Belakangan ini, rasanya parno saya meningkat. Ada yang bersin saat belanja sayur, aja udah pengen lari menjauh. Ngobrol dengan tetangga yang papasan di jalan juga mikir panjang. Jangan-jangan beliau nya termasuk OTG, alias Orang Tanpa Gejala. Rasanya masker yang dipakai tidak akan berperan besar jika kebiasaan mencuci tangan dilupakan. Dan juga jika masih sering keluar rumah bertemu berbagai macam orang.

Rasa panik meningkat di awal minggu-minggu pertama corona menyambangi Jakarta . Ditambah lagi adanya anjuran pemerintah untuk  tetap di rumah aja. Seluruh kegiatan kini dilaksanakan di rumah. Pada saat 2 minggu pertama, masih berasa nyaman di rumah. Namun setelah itu kebosanan mulai terasa, teman2 begitu juga gak?

 

Panik yang berlebihan di masa stay at home seperti yang saya rasakan, hanya timbul jika tidak mengenali lawan perangnya. Virus Covid 19 memang tidak bisa dilihat dengan pandangan mata biasa. Makhluk mikroskopik ini bisa kita cegah penyebarannya, dengan cara mengenalinya lebih dulu. Kalau sudah tau bagaimana cara mencegah penularannya,  maka tingkat panik akan otomatis mereda. Itu sih yang saya rasakan.

Jangan lupa selalu memakai masker saat keluar rumah. Selalu bersihkan tangan dengan cuci tangan yang benar, atau mau cara praktis bisa menggunakan hand sanitizer. Setelah melaksanakan aktifitas di luar rumah,  seluruh pakaian  yang dikenakan langsung masuk tempat cuci saat sampai di rumah. Dan bersihkan dengan sanitizer tempat atau area yang mungkin  menjadi media penularan, seperti gagang pintu, kunci, atau area yang biasa dipegang oleh tangan.

Trus, saat ngerasain gejala-gejala yang mirip dengan gejala covid seperti demam, batuk, pilek, sesak nafas apakah harus langsung panik?

Enggak dong, kan sekarang udah zaman digital. Kita bisa tes cepat covid online dan cepat mendapatkan hasilnya. Kalo masih bingung, mau cek secara online dimana, bisa cek cepat di halodoc. Pertanyaan  mengenai sakit yang pernah dialami , riwayat bepergian, dan riwayat kontak dan yang lainnya dapat membantu deteksi dini apakah terpapar virus covid 19 atau tidak.

test corona

Kalo sudah menemukan hasilnya, ikuti saran yang dianjurkan di akhir test corona ya.

 

Kalo masih ragu untuk bertanya langsung ke dokter di rumah sakit, kamu bisa bertanya langsung ke dokter-dokter yang kompeten di halodoc. Di halodoc, kita bisa memilih dokter sesuai dengan wilayah kita masing-masing, atau wilayah terdekat dengan kita. Selain berdasarkan wilayah, kita bisa juga memilih dokter sesuai dengan spesialisasi masing-masing dokter. Di halodoc juga bisa langsung buat janji dengan dokter lho. Caranya gampang banget lagi, tinggal pilih spesialisasi apa, pilih dokter, pilih rumah sakit, dan pilih jadwal ketemu. Selesai deh, gampang banget kan ya.

Untuk lebih simpelnya, kamu bisa langsung download aplikasi halodoc di Appstore atau Googleplay.

 

Tentang Halodoc

Halodoc bukanlah sebuah portal kesehatan biasa. Halodoc merupakan layanan kesehatan online. Di halodoc , kita bisa berkonsultasi online dengan dokter kompeten secara cepat. Dokter-dokter yang ada termasuk dokter yang sudah berpengalaman dan terverifikasi, baik dokter umum dan dokter spesialis nya. Wilayah cakupannya ada di seluruh Indonesia. Penjelasan dan saran medis yang diberikan adalah akurat dan terpercaya. Dan jangan khawatir, privasi kita akan terjaga. Hanya dengan tiga cara, tanpa keluar rumah, kita bisa berkonsultasi dengan dokter pilihan. Pilih dokter sesuai dengan keluhan kesehatan, tunggu dokter merespon, dan kamu bisa bebas mengungkapkan keluhan kesehatan dengan dokter pilihan.

 

Salam sehat untuk semua, semoga kita segera terbebas dari virus covid 19.

Stay at home n stay healthy ya