Jadi Manfaat

Cara Mudah Jadi Manfaat Hingga Akhirat

 

 

Usianya  baru kepala lima. Namun wajahnya menampakkan kerut lebih banyak dari usia yang dimilikinya. Sehari-hari, beliau tinggal bersama tiga cucu. Nek, begitu saya menyapanya. Sapaan yang sama dengan tiga cucunya.  Si pemilik murah senyum ini selalu ramah dan hangat ketika saya melewati rumahnya.  ‘‘Mau kemana Neng?”, pertanyaan yang selalu sama. ”Mau ke depan Nek. Nenek sehat? “. Saya menjawab sambil menghentikan langkah saya sejenak. “Asam urat nenek kambuh lagi, jawabnya. ”Udah ada obatnya Nek? saya bertanya antusias. “Belum Neng, nanti juga sembuh sendirilah”. Ia bergerak perlahan, dari posisi duduk untuk berdiri. Tak sengaja, mata saya melihat gendongan bayi. “Ada baby ya nek?” spontan saya bertanya. ”Iya Neng, Mba mu punya baby lagi, baru aja tidur tuh di kamar. Sok .. kalo mau liat”, Nenek menawarkan.  Saya menolak tawaran dengan sedikit kaget nenek dengan alasan mau ke warung depan. ”Nenek istirahat dulu, nanti saya main pas ade bayi udah bangun ya Nek”, saya meminta izin dan sekaligus pamit meninggalkan Nenek untuk beristirahat.

 

 

Sapaan sore itu, menambah alasan saya untuk lebih memperhatikan Nenek. Membantu membelikan obat saat beliau sedang sakit, jajan makanan favoritnya, bercengkrama dengan ade bayi agar nenek bisa istirahat sejenak, dan banyak hal lainnya.  Saya memang tidak bisa menghabiskan banyak waktu bersama beliau. Namun sapaan – sapaan singkat, membuat kami jadi lebih dekat. Singgah sebentar melihat keadaan beliau memahamkan saya  kondisi nenek.  Beliau bertanggungjawab mengurus tiga cucu dengan usia yang berdekatan.  Anak perempuannya tinggal di rumah yang berbeda dengan beliau. Anak perempuan satu-satunya itu pernah ditinggalkan suaminya. Karena masalah ekonomi dan sebab lainnya. Kini Mba sudah rujuk kembali dengan suaminya.  Nenek memilih untuk tetap tinggal di rumah tersebut bersama cucu-cucunya.  Dengan hadirnya cucu baru, kekuatan fisiknya akan lebih banyak lagi terkuras.

Pernah satu waktu, beliau dipanggil oleh orang tua dari teman cucunya. Cucu kedua yang laki-laki, dengan usia 6 tahun, lagi senang berulah. Kali ini, ia melukai teman mainnya. Alhasil, Emak si anak tersebut memaki-maki dan memarahi nenek. Masih banyak ragam kejadian yang Nenek bagi dengan saya. Dengan suara yang lelah, ia  bercerita ulah cucunya sambil  geleng kepala. 

Tentunya sangat tak mudah bagi Nenek mengakomodir 3 cucu, ditambah satu bayi baru. Belum lagi, kalo cucu-cucunya request masakan kesukaan masing-masing. Rasanya tak sampai hati mendengarkan curhat nenek.  Beban di pundak nenek dengan empat cucunya, terasa sangat berat saat saya membayangkannya.

Saat waktu agak lapang, saya menemani beliau duduk sore-sore sambil menikmati es favoritnya. “Saya mau es moci aja Neng”, ucap nenek sedikit berteriak saat saya menanyakan rasa favoritnya. Dengan wajah sumringah, beliau menghabiskan es moci. Bahagia sekali melihat raut ceria anak kecil di wajahnya.

Pemberian sedikit madu, buah, obat pusing, cemilan biskuit atau lontong memang tak akan mengurangi segala beban yang ada di pundak beliau. Namun, insya Allah tetap akan menjadi manfaat untuknya. Kebersamaan dan waktu yang dihabiskan semoga menjadi pelipur sedikit lelahnya seharian.  “Sehat dan bahagia selalu ya Nek!”. 

Nikmatnya Jadi Manfaat Untuk Orang Lain

Bukan karena ingin dipandang baik, saat berbuat bajik. 

Bukan karena ingin dihormati, saat  memberikan empati. 

Tetapi, ingin mengemis kasih sayang dari yang Maha Pengasih dan  Penyayang.

Memang secara zahir, kita yang memberikan bantuan kepada orang lain. Kita yang memberikan manfaat.  Namun sejatinya, kitalah yang membutuhkan orang lain untuk membuka  jalan kebaikan  dari Allah untuk kita sendiri. Jadi manfaat untuk orang lain ini adalah cara kita untuk memohon kebaikan, mengharapkan kasih sayang Allah dalam kehidupan kita. 

Nikmat menjadi manfaat bagi orang lain, punya rasa yang luar biasa di dalam hati. Rasa bahagia yang tak terkatakan. Sejuknya terasa mendamaikan. Rasa yang Allah hadirkan ke dalam hati orang-orang yang menyayangi sesama. Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang mencintai orang lain. Rasa Rahmah dan Rahim yang Allah alirkan ke dalam hati. Jika mendapat cinta dan ridhonya Allah, maka hati akan terasa damai, urusan terasa dimudahkan dan melimpah kebaikan dalam kehidupan kita. 

Dalam Al-quran dan Hadits,  sudah dikabarkan janji Allah tentang menjadi manfaat untuk orang lain:

Yang Pertama, Allah melepaskan kesusahannya di hari kiamat dan memudahkan urusannya.

Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.

Yang Kedua, Mendapatkan balasan kebaikan dari Allah

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”

(QS. al-Zalzalah: 7-8)

Yang Ketiga, Allah lipatgandakan pahala yang banyak 

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

Keempat, Tergolong manusia yang paling dicintai oleh Allah dan juga termasuk amalan yang paling dicintai Allah 

Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beriktikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR.Thabrani)

Dan yang kelima, termasuk  amal soleh yang mencegah manusia dalam kerugian 

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr: 1-3).


Masih banyak lagi, ayat-ayat Alquran dan hadits yang bermakna keutamaan dari menjadi manfaat bagi orang lain. Terasa sejuk mengalir dalam hati, saat melihat senyum yang hadir di wajah orang-orang yang kita bantu. 

Tuntunan Islam Tentang Jadi Manfaat

Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan banyak manfaat bagi orang lain, salah satu isi hadits yang sangat akrab di telinga kita. Isi hadits ini mengandung makna yang dalam.  Poin yang pertama mengenai sebaik-baik manusia  dan poin yang kedua adalah tentang memberi manfaat. Sebaik-baik manusia mengandung arti bahwa untuk menjadi sebaik-baik manusia atau manusia terbaik ada syarat yang diperlukan. Syarat tersebut disebutkan dalam isi hadits tersebut. Yaitu adalah manusia yang memberikan manfaat kepada orang lain. Dapat dilihat bahwa dua hal ini sangat berkaitan erat satu dengan yang lainnya. Dan dua hal ini adalah dua hal yang tak terpisahkan. 

Alhamdulillah, Islam telah telah sangat sempurna dalam memberikan tuntunan di segala aspek kehidupan, termasuk cara menjadi manfaat bagi orang banyak. 

Jadi manfaat dalam kehidupan kita bisa dilakukan dalam banyak cara. Terbentang luas jalan kebaikan yang bisa kita pilih. Jalan apapun yang kita tempuh, selama memberikan manfaat banyak untuk orang lain  insya Allah akan mendapat kebaikan dari Allah. Salah satu cara jadi manfaat kepada orang lain  bisa disalurkan dalam bentuk zakat, infaq, wakaf, dan sedekah. 

Yuk kita cek, perbedaan masing-masing sebelum kita menjadi manfaat bagi orang lain. 

Nah, sekarang sudah jelas ya perbedaan antara keempatnya, sehingga kita bisa paham besar manfaat yang kita berikan dan kepada siapa saja yang berhak menerimanya. 

Cara Mudah Jadi Manfaat

Saat ini, dominasi kesibukan manusia millenial lebih banyak dihabiskan di depan layar. Baik di depan layar smartphone , tablet atau di layar laptop. Sudah semakin sedikit melakukan interaksi sosial secara langsung.  Hal ini menyebabkan, semakin berkurangnya pengenalan terhadap lingkungan sekitar, seperti halnya mengenal tetangga. Interaksi antar manusia perlahan tergantikan dengan interaksi manusia dengan gadget yang dimiliki. 

Dengan kondisi seperti itu, butuh media atau lembaga profesional  dan terpercaya dalam hal pengelolaan jadi manfaat bagi orang lain. Banyak fakir miskin, anak-anak yatim, orang tua dan pejuang keluarga yang masih menunggu uluran  bantuan. Sempitnya waktu, pekerjaan yang tiada habisnya, dan padatnya urusan masing-masing mempersempit waktu untuk berinteraksi secara langsung. Hadirnya badan yang mampu mengelola kegiatan tolong menolong ini akan sangat mempermudah proses Jadi Manfaat sehingga zakat, wakaf, infaq, dan sedekah dapat tersalurkan dengan baik langsung ke penerima manfaat. 

 

Dompet Dhuafa, sejak tahun 1993, telah menjadi  salah satu  lembaga yang amanah dalam hal pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Lembaga filantropi dan kemanusiaan ini mengedepankan konsep kasih sayang sebagai akar gerakannya. Tidak hanya terkait bantuan  ekonomi, Dompet Dhuafa juga banyak memiliki program penting di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, serta dakwah dan budaya. 

Untuk info lebih detail, bisa langsung cek informasi lebih lengkap tentang Dompet Dhuafa. 

Untuk menjadi bagian dari Jadi Manfaat, Dompet Dhuafa telah banyak menghadirkan berbagai kemudahan.  Banyak program ZISWAF yang sudah terkelola dengan baik. Programnya antara lain : 

Untuk turut andil dalam program Jadi Manfaat ini, bisa langsung mengunjungi link donasi Dompet Dhuafa.

Selanjutnya, langsung pilih di bidang program apa temen-temen ingin menjadi bagian dari Jadi Manfaat. 

Ragam program Jadi Manfaat Dompet Dhuafa ini bisa banget untuk jadi kanal donasi utama teman-teman di bulan Ramadhan ini. Bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang sangat spesial untuk berbagi dengan yang lainnya. Selain karena masih banyak yang sangat membutuhkan bantuan, bulan yang mulia ini adalah bulan yang berlimpah pahala dan bermlimpah berkah jika bisa menjadi manfaat bagi yang lainnya. Tiga puluh hari di bulan Ramadhan ini adalah bulan yang PAS untuk menabung banyak kebaikan sehingga 30 Hari Jadi Manfaat. 

30 Hari Jadi Manfaat di berbagai  program Dompet Dhuafa menjadi tabungan pahala dan  kebaikan setiap harinya di bulan penuh rahmah ini. 

Tidak hanya program yang banyak memberikan manfaat, Dompet Dhuafa juga menghadirkan berbagai  kemudahan dalam hal metode pembayaran.  Transfer bank bisa dilakukan dengan banyak jenis bank swasta syariah maupun konvensional. Selain itu pembayaran bisa dilakukan melalui link donasi, QRIS dan dompet elektronik (e-wallet). Jadi, semua lini pembayaran bisa diakomodir dengan baik. 

Satu hal yang sangat saya sukai secara pribadi setelah berbagi adalah mendapatkan doa. Bagi saya, doa yang dipanjatkan memiliki makna yang sangat luar biasa. 

Karena doa adalah senjata dan  pelindung diri, itu yang saya yakini. Doa itu adalah senjata bagi orang-orang yang beriman, penegak agama, dan cahaya bagi langit dan bumi, begitu hadits Rasulullah. Doa- doa yang dipanjatkan oleh orang-orang yang menerima manfaat semoga menjadi pelindung keluarga, pelimpah cahaya dan kasih sayang Allah bagi saya dan keluarga. Doa yang kelak akan menjadi cahaya saat kita berada di alam kubur dan penyelamat kita saat di akhirat nanti. 

Jangan ragu Jadi Manfaat

Jadi Manfaat adalah obat selamat

Obat Selamat untuk dunia dan akhirat.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Referensi :

dompetdhuafa.org

rumaysho.com/21196-raihlah-pahala-besar-dalam-amalan-mutaaddi.html

www.dompetdhuafa.org/perbedaan-zakat-infak-sedekah

www.dompetdhuafa.org/wakaf-amal-jariyah

www.dompetdhuafa.org/wakaf-segelas-kopi/

  1. https://www.maria-g-soemitro.com/ :

    jadi terkenang alm bude/uwak saya

    sepanjuang hidupnya hanya untuk anak, termasuk ketika anak2nya memnikah

    “sini , anak2 saya yang urus, kalian ngurusin kantor aja” katanya

    padahal sang bude juga sibuk, beliau punya umkm rempeyek yang prospeknya sangat bagus

    tapi sering terbengkelai gara2 ngurus cucu

  2. Dian Restu Agustina :

    Ulasannya menarik dan inspiratif. Jadi pengingat saya untuk terus jadi manfaat bagi sesama. Memang ya setelah berbagi lalu mendapatkan doa itu nyess bener rasanya. Doa yang dipanjatkan yang memiliki makna yang sangat luar biasa yang bisa jadi cahaya dan penyelamat kita kelak

  3. https://www.annienugraha.com :

    “Memang secara zahir, kita yang memberikan bantuan kepada orang lain. Kita yang memberikan manfaat. Namun sejatinya, kitalah yang membutuhkan orang lain untuk membuka jalan kebaikan dari Allah untuk kita sendiri. Jadi manfaat untuk orang lain ini adalah cara kita untuk memohon kebaikan, mengharapkan kasih sayang Allah dalam kehidupan kita.” MashaAllah rangkaian kalimat yang mengingatkan diri sendiri banget ini. Terkadang kita berpikir bahwa kitalah sumber dari manfaat itu. Padahal justru dengan kehadiran orang lain yang membutuhkanlah, arti manfaat itu tumbuh dan berasal.

    Terimakasih untuk tulisan yang apik ini Mbak. Semoga keberkahan, rezeki dan umur, memberikan kita kesempatan untuk menjadi manfaat bagi orang lain.

  4. www.reyneraea.com :

    Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat ya.
    Ulasan yang menarik banget, sekaligus jadi pengingat untuk saya pribadi untuk selalu ikhlas dan menjadi manfaat bagi siapapun, aamiin

  5. https://idatahmidah.com :

    Menjadi manfaat untuk orang lain sebenarnya semua akan kembali ke kita ya Mba. Saat berbuat terbaik kepada orang lain kita akan merasa bahagia. Belum lagi pahala dari Allah SWT. Masya Allah….

  6. https://www.deestories.com/ :

    Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk sesamanya ya mbak
    Banyak cara mudah membuat kita bermanfaat sampai akhirat

  7. Ulasan yang menarik sekali, mengingakan saya secara pribadi agar tak boleh merasa lelah untuk memberikan kebaikan pada orang2 di sekitar dan juga memperlakukan orang yang lebih tua dengan sebaik-baiknya. Nggak harus dengan perhatian gimana2, dgn sapaan dan senyum tulus serta jadi pendengar yg baik.
    Bukan untuk dilihat orang lain, tetapi utk mendekatkan diri sebagai manusia yg baik, yg bermanfaat bagi yg lainnya.

  8. https://www.shovya.com :

    Sekarang Dompet Dhuafa memiliki banyak sekali program ya, sehingga memberikan banyak manfaat kepada orang lain yang membutuhkan. Senangnya lagi proses donasi dipermudah dengan berbagai macam fitur pembayaran. Semoga makin banyak orang-orang yang berkontribusi memberikan manfaat untuk orang lain yg membutuhkan khususnya melalui Dompet Dhuafa ini

  9. fennibungsu.com :

    Bermanfaat buat orang lain adalah kebahagiaan yang luar biasa ya.
    Semoga kita dapat terus memberikan manfaat positif

  10. https://mamakpintar.com :

    Semoga nek selalu sehat ya, mengasuh 4 cucu dan salah satunya masih bayi dengan kondisi fisik tak sekuat masa mudanya dulu, tentunya sangat repot ya mbak. Tapi Nek menjalainya dengan ikhlas.

    Menjadi manfaat bagi orang lain memang banyak caranya ya mbak, tak melulu dengan harta. Sapaan hangat atau jadi pendengar yang baik pun akan dirasakan bermanfaat juga bagi orang yang hatinya sedang rusuh

  11. https://tehokti.com/lebaran-ketupat.html :

    Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk sesama. Dengan berbagi kebaikan sekecil apapun jika kita lakukan dengan kontinyu insyaallah akan ada hasilnya.
    Apalagi jika distribusikan oleh lembaga seberkualitas DD

  12. www.talitha-rahma.com :

    Masyaallah, menjadi manfaat bagi orang lain terus menjadi usaha yang juga saya lakukan dan pesan nanti juga saya sampaikan ke anak-anak. Cerita nenek di tulisan ini menginspirasi saya untuk tetap berbuat kebaikan tanpa mengharapkan kembali kebaikan. Semoga nenek sehat terus dan tetap menginspirasi, aamiin

  13. https://www.anekaresma.com :

    Masyallah sehat terus ya buat nenek mbak. Dan moga kita semua jadi bermanfaat buat orang lain. Aamiinn

  14. https://saniromemberiinfo.blogspot.com :

    Benar juga ya. Saat kita bisa menjadi manfaat untuk orang lain, kadang kita hanya seperti menabung manfaat untuk kita sendiri.

  15. Maria Soemitro :

    Dulu saya bilang ke anak anak kalo saya gak mau ngurusin cucu
    Cape! Cukup sudah mengurus 4 anak tanpa ada yang membantu

    Hihihi padahal mengurus cucu juga sedekah ya? 😀

  16. Dian Restu Agustina :

    Artikel ini menjadi pengingat diri…Terima kasih menuliskan ilai kebermanfaat dengan baik seperti ini. Setuju jika jadi manfaat untuk orang lain merupakan cara kita untuk memohon kebaikan, mengharapkan kasih sayang Allah dalam kehidupan kita. Semoga hidup kita banyak menjadi manfaat dan membawa keberkahan bagi sesama

  17. https://www.annienugraha.com :

    Tulisan Mbak Dian Restu di atas mewakili apa yang juga saya rasakan. Nyatanya untuk menjadi manfaat tuh banyak sekali caranya ya. Diantaranya adalah melaului zakat dan sedekah. Sederhana tapi penuh makna

  18. Sedih banget deh kalau sampai anak pisah sama ortu dan malah dirawat nenek yang udah kewalahan. Semoga ada jalan lebih baik bagi semuanya, ya

  19. https://www.deestories.com/ :

    Sebenarnya menjadi orang yang bermanfaat hingga akhirat itu mudah ya mbak
    Tergantung bagaimana kita mau berusaha saja

  20. https://fennibungsu.com :

    Dengan jadi manfaat bagi orang lain, rasanya memang luar biasa ya kak. Soalnya dari situ gak hanya berpahala aja kitanya, tapi memungkinkan untuk dapat amal jariyah yang terus mengalir

  21. https://catatankecilkeluarga.com :

    Menjadi bermanfaat bagi orang lain memang banyak caranya ya mbak, bisa membantu orang lain ini nyatanya juga bisa mendatangkan kebahagiaan buat diri sendiri lho.

    Makin banyak banget pilihan cara menjadi manfaat bagi orang lain melalui dompet dhuafa ini ya, apalagi sudah dikembangkan juga aplikasi yang bisa diakses siapapun dengan mudah

  22. http://deddyhuang.com :

    kebaikan memang bukan hanya di dunia saja, tapi gimana kita bisa dikenang oleh orang di sekitar kita yaa.. sekarang buat bayar zakat dan beramal makin mudah kita tinggal transfer saja ke lembaga yang dipercaya ya.

  23. https://www.mochferrydc.my.id :

    Dhompet dhuafa memiliki program charity bagus, bermanfaat bagi orang lain penting karena kebutuhan satu dengan lainnya sebagai insan manusia.


Your email address will not be published. Required fields are marked *