Doa yang senantiasa disenandungkan saat usai membaca Al quran.

Allohummarhamna bil Qurán

waj’alhu lana imaamau wa nuurau wa hudaw wa rahmah

Allahumma dzakkirna minhu maa nasiina

wa ’allimna minhumaa jahiilna

warzuqna tilaawatahu

aana al laili wa athrofannahar

waj’alhu lana hujjatan

Yaaa rabbal ‘alamiin

 

Dalam makna Bahasa, berisi doa dan pengharapan agar mendapat rahmat dan penjagaan dari Allah.

Ya Allah kasih sayangilah aku, dengan sebab AlQuran ini.
Dan jadikanlah AlQuran ini sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku.
Ya Allah ingatkanlah aku, apa-apa yang terlupa dalam AlQuran, ajarilah apa-apa yang aku belum ketahui.

Dan kurniakanlah aku selalu sempat membaca AlQuran pada malam dan siang hari
Dan jadikanlah AlQuran ini sebagai hujjah bagiku. Aamiin

Pagi ini, kebetulan saya sedang bersemangat berbagi catatan penting yang saya baca di terjemahan di juz 26.

  1. Surah Al Ahqaf ayat 13

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata “Tuhan kami adalah Allah”kemudian mereka tetap istiqomah, tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak pula bersedih hati.”

Kunci agar tidak bersedih hati, dan tidak ada kekhawatiran ada 2 : Seius dalam tauhidnya, hanya Allah saja sebagai awal dan akhir seluruh kegiatannya. Dan yang kedua istiqomah dalam jalan tauhid tersebut.

  1. Surah Al Ahqaf ayat 15

Doa yang sangat baik dipanjatkan setiap harinya, khususnya doa untuk orang tua.

“Ya Allah berilah hamba petunjuk, agar hamba dapat mensyukuri nikmatMu, yang telah engkau limpahkan  kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai. Dan berikanlah hamba kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucu hamba. Sungguh hamba bertaubat kepadaMu, dan sungguh hamba termasuk orang muslim”

Setuju banget kan ya, doa ini ajiiibb banget buat doa harian kita.

 

Dalam surah ini, juga mendapat hikmah rahasia umur 40 tahun dalam Alquran. Sebagian besar ulama,  umur manusia terbagi atas tiga fase. Umur 20 tahun pertama, adalah fase masa muda. Umur 40 tahun, adalah masa dimana manusia pada tahap kematangan pribadi. Fase yang harus lebih waspada dalam memilih jalan kehidupan, jalan ke surge atau ke neraka. Perbanyaklah untuk bermunajat padaNYA dengan doa yang telah disebutkan diatas.  Fase yang ketiga, adalah masa persiapan bekal pulang ke Allah.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, jika telah sampai di usia 40 tahun, maka wajib banget untuk 5 hal ini :

  1. Memohon bimbingan kepada Allah agar mampu mensyukuri seluruh nikmat yang telah Allah berikan.

Syukur kepada Allah, tidak hanya dengan mengucapkan hamdalah, namun dibuktikan dengan segala komitmen penghambaan kepada Allah. Menggunakan harta di jalan Allah. Seluruh panca indera dimanfaatkan sesuai denga mauNYA Allah. Kedudukan digunakan untuk bermanfaat bagi kepentingan orang banyak.

  1. Balas kebaikan orang tua dengan bakti yang penuh.

Seluruh nikmat yang kita rasakan hingga usia 40 tahun adalah support penuh dari kedua orang tua. Ada peluh di seluruh tubuh orang tua. Ada kantuk yang ditahankan  saat kita kecil. Uang yang tak sedikit orang tua habiskan untuk kita. Ibu bapak yang selalu siap mengorbankan seluruh jiwa dan fisiknya untuk kebahagiaan anak-anaknya. Nikmat kita semua adalah berkat kerja keras kedua orang tua kita.

  1. Konsisten melaksanakan amalan salih yang Allah ridhai

Syarat amalan salih yang Allah ridhai adalah satu, yaitu melakukan semua ibadah dengan ikhlas hanya karena Allah. Tugas kita setelah ini adalah mengawali niat seluruh kegiatan kita hanya untuk Allah.

  1. Memohon bimbingan Allah agar berbuat kebajikan yang mengalir hingga ke anak cucu

Cara smart untuk memperoleh pahala kebaikan meski kita telah dipanggil Allah, adalah dengan mendidik anak-anak kita untuk menjadi soleh dan soleha. Tak cukup sampai ke anak, tapi berlanjut untuk membantu cucu untuk mengenal Allah menjadi keturunan yang soleh dan soleha.

  1. Lakukan taubatan nasuha

Konsisten untuk taat dan patuh bertauhid Allah, menjalankan dengan islam secara sempurna. Muslim adalah orang yang berserah. Maka kelak Allah akan memberi balasan yang terbaik bagi yang bersungguh-sungguh.

Untuk lebih lengkapnya, bisa menyimak ceramah ustadz disini ya :

Rahasia Umur 40 Tahun

  1. Surah Al Ahqaf ayat 19

“Dan setiap orang memperoleh tingkatan sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. Dan agar Allah mencukupkan balasan perbuatan mereka, dan mereka tidak dirugikan”.

Perhitungan Allah Maha Detail, setiap perbuatan atau kebajikan yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Allah akan membalas dengan kebaikan yang sedikitnya setimpal, dan bahkan berlipat ganda.

 

Semoga bermanfaat