Kembalikan Binar Matamu Dengan Insto Dry Eyes

Mata kering ? Ada diantara temen, temen yang pernah ngalamin?
Duduk berlama-lama di depan laptop dan mantengin gadget seharian adalah dua kegiatan utama yang udah jadi makanan saya sehari-hari. Menggeluti pekerjaan sebagai blogger dan online shopper, dua benda ini jadi sahabat yang dekat banget untuk menghabiskan waktu setiap harinya. Dan rasanya, saya tak sendiri. Di zaman millenial ini, semua orang gak bisa jauh dari gadget. Kebiasaan berlama-lama dihadapan layar gadget, mengakibatkan mata terkena radiasi cahaya secara terus menerus. Hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya gangguan pada mata, misalnya saja mata kering.  Mata kering ini terlihat dari tiga gejala, mata sepat, mata lelah, n mata gatal. Lanjutin baca ke bawah ya, ada solusi yang mau share meski sibuk bergadget ria, agar binar mata kamu  bisa kembali dengan cara mudah. 

Data dari katadata.co.id  tahun 2019 menunjukkan dari jumlah 250 juta penduduk Indonesia,  355,5  juta penduduk Indonesia  menggunakan smartphone. Bisa dibayangkan ya, penduduk Indonesia kemungkinan tidak hanya memiliki satu smartphone, malah ada yang dua atau mungkin lebih dari dua. 

 

bye mata kering

Banyak aktifitas yang biasa kita lakukan lewat gadget ataupun laptop. Mulai dari ngerjain tugas kantor, main game,  ngecek jam, ngecek notifikasi, kirim pesan, kirim gambar, chatting, ngeblog atau monetize akun media sosial. Semua aktifitas tersebut, mengandalkan kesehatan mata. Semakin sehat mata, maka akan semakin banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan. Kementrian Kesehatan juga udah kasih warning untuk kita kaum millenial, untuk  smart mengatasi kelelahan mata karena gadget. Gawai udah jadi bagian dari kehidupan kita saat ini. Mata lelah, mata kering, sakit kepala, pusing, rasa tidak nyaman lainnya yang terjadi pada mata adalah wujud dari kelelahan yang ditimbulk

Semakin sehat mata, maka akan semakin banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan.

Tak jarang, mata sering terasa gatel. Akibatnya ngucek bagian ujung mata. Terkadang mata terasa sepet, terasa jenuh terkena cahaya. Mata perih atau mata pegel, udah dialamin tiap hari, liatin laptop atau gadget terus aja dilakoni. Ya, namanya juga menjemput rezeki lewat dunia online. Kurang lebih sekitar tiga perempat dari 24 jam, saya mempertaruhkan kesehatan  mata saya. It’s like a job risk lah. 🙂  Sebagai salah satu alat indera, menjaga mata dengan baik adalah cara untuk menjaga investasi untuk masa depan yang lebih cemerlang. 

Mata Sebagai Salah Satu Investasi Masa Depan 

Mata adalah salah satu anugerah terindah yang telah dipercayakan oleh Sang Pencipta kepada kita. Mata memiliki fungsi untuk melihat, dan merupakan salah satu alat indera. Kita banyak sekali menggunakan organ tubuh ini dalam keseharian. Kita baru bisa mengistirahatkan mata saat kita sudah terlelap dalam tidur. Setiap kita menyerap informasi secara visual dalam jumlah lebih banyak dibandingkan alat indera lainnya. 

Saat kita menggunakannya, mata memiliki pelindung berupa bagian -bagian yang terdapat di sekeliling mata. Tiap-tiap bagian mata tersebut memiliki porsi fungsi masing-masing untuk membantu proses penglihatan. Bagian mata tersebut berupa : alis, kelopak mata, dan kelenjar air mata. Kita dapat melihat benda, karena benda tersebut memantulkan cahaya yang mengenai mata kita. That’s why, mata sangat sensitif terhadap perubahan cahaya atau rangsangan lainnya. 

Bagian-bagian mata yang berperan antara lain: 

kelopak mata
Bagian mata yang disebut kelopak mata

Kelopak mata punya banyak fungsi. Melindungi mata dari gangguan luar dengan membantu berkedip, mengeluarkan kelenjar untuk membentuk lapisan air mata termasuk fungsi dari si kelopak mata. Saat kelopak mata mengalami gangguan, maka mata sangat gampang mengalami mata kering. Bersyukur banget, kelopak mata kita bekerja tanpa harus mendapatkan perintah dulu. Namun, ia bisa bekerja otomatis, membuka dan menutup. 

kelenjar air mata
Letak bagian kelenjar air mata

Selain kelopak mata, air mata juga memiliki peran yang sangat banyak untuk menjaga agar mata tetap sehat. Fungsi air mata antara lain : membantu proses masuknya cahaya, mempertahankan kelembaban mata, membunuh kuman pada mata, menjadi pelumas kelopak mata, mengantarkan oksigen ke kornea, membersihkan mata dari bahaya, dan menjadi pelindung mata saat terjadi infeksi. 

mata kering

Bagian yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya adalah kornea.  Bagian iris fokus untuk mengatur  cahaya yang masuk ke mata. Bagian pupil , sangat gampang dibedakannya. Bagian pupil adalah bagian yang berwarna hitam yang terletak  di tengah mata. Pupil ini menentukan besarnya intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata. 

Bagian lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya masuk ke retina. Sklera adalah bagian mata yang berwarna putih. Sklera berfungsi untuk melindungi bagian-bagian mata yang halus, karena ia sendiri merupakan dinding keras. Bagian retina adalah bagian mata yang sangat peka terhadap cahaya. Saraf optik berfungsi untuk mengumpulkan semua informasi visual yang ditangkap oleh mata lalu dikirimkan ke otak sebagai sebuah wujud informasi. 

Banyak banget kan fungsi dari mata dan bagian-bagiannya yang udah membantu kita menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Bisa dikatakan, kalo menjaga mata, adalah salah satu bentuk investasi untuk menjaga masa depan jadi lebih baik. Sebaliknya, kalo kita gak jaga, maka mata akan lebih mudah mengalami penurunan fungsi-fungsinya dan mengakibatkan gangguan pada mata. 

Gangguan Pada Mata 

Terpapar radiasi cahaya selama belasan jam, meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada mata, khususnya mata kering. Kalo kamu ngalamin mata sepet, pegel, dan perih, kamu udah dipastikan mengalami mata kering.  Kalo saya, ngalamin mata kering saat udah kelamaan banget berada di depan laptop dan mantengin notification dari gadget. Kemungkinannya ada banyak soalnya. Ini dia nih, sharing kegiatan yang saya lakukan setiap harinya. Mostly, mata saya terpapar radiasi cahaya. 

Sebagai Blogger

Sebagai Online Shopper

Kegiatan Personal

Kegiatan yang saya lakukan, antara lain : 

  1. Menulis di blog 
  2. Mengoptimasi blog personal dan bisnis
  3. Menyusun keyword untuk blog bisnis
  4. Blogwalking 
  5. Berinteraksi di media sosial 
  6. Update status di media sosial 
  7. Instagram walking 
  8. Mencari informasi untuk artikel blog
  9. Membaca artikel untuk pengembangan diri
  10. Menyelesaikan baca e-book lewat aplikasi 
  11. Terkadang, memenuhi tugas untuk live tweet (sekitar 1-2 jam) 

Kegiatan yang biasanya saya lakukan sejak pagi : 

  1. Update status semangat di Whatsapp
  2. Merencanakan foto-foto yang akan di upload setiap harinya
  3. Membaca e-book tentang cara peningkatan dan pengembangan bisnis
  4. Update foto di instagram untuk 5 online shop yang saya kelola dua kali sehari
  5. Berinteraksi dengan online shopper lainnya di media sosial
  6. Mengoptimasi online shop lewat berbagai media sosial
  7. Mengevaluasi kinerja harian
  8. Membuat laporan keuangan harian 
  9. Mengedit foto baik lewat laptop atau gadget
  10. Melanjutkan menyebar jaring di media sosial 

Untuk kegiatan personal, berikut hal yang biasa saya lakukan menggunakan gadget. 

  1. Tilawah Al-qur’an lewat aplikasi 
  2. Membaca notifikasi di media sosial
  3. Setting alarm untuk mengingatkan berbagai kegiatan blogger, online shopper, atau personal
  4. Menonton lewat aplikasi youtube
  5. Berinteraksi dengan keluarga baik video call atau chatting
  6. Nyontek ide masak lewat instagram atau nyari lewat blog teman2
  7.  Menyerap informasi lewat instagram atau youtube
  8. Mengedit foto untuk instagram personal



Tak heran, saya sering mengalami gejala mata kering seperti mata sepet, mata pegel, dan mata perih. Dan sedihnya, ditambah lagi saya punya kebiasaan buruk. Sebagai pengantar tidur, suka menonton lewat layar gadget dalam kondisi badan miring. Selain itu, cahaya lampu di kamar sengaja dibuat temaram. Mengucek mata tanpa sadar, sering memicingkan mata menatap layar, gatal di bagian ujung mata sering banget. Aiihh lengkap ya 🙁 

Solusi Si Mata Kering 

Bersyukur punya komunitas yang positif, meski sering mengalami gejala mata kering seperti yang saya ceritakan diatas, tapi saya punya solusinya. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan kalo kamu juga mengalami mata kering : 

mata kering1

  1. Mengalihkan perhatian ke benda-benda berwarna hijau seperti pepohonan 

hijau

2. Mengatur tingkat kecerahan layar monitor atau dengan menggunakan screen protector . Jika berlama-lama di depan layar handphone, aturlah tingkat kecerahannya, dan menyalakan ‘eye protection’


3. Mengatur jarak pandang antara mata dengan layar. Jarak yang disarankan adalah 50-100 cm.

jarak pandang mata dengan gadget

4. Lakukan senam mata selama 5-10 menit. Cara melakukan senam mata dengan melirik ke segala arah, menghangatkan mata dengan menggunakan telapak tangan, dan memijat kelopak mata.


5. Mengistirahatkan mata dengan menerapkan 20-20-20 . Terapi ini dapat dilakukan dengan cara, setelah menatap layar selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak jauh sejauh 20 feet (6 meter). 


6. Mengkonsumsi beragam buah dan banyak minum air putih 


7. Melakukan pemeriksaan kesehatan mata setidaknya setiap 3 bulan sekali. Jika kamu merasakan ada gangguan kesehatan pada mata, segera konsultasikan ke dokter spesialis mata.


8. Melembabkan kembali mata dengan menggunakan Insto Dry Eye 

Mengenal Insto Dry Eyes

Siapa yang gak kenal insto? Rasanya saya mengenal insto dry eyes sejak saya usia SD. Ibu, selalu sedia insto dry eyes  di kotak obat rumah. Saat kami membutuhkan, jadi tinggal langsung ambil dari kotaknya. Namun, ibu tak membiarkan begitu saja, kalo saya memakai sendiri. Selalu atas bantuan ibu.  Waktu itu, saat masih kecil. Jadi wajar banget dong ya. Kalo saya masih dalam pantauan ibu. Saat ini, setelah berkeluarga, saatnya saya yang akan menjaga kesehatan keluarga, termasuk kesehatan mata keluarga. 

insto dry eyes
Pict : Dokumentasi Pribadi

Bahan Utama Insto Dry Eyes

Nama bahan utama yang ada dalam cairan insto dry eyes adalah hydroxypropyl methylcellulose 3 mg. Bahan kimiawi tambahan lainnya adalah Benzalkonium chloride 0,1 mg. Sejenis bahan kimia yang memiliki fungsi untuk melembabkan kembali mata yang mengalami kekeringan. Insto drye eyes  merupakan tetes mata steril untuk mengatasi gejala mata kering. Setiap kemasannya berisi 7,5 ml yang dikemas dalam botol kecil yang bertutup warna biru. 

Aturan Pakai Insto Dry Eyes 

Buat kamu yang mengalami gejala mata kering, seperti mata gatal, mata sepet, atau mata lelah, 1-2 tetes insto drye eyes  perlu kamu tambahkan pada setiap mata. Pemakaian insto dry eyes ini bisa dilakukan berulang selama 3 kali sehari, atau sesuai dengan anjuran dokter mata yang kamu kunjungi. Insto dry eyes ini merupakan obat keras, jadi hanya bisa digunakan sebagai obat untuk bagian luar badan saja. 

insto dry eyes

Yang bisa Menggunakan Insto Dry Eyes 

Jika kamu mengalami salah satu gangguan pada mata ini, kamu bisa menggunakan insto dry eyes untuk mengambil manfaatnya : 

  1. Untuk memberikan efek pelumas pada mata
  2. Untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata
  3. Untuk meringankan iritasi pada mata 
  4. Untuk penderita rheumatoid arthritis 
  5. Untuk penderita keratoconjunctivitis 
  6. Untuk penderita xerophtalmia
  7. Sebagai pelumas pada mata palsu  

Setelah lelah seharian di depan laptop dan berhadapan dengan layar gadget, saya siap kembali beraktifitas setelah menggunakan insto dry eyes. Jadi, gak perlu khawatir lagi, berkat insto dry eyes. 

  1. https://www.bloggerparenting.com :

    MasyaAllah si kakak ini keren banget, udah lah sibuk urus olshop dan blog, masih sempat tilawah. Awak jadi malu..
    Btw, kalo mata sepet memang mengganggu semua aktivitas ya kak.
    Apalagi di zaman yang gak bisa sehari aja libur dari gadget.

  2. https://turiscantik.com :

    Udh paling bener sih kl mata pedih aku jg pakai insto. Penting banget ada di tas, apalagi kalau banyak kegiatan di luar rumah.

  3. https://www.blogger.com/profile/06748697916162473052 :

    Insto beneran wajib jadi si mungil ajaib yang kita stock nih mba, biar mata kering bisa segera di atasi.
    Secaraaa, bagi para blogger kayak kita, kadang keseringan lama di depan layar laptop sampai lupa waktu.
    Saking mata saya kurang nyaman, saya hanya liat keyboard loh, nggak liat layar hahaha

  4. https://emanmendrofa.blogspot.com :

    Pantesan saja perusahaan gadget berlomba-lomba untuk memasarkan produknya di Indonesia, jumlah pengguna gadget saja melebihi jumlah penduduk Indonesia sendiri.
    Hehehehehe

    Memang wajib ini, sebagai blogger harus mempersiapkan INSTO di tas atau saku celana, bila mengalami mata kering tentu gak butuh waktu lama untuk meneteskannya di mata, mata jadi segar dan siap untuk melakukan aktifitas rutin.

  5. winda - dajourneys.com :

    aku selalu bawa insto kemana2 mbak, soalnya aku naik motor dan kalau kena debu suka perih, apalagi aku kerjanya di depan komputer terus, suka kering, makanya aku bawa insto ke kemana2 hehee

  6. https://www.kataeca.com/ :

    Beberapa waktu lalu, aku pernah mengalami mata perih dan berair. Kayaknya itu juga salah satu kondisi karena mata kering ya mbak? Keknya produk ini perlu selalu disediakan nih di kotak obat.

  7. Wajib sih sedia insto di rumah. Aku suka tetiba kering mata nya klo lg sibuk seharian depan laptop sama hape apalagi klo ada deadline..

  8. https://www.andiyaniachmad.com :

    mata kering bikin aktivitas terganggu, gak enakan rasanya, trus perih juga, pekerjaan pun terbengkalai.

  9. www.tiaranab.com :

    Wahh makasih mba sudah diingatkan, oh ya insto ini memang aman untuk mata normal yang terasa kering aja ya mba? Biasanya aku cuma pake tetes kalau kelilipan kan hahaha

  10. www.sugatangguh.com :

    aku juga selalu bawa insto kemana2. Belum lama sih pake insto, tapi karena merasa cocok jadi insto adalah pilihan yang tepat saat ini untuk mata aku

  11. https://www.torichux3.com/ :

    Bner bgt nih klo mata keganggu otomatis smua pekerjaan dan aktivitas keganggu jg. Dari dulu kluarga ku selalu pake insto buat ngatasi masalah mata hehe

  12. https://www.cilyainwonderland.id :

    Biar mata tidak kering karena AC dan juga keseringan berkutat dengan handphone dan laptop, aku selalu sedia insto juga mba di rumah dan tas aku.

  13. www.ratnasaripevensie.com :

    Duh ini sih ceritanya sama banget kayak aku Ka aku pun sehari-hari pasti ga bisa lepas dari laptop dan gadget
    Kayaknya aku juga butuh Insto nih auto otw ke drugstore ah hehe

  14. www.mayarumi.com :

    insto dry eyes selalu sedia di kantor dan dirumah, karena kemasannya imut2 dan daya kerjanya yang ok banget emang cocok deh buat aq yang working mom, kebantu banget kalau mata lagi kering karena terlalu sering terpapar dengan cahaya laptop dan hp juga

  15. http://www.kartikatur.com :

    Insto nih solusi cepat utk mata lelah. Biasanya kalo udh lelah dan sepet aku teteskan insto. Gak dijadikan kebiasaan juga sih. Yang penting kita tau batasan kita. Mata sangat penting jadi harus dijaga kesehatannya

  16. Mbak kok di atas artikelmu ini aku liat kode2 “warning bla bla ” gtu ya, apa ada masalah di themenya?
    Yes mbak mata itu indra yang penting untuk diaga kesehatannya. Aku pernah sakit mata 3 mingguan udah gk bisa ngapa2in kyk org buta, badan jg sakit semua,makanya trauma banget kalau sakit mata. Skrng kalau mata dah terasa perih, pegel, iritasi, merah2 wes langsung tetesin Insto aja 😀

  17. https://www.kembanggularoom.com/ :

    aku juga lagi pake insto, akhir akhir ini seringbbanget mantemgin laptoo dan bikin mta cape, kalo pake insto tu langsung nyess hihi

  18. https://keluargahamsa.com/ :

    Mbak kok di atas artikelmu ini aku liat kode2 “warning bla bla ” gtu ya, apa ada masalah di themenya?
    Yes mbak mata itu indra yang penting untuk diaga kesehatannya. Aku pernah sakit mata 3 mingguan udah gk bisa ngapa2in kyk org buta, badan jg sakit semua,makanya trauma banget kalau sakit mata. Skrng kalau mata dah terasa perih, pegel, iritasi, merah2 wes langsung tetesin Insto aja 😀 .

  19. www.glowlicious.me :

    Insto salah satu produk yang aku pakai untuk urusan mata, udah pake sejak kuliah dulu malahan dan berlanjut sampai sekarang 🙂

  20. https://hatta-shani.com/ :

    makasih banyak mbak tips-tipsnya aku juga sering banget mantengin layar pc, hape, baik itu buat bisnis ataupun pribadi gak bisa lepas dari komputer, jadi pengen beli insto deh secara mata cepet kering akhir-akhir ini

  21. http://www.nyipenengah.com/ :

    Insto ini aku banget mbaaa, aku juga menyediakan insto di rumah
    soalnya aku kan tiap hari ngadepin laptop jadi ya harus sedia insto biar mata nggak kering

  22. https://www.fadlimia.com :

    Sayangi mata ya, sebab semua pekerjaan pasti memakai indera penglihatan ini. mata itu investasinya kita ya. Noted. Thank for sharing, Sis

  23. Insto ini selalu tersedia di rumah soalnya kalau ada gangguan mata kyk belekan , mata sepet, perih biasanya juga aku langsung tetesin Insto supaya gak tambah iritasi gtu mataku 😀

  24. www.leylahana.com :

    Aku juga pakai Insto nih kalo mata udah lelah akibat kebanyakan melihat gadget. Alhamdulillah mata jadi segar lagi ya.

  25. https://www.dianrestuagustina.com :

    Ini artikel komplit bangets ya..
    Ku jadi tahu seputar mata, gejala yang bisa diderita dan penanganannya. Makasoh ilmunya Kakak
    Kalau Insto Dry Eyes memang sudah kupakai juga sejak lama karena memang juwaraaa mengatasi gejala mata sepet, perih dan pegel ini.

  26. https://www.ilhamsadli.com :

    bener banget, semua pekerjaan berasa jadi ringan dan bisa untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Karena semua berpusat pada mata, mata perih tentunya segala sesuatu tak enak untuk dikerjakan. Mata yang sepet, bawaannya ngantuk mulu. jasi solusinya memang menggunakan tetes mata seperti insto ini

  27. https://www.ameliasubarkah.net :

    Aku juga pakai ini ka Desy kalau mata lelah yang ga ketolong banget, sangat efektif sih menurut saya. Yang saya suka dari insto ini yaitu terjangkau banget harganya.

  28. catatanpringadi.com :

    Mata yang sehat dan berbinar adalah kunci biar ada adegan kayak lagunya jaz.. Dari matamu matamu matami kumelihat

  29. https://www.erfano.com :

    Kalau sudah kelamaan menatap layar televisi maupun layar hape, saya biasanya akan banyak berkedip karena mengistirahatkan mata sejenak. Kalau mata kering, Insto bakal jadi pilihan.

    BTW, saya suka dengan tampilan tulisannya. Keren.

  30. https://keluargamulyana.com/ :

    Selama ini belum pernah coba senam mata, palingan kalo mata udah sepet, pegel, coba merem sebentar terus ditetesin insto dry eyes. Mau coba rutinin senam mata.

  31. www.bambangirwantoripto.com :

    Suka sekali dengan dengan kalinat, mata sehat akan semakin banyak yang bisa dikerjakan.
    Dan juga kalau mata sehat, maka semakin jelas menikmati keindahan dunia ya Mbak hehehe.

    Dan memang aktivitas zaman now rentan sekali mata kering ya, Mbak. Apalagi kita banyak di depan laptop dan smartphone. Saya juga sedia Instro Dry Eyes ini, Mbak. Praktus dan bisa dibawa ke mana saja.

  32. https://www.akuchichie.com :

    Kayaknya kalau blogger sih sudah dipastikan kena gejala mata kering, karena setiap hari selalu memandangi layar handphone dan juga laptop. Belum lagi kalau kita berada diruangan berAC, duh ini aku banget kudu ngadem anaknya. Akhirnya sekarang selalu bawa Insto Dry Eyes kemana-mana deh.

  33. https://www.sartikasamosir.com :

    Bahaya banget ya kalau mata sedang iritasi tidak dilakukan pertolongan pertama untuk membersihkan kotoran atau debunya.
    Kalau aku memang selalu sedia insto buat setiap habis berkendara motor suka perih mata.

  34. jendelamamak.com :

    Insto itu must have item di tas kayaknya ya. Aku sering tilawah dari gadget dan itu buat mata sering berair. Insto bisa jadi membantu mengatasinya.

  35. Ketikanyulia.blogspot.com :

    Nenek ku selalu sedia insto loh . Di usia senja nya dia merasa kalau mata nya kering jadi dia selalu pakai insto .

    Kayaknya aku mesti sedia insto dry eyes juga deh . Aku kadang merasa mata ku perih dan lelah . Masa kalah sama nenek nenek yaa nenek nenek aja selalu sedia si kecil insto


Your email address will not be published. Required fields are marked *