Intip Berbagai Ide Smart dalam Menata Rumah Jika Kamu Memiliki Rumah Mungil

Rumah minimalis, ide rumah yang banyak berkembang saat ini. Antara rumah minimalis dan rumah mungil berbeda makna antara keduanya. Rumah minimalis mengacu pada konsep yang dibentuk dalam penyajian rumah tersebut. Rumah minimalis fokus pada penggunaan ruang berdasarkan sisi fungsionalnya saja. Umumnya tidak memiliki dekorasi. Konsep simplicity diterapkan di rumah ini.

Berbeda halnya dengan rumah mungil. Rumah mungil atau tiny house , mengacu pada ukurannya yang tergolong mungil. Ukuran rumah yang mungil ini mengharuskan kita harus pinter-pinter dalam memanfaatkan ruang. Jika salah , maka ruangan yang sudah mungil akan semakin tampak mungil karena salah penempatan barang-barang. Atau bisa menyisakan ruang yang sedikit bagi penghuni rumah.

Dalam kesempatan yang lalu saya menghadiri event tentang “Seni Menata Rumah” di IPEX 2019. Event ini merupakan sebuah kegiatan yang diadakan oleh Indonesia Properti Expo (IPEX). IPEX merupakan pameran berbagai jenis perumahan dan property di tanah air. Dalam acara IPEX ini selain menawarkan rumah dan property juga banyak ditawarkan berbagai jenis pembayaran  dari berbagai jenis bank.

Seni Menata Rumah Mungil

Pada sesi ini, saya berterimakasih banyak atas ide-ide brilliant yang telah dibagikan oleh Mba Adelyavk. Memiliki rumah dengan luas ukuran 30/60, tidak membatasi idenya untuk berkreatifitas. Menurut Mba Adel, sebuah rumah mungil harus memenuhi 3 hal :

  1. Gaya hidup yang disederhanakan
  2. Lebih sedikit ruang yang tersedia
  3. Lebih bijak dalam menambah barang tambahan

Ketiga hal tersebut harus dipenuhi agar bisa hidup  tetap cozy di dalam rumah mungil. Misalnya saja, sebagai perempuan  suka banget sama hal yang imut, hal yang lucu. Akibatnya kamar atau rumah dipenuhi dengan berbagai barang yang seringnya ‘dibuang sayang’.  Padahal kalo keinginan untuk beli bisa ditahan, bisa menyisakan ruang lebih luas. Selain barang imut, kardus –kardus bekas elektronik, mau gak mau menambah space di rumah dalam waktu satu atau dua tahun. Maka, sebelum membeli barang ada baiknya kita berfikir bijak tentang apakah barang elektronik tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Dalam hal penataan rumah mungil  ada berbagai hal yang perlu diperhatikan :

1. Lighting Natural 

Pencahayaan jadi hal yang wajib banget diperhatikan jika punya rumah mungil. Pencahayaan yang tepat akan menambah kesan hangat di dalam rumah. Untuk pencahayaan bisa terbagi atas dua cara : Pencahayaan buatan dan pencahayaan alami ( pencahayaan berasal dari sinar matahari).

Pencahayaan buatan terdiri dari : standing lamp (lampu yang memiliki posisi tegak dan umumnya diletakkan diatas lantai), pendant lamp (lampu yang biasanya menggantung di langit-langit), dan wall lamp (lampu yang biasanya menempel di dinding).

2. Sirkulasi Udara 

Sirkulasi udara ini penting banget dalam sebuah  rumah, baik rumah mungil atau rumah besar. Sirkulasi dalam rumah mungil bisa disiasati dengan pemasangan cooker hood,  exhaust fan dan jendela besar.  Cooker hood ini berfungsi untuk menyerap udara dan tidak meninggalkan minyak di lantai saat sibuk memasak di dapur.

3. Tone Warna 

Pemilihan tone warna juga sebaiknya dipilih yang warna – warna netral, seperti : putih, abu-abu muda, dan coklat muda.

4. Penyimpanan

Ini salah satu hal yang wajib diketahui dan diterapkan kalo punya rumah mungil. Jika tidak bisa menyimpan barang-barang dengan baik, maka akan semakin banyak barang yang terlihat berantakan. Misalnya saja penempatan handuk di atas pintu kamar mandi, menyusun buku dirak horizontal yang didesain di  atas pintu atau dibuat rak-rak khusus yang isinya buku-buku.

5. Tanaman

Penempatan tanaman di dalam rumah mungil patut diperhatikan. Pilihlah tanaman yang ukurannya agak besar dan memiliki daun lebar berwarna hijau. Penempatan tanaman akan membuat suasana di dalam rumah lebih segar. Pohon zaitun bisa dijadikan pilihan.  

6. Ketepatan Furniture 

Ketepatan pemilihan furniture dan tone warna dari furniture juga jadi salah satu kunci agar rumah mungil tetap tampak rapid an menyenangkan.  Misalnya saja, jika kamu suka warna coklat. Pilihlah tone furniture yang juga punya warna senada atau melengkapinya dengan warna-warna strong seperti warna hitam.

Setelah mengetahui ke-6 hal diatas, ada baiknya kita mengenali kesukaan kita sendiri dalam memilih tema rumah. Begitu banyak pilihan tema rumah, maka kamu  baiknya mengenali tema rumah yang menggambarkan bisa mewakili seluruh kepentingan anggota keluarga. Tema-tema rumah berikut, dapat menjadi pilihanmu. Simak lengkapnya ya :

  1. Rustic Style

Bahasa rustic sendiri dapat diartikan dengan kesan alamiah. Kesan alamiah ini didapat dengan menggunakan material seperti kayu atau beton dengan tekstur kasar atau halus. Kesan alami ini bisa diperoleh dengan teknik finishing atau membiarkan begitu saja.

rustic home

2. French Country  Style 

Konsep rumah french country ini memadukan antara warna netral ( white ivory) dengan warna strong misalnya dark brown. Konsep rumah ini menambah ornamen dengan konsep elegan dan menyandang kesederhanaan. 

 

3. Bohemian Style 

Gaya yang menambahkan konsep alam ke dalam rumah, misalnya dengan menambahkan tanaman ke dalam rumah. 

4. Scandinavian Style 

Konsep rumah yang banyak diminati juga saat ini. KOnsep rumah yang terbuka, terang dan cinta alam  merupakan ciri khusus konsep rumah ini. 

5. Modern Japanese 

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
modern japan

Dari ke 5 konsep rumah yang diatas, kamu lebih suka yang mana temans? .  Kalo saya kayaknya sistimnya campur-campur style, hahahaha. Jadi bisa memadupadankan semua kebutuhan. Oiya, satu yg utama nih, konsultasi bareng suami konsep rumah yang bagaimana yang harus diterapkan di rumah. Karena yang paling penting, adalah everyone is happy being at home. Setuju kan? 

Jangan lupa datang ke Indonesia Property Expo setiap tahunnya ya. Tahun ini IPEX 2019 berlangsung sejak tanggal 24 Juli- 4 Agustus 2019. IPEX 2019 diadakan di Jakarta Convention Center. 

 

Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi link instagramnya IPEX di @indonesiapropertiexpo