sehingga kualitas tidurmu  tetap bisa terjaga.

 

Ketiga : Kecepatan  refresh pertama dengan waktu respon tercepat

 

 

Untuk kebutuhan desain animasi, video streaming, gaming, atau scrolling pada saat membaca, laptop dengan respon yang tercepat akan sangat mempengaruhi kenyamanan mata. Pasti beda feel nya nonton dengan kontras warna yang pas dibanding dengan layar yang agak nge-blurr. Kecepatan refresh 120 Hz dalam 0,2 menit di layar ASUS OLED tentunya akan menambah suasana semakin real. Pada layar LCD dengan 144 Hz atau 165 Hz masih membutuhkan waktu yang lebih lama dalam hal refreshnya yaitu sekitar 13 menit.

Keempat : Kontras warna terbaik meski dalam kondisi sedikit cahaya

Saat sedang berada di berbeda ruangan, kontras cahaya sedikit banyak akan berbeda. Saat sedang berada di ruang tamu, di kantor atau di ruang kerja, layar ASUS OLED akan tetap menghasilkan warna kontras terbaiknya dalam segala kondisi cahaya. Perbandingannya dapat dilihat di gambar dibawah. Pada saat di ruang tamu, dengan hanya tingkat kecerahan 177 nits, mata dapat menangkap kontras warna terbaik. Sedangkan pada layar LCD, 400 nits dikeluarkan untuk memberikan kontras warna terbaik dalam kondisi apapun. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat blue light yang masuk ke mata.

 

Kelima : Terbaik dalam kontras warna hitam

Pernah nonton di bioskop yang suasananya gelap abis? tetap mengasyikkan karna warna yang tampak menarik mata. Pada layar ASUS OLED , kontras hitam yang dihasilkan tampak lebih nyata dibandingkan dari layar LCD.

 

Nyaman di mata karena layar ASUS OLED, dan nyaman saat jadi laptop atau tablet.

Selain layar ASUS OLED, Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) suara yang keluar saat kita nonton sudah rekomendasi DOLBY ATMOS dengan teknologi smart amplifier-nya. Intel quad core CPU hingga 3,3 GHz, dilengkapi ASUS Pen 2,0, touchpad yang lebar sebesar 128 x 64 mm makin mendukung produktifitas dalam pekerjaan. Laptop yang detachable ini  jika dalam versi laptop, cover stand nya bisa dibuka hingga 170°. 

Mantap kan !.

Soal konektifitas jangan khawatir, 2 x USB-C®, 1 x audio jack, 1 x microSD card reader siap men-support apapun yang kamu inginkan dari  Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini. Saat sedang berada di luar ruagan, laptop ini bisa terisi penuh 60 % hanya dalam waktu 39 menit saja. Untuk keperluan meeting online atau sekedar say hi untuk sahabat, dual kameranya tentu bisa diandalkan. Kamera ganda dengan 13 MP dan 5 MP buat pekerjaan atau silaturahmi makin happy.

Balik lagi ke poin, cara saya menciptakan bahagia. Defenisi bahagia bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Salah satunya adalah bisa melakukan apa yang kita sukai, istilah zaman now nya adalah work – life balance.

cara bahagia

Menyisihkan waktu melakukan me time untuk hal yang kita sukai  adalah  salah satu bentuk self love dengan harapan mendapat kebahagiaan. Menyisihkan waktu untuk me time adalah salah satu bentuk reward bagi diri karena telah berkutat dalam pekerjaan selama 8-10 jam. Reward-nya bisa berupa segelas coklat hangat sambil menikmati scrolling di media sosial atau menonton lanjutan episode drama korea.

 

Dunia seakan tak pernah habis dengan pekerjaan dan tanggungjawab. Kita butuh trik dalam hal penyelesaian tanggungjawab di setiap detik kehidupan. Dalam hal ini ilmu manajemen waktu perlu dikuasai. Dalam manajemen waktu, saya biasanya menerapkan prinsip dari matriks Eisenhower. Matrik Eisenhower ini penting dalam menetapkan keputusan tentang  prioritas pekerjaan. Menyusun prioritas pekerjaan mengajarkan diri agar disiplin dan bertanggungjawab terhadap empat hal, yaitu pekerjaan mendesak atau tidak mendesak dan pekerjaan penting atau tidak penting.

  1. Pekerjaan mendesak dan penting berarti pekerjaan tersebut harus segera dikerjakan.
  2. Pekerjaan penting tetapi tidak mendesak: pekerjaan yang penting dilakukan namun tidak terlalu terburu-buru, sehingga masih bisa dijadwalkan untuk dilakukan nanti.
  3. Pekerjaan mendesak tetapi tidak penting: pekerjaan yang harus segera diselesaikan tetapi tidak terlalu penting dan di opsi ini kamu bisa mendelegasikan orang lain untuk meyelesaikannya.
  4. Pekerjaan tidak mendesak atau penting: pekerjaan ini bisa dihilangkan saja.

 

 

Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) yang terintegrasi dengan Windows 11 membuat perencanaan keseharian bisa lebih baik. To Do Widget yang diceritakan di awal bisa mengingatkan kita tentang urutan pekerjaan kita selama 24 jam.

cara bahagia

Berbagi kebahagiaan dengan orang lain terutama orang yang kita sayang bisa meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Merasa dibutuhkan atau memiliki manfaat bagi orang lain, meningkatkan produktifitas kita yang akan menjadi jalan bahagia juga buat kita.

Multifungsi dari laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini bisa digunakan untuk pekerjaan dan hiburan. Beragam jenis kebutuhan dan berbagai cara juga defenisi nyaman atau bahagia setiap anggota keluarga dalam pemenuhannya. Anak-anak yang butuh laptop untuk menyelesaikan PR, istri atau suami yang lagi ada jadwal zoom meeting, bisa dipenuhi dari satu device laptop vivobook 13 slate OLED ini. Kalo semua happy, suasana rumah juga menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

cara bahagia

Hormon bahagia juga bisa tercipta saat pekerjaan kita bisa bermanfaat untuk orang banyak. Pekerjaan yang menyedot banyak waktu terasa terbayarkan saat klien happy dengan apa yang kita kerjakan, saat customer puas dengan produk yang kita jual, saat pasangan suka dengan makanan yang dimasak, saat tulisan kita bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Saat sedang berbagi ilmu lewat zoom meeting, tetangga saat itu sedang merenovasi rumah, suara palu bersahutan turut  terdengar juga oleh audience. Otomatis suasana yang ada jadi kurang kondusif saat sharing berlangsung. Teknologi Noise Cancelling di Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300)  pas banget buat kamu yang punya kerjaan banyak dan berkoordinasi lewat zoom meeting. Teknologi  Noice Cancelling ini akan membantu suasana rapat atau webinar tetap lebih profesional.

Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) yang bisa dijadikan laptop dan tablet mampu meningkatkan produktifitas siapapun yang memilikinya. Hidup  lebih produktif maka kreatifitas meningkat, dua hal ini membuat hidup menjadi lebih bahagia.

Menjalani hidup dengan rasa syukur, puas, dan senang pada seluruh yang terjadi dalam kehidupan kita juga bisa melahirkan hormon bahagia dalam diri. Semoga setelah membaca tulisan ini, waktu kamu tidak terbuang percuma. Dan kamu bisa menciptakan kebahagiaan versi kamu sendiri.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED

 

Referensi :

www.microsoft.com/en-us/windows/remote-resource-center/top-windows-widgets-to-know-about?r=1

www.asus.com/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-13-Slate-OLED-T3300/